Kesehatan

6 Desember 2020

10+ Makanan untuk Menghancurkan Miom, Kacang Polong Salah Satunya!

Cari tahu makanan penyebab miom yuk Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mioma atau leimioma atau fibroid uterus adalah kelenjang yang tubuh abnormal di dalam rahim. Pertumbuhan ini juga disebut fibroid.

Fibroid tidak bersifat kanker atau mengancam nyawa, tetapi terkadang dapat menyebabkan komplikasi dan masalah kesehatan.

Fibroid terbentuk di dalam dan di sekitar dinding rahim. Mereka terbuat dari otot dan jaringan lain. Mereka mungkin sekecil biji atau tumbuh lebih besar dari bola tenis.

Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan fibroid. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko Anda, seperti halnya memiliki beberapa jenis nutrisi yang rendah.

Jurnal Fertil Steril menyebutkan hanya sekitar 20 hingga 50 persen wanita dengan miom mengalami gejala. Dalam kebanyakan kasus, pengobatan tidak diperlukan untuk menghilangkan miom. Dokter mungkin hanya akan memonitor dan menunggu apakan miom yang ada di perut Moms akan hilang dengan sendirinya atau tidak.

Meskipun makanan tidak dapat mengobati atau mencegah fibroid atau mioma. Namun, pola makan dan gaya hidup harian Moms mungkin berperan dalam mengurangi risiko tumbuhnya miom di rahim. Lalu, apa saja makanan untuk menghancurkan miom?

Baca Juga: Miom Pada Kehamilan, Apakah Berbahaya?

7 Makanan untuk Mengecilkan Miom

Diet dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dapat memicu pertumbuhan Miom. Makanan juga dipercaya mampu mengecilkan miom. Moms, yuk simak makanan untuk mengecilkan miom berikut ini.

1. Buah dan Sayur

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Buah dan sayur merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu mengeluarkan racun dan limbah yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi serat juga dapat membantu mengontrol tumbuhnya hormon estrogen yang berlebihan dan mengontrol berat badan.

2. Biji Rami

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Biji rami dipercaya sebagai makanan untuk mengecilkan miom karena banyak sifat penyembuhan fibroid terutama fitoestrogen yang dapat membantu menggantikan beberapa estrogen yang jauh lebih kuat dan lebih merusak yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Kandungan ini dapat membantu mencegah keadaan dominasi estrogen tempat fibroid berkembang.

3. Kacang Polong

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Kacang polong mengandung khasiat yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan hormon yang penting untuk mengecilkan miom.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang kaya akan jenis serat yang sangat penting (serat larut) yang menyebabkan materi limbah dan racun termasuk estrogen yang berlebihan menempel padanya saat keluar dari tubuh.

4. Bawang-bawangan

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Bawang putih dan bawang merah dapat membantu meningkatkan kesehatan ginekologi karena mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan radikal bebas pada sel kesehatan di seluruh tubuh termasuk daerah panggul.

Kerusakan akibat radikal bebas meningkatkan risiko berkembangnya berbagai penyakit dan kondisi.

5. Ikan Laut

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Ikan laut seperti salmon, sarden, tuna, dan mackerel harus menjadi bagian penting dari diet penyembuhan miom Moms. Karena makanan ini adalah sumber asam lemak esensial yang kaya anti-inflamasi dan dapat membantu jika Moms memiliki fibroid.

Selain itu, konsumsi ikan laut jug baik untuk meningkatkan keseimbangan hormon.

6. Produk Non Gluten

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Karbohidrat diperlukan sebagai energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi Moms perlu tetap memastikan jenis karbohidrat yang tepat. Makan biji-bijian yang tidak mengandung gluten seperti beras merah, nasi hitam, nasi briyani, soba, dan millet justru bisa lebih bermanfaat.

Biji-bijian ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu mengecilkan miom. Namun, Moms perlu ingat bahwa tidak semua orang alergi terhadap gluten dan semua biji-bijian termasuk yang mengandung gluten mungkin tidak menjadi masalah.

7. Telur Organik

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Telur yang berasal dari ayam yang dibesarkan secara organik juga dipercaya sebagai makanan untuk mengecilkan miom. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan asam lemak esensial yang berarti bahwa telur yang diperoleh dari unggas ini akan menjadi sumber omega 3 yang bagus.

Asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan yang optimal.

Baca Juga: Mengenal Mioma Uteri, Tumor Jinak yang Menyerang Rahim

3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Memiliki Miom

Makanan memang dipercaya dapat mengecilkan miom. Namun, Moms juga harus menghindari makanan-makanan yang dapat memicu tumbuhnya fibrosis atau miom. Berikut makanan yang harus dihindari saat memiliki miom.

1. Makanan Mengandung Banyak Gula

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

The American Journal of Clinical Nutrition makanan manis dan karbohidrat sederhana dapat memicu atau memperburuk miom yang ada di dalam tubuh.

Makanan manis juga dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Karena kandungan gula yang ada di dalam makanan manis menyebabkan tubuh terlalu banyak memproduksi insulin.

Insulin berlebih dapat menyebabkan penambahan berat badan dan memengaruhi pertumbuhan fibroid atau miom

2. Daging

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi daging merah dan makanan padat energi, yang merupakan makanan yang mengandung banyak kalori, lemak, dan gula, lebih mungkin mengembangkan fibroid. Mengganti daging merah (sapi, ham, atau domba) dengan daging putih (ayam atau kalkun) dapat membantu.

Secara umum, mengganti daging merah dengan daging putih atau sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan, bisa menjadi langkah yang baik untuk kesehatan. Menurut American Heart Association, daging mengandung lemak jenuh dan lemak trans tingkat tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol dan memperburuk penyakit jantung.

3. Alkohol

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Sebuah studi dari tahun 2004 menunjukkan bahwa fibroid atau miom memiliki hubungan dengan alkohol, terutama bir. Walaupun memiliki keterkaitan, tetapi bukan berarti alcohol merupakan penyebab dari tumbuhnya miom di dalam tubuh.

3 Pengobatan Herbal untuk Menghancurkan Miom

Studi penelitian skala kecil telah melihat efek dari berbagai pengobatan herbal untuk fibroid, seperti teh hijau dan pengobatan Cina. Berikut herbal yang dipercaya dapat menghancurkan miom.

1. Teh Hijau

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Teh hijau mengandung bahan kimia yang disebut flavanol, yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh dengan mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan penyebab penyakit yang signifikan.

Sebuah studi tahun 2013 mengamati efek mengonsumsi ekstrak teh hijau (epigallocatechin gallate) pada 33 wanita dengan satu atau lebih fibroid. Para peserta mengambil 800 miligram (mg) teh hijau atau plasebo selama 4 bulan. Para penulis melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki gejala fibroid yang lebih ringan dan fibroid mereka menjadi lebih kecil.

Karena itu, minum teh hijau dapat membantu mengatasi fibroid. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum profesional perawatan kesehatan merekomendasikan teh hijau untuk menghancurkan miom.

2. Resveratrol

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Resveratrol adalah bahan kimia yang diproduksi tanaman saat berada di bawah tekanan lingkungan dan infeksi. Makanan alami yang mengandung resveratrol termasuk blueberry, mulberry, raspberry, dan anggur.

Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat menghentikan pertumbuhan sel dan reproduksi sel fibroid atau miom di rahim. Namun, penelitian ini melihat efek resveratrol pada kultur sel. Peneliti belum mengetahui jika mengonsumsi makanan yang mengandung resveratrol akan memengaruhi miom.

3. Kurkumin

XX Makanan untuk Menghancurkan Miom

foto: freepik.com

Kurkumin merupakan salah satu bahan aktif dalam kunyit. Ia memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat menghancurkan sel fibrotik atau menghentikan reproduksi. Sekali lagi, kultur sel membentuk dasar dari studi ini, dan peneliti perlu melihat pengaruhnya pada manusia untuk mengetahui apakah itu akan berguna.

Pengobatan Medis untuk Menghancurkan Miom

Miom memang dapat sembuh tanpa pengobatan atau memanfaatkan pengobatan herbal untuk menghilangkannya. Namun, saat miom menimbulkan gejala yang serius, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan sesuai dengan gejala yang Moms rasakan.

Pil KB dan perawatan serupa progesterone, seperti suntikan Depo-Provera atau alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), dapat membantu mengontrol perdarahan menstruasi yang berat. Namun, mereka tidak mengecilkan miom.

Dokter dapat meresepkan obat yang mengecilkan fibroid, yang disebut agonis hormon pelepas gonadotropin (GnRHa), seperti Lupron. Namun, obat ini dapat memiliki efek samping yang parah, seperti keropos tulang, sehingga orang biasanya meminumnya hanya dalam waktu 6 bulan. Ketika mereka berhenti meminumnya, miom sering tumbuh kembali.

Berbagai pilihan pembedahan juga dapat membantu mengobati miom. Konsultasi dengan dokter, nantinya mereka akan memberikan pengobatan yang terbaik untuk Moms.

Dokter mungkin meresepkan terapi hormon dan obat lain untuk mengatasi gejala miom, melalui efektivitasnya yang terbatas. Namun, operasi pengangkatan kemungkinan menjadi jalan yang paling efektif untuk memghiangkan miom dari dalam tubuh.

Baca Juga: Sering Disalahartikan, Ini 5 Perbedaan Endometriosis, Kista, dan Mioma

Moms, sudah tahukan kalau ada makanan untuk menghancurkan miom yang bisa Moms konsumsi sebelum memulai pengobatan lebih lanjut. Namun, saat kondisi miom semakin parah, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga Moms bisa mendapatkan pengobatan sesuai dengan gejala yang ditimbulkan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait