Jalan-jalan

10 Agustus 2021

Indahnya Pink Beach di NTT dan NTB, Yuk Intip Moms!

Sebagian lokasinya juga ada di Nusa Tenggara Barat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia adalah panorama alamnya yang menakjubkan. Satu di antaranya ialah pink beach.

Jika selama ini Moms mengenal pink beach hanya ada di Nusa Tenggara Timur, maka kini Moms bisa berkunjung ke lokasi pink beach lainnya yang terletak di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Barat.

Terumbu karang yang berwarna pink jadi salah satu alasan pink beach memiliki garis pantai dan pasir berwarna merah muda yang indah.

Serpihan karang berwarna pink itu lantas bercampur dengan pasir dan terhempas oleh ombak sehingga hampir di seluruh warna pasir pink beach berwarna merah mudah.

Selain itu, fenomena terumbu karang dan pasir berwarna pink ini dikarenakan oleh mikroorganisme yang disebut foraminifera.

Mengutip dari Kompas, foraminifera atau Foram merupakan plankton mikroskopis yang kerabat tertuanya muncul di lautan hampir satu miliar tahun yang lalu.

Baca Juga: Tidak Hanya Bersenang-senang, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Anak

Foraminifera memiliki warna oranye atau koral yang bercampur dengan pasir pantai sehingga warnanya berubah menjadi merah muda.

Nah, meskipun foraminifera turut menjadi penyebab pasir berubah warna, namun cangkang kerang juga mempengaruhi perubahan warna tersebut.

Cangkang kerang berwarna pink tersebut lantas terpecah menjadi butiran yang lebih kecil akibat gulungan ombak, kemudian terbawa oleh ombak di pesisir pantai dan bercampur dengan pasir putih dari bebatuan kapur.

Hal ini membuat warna pasir pantai menjadi merah muda.

Terlepas dari penyebabnya tersebut, kepopuleran pink beach sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan rute, harga tiket masuk, hingga kegiatan apa saja yang bisa Moms lakukan di pink beach Lombok dan pink beach Labuan Bajo. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Rekomendasi Liburan Akhir Tahun: 4 Pantai di Bali yang Jarang Dikunjungi!

Pink Beach Lombok

pink beach

Foto: instagram.com/siljerosdal

Hingga kini, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa Lombok juga punya pink beach. Meskipun, ada banyak pantai-pantai lainnya yang juga terkenal dan indah, tapi jangan sampai kelewatan mengunjungi pink beach saat singgah ke Lombok ya, Moms.

Tak hanya pasir pantainya yang cantik, air lautnya jernih dengan panorama alam bawah laut yang menawan dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Untuk bisa sampai ke pink beach Lombok, Moms harus mengetahui rute, biaya tiket masuk, dan lokasinya. Berikut rinciannya!

1. Lokasi

Di Lombok, warga sekitar menyebut pantai ini Pantai Tangsi. Lokasinya berada di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat berjarak sekitar 82 kilometer dari pusat Kota Mataram.

Dari pusat kota, Moms memerlukan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam atau 1,5 jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Lombok.

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai

2. Rute Perjalanan

Jika Moms pergi ke Mataram hanya berdua saja dengan Dads maka untuk pengalaman yang berbeda bisa menyewa motor di sekitar Kota Mataram dengan harga Rp75.000-Rp85.000 per hari.

Namun, jika Moms membawa rombongan keluarga besar, bisa menyewa mobil dengan kapasitas 4-8 orang seharga Rp400.000 hingga Rp1.000.000 per hari.

Saat perjalanan menuju pink beach, ketika sudah sampai di Kecamatan Praya, Moms tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak lalu dilanjutkan menyusuri Jalan TGH Moh. Mutawalli.

Sekitar 4-5 km sebelum sampai ke tujuan, jalanan yang dilalui agak berliku karena terdapat sejumlah lubang di beberapa titik sehingga Moms harus waspada ketika mengendarai mobil atau motor.

Lalu, sampailah Moms di Pantai Pink melalui jalur darat.

3. Harga Tiket

Harga tiket masuk pink beach per tanggal 21 Februari 2019 adalah Rp 5.000 per orang.

Baca Juga: 4 Tips Mengajak Balita ke Pantai, Simak di Sini!

Pink Beach Labuan Bajo

pink beach

Foto: instagram.com/paulovestotravel

Siapa yang tak mengenal pink beach di Labuan Bajo?

Wisata yang satu ini kepopulerannya sudah mendunia dan jadi salah satu primadona pariwisata Indonesia. Banyak turis mancanegara rela menghabiskan waktu, tenaga, dan uang hanya untuk melihat kecantikan pink beach di NTT ini.

Nah, berikut ini lokasi, rute perjalanan, hingga harga tiket pink beach Labuan Bajo.

1. Lokasi

Pink beach Labuan Bajo merupakan salah satu pulau yang terletak di Pulau Komodo, Flores, NTT.

Untuk sampai ke "surga dunia" ini, Moms bisa menempuh perjalanan darat dan laut. Jarak dari pink beach Labuan Bajo dengan Kota Mataram sekitar 82 km.

Lokasi tepatnya di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Baca Juga: Bumil Mau ke Pantai? Perhatikan Dulu Tips Berikut

2. Rute Perjalanan

Ada dua rute perjalanan yang bisa Moms pilih agar dapat sampai ke pink beach Labuan Bajo yakni:

  • Jalur darat dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali, ke Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo.
  • Jalur udara dengan menaiki pesawat dengan tujuan langsung Denpasar-Labuan Bajo dengan lama waktu perjalanan 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo selanjutnya naik speed boat ke pink beach.

3. Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk ke pink beach hanya Rp 10 ribu per orang. Namun, untuk bisa menikmati wisata bawah laut seperti snorkeling, speed boat, Moms harus merogoh kocek lagi, ya.

Baca Juga: 6 Pantai Pink Paling Indah di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

Di Mana Saja Pink Beach di Indonesia?

pink beach

Foto: instagram.com/blutowl

Ternyata, tak hanya di Lombok dan Labuan Bajo saja yang memiliki pantai dengan warna pasir pink. Namun, sejumlah daerah di Indonesia juga memiliki pantai pink yang tak kalah unik dan menarik untuk dikunjungi.

Di mana saja pink beach lainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Pantai Namong, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Masih satu lokasi dengan pink beach Labuan Bajo, Pantai Namong juga memiliki pasir berwarna pink. Jika pink beach Labuan Bajo terletak di sisi Timur, maka Pantai Namong ini berada di sisi selatan.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Pantai Namong hanya 30 menit dengan speed boat. Pantai ini memiliki kontur landai, airnya biru jerih, dan latar belakangnya adalah perbukitan gersang savana.

Tentunya, Pantai Namong akan memanjakan mata pengunjung saat menginjakkan kaki di tempat tersebut. Menurut sejumlah wisatawan, Pantai Namong masih sangat alami dan jarang dikunjungi wisatawan dibandingkan pink beach.

Baca Juga: Destinasi Seru di Area Sekitar Pantai Anyer

2. Pantai Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat

Nah, selain Pantai Tangsi yang dijuluki pink beach Lombok, Pantai Lambu juga memiliki panorama serupa. Bedanya, lokasinya berada di Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Pantai Lambu ialah sekitar 60 km dari Kota Bima. Jika dilalui dengan perjalanan darat, maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik perahu dari Pelabuhan Sape.

Pemandangan perbukitan selama pejalanan tidak akan membaut Moms bosan.

3. Pantai Serai, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Masih di Pulau Komodo, selain Pantai Namong dan pink beach, ternyata masih ada satu lagi pantai dengan pasir berwarna pink yakni Pantai Serai.

Meski begitu, pantai ini tergolong masih baru dan sepi pengunjung. Pantai ini berada di antara Pulau Padar dan Pulau Rinca. Tak hanya pasirnya yang berwarna cantik, Pantai Serai juga memiliki karang bawah laut yang indah.

Baca Juga: 4 Ide Permainan Balita di Pantai Supaya Liburan Makin Seru!

Itulah serba serbi mengenai pink beach yang ada di NTT dan NTB. Sungguh Indah ya, Moms. Apakah Moms tertarik untuk mengunjungi pink beach?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait