Kesehatan

KESEHATAN
13 Januari 2021

8 Manfaat Kulit Lemon untuk Wajah dan Tubuh, Cegah Keriput Hingga Mengandung Zat Antikanker!

Tidak hanya buahnya, tetapi kulitnya pun juga berkhasiat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebagian dari Moms pasti sudah tahu bahwa lemon memiliki khasiat yang melimpah untuk kesehatan tubuh. Banyak orang hanya mengonsumsi air perasan lemon untuk mendapatkan manfaat buah lemon.

Padahal, kulit lemon juga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Moms perlu tahu seperti apa manfaat kulit lemon untuk kesehatan.

Penelitian oleh Natural Resources Conservation Service United States Department of Agriculture menemukan bahwa kulit lemon kaya dengan senyawa bioaktif yang dapat memberikan manfaat kesehatan secara menyeluruh.

Menurut ahli diet yang berlisensi, Katherine Brooking, RD. mengatakan bahwa sangat disayangkan apabila keberadaan kulit lemon dianggap sebagai limbah dan diabaikan begitu saja.

Dalam penelitian berjudul Journal of Analytical Methods in Chemistry, dijelaskan bahwa dalam 6 gram kulit lemon terdapat 3 kalori, 1 gram karbohidrat, 9% vitamin C dari nilai harian, kalsium, kalium dan magnesium.

Senyawa D-limonene dalam kulit lemon yang bertugas memberikan aroma khas, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini manfaat kulit lemon untuk wajah, pengolahannya, hingga khasiatnya untuk kesehatan yang wajib Moms ketahui.

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

Manfaat Kulit Lemon untuk Wajah

Moms pasti familiar dengan manfaat buah lemon untuk kesehatan kulit wajah, lalu tahukah Moms jika kulit lemon ternyata juga punya khasiat maksimal untuk merawat wajah?

Ya, kulit lemon kaya dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit. Berikut ini manfaat kulit lemon untuk wajah.

1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini

Foto: Orami Photo Stocks

Kulit lemon kaya dengan asam askorbat dan vitamin C. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki konsentrasi antioksidan tinggi yang membantu detoksifikasi.

Bahan-bahan ini baik untuk kulit karena membantu menunda timbulnya keriput, mengurangi noda hitam, dan memperlambat proses penuaan.

Tak hanya itu, menurut penelitian berjudul The Roles of Vitamin C in Skin Health dijelaskan bahwa vitamin C dalam kulit lemon dapat mencerahkan kulit dan membantu mengurangi bintik-bintik penuaan.

Vitamin C juga membantu merangsang produksi kolagen, yang pada gilirannya dapat membantu mengencangkan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

2. Mencegah Pigmentasi atau Bintik Hitam

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Terlebih lagi, dalam jurnal Molecules, diketahui bahwa manfaat kulit lemon juga mengandung asam sitrat yang berkhasiat.

Asam sitrat membantu peremajaan kulit dan mengelupas sel kulit mati.

Ini dapat dengan lembut mengupas lapisan luar kulit yang rusak akibat sinar matahari, yang menyebabkan pengurangan bintik-bintik coklat, garis-garis halus, dan kerutan.

3. Mengobati dan Mencegah Jerawat

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Selain berkhasiat dalam mencegah bintik hitam dan penuaan dini. Kandungan asam alfa-hidroksi sebagai manfaat kulit lemon dapat mengobati jerawat dan memperbaiki kulit yang rentan berjerawat dengan bekerja pada lapisan dalam kulit.

Pengobatan tradisional mengklaim bahwa substansi tradisional (scrub perawatan kulit India) yang dibuat dengan kulit lemon dan jeruk membantu mengurangi selulit dan jerawat.

Meski demikian, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini karena komposisi herbal ini tidak diformulasikan dan diatur secara ilmiah.

Baca Juga: Ketahui Ragam Manfaat Masker Lemon untuk Kecantikan yang Tak Terduga!

Cara Mengolah Kulit Lemon untuk Minuman

Buah lemon manfaat kulit lemondapat mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stocks

Untuk mendapatkan khasiat dari kulit lemon, Moms bisa menggunakan beberapa cara salah satunya dengan menjadikan kulit lemon sebagai minuman.

Minuman kulit lemon ini sangat baik sebagai salah satu minuman diet sehat hingga minuman penambah imun tubuh atau stamina. Nah, berikut ini cara mengolah kulit lemon untuk minuman.

Bahan-bahan:

  • 1 buah lemon
  • 1 cangkir air
  • 5 tetes jus lemon
  • 1 sdm madu

Baca Juga: Resep: Penne Ayam Lemon

Cara Membuat:

  1. Pertama, rebus air hingga mendidih. Lalu taburi gula pada kulit lemon dan gosok perlahan.
  2. Kedua, kupas kulit lemon secara tipis-tipis. Kemudian, masukkan potongan kulit lemon yang telah dikupas bersama gula ke dalam teko.
  3. Ketiga, siram dengan air mendidih secukupnya. Selanjutnya, biarkan racikan kulit lemon tersebut dingin. Setelah dingin, tuang ke dalam cangkir kosong dan tambahkan lima tetes jus lemon segar serta madu.
  4. Terakhir, aduk hingga merata.

Kini minuman dari kulit lemon bisa Moms nikmati. Untuk hasil yang lebih maksimal konsumsi minuman kulit lemon ini pada pagi hari dan sebelum tidur.

Manfaat Kulit Lemon untuk Tubuh

Setelah mengetahui manfaat kulit lemon untuk wajah dan cara mengolah minuman dari kulit lemon, berikut ini daftar khasiat kulit lemon untuk kesehatan tubuh yang perlu Moms ketahui.

4. Menurunkan Berat Badan

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut penelitian dalam jurnal Applied Microbiology and Biotechnology, kulit lemon kaya akan antioksidan, bioflavonoid, serta berbagai vitamin dan mineral esensial.

Pektin dalam kulit lemon membantu menurunkan berat badan dan melawan obesitas. Ini juga menjadi salah satu manfaat kulit lemon yang lainnya.

Dalam penelitian yang distimulasi menggunakan SHIME (Simulator of the Human Intestinal Microbial Ecosystem), kandungan pektin sitrat dalam kulit lemon menunjukkan adanya efek anti-inflamasi pada bakteri usus dalam kaitannya melawan obesitas.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan di University of Southern California Medical Center telah menunjukkan bahwa pektin, yang merupakan serat larut, mengurangi pengosongan lambung dan meningkatkan rasa kenyang pada orang dengan obesitas.

Baca Juga: Menyegarkan, Berikut 11 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Membantu Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat kulit lemon juga bagus untuk kesehatan dan kebersihan mulut.

Dalam studi berjudul American Journal of Physical Anthropology dijelaskan bahwa kekurangan vitamin C dikaitkan dengan gusi berdarah, penyakit kudis, dan radang gusi.

Kulit lemon kaya akan vitamin C, mengkonsumsinya dengan berbagai cara, seperti merebus kulit lemon atau menjadikannya sebagai teh kulit lemon, dapat mengatasi masalah gigi seperti abses gigi dan gigi berlubang.

Selain itu, sifat antibakteri yang kuat dari kulit lemon dapat mengurangi infeksi gusi yang disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus mutans.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Kulit lemon membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang merupakan bahan penyusun penting tulang dan struktur kerangka manusia.

Sebuah studi dalam jurnal Oncotarget, yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa osteoporosis dapat dikelola dengan pemberian asam askorbat pada gen tertentu.

Dengan demikian, manfaat kulit lemon, yang kaya asam askorbat, berpotensi untuk mengatasi penyakit tulang dan meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga: Mengenal Craniosynostosis, Kelainan Tulang Tengkorak Pada Bayi

7. Mengobati Stres Oksidatif Dan Mendetoksifikasi Tubuh

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan vitamin C pada kulit lemon merupakan antioksidan alami yang mengontrol kerusakan sel dengan membersihkan radikal bebas atau racun yang dilepaskan saat stres atau proses biologis tertentu yang terkait dengan kematian sel dan penuaan.

Menghilangkan racun berbahaya ini membantu mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi stres pada tingkat metabolisme.

Bioflavonoid jeruk tertentu juga membantu dalam mengurangi stres oksidatif, yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan Vitamin A dan Obat Cacing Gratis Sepanjang Februari, Ini Segudang Manfaatnya

8. Memiliki Sifat Antikanker

manfaat kulit lemon

Foto: Orami Photo Stocks

Kulit lemon telah dikaitkan dengan pencegahan dan pengobatan kanker karena senyawa yang dikandungnya, seperti salvestrol Q40 dan limonene.

D-limonene diketahui dapat meningkatkan tingkat kematian sel yang bermutasi dan membantu dalam penghambatan penyebaran sel kanker dari kanker lambung.

Zat antikanker lain yang ditemukan dalam kulit lemon adalah flavonoid. Asupan flavonoid telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan lambung.

Itulah ragam manfaat kulit lemon untuk kesehatan wajah hingga tubuh. Apakah Moms tertarik untuk mengonsumsi kulit lemon?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait