Kesehatan Umum

25 Juli 2021

Sering Dibuang, Ternyata Ini 7 Manfaat Biji Pepaya Moms!

Meski dianggap pahit, tapi saat digiling biji pepaya juga banyak manfaatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Karla Farhana

Pepaya adalah buah yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan nutrisinya yang luar biasa. Sayangnya, banyak yang sering membuang bijinya dan hanya menyukai daging buahnya yang manis. Sebab, banyak yang berasumsi bahwa biji Pepaya tidak bermanfaat dan tidak bisa dimakan dan akhirnya dibuang begitu saja. Padahal, manfaat biji pepaya sangat banyak, Moms!

Padahal, biji Pepaya tidak hanya dapat dimakan tetapi juga bergizi tinggi dan memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Biji Pepaya dapat dimakan, namun dalam jumlah yang terbatas.

Mengingat rasanya yang pahit, Moms bisa menggiling biji Pepaya terlebih dahulu, dan mencampurnya yang sudah berbentuk bubuk dengan smoothie yang manis, jus, makanan penutup atau bahkan teh. Manisnya gula, madu atau jaggery juga akan akan mengalahkan pahit rasa bijinya.

Dr. Anju Sood, ahli gizi yang tinggal di Bengaluru mengatakan, tidak semua biji beracun tetapi beberapa biji sangat pahit karena dapat membuat semacam gangguan gastro-intestinal. “Menurut banyak ahli gizi lainnya, biji Pepaya sebenarnya dapat dimakan untuk memanfaatkan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan,” kata dia.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

Kandungan Gizi Biji Pepaya

Dalam 100 gr biji Pepaya, mengandung:

  • 43 kkal energi / kalori
  • 10,82 g karbohidrat
  • 7,82 g gula
  • 1,7 g serat makanan
  • 0,26 g lemak
  • 0,47 g protein
  • 47 µg vitamin A
  • 274 µg beta-karoten
  • 89 µg lutein zeaxanthin
  • 0,023 mg Tiamin (B1)
  • 0,027 mg riboflavin (B2)
  • 0,357 mg niacin (B3)
  • 0,191 mg asam pantotenat (B5)
  • 38 µg folat (B9)
  • 62 mg vitamin C.
  • 0,3 mg vitamin E.
  • 2,6 µg vitamin K
  • 20 mg kalsium
  • 0,25 mg zat besi
  • 21 mg magnesium
  • 0,04 mg mangan
  • 10 mg fosfor
  • 182 mg kalium
  • 8 mg natrium
  • 0,08 mg seng
  • 88 g air
  • 1.828 µg likopen

Biji Pepaya juga mengandung polifenol dan flavonoid yang sangat tinggi. Dua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan, menurut penelitian yang dilakukan di Moleculez Switzerland.

Dikutip dari International Journal of Biomedical Science, antioksidan ini akan bertugas untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit untuk mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis. Terlebih lagi, biji Pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, dan termasuk asam foleat.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition kepada orang yang memiliki diabetes tipe 2. Para peneliti mengungkapkan bahwa diet yang tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol sangat rendah lipoprotein (VLDL) masing-masing sebesar 19% dan 22%.

Terlebih lagi, biji Pepaya mengandung banyak serat. Meningkatkan asupan serat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Konsumsi serat yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas, menurut penelitian oleh Nutrition Reviews.

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Biji Pepaya benar-benar dapat dimakan dan aman, selama tidak memiliki alergi terhadap pepaya. Ada juga kekhawatiran bahwa mengonsumsi pepaya dalam jumlah tinggi dapat berbahaya bagi janin yang belum lahir.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi asupan pepaya dan bijinya selama kehamilan untuk menghindari efek yang tidak semestinya pada pertumbuhan janin. “Tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah biji pepaya aman dikonsumsi selama menyusui, tetapi lebih baik menjauhkannya dari menu saat Anda menyusui,” kata Kathleen Putnam, MS, RDN, CDN, seorang ahli gizi terdaftar.

Selain memberikan beberapa nutrisi utama, biji Pepaya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Membantu Melawan Infeksi

6 Manfaat Biji Pepaya -1.jpg

Foto: Indiamart.com

Penelitian menunjukkan bahwa biji Pepaya dapat menghilangkan jenis jamur dan parasit tertentu. Menurut penelitian tabung reaksi oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, ekstrak biji Pepaya efektif melawan tiga strain jamur, termasuk patogen spesifik yang bertanggung jawab menyebabkan infeksi jamur

Studi kecil lainnya menemukan bahwa meminum obat ramuan yang terbuat dari biji Pepaya kering dan madu, secara signifikan lebih efektif dalam membunuh parasit usus daripada plasebo. Namun, penelitian skala besar lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana makan biji Pepaya dapat memengaruhi infeksi jamur dan parasit pada manusia.

Antioksidan seperti Polifenol dan Flavonoid yang terkandung dalam biji Pepaya akan melindungi tubuh dari infeksi umum seperti pilek dan batuk, dan juga dari banyak penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Unik dan Segar, 7 Sambal Ini Terbuat dari Buah

2. Melindungi Fungsi Ginjal

6 Manfaat Biji Pepaya -2.jpg

Foto: Elements.envanto.com

Ginjal memainkan peran penting dalam kesehatan, karena bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa makan biji Pepaya bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal.

Studi yang dilakukan oleh African Health Science pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas menemukan bahwa ekstrak biji Pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal.

Biji Pepaya juga kaya akan antioksidan, yang dapat memblokir kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh dan melindungi kesehatan ginjal, dikutip The Cochrane Database of Systematic Review.

Namun, karena penelitian di bidang ini masih terbatas pada penelitian hewan, diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia.

3. Memiliki Sifat Antikanker

6 Manfaat Biji Pepaya -3.jpg

Foto: Boldsky.com

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang mengesankan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji Pepaya dapat memiliki sifat antikanker. Sebuah studi tabung reaksi yang dilakukan Nutrition and Cancer menemukan bahwa ekstrak biji Pepaya membantu mengurangi peradangan dan perkembangan kanker.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa biji Pepaya hitam menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian tambahan diperlukan untuk mengevaluasi efek biji Pepaya terhadap pertumbuhan kanker pada manusia.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

6 Manfaat Biji Pepaya -4.jpg

Foto: Thegreedyvegan.com

Seperti biji lainnya, biji Pepaya merupakan sumber serat yang baik. Tinjauan terhadap lima penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan serat meningkatkan frekuensi tinja pada penderita sembelit, dikutip World Journal of Gastroenterology.

Meningkatkan asupan serat juga dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan pencernaan lainnya. Studi lain menunjukkan bahwa serat makanan dapat melindungi dari penyakit radang usus, meredakan gejala wasir, dan mencegah pembentukan tukak usus.

Serat dalam biji buah Pepaya juga selain dapat membantu pencernaan, juga dalam membantu mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Serat juga akan menjaga tekanan darah yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Cara Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah

5. Mengatasi Masalah Rambut

6 Manfaat Biji Pepaya -5.jpg

Foto: Pinterest.com

Selain itu, biji Pepaya yang mengandung karbohidrat, protein, air, abu, dan lemak juga bermanfaat untuk rambut. Terkait fungsinya untuk pertumbuhan rambut dan kemampuannya menghitamkan rambut, dikaitkan dengan kandungan glukosida carcirindan.

Berikut manfaat biji buah ini untuk pertumbuhan rambut:

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut. Biji Pepaya mengandung asam folat yang mampu memperlancar sirkulasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.
  • Pengobatan Ketombe. Sifat antijamur pada biji Pepaya menjadi kandungan nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk membantu membasmi jamur penyebab infeksi jamur. Infeksi jamur adalah penyebab utama ketombe.
  • Kondisioner Rambut Terbaik. Biji Pepaya baik untuk menjaga rambut tetap lembut dan terhidrasi dengan menjadikannya sebagai kondisioner rambut. Dapat digunakan sebagai kondisioner karena mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat meningkatkan produksi sebum.
  • Tonik Perawatan Rambut. Selain santan, biji Pepaya juga dikenal bermanfaat untuk membuat rambut lembut, berkilau, dan bergizi. Ekstrak biji Pepaya adalah perawatan rambut yang luar biasa dan memberikan hasil terbaik dalam memperbaiki beberapa masalah yang berhubungan dengan rambut.
  • Membuat Volume Rambut. Biji Pepaya mengandung zat yang akan menutrisi batang rambut dan menambah volume pada rambut, terutama bagi Moms yang memiliki rambut ikal dan tebal.
  • Pencegahan Kebotakan. Masalah penipisan rambut akibat rambut rontok bisa menjadi yang terburuk karena membuat kebotakan. Kandungan nutrisi pada biji Pepaya dapat membantu mencegah kebotakan dengan memperkuat batang rambut.
  • Membuat Rambut Berkilau dan Mengembang. Mengoleskan bubuk biji Pepaya sebagai masker mampu membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari rambut. Ini akan membuat rambut berkilau dan mengembang.
  • Memperkuat Rambut. Kandungan nutrisi biji Pepaya salah satunya adalah protein yang disebut papain. Memiliki kemampuan untuk memperkuat rambut dan memperkuat batang rambut dari akar hingga ujung.
  • Membersihkan Penumpukan Kimia. Produk kimia rambut yang digunakan akan meninggalkan penumpukan bahan kimia di rambut. Gunakan masker rambut biji Pepaya untuk membersihkan penumpukan bahan kimia tersebut dan buat rambut segar.
  • Mencegah Rambut Beruban. Hal ini bisa disebabkan karena salah pilih dalam mengonsumsi sampo tertentu atau karena stress. Biji Pepaya dalam bentuk masker rambut dapat membuat rambut sehat dan berkilau.

6. Membantu Mendapatkan Kulit Cantik

6 Manfaat Biji Pepaya -6.jpg

Foto: Ranchodelicioso.com

Jangan buang biji Pepaya Moms, karena akan bermanfaat untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Sebab, biji Pepaya bermanfaat untuk:

  • Mengangkat Kulit Mati. Biji Pepaya membantu mengangkat sel kulit mati di wajah dan juga menghilangkan kotoran dari dalam. Biji-bijian ini kaya akan vitamin A dan membantu menarik kulit mati, menghasilkan sel-sel baru dan menggantikan sel yang rusak. Moms bisa membuat masker wajah menggunakan biji Pepaya untuk meremajakan kulit.
  • Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi. Biji Pepaya sangat bagus untuk Moms bahkan jika memiliki kulit sensitif dan iritasi. Biji Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menyeimbangkan kandungan air di wajah. Ini menjaga hidrasi pada kulit dan memberikan tekstur yang lembut dan kenyal.
  • Melawan Tanda-tanda Penuaan. Kerutan, garis halus dan hilangnya elastisitas adalah tanda-tanda penuaan yang sangat jelas. Menggunakan biji Pepaya merupakan obat yang sangat baik untuk mengatasi kerutan di wajah karena memiliki bahan anti penuaan yang membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang muncul di kulit.
  • Mengobati Jerawat. Biji Pepaya dapat bermanfaat untuk membantu membersihkan kotoran dan kontaminan penyebab jerawat lainnya dari kulit. Giling biji Pepaya menjadi pasta dan oleskan langsung ke area yang terkena. Ini membantu mengeringkan dan mengobati jerawat dengan sangat efektif.
  • Mencerahkan Kulit. Moms bisa menggunakan biji Pepaya untuk membuat masker wajah DIY yang membantu mencerahkan kulit. Caranya, campurkan 1 sendok makan bubur Pepaya matang, 1 - 2 sendok makan biji Pepaya, 1 sendok teh minyak kelapa extra virgin dan 1 sendok makan madu mentah dalam blender untuk membuat pasta halus. Oleskan di wajah, leher, dan dada. Biarkan selama minimal 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan waslap.

7. Kontrasepsi Alami

Dilansir dari deherba.com, salah satu manfaat biji pepaya lainnya adalah sebagai alat kontrasepsi alami. Sehingga, Moms perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Apalagi ketika Moms sedang merencanakan kehamilan bersama Dads.

Moms yang sedang hamil juga sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter kandungan, apakah boleh mengonsumsi biji pepaya. Pasalnya, biji pepaya mengandung papain. Sebagian ibu hamil memiliki alergi terhadap papain. Jadi, konsultasikan dulu kepada dokter, ya Moms!

Cara Mengolah Biji Pepaya

Setelah mengetahui khasiatnya, kini Moms sudah siap untuk mengolah dan menyantap biji pepaya. Ada beberapa cara untuk mengolahnya.

  • Mentah: Moms sebenarnya bisa langsung mengonsumsi biji pepaya mentah bersama buahnya.
  • Ditumbuk: Tumbuk biji pepaya, lalu simpan di dalam kulkas selama seminggu. Moms bisa mengonsumsinya bersama salad atau juga sup hangat.
  • Dikeringkan: Cara lainnya adalah dengan mengeringkan biji pepaya dengan cara dijemur. Setelah itu, haluskan biji pepaya kering hingga menjadi bubuk. Moms kemudian bisa menambahkan biji pepaya kering ini pada salad, sup, atau juga nasi hangat.

Lantas, berapa banyak Moms bisa mengonsumsi biji pepaya ini? Sebaiknya, Moms membatasi jumlah konsumsi biji pepaya, ya Moms! Mengonsumsi 1-2 sendok makan biji pepaya sehari sudah cukup, Moms.

Setelah melihat sederetan manfaat dari biji Pepaya ini, apakah Moms masih akan tetap membuangnya dan hanya memakan dagingnya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait