Kesehatan Umum

13 Agustus 2021

10 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan, Bisa Atasi Batuk!

Bunga langka dengan harum semerbak ini bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Selain harumnya memikat dan sedap dipandang, bunga wijaya kusuma ternyata adalah tanaman obat yang berharga karena dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Apa sajakah manfaat bunga wijaya kusuma?

Walaupun termasuk tanaman yang mirip kaktus dan jarang berbunga, bunga wijaya kusuma layak dijadikan tanaman hias yang tidak hanya mempercantik pekarangan rumah, namun juga memiliki manfaat sebagai obat tradisional.

Dari hasil penelitian, manfaat bunga wijaya kusuma untuk beberapa masalah kesehatan karena adanya nutrisi dalam tumbuhan berupa protein, asam lemak, dan sejumlah kecil vitamin.

Bunga wijaya kusuma juga terbukti mengandung saponin, senyawa fenolik, steroid, glikosida, tanin, terpenoid, dan resin.

Saponin diketahui memiliki manfaat aktivitas antikolesterol dalam tubuh, sedangkan senyawa fenolik terkenal sebagai manfaat antibakteri.

Namun, manfaat bunga wijaya kusuma masih terbatas, karena hasil penelitian belum menemukan kandungan yang mendukung aktivitas antijamur sehingga belum dapat mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan infeksi jamur.

Dengan berbagai kandungan yang mendukung adanya manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan, tanaman ini secara keseluruhan dapat dianggap sebagai salah satu tanaman obat yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah.

Baca Juga: 11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Dalam Indo American Journal of Pharmaceutical Sciences, bunga wijaya kusuma di Malaysia dan Vietnam telah digunakan sebagai bahan penting dalam obat-obatan tradisional, misalnya untuk mengatasi batuk, pendarahan rahim, kesulitan bernapas, menetralkan penyumbatan darah, dan lain-lain.

Manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan ini berkat senyawa alami yang terdapat di dalam tumbuhan, seperti senyawa fenolik yang merupakan antibakteri.

Beberapa manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan ini bisa diperoleh dengan berbagai cara, misalnya dengan meminum air rebusan bunga atau bagian tanaman lainnya, digiling halus dan dioleskan pada kulit yang bermasalah, atau meminum air rendaman bunga.

Karena banyaknya senyawa yang bermanfaat dalam bunga wijaya kusuma, inilah manfaatnya untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Anti-inflamasi

Bunga wijaya kusuma dapat membantu mengatasi jerawat

Foto: planterandforester.com

Salah satu manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan adalah mengurangi atau mengatasi inflamasi.

Berbagai penyakit biasanya timbul akibat peradangan di area tertentu, di luar maupun di dalam tubuh.

Senyawa etanol yang didapat dari ekstrak bunga kusuma wijaya terbukti memiliki aktivitas anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuh beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan akibat beberapa faktor, misalnya radang tenggorokan dan bisul.

Baca Juga: 21+ Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan ASI

2. Antioksidan

Manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan lainnya adalah sebagai sumber antioksidan.

Antioksidan penting bagi kesehatan karena membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius seperti kanker.

Bunga yang dikenal sebagai ratu malam dikarenakan aktivitas mekarnya bunga ini hanya pada malam hari, sedangkan esok paginya disaat matahari telah terbit bungan ini langsung layu, juga mampu mampu menghambat peroksidase lipid pada makanan.

Kandungan fenolik dalam ekstrak daun bunga wijaya kusuma diidentifikasi cukup tinggi dan cocok dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan.

Antioksidan dalam bunga wijaya kusuma ini juga dihubungkan dengan anti-inflamasi dan antikanker.

Baca Juga: Jarang Dilirik, Ternyata Ada 15+ Manfaat Kesehatan Daun Binahong!

3. Membantu Menyembuhkan Batuk

Bunga wijaya kusuma memiliki manfaat anti inflamasi

Foto: freepik.com

Beberapa kandungan dalam bunga wijaya kusuma bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit pernapasan seperti batuk, TBC (tuberkulosis), dan asma.

Agar mendapatkan manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan paru-paru ini, Moms dan Dads dapat merebus bunga wijaya kusuma dan diminum secara rutin untuk membantu meredakan batuk, TBC, dan asma.

Jika dirasa terlalu pahit, Moms dan Dads dapat menambahkan gula batu atau gula aren.

Namun, jika gejala batuk dan asma terus berlanjut dan tidak membaik selama beberapa minggu, sebaiknya Moms dan Dads memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis yang tepat.

Sedangkan pada penderita penyakit TBC ada baiknya tetap mengonsumsi obat di samping minum air rebusan bunga kusuma wijaya agar lebih efektif dan cepat sembuh.

TBC adalah penyakit akibat infeksi bakteri yang sangat menular dan dapat mematikan jika ditangani dengan benar.

Beberapa tanda penyakit TBC, yakni batuk selama tiga minggu atau lebih yang disertai darah atau lendir dan nyeri di dada.

Baca Juga: 12+ Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kehamilan, Moms Perlu Tahu

4. Membantu Menyembuhkan Pendarahan Rahim

Ternyata manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan bila diminum air rebusannya dapat membantu menghentikan pendarahan dalam tubuh, termasuk pendarahan rahim maupun paru-paru yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Manfaat bunga wijaya kusuma ini telah diketahui masyarakat setempat dan dijadikan obat tradisional sejak dahulu.

Karena bunga wijaya kusuma cukup langka dan lama mekar, biasanya bunga kusuma wijaya harus disimpan dengan proses pengeringan untuk dipakai sebagai pengobatan tradisional.

5. Menetralkan Penyumbatan Darah

Bunga wijaya kusuma memiliki sifat anti-kolesterol

Foto: freepik.com

Keberadaan saponin membuat manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan juga dapat menetralkan penyumbatan darah.

Peredaran darah yang tidak lancar yang diakibatkan penyumbatan oleh lemak atau kolesterol, dapat menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

Dengan meminum air rebusan bunga wijaya kusuma secara rutin dan teratur, dapat menetralkan lemak jahat dalam pembuluh darah yang menjadi salah satu penyebab penyumbatan pembuluh darah.

6. Efek Analgesik

Salah satu penelitian di India juga membuktikan bahwa manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dengan memberikan efek analgesik atau pereda rasa sakit untuk tubuh.

Efek analgesik diperlukan bagi salah satu bagian tubuh yang merasakan nyeri, misalnya pada penderita radang sendi, pasca operasi, sakit gigi, sakit kepala, kram menstruasi, dan nyeri otot setelah berolahraga berat.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

7. Mengatasi Jerawat

manfaat bunga wijaya kusuma untuk jerawat.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat bunga wijaya kusuma untuk jerawat telah diketahui sebagian masyarakat yang menggunakannya sebagai obat jerawat yang alami.

Salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit adalah infeksi bakteri yang disebut Propionibacterium acne. Bakteri ini mudah hinggap ke kulit dan mampu memicu peradangan yang kita kenal sebagai jerawat.

Manfaat bunga wijaya kusuma untuk jerawat adalah membantu melawan bakteri penyebab jerawat dengan kandungan antimikroba di dalamnya.

Aktivitas antimikroba dalam ekstrak bunga wijaya kusuma putih didapat dari kandungan petroleum eter, aseton, dan ethanol.

Hasil penelitian menunjukkan ekstrak bunga wijaya kusuma mampu melawan bakteri P. acnes sehingga membantu mengurangi jerawat.

Baca Juga: Inilah Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker!

8. Mengobati Luka

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat bunga wijaya kusuma juga ada untuk kecantikan.

Beberapa kandungan dalam bunga wijaya kusuma mendukung kesehatan kulit dengan kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Hasil penelitian manfaat bunga wijaya kusuma untuk menyembuhkan luka telah diuji oleh salah satu penelitian dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). Dalam penelitian ini, ekstrak bunga wijaya kusuma diuji untuk menyembuhkan luka diabetes pada hewan.

Bunga wijaya kusuma yang mengandung potensi antioksidan, antiradang, dan antibakteri diduga mempercepat proses penyembuhan luka luar.

Dengan diketahui adanya kandungan-kandungan tersebut, maka manfaat bunga wijaya kusuma dapat mempercepat beberapa tipe penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan atau terluka.

Misalnya saja luka akibat terkena pisau, luka akibat diabetes, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat bunga wijaya kusuma untuk kecantikan, bunga wijaya kusuma dapat digiling halus, boleh dicampur media lain seperti Vaseline boleh juga tidak, kemudian dioleskan langsung ke bagian yang sakit.

Selain bagian bunganya, daun bunga wijaya kusuma juga mengandung berbagai kandungan fitokimia seperti saponin, glikosida, protein, steroid, terpenoid, senyawa fenol, resin, dan tanin yang berpotensi sebagai agen bioterapi pada berbagai penyakit, salah satunya berperan dalam proses penyembuhan luka.

Kandungan-kandungan tersebut memiliki peran dalam proses penyembuhan luka maupun sebagai antibakteri ataupun antiinflamasi.

Misalnya, senyawa fenol yang berperan sebagai antibakteri pada berbagai bakteri patogen dan berperan dalam proses epitelisasi dalam menstimulasi proses regenerasi jaringan kulit pada luka sehingga luka dapat dengan cepat tertutup kulit baru.

Saponin yang terkandung juga merupakan komponen bioaktif yang berperan dalam pembentukan kolagen. Sedangkan senyawa tanin berperan dalam pengkoagulasian darah karena tannin mempunyai efek vasokontriksi pembuluh darah kapiler dan sebagai antiinflamasi.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

9. Mengatasi Asam Urat

manfaat bunga wijaya kusuma untuk asam urat

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan uji skrining fitokimia yang telah dilakukan, bunga wijaya kusuma mengandung beberapa metabolit sekunder seperti saponin, alkaloid, dan triterpenoid.

Hal ini membuat bunga wijaya kusuma banyak dikonsumsi oleh masyarakat untuk mencegah dan mengobati asam urat. Biasanya, bunga wijaya kusuma akan diolah dengan cara dikeringkan lalu direbus untuk kemudian diminum sarinya.

Penyakit asam urat berkaitan erat dengan ginjal karena ginjal merupakan suatu organ yang berfungsi sebagai tempat pembuangan asam urat yang berlebihan.

Ketika ginjal tidak mempunyai kekuatan untuk membuang asam urat yang berlebihan, maka hal ini yang menjadi salah satu penyebab terbentuknya asam urat.

Manfaat bunga wijaya kusuma sebagai obat asam urat ini didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Muhammadiyah Medical Laboratory Technologist.

Hasil uji secara in vivo pada tikus wistar, ekstrak metanol bunga wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) dosis 100 mg/kg BB, 200 mg/kg BB, dan 400 mg/kg BB mampu menurunkan kadar asam urat, dengan persentase penurunan terbesar adalah dosis 400 mg/kg BB sebesar 63,50%.

Namun, keefektivitasannya belum pasti karena penelitian lanjutan masih diperlukan.

Baca Juga: 7+ Manfaat Bunga Pacar Air Sebagai Obat Tradisional

10. Obat Sesak Napas

Manfaat bunga wijaya kusuma lainnya, yakni bisa dimanfaatkan sebagi obat sesak napas.

Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi seduhan bunga wijaya kusuma, yaitu bunganya dikeringkan kemudian dikonsumsi dengan direbus kemudian airnya diminum dapat meredakan peradangan bagi yang memiliki serangan batuk, sesak napas atau asma.

Biasanya, ekstrak bunga wijaya kusuma ini diminum sebanyak 2 kali dalam sehari. Dengan ditambahkan madu atau gula batu sehingga cita rasanya lebih manis.

Itulah beberapa manfaat bunga wijaya kusuma. Bagaimana Moms, tertarik untuk mencoba atau menanam bunga wijaya kusuma ini?

  • https://www.academia.edu/34976131/EPIPHYLLUM_OXYPETALUM_HAW_A_LESSER_KNOWN_MEDICINAL_PLANT
  • http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=jurnal&id=914
  • http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/analis/article/view/2584/2253
  • http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1473415&val=10606&title=PENGARUH%20SALEP%20EKSTRAK%20DAUN%20WIJAYAKUSUMA%20EPIPHYLLUM%20ANGULIGER%20LEM%20GDON%20TERHADAP%20PENYEMBUHAN%20LUKA%20SAYAT%20TIKUS%20PUTIH%20RATTUS%20NORVEGICUS%20GALUR%20SPRAGUE%20DAWLEY%20DAN%20IMPLEMENTASINYA%20SEBAGAI%20MEDIA%20EDUKASI%20MASYARAKAT
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait