17 April 2023

5+ Makanan yang Tidak Baik Dimakan saat Buka Puasa dan Sahur

Makan sembarang saat sahur dan berbuka merugikan kesehatan
5+ Makanan yang Tidak Baik Dimakan saat Buka Puasa dan Sahur

Selama bulan Ramadan, Moms dan Dads perlu memperhatikan pola makan, ya. Karena terdapat beberapa makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa.

Bulan Ramadan adalah saat di mana para umat Muslim di seluruh dunia perlu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari.

Tak makan hingga belasan jam membuat Moms perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa.

"Di bulan Ramadan, pola makan kita diubah secara radikal, karena kita hanya makan selama sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, kedua makanan ini merupakan bagian penting dari puasa," jelas Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, dikutip dari Khaleej Times.

Ia menambahkan, "Penting bahwa makanan yang kita konsumsi membuat kita tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan-makanan selama sahur."

Agar Moms bisa menjalani ibadah puasa tanpa ada risiko yang merugikan kesehatan, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa!

Baca Juga: Lupa Niat Puasa Ramadan, Apakah Puasanya Tetap Sah?

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

Junk Food
Foto: Junk Food

1. Karbohirat Sederhana atau Olahan

Karbohidrat sederhana atau olahan merupakan makanan yang hanya bertahan 3 sampai 4 jam dan rendah nutrisi penting.

Contoh makanannya yaitu seperti mengonsumsi gula, tepung putih, mie, pasta, kue kering, donat, juga croissant.

Selain tidak memberikan sumber nutrisi yang cukup, mengonsumsi makanan olahan ini hanya akan memberikan rasa kenyang yang semu.

2. Makanan Asin

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh saat mengonsumsi makanan asin membuat Moms akan jadi sangat haus saat berpuasa.

Tentunya hal ini bisa mengganggu ibadah berpuasa di bulan Ramadan.

Jadi, cobalah agar Moms tidak menyajikan makanan asin seperti kacang asin, mie instan, acar, keripik dan makanan yang mengandung saus. Sehingga tidak memicu rasa haus.

3. Minuman Berkafein

Dilansir dari American Psychological Association, kopi mengandung kafein yang bisa menimbulkan asam lambung naik, insomnia, dan penuh rasa gelisah.

Selain itu, mengonsumi kopi dapat membuat Moms merasa tidak terhidrasi sehingga akan merasakan haus sepanjang hari.

Minum banyak air putih saat sahur membantu tubuh tidak kekurangan cairan tubuh saat berjam-jam tidak minum.

Baca Juga: Benarkah Puasa Pengaruhi Produksi ASI?

Makanan yang Tidak Baik Dimakan Saat Buka Puasa

Minuman Bersoda (Freepik.com)
Foto: Minuman Bersoda (Freepik.com)

1. Minuman Berkarbonasi

Makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa adalah minuman berkarbonasi.

Hindari minuman olahan dan minuman berkarbonasi. Gunakan air biasa dan atau air kelapa untuk menenangkan dahaga saat berbuka puasa.

Minum minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang tinggi, selain menyebabkan kenyang semu, minuman ini juga dapat menambah berat badan.

Tentu Moms tidak mau kan usai berpuasa justru berat badan naik?

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa selanjutnya adalah deretan makanan yang tinggi akan kandungan gulanya.

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat harus dihindari untuk berbuka puasa.

Makanan ini sumber kenaikan berat badan instan dan dapat menyebabkan kompleksitas jika dikonsumsi setiap hari.

Lebih baik, ganti konsumsi cokelat dan gula dengan buah-buahan favorit, yang mengandung sumber gula alami yang baik untuk tubuh.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang berminyak dan digoreng seperti pangsit goreng dan gorengan harus dihindari.

Hindari juga kari berminyak dan kue kering berminyak untuk menjauhkan Moms dari risiko penyakit yang bisa merugikan kesehatan.

Bulan Ramadan memang banyak santapan lezat yang membuat Moms bisa tergiur untuk memakannya.

Namun, makna dari puasa itu sendiri adalah bagaimana Moms menahan hasrat untuk tidak makan makanan yang tidak sehat demi menjaga kesehatan.

Baca Juga: Hindari 16 Hal-Hal yang Membatalkan Puasa dan Merusak Pahala Ini ya, Moms!

4. Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa selanjutnya adalah makanan yang tinggi lemak.

Meskipun lemak menjadi salah satu nutrisi penting dalam kebutuhan harian, tetapi terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak ternyata sangat dilarang.

Ini karena makanan tinggi lemak dapat menyebabkan mulas, memperparah refluks asam dan memiliki jumlah kalori besar, sehingga dapat dengan mudah menambah berat badan.

Untuk itu, saat buka puasa Moms ada baiknya menghindari makanan seperti susu tinggi lemak, daging olahan dan mentega.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas menjadi makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa selanjutnya yang perlu Moms hindari.

Ini karena mengonsumsi makanan pedas saat buka puasa dapat membuat perut merasa tidak nyaman akibat produksi asam lambung meningkat.

Kemudian menyantap makanan pedas saat buka puasa juga bisa memicu rasa mulas hingga diare, lho Moms.

Sebab, ketika buka puasa keadaan perut tengah kosong dan makanan pedas bisa langsung melukai lambung dan usus sehingga menyebabkan rasa sakit.

6. Jus Olahan

Makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa terakhir adalah jus olahan.

Namun, sayangnya mengonsumsi jus olahan menjadi salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan selama bulan Ramadan.

Faktanya ternyata jus olahan ini memiliki kadar gula yang tinggi, lho Moms.

Sehingga jika terlalu sering mengonsumsi jus olahan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Baca Juga: Hukum Pacaran di Bulan Ramadan, Apakah Membatalkan Puasa? Cari Tahu, Yuk!

Tips Pola Makan Sehat selama Ramadan

Pola Makan Sehat
Foto: Pola Makan Sehat (Womenshealth.com)

Setelah mengetahui deretan makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa dan sahur, Moms perlu mengetahui pola makan sehat selama Ramadan.

Mengutip dari Uclahealth, berikut ini beberapa tips pola makan sehat selama berpuasa:

1. Minum Banyak Cairan

Tips pola makan sehat di bulan Ramadan yang pertama adalah pastikan tubuh Moms dan Dads terpenuhi dengan banyak cairan.

Ini karena cairan dapat mencegah dehidrasi. Air adalah sumber hidrasi terbaik.

Jus dan susu juga bisa dikonsumsi, tetapi berhati-hatilah dengan minuman yang mengandung gula dan kalori dalam jumlah tinggi.

2. Berbuka Puasa dengan Kurma

Meski telah berpuasa seharian, ternyata tidak baik mengonsumsi makanan terlalu banyak di waktu berbuka puasa.

Ada baiknya untuk mengonsumsi kurma pada awal waktu buka puasa.

Kurma adalah sumber gula alami, yang membantu menyeimbangkan gula darah rendah dan mengisi tubuh dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Mengonsumsi dua buah kurma sebelum makan dapat membantu mengatasi sakit kepala dan meningkatkan gula darah.

3. Mengonsumsi Makanan Berkuah

Salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada bulan Ramadan adalah makanan berkuah, khususnya sop.

Sup menjadi pilihan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena membuat tetap terhidrasi dan dikemas dengan vitamin dan mineral.

Cobalah untuk memilih sup yang kaya nutrisi seperti sayuran, tomat, atau miju-miju dan hindari sup berbahan dasar krim.

Baca Juga: Apakah Kentut Membatalkan Wudu? Ini Penjelasannya

4. Makan Sayuran

Selain mengonsumsi sayuran juga sangat disarankan selama bulan Ramadan.

Ini karena sayuran dikemas penuh dengan vitamin, mineral, dan serat.

Cobalah untuk memasukkan setengah cangkir sayuran mentah atau matang ke dalam menu sahur atau buka puasa, ya Moms.

5. Pilih Karbohidrat Sehat

Makanan berbuka puasa atau sahur juga harus mengandung karbohidrat kompleks yang sehat.

Beberapa pilihan yang baik mungkin termasuk nasi merah, pasta gandum, roti gandum, kentang dan burghul.

Selain menjadi sumber energi yang hebat, karbohidrat kompleks merupakan sumber serat dan mineral yang sangat baik.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Pola Makan Saat Puasa dengan Konsep 4J

Itulah informasi lengkap mengenai makanan yang tidak baik dimakan saat buka puasa dan sahur yang bisa Moms dan Dads ketahui.

Ada baiknya untuk menghindari beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas guna menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

  • https://www.apa.org/gradpsych/2015/11/coffee
  • https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/top-tips-for-ramadan-healthy-eating.aspx
  • https://www.uclahealth.org/news/healthy-tips-for-ramadan

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb