TRIMESTER 1
14 Oktober 2022

16 Makanan Penambah Berat Badan Janin Saat Hamil agar Si Kecil Selalu Sehat dalam Kandungan

Salah satunya dengan konsumsi kacang-kacangan
16 Makanan Penambah Berat Badan Janin Saat Hamil agar Si Kecil Selalu Sehat dalam Kandungan

Ada banyak pilihan makanan penambah berat badan janin yang bisa Moms coba.

Namun bila Moms ingin calon buah hati tetap sehat dengan berat yang normal, maka Moms tidak hanya berfokus pada sebatas asupan makanan bergizi saja.

Ini tentu dibarengi dengan upaya-upaya lain dalam menaikkan berat badan bayi dalam kandungan.

Berat badan janin dalam kandungan yang tidak normal, akan berisiko tinggi mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Karena itu, semakin cepat dicegah, ini akan mengecilkan risiko-risiko berbahaya tersebut, Moms.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi sebagai MPASI, Luar Biasa!

Makanan Penambah Berat Badan Janin

Karbohidrat

Foto: Karbohidrat (Freepik.com/jcomp)

Langkah utama dalam menambah berat badan janin adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang sehat dan begizi.

Berikut ini beberapa tips serta pilihan makanan penambah berat badan janin yang bisa Moms ikuti.

1. Makanan Tinggi Kalori

Bayi dalam kandungan diperlukan penambahan berat badan jika telah menginjak trimester ketiga kehamilan.

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan yakni dengan meningkatkan makanan tinggi kalori.

Tambah asupan kalori secara perlahan melalui beberapa pilihan minuman dan makanan penambah berat badan janin, seperti jus buah ataupun salad.

Konsumsi makanan yang tinggi kalori dengan porsi kecil dan sering setiap beberapa jam sekali.

2. Ubi Jalar

Contoh makanan penambah berat badan janin yang bisa dicoba adalah ubi jalar.

Ubi jalar mengandung serat, kalium, vitamin C, serta nutrisi lain yang tak kalah penting.

Antioksidan di dalamnya dinilai cukup baik untuk menaikkan berat bayi di dalam kandungan.

Ubi jalar juga meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Moms bisa memakannya dalam bentuk tumbuk, dipanggang, direbus, atau digoreng.

3. Buah-buahan, Terutama yang Kaya Lemak Sehat

Ibu Hamil Memegang Apel

Foto: Ibu Hamil Memegang Apel (Freepik.com/Yanalya)

Buah-buahan memainkan peran besar dan cocok sebagai pilihan makanan penambah berat badan janin.

Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan adalah aprikot dan buah ara.

Kedua jenis buah ini kaya akan lemak sehat dan dipakai sebagai cara menambah berat badan janin dalam kandungan. Namun, Moms tidak boleh makan terlalu banyak ya.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan diperkaya dengan zat besi dan protein yang bisa menjadi pilihan makanan penambah berat badan janin.

Moms juga akan mendapatkan cukup serat, folat, dan kalsium secara tak langsung, lho.

Manfaat dari mengonsumsi kacang dengan rutin dapat mengurangi risiko berat badan bayi lahir rendah atau kelahiran prematur.

Baca Juga: Intip Metode Diet WRP untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Yogurt

Yoghurt juga bisa Moms coba sebagai makanan penambah berat badan janin. Ini dapat dikombinasikan dengan sejumlah makanan sehat lainnya, seperti oat dan buah.

Kalsium, protein, vitamin B, seng, dan nutrisi pembentuk tulang lainnya dikemas sempurna dalam yoghurt.

Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 1000 mg per harinya. Ini bisa didapatkan dengan konsumsi yoghurt, lho!

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

6. Telur

Telur

Foto: Telur (Freepik.com/user8531954)

Bagi seorang ibu hamil yang mencari makanan penambah berat badan janin, bisa mencoba konsumsi telur.

Telur memiliki sumber protein dan berbagai vitamin A dan D, mineral serta zat besi.

Selain cepat dalam menambah berat badan janin, telur juga membantu menjaga selaput ketuban agar lebih kuat hingga proses melahirkan.

7. Makan Sayuran Hijau Lebih Banyak

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan asparagus cukup baik untuk ibu hamil.

Cukup praktis, menu makanan sehat ini bisa diolah dengan cara dimasak, dipanggang, atau digoreng.

Dilansir dari jurnal Physiology of Folic Acid in Health and Disease, asam folat di dalam sayuran mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sehingga, sumber makanan ini sangat cocok sebagai makanan penambah berat badan janin.

8. Salmon

Masakan Ikan Salmon

Foto: Masakan Ikan Salmon (Freepik.com/dashu83)

Ini sebagai alternatif cara menaikkan berat badan bayi dalam kandungan yang bisa dicoba.

Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 dan protein.

Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat bagi janin yang sedang tumbuh. Salah satunya dapat meningkatkan perkembangan otak, mata, serta protein yang tinggi.

Jangan khawatir, salmon dianggap aman untuk wanita hamil karena mengandung kadar merkuri yang sangat rendah.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kegunaan Ruang NICU untuk Bayi Prematur

9. Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Moms direkomendasikan untuk meningkatkan asupan karbohidrat untuk menambah berat badan bayi dalam kandungan.

Biji-bijian adalah salah satu menu sehat yang bisa dicoba.

Journal of Midwifery & Women's Health menjelaskan, 5-6 porsi biji-bijian dianjurkan untuk dikonsumsi rutin sehari-hari.

Rasanya yang gurih dan mudah dicerna juga memberikan manfaat untuk sistem pencernaan.

10. Keju

Selain susu, keju juga bisa menjadi pilihan lain sebagai cara menambah berat badan janin dengan cepat.

Namun ingat, lebih baik memilih keju rendah lemak untuk mendapatkan zat besi optimal bagi ibu dan janin.

Ini dapat dikombinasikan ke makanan seperti pasta, sandwich, salad, atau roti isi.

Hindari keju jika mengalami tekanan darah tinggi saat hamil ya, Moms!

Baca Juga: Program Hamil Kembar, Mulai dari Cara Alami hingga Medis

11. Daging Ayam

Daging Ayam

Foto: Daging Ayam (Freepik.com/jcomp)

Dalam Journal of Health, Population, and Nutrition, disebutkan bahwa janin yang sedang berkembang membutuhkan protein untuk membangun sel-sel tubuhnya.

Daging ayam dipercaya salah satu sumber protein yang tinggi sebagai pilihan makanan penambah berat badan janin.

Cukup praktis diolah dalam berbagai menu makanan sehat sehari-hari, Moms.

12. Olahan Gandum

Yuk, coba mengonsumsi makanan penambah berat badan janin seperti olahan gandum.

Jika bingung ingin mengonsumsi jenis olahan ini, Moms bisa memakan sereal yang mengandung gandum.

Biji-bijian utuh seperti beras merah juga dapat menggantikan sereal olahan dalam makanan wanita hamil.

Gandum ini mengandung berbagai nutrisi seperti zat besi, selenium, magnesium, dan serat yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Sembarang! Ini Usia Anak Pakai Skincare Menurut Ahli

13. Suplemen Vitamin dan Mineral

Vitamin prenatal atau kehamilan dibutuhkan untuk sebagian orang sebagai cara menambah berat badan janin.

Suplemen kesehatan yang mengandung mineral dibutuhkan 2 kali lipat lebih besar saat hamil.

Selain rutin konsumsi suplemen, imbangi dengan menyantap makanan penambah berat badan janin, seperti aneka buah-buahan tinggi nutrisi yang mudah diserap oleh janin.

Pastikan sebelum mengonsumsi suplemen, pastikan Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

14. Minum Susu

IBu Hamil Minum Susu

Foto: IBu Hamil Minum Susu (Freepik.com/suranualpradid)

Moms juga bisa menambah konsumsi susu sebagai cara menambah berat badan janin dalam kandungan.

Dalam penelitian di Journal of Health, Population and Nutrition dijelaskan bahwa susu dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan dan pertumbuhan janin.

Konsumsi susu sekitar 200-500 ml per hari dapat membantu ibu hamil meningkatkan berat badan bayi.

Susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Selain diminum, kombinasikan dengan smoothies yang lezat, ya!

15. Jus jeruk

Ibu Hamil Minum Jus Jeruk

Foto: Ibu Hamil Minum Jus Jeruk (Freepik.com/newafrica)

Mulailah hari Moms dengan segelas jus jeruk segar untuk meningkatkan vitamin C, kalium, dan folat yang dibutuhkan sebagai makanan penambah berat badan janin.

Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian ini, Moms dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena cacat lahir tertentu.

Jus jeruk juga membantu menjaga kesehatan, metabolisme, dan fungsi otot secara keseluruhan.

16. Rutin Minum Air Putih

Rutin minum air putih agar tetap terhidrasi juga menjadi salah satu cara menambah berat badan janin.

Asupan air yang cukup dapat mendukung pengiriman nutrisi yang tepat melalui darah ke janin dalam kandungan.

Selain untuk hal tersebut, minum air yang cukup juga ampuh dalam mencegah sembelit, wasir, dan infeksi saluran kemih.

Tips Makan Ibu Hamil agar Berat Badan Janin Ideal

Ibu Hamil Makan Buah

Foto: Ibu Hamil Makan Buah (Freepik.com/lookstudio)

Setelah mengetahui makanan penambah berat badan janin yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konsumsi makanan ibu hamil supaya berat badan janin sesuai usia kandungan.

1. Menghindari Makanan Berlemak

Salah satu yang harus diperhatikan saat memilih makanan penambah berat badan janin adalah memastikannya menyehatkan.

Hindari menyantap makanan yang tinggi lemak, Moms! Ini karena hanya akan meningkatkan berat badan ibu hamil, bukan janin yang dikandung.

Selain itu, makanan yang tidak sehat juga akan memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

Cara menambah berat badan janin dengan menghindari junk food, lemak daging, dan jenis lainnya.

2. Frekuensi Makan Lebih Sering

Penelitian dari American Pregnancy Association menjelaskan berat janin di usia 27–32 minggu biasanya sekitar 3–5 kg.

Untuk mendapatkan angka ideal ini, sebaiknya mulai menerapkan cara menambah berat badan janin.

Lebih baik makan dengan frekuensi lebih sering, namun porsi secukupnya. Ini dibandingkan sekali makan namun porsi berlebihan.

Cara ini akan lebih efektif dalam meningkatkan berat bayi dalam kandungan.

Baca Juga: Berat Bayi Lahir Rendah, Apakah Memengaruhi Kecerdasannya?

3. Hindari Minuman Manis

Tak semua susu baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Moms, sebaiknya hindari minuman yang telah ditambahkan terlalu banyak gula dan pemanis buatan.

Susu dengan perasa berbahan kimia juga tidak baik untuk perkembangan janin.

Lebih cermat lagi dalam memilih minuman atau makanan penambah berat badan janin yang dipilih, ya!

Baca Juga: 12 Alat Olahraga Tangan untuk Bentuk Otot Pria dan Wanita

Cara Lain untuk Menambah Berat Badan Janin

Foto Janin

Foto: Foto Janin (Freepik.com/freepik)

Penting untuk selalu memantau perkembangan janin dalam kandungan. Dengan demikian, Si Kecil bisa lahir dengan berat badan yang normal.

Moms perlu tahu bagaimana cara menaikkan berat badan bayi dalam kandungan selain dari minuman dan makanan. Apa saja cara lainnya? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Berhenti Merokok

Merokok sudah menjadi rahasia umum adalah kebiasaan tidak sehat yang patut dihindari.

Menghirup paparan asap rokok dapat berpotensi mengganggu perkembangan janin.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa merokok bisa memperlambat pertumbuhan bayi dalam perut.

Bahkan, ini bisa merusak paru-paru dan otak yang sedang berkembang.

Cara menambah berat badan janin dalam perut dengan menghindari kebiasaan merokok, ya.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan dan Stimulasinya

2. Rajin Berolahraga

Biasakan melakukan pola hidup sehat dengan memperbanyak asupan sayur, buah, air putih serta rajin berolahraga setiap hari.

Baik atau tidaknya perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh pola hidup Moms.

Semakin Moms memerhatikan apa yang dikonsumsi, maka janin juga akan bertambah sehat.

Pertambahan berat badan bayi ini akan meningkat secara perlahan nantinya.

3. Tidur Cukup

Tidur Nyenyak

Foto: Tidur Nyenyak (Freepik.com/senivpetro)

Tak cukup menambahkan berat badan janin dengan asupan makanan bergizi, Moms.

Perhatikan juga waktu istirahat di malam hari untuk menjaga berat badan janin tetap stabil.

Kehamilan mempengaruhi tubuh dalam beberapa cara. Beristirahat memberi Moms energi dan memungkinkan tubuh untuk menyegarkan diri.

4. Jaga Kesehatan Mental

Bukan hanya fisik yang memengaruhi perkembangan bayi tetapi juga kesehatan mental, Moms. Terlalu sering stres atau cemas dapat memengaruhi bayi di dalam kandungan.

Secara tak langsung, ini membuat berat badan janin menyusut dengan cepat, lho.

Oleh karena itu, hindari berpikiran negatif dan melakukan berbagai cara yang membuat pikiran lebih rileks.

5. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan Dokter

Foto: Konsultasi dengan Dokter (Freepik.com/pressfoto)

Masih tak mempan sudah mencoba berbagai cara di atas untuk meningkatkan berat badan bayi?

Cobalah konsultasikan dengan dokter kandungan apabila berat tak kunjung naik.

Moms mungkin diminta untuk menggunakan beberapa suplemen untuk membantu berat badan janin dalam kandungan.

Itulah berbagai cara dan pilihan makanan penambah berat badan janin di dalam kandungan.

Jadi mulai saat ini, pastikan makanan yang dikonsumsi diperhatikan dan disesuaikan. Cukup makan dengan porsi kecil namun sering daripada sebaliknya ya, Moms!

  • https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/third-trimester-1339/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905637/
  • https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/diseases/pregnancy.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12003352
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905637/