Resep

RESEP
2 Mei 2019

Inilah 5 Manfaat Baik Jamur Bagi Kesehatan Anak

Rutin makan jamur bisa mencegah resiko obesitas juga lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Manfaat jamur untuk kesehatan sudah diakui oleh berbagai kebudayaan di seluruh dunia sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, orang mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian lho, Moms

Komposisi nutrisi dari setiap jenis jamur memang tidak persis sama, tapi menurut U.S. Department of Agriculture, umumnya semua mengandung vitamin A, B, C, dan D, juga mineral seperti tembaga, zat besi, selenium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Dengan berbagai kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya, tidak heran kalau manfaat jamur untuk anak juga cukup banyak. Yuk, cari tahu lebih banyak!

Baca Juga: Kenali 6 Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

1. Menjaga Berat Badan Ideal

inilah 5 manfaat baik jamur bagi kesehatan anak 1

Foto: romper.com

Selain rendah kalori dan rendah lemak, jamur juga mengandung dua jenis serat pangan beta-glukan dan chitin, yang membantu mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama.

Dalam studi National Institutes of Health, menambahkan lebih banyak jamur ke dalam pola makan cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko diabetes.

Manfaat jamur untuk anak juga datang dari kandungan probiotik, yang menurut studi dalam jurnal Nature dapat membantu menurunkan berat badan berlebih pada anak obesitas.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

inilah 5 manfaat baik jamur bagi kesehatan anak 2

Foto: fitasylum.co.uk

Hasil studi lain yang dilakukan oleh American Society for Nutrition dan University of Florida’s Department of Food Science and Human Nutrition menyimpulkan kalau mengonsumsi jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak lebih baik dari suplemen apapun.

Jamur juga mengandung antibiotik alami seperti polisakarida dan beta-glukan, serta antioksidan ergothioneine yang dapat menstimulasi, mengatur, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Pas Untuk Berbuka, Ini 10 Minuman Segar Tradisional Indonesia

3. Meningkatkan Metabolisme

inilah 5 manfaat baik jamur bagi kesehatan anak 3

Foto: heartandstroke.ca

Rutin mengonsumsi jamur yang kaya akan vitamin D, B12, dan fosfor juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh anak.

Dengan metabolisme yang baik, Moms bisa tenang karena tubuh anak akan mendapatkan cukup energi untuk beraktivitas tanpa khawatir dengan berat badan yang melonjak.

4. Baik Untuk Sistem Fungsi Ekskresi

inilah 5 manfaat baik jamur bagi kesehatan anak 4

Foto: videoblocks.com

Rutin makan jamur juga membantu mencukupi kebutuhan selenium yang membantu meningkatkan fungsi sistem ekskresi, yaitu proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang bersifat racun.

Dengan manfaat jamur untuk kesehatan ini, racun dari sisa metabolisme bisa keluar dengan lancar dan tidak menumpuk dalam tubuh sehingga fungsi organ tubuhnya selalu optimal.

Selenium dalam jamur juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan baik untuk kesehatan rambut anak.

Baca Juga: Sarapan Harus Mencakup 4 Komponen Penting, Apa Saja?

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

inilah 5 manfaat baik jamur bagi kesehatan anak 5

Foto: worldofchildren.org

Jamur juga termasuk makanan yang kaya akan kalsium yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi anak lho, Moms.

Kandungan vitamin D di dalamnya juga membantu tubuh menyerap kalsium dengan maksimal, sehingga anak terhindar dari risiko osteoporosis serta berbagai masalah kesehatan tulang, gigi, dan kuku lain.

Nah, apa Moms punya resep hidangan jamur andalan yang disukai buah hati?

(WA/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait