Pernikahan & Seks

22 Juli 2021

15 Ide Mahar Pernikahan Kekinian untuk Kaum Milenial, Wajib Tahu!

Mahar pernikahan bisa berupa karya kita sendiri lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Anda adalah pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan, mungkin kebingungan saat ini adalah mencari mahar pernikahan. Mahar pernikahan seperti apa yang bisa diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita?

Mahar pernikahan memang merupakan salah satu faktor penting dalam akad nikah. Buat pasangan yang masih kebingungan dengan mahar pernikahan, dalam bahasa Indonesia mahar berarti maskawin atau juga sering disebut shadaq.

Hukum Mahar Pernikahan

mahar pernikahan

Foto: unsplash.com

Dalam al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imam al-Syâfi’i (Surabaya: Al-Fithrah, 2000) yang ada di halaman website NU, disebutkan mahar perkawinan atau maskawin merupakan harta yang wajib diserahkan suami kepada istri dengan sebab akad nikah.

Kitab tersebut juga menyebutkan mahar pernikahan hukumnya wajib bagi suami dengan sebab telah sempurnanya akad nikah, dengan kadar harta yang telah ditentukan. Bahkan jika kedua belah pihak sepakat untuk meniadakannya atau tidak menyebutkannya, maka kesepakatan tersebut batal, dan maskawin tetap wajib.

Dalil tentang mahar juga ada dalam Al Quran, surat An-Nisa ayat 4 yang mengatakan, “berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian penuh kerelaan.” 

Mungkin Moms dan Dads masih bertanya, kenapa mahar pernikahan begitu penting dalam perkawinan? Mahar pernikahan diberikan untuk menunjukkan kesungguhan dari niat seorang pria untuk menikahi wanitanya.

Baca Juga: Agar Pernikahan Langgeng, Ikuti 5 Tips Komunikasi dengan Pasangan Seperti Ini

Nilai Mahar Pernikahan

mahar pernikahan

Foto: womanwhomoney.com

Dalam Islam, mahar pernikahan juga menunjukkan bahwa wanita merupakan makhluk yang patut dihargai dan punya hak untuk memiliki harta.

Tetapi sebelum mulai berburu mahar perniakahan, pasangan juga mungkin bertanya seberapa besar nilai minimal mahar pernikahan yang perlu diberikan saat pernikahan?

Masih dari sumber yang sama, dijelaskan bahwa ada dua pendapat tentang pertanyaan tersebut. Pendapat pertama, beberapa ulama tidak membatasi berapa minimal dan maksimal mahar pernikahan. Sementara pendapat kedua, beberapa ulama membatasi jumlah minimal mahar pernikhan, tetapi tidak jumlah maksimalnya.

Dengan perbedaan pendapat tersebut, kemudian disimpulkan bahwa menurut madzhab syafii, tidak ada batasan jumlah mahar pernikahan. Barang apapun yang bernilai dan bisa diperjualbelikan bisa dijadikan maskawin oleh pasangan yang akan menikah, nanti.

Baca Juga: Agar Pernikahan Langgeng, Ikuti 5 Tips Komunikasi dengan Pasangan Seperti Ini

Ide Mahar Pernikahan

mahar pernikahan

Foto: confetti.co.uk

Setelah mengetahui mahar pernikahan dan nominalnya, pasangan bisa mulai untuk berburu mahar perniakahan. Apalagi belakangan banyak mempelai pria yang memberikan mahar pernikahan unik untuk istrinya saat ijab kabul.

Ambil salah satu contohnya, mahar pernikahan berupa satu kotak bakso goreng yang diberikan mempelai lelaki kepada mempelai perempuan.

Saking uniknya mahar pernikahan yang diberikan, video ijab kabul pasangan pengantin itu pun viral dan beredar di dunia maya. Akan tetapi, sebenarnya bagaimana dengan mahar pernikahan yang unik? Apakah Islam memperbolehkan mahar pernikahan unik untuk pernikahan?

Pada prinsipnya, agama Islam tidak memberatkan kedua calon mempelai terkait nilai maupun bentuknya. Namun, mahar yang umum diberikan calon suami kepada calon istri adalah perhiasan, sejumlah uang, dan seperangkat alat shalat.

Meski begitu, tidak menjadi halangan, jika mempelai pria ingin memberikan mahar pernikahan unik untuk mempelai wanita, selama tidak memberatkan kedua belah pihak. Intinya, akan lebih baik jika mahar pernikahan yang akan diberikan berupa barang atau jasa yang mengandung nilai dan manfaat.

Pada umumnya mahar pernikahan yang diberikan sejumlah uang sesuai dengan tanggal pernikahan. Akan tetapi, jika ingin mahar pernikahan yang sedikit berbeda, Anda sebagai pasangan bisa menyimak beberapa ide mahar pernikahan yang dirangkum Orami dari berbagai sumber seperti berikut.

Baca Juga: 7+ Ide Dekorasi Akad Nikah, Dari Minimalis Hingga yang Mewah

1. Kolase

Mahar pernikahan yang satu ini bisa jadi pilihan paling sederhana untuk maskawin. Anda bisa menggunakan uang kertas lalu membentuknya dengan gambar di atas bidang, sesuai keinginan.

Tambahkan hiasan bunga sebagai pemanis dan selanjutnya bisa dipasang bingkai agar lebih rapih.

2. Uang Koin

mahar pernikahan

Foto: wfuv.org

Kreasi dengan uang logam juga bisa dijadikan mahar pernikahan, meski biasanya uang koin sifatnya hanya sebagai dekorasi. Misalnya membingkai tanggal pernikahan dengan uang koin.

Atau jika ingin lebih berkesan, Anda bisa menempelkan uang koin di atas sketsa wajah kalian berdua dan membingkainya dengan figura. Jika merasa kesulitan, Anda juga bisa gunakan jasa pengrajin untuk membuatnya.

3. Frame Bouquet

Jika mahar pernikahan yang diberikan berupa uang kertas dan supaya lebih berkesan, Anda bisa membentuknya menjadi bunga dan merangkainya serupa bouquet. Kombinasi warna pastel dengan putih membuat mahar pernikahan ini tampak semakin manis.

Anda juga bisa menggunakan rangkaian bunga dengan menyertakan uang sebagai syarat syah pernikahan. Mahar yang satu ini juga cukup mudah, Anda tinggal memesan buket bunga segar dan menyelipkan gulungan uang sesuai dengan jumlah yang sudah disepakati.

Baca Juga: Pernikahan Tidak Bahagia? Ini 7 Cara Menghadapinya!

4. Uang Dinar

mahar pernikahan

Foto: dw.com

Mahar pernikahan juga tidak selalu harus dalam bentuk mata uang rupiah. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan dinar atau dirham. 

Terlebih, agama tidak menentukan syarat nominal suatu mahar pernikahan. Perlu diingat jika mahar pernikahan adalah bentuk kerelaan suami dalam menafkahi istri.

Selain itu, mata uang ini jauh lebih stabil dibandingkan mata uang lain. Jadi meskipun disimpan hingga puluh tahun lagi, nilainya masih tetap sama atau bahkan malah bertambah tinggi.

Selain itu cara mengemas mahar pernikahan ini juga sederhana. Yang perlu dilakukan hanya menyertakan sertifikat dan memasukannya dalam parsel.

5. Surat Cinta

Anda harus ingat, kebahagiaan pernikahan tidak ditentukan oleh tingginya nominal mahar pernikahan. Tak apa jika mahar pernikahan yang akan diberikan tak berbentuk uang.

Sebagai gantinya, pasangan bisa menuliskan surat cinta sebagai mahar tambahan untuk membuat Moms merasa tersanjung. Sembari tetap memberikan uang atau perhiasan, pasangan bisa menuliskan kata-kata berisi ungkapan cinta atau harapan-harapan indah di masa depan. 

Surat cinta memang tidak bisa dijual, tetapi cukup bernilai dan berkesan untuk dijadikan mahar. Selain itu, surat cinta juga bisa jadi bukti bahwa cinta tak ternilai harganya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Selalu Ada di Resepsi Pernikahan Indonesia

6. Terrarium

mahar pernikahan

Foto: countryliving.com

Membuat hiasan di kotak kaca atau terrarium juga bisa jadi ide mahar pernikahan pilihan. Selain cantik dan elegan, mahar pernikahan yang satu ini juga akan lebih berharga jika Dads menyelipkan cincin di antara dekorasinya.

7. Foto atau Gambar

Mahar pernikahan yang satu ini juga terbilang sederhana, tetapi tetap menarik. Pasangan bisa membuat foto bersama dengan bentuk siluet. Agar mahar pernikahan menjadi lebih cantik, lengkapi foto atau gambar dengan pigura.

8. Inisial

Penataan mahar pernikahan dengan bentuk inisial ini cukup dengan menyesuaikan huruf inisial dengan jumlah mahar yang disepakati. Tempelkan pada papan dan beri sedikit pemanis seperti bunga atau dekorasi lainnya. Jangan lupa pasang bingkai agar mahar pernikahan menjadi lebih rapi.

9. Hasil Karya

mahar pernikahan

Foto: mymodernmet.com

Hasil karya juga bisa dijadikan persembahan yang manis bagi pasangan sebagai mahar pernikahan. Misalnya kaligrafi atau karya berharga lainnya seperti lukisan atau foto.

10. Hobi

Mahar perkawinan juga bisa berupa seperangkat peralatan yang berkaitan dengan hobi pasangan. Misal, seperangkat alat menyeduh kopi, jika calon istri adalah seorang yang menggemari kopi.

Atau jika pasangan menyukai fotografi, maka berikan dia kamera yang berkualitas. Mungkin dia suka berenang, maka berikan seperangkat alat renang. Atau mungkin dia suka naik gunung, sertakan seperangkat alat naik gunung. Selain bermanfaat, mahar seperangkat alat hobi juga bisa membuat pasangan menjadi lebih senang.

Baca Juga: Tak Suka Hewan? Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan Pecinta Hewan

11. Scrapframe

Ini juga bisa dijadikan pilihan mahar pernikahan, terlebih banyak penjual scrapframe yang memasarkan karyanya secara online. Kreativitas adalah kunci agar scrapframe hasilnya lebih berwarna dan cantik.

12. Profesi

mahar pernikahan

Foto: ganeshaspeaks.com

Profesi yang dimiliki oleh calon pengantin juga bisa menjadi inspirasi dalam menghias mahar pernikahan. Siapkan juga sedikit gambar unik yang berkaitan dengan tema profesi yang diinginkan atau bisa juga menggunakan foto kedua mempelai yang sedang menggunakan seragam kerja.

13. Kartun atau Gambar Karikatur

Mahar pernikahan yang satu ini bisa jadi antimainstream dan bisa digunakan sebagai maskot. Tambahkan juga dekorasi seperti bunga, dedaunan, juga uang. Hasilnya, mahar pernikahan akan menjadi sangat cantik.

14. Adat Daerah

Masih bingung menentukan mahar pernikahan? Jangan khawatir, asal daerah calon pengantin juga bisa menjadi inspirasi untuk dijadikan mahakarya sebagai mahar pernikahan.

Misal, menggunakan tema-tema dari Jawa jika pasangan berasal dari Jawa, contohnya wayang kulit. Ikon dari adat tersebut bisa digambarkan dengan menggunakan lipatan kertas yang menyerupai wayang.

15. Tiket Wisata

mahar pernikahan

Foto: visareservation.com

Jika hobi wisata, Dads juga bisa memberikan mahar pernikahan berupa tiket perjalanan wisata. Mahar ini bisa sekaligus dijadikan perjalanan bulan madu, lho. Ya, seperangkat tiket pesawat ke daerah tertentu akan membuat pasangan sangat menikmati mahar pernikahan tersebut.

Baca Juga: Bulan Madu Kedua, Enaknya Kemana Ya?

Itulah beberapa informasi tentang mahar penikahan. Berbagai ide mahar pernikahan sederhana bisa dipilih dan tetap ingat untuk memastikan bahwa mahar pernikahan yang dipilih adalah sesuatu yang sudah disepakati.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait