Kesehatan

13 September 2021

7 Manfaat Kurma Ajwah, Salah Satunya Membantu Persalinan Normal!

Manfaat kurma ajwah didapatkan dari kandungannya yang luar biasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dari beberapa jenis kurma yang ada, terdapat manfaat kurma Ajwah yang sayang untuk dilewatkan. Sama seperti buah super lainnya, kurma Aja juga memiliki kandungan menakjubkan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan fit.

Kurma adalah salah satu buah populer di seluruh dunia yang juga dikenal sebagai makanan super. Buah-buahan ini kaya akan nutrisi penting, vitamin dan serat yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Bukan Boros, Ini 5 Manfaat Mentraktir Rekan Kerja

Mengenal Buah Kurma Ajwah

Manfaat Kurma Ajwah -1

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi salah satu makanan paling serbaguna, kurma dapat dikonsumsi segar karena dipetik dari pohon palem, atau dikeringkan dan diawetkan untuk waktu yang cukup lama. Ada lebih dari 600 varietas kurma dengan berbagai bentuk dan rasa, tetapi varietas kurma Ajwah sangat menonjol di seluruh dunia.

Kurma Ajwah adalah jenis kurma yang terkenal dan tumbuh secara eksklusif di Madinah, Arab Saudi. Mulai dari warna coklat tua hingga hampir hitam, kurma ini sangat lembut dan memiliki rasa seperti buah prune dan cenderung dari varietas kering.

Dikutip NutritionData, Kurma kaya akan mineral seperti Magnesium (64,2 mg/100g), seng (0,5 mg/100g), Besi (0,3-6,03 mg/100g) yang bertanggung jawab untuk sejumlah fungsi tubuh seperti kekebalan, pencernaan, dan metabolisme.

Kurma juga tinggi vitamin seperti B1 dan B6, dan ketika segar, tinggi vitamin C. Ini semua adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kurma juga memiliki serat di bawah 7g per 100g yang membuatnya bagus untuk pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur, yang dapat mencegah sembelit.

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

Manfaat Kurma Ajwah untuk Kesehatan

Kurma Ajwa (daraz.pk).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dikenal sebagai 'Kurma Suci', kurma Ajwah juga memiliki tempat khusus dalam tradisi Islam. Penelitian ilmiah telah mengakui pentingnya buah ini yang memberikan nutrisi tinggi. Di bawah ini adalah manfaat kurma Ajwah yang baik untuk kesehatan:

1. Mengandung Anti-Inflamasi

Penelitian baru dari King Saud University mengenai manfaat kurma Ajwah untuk kesehatan, menunjukkan bahwa buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mirip dengan obat-obatan yang tersedia secara komersial seperti ibuprofen dan aspirin.

Penelitian yang diterbitkan dalam edisi ke-61 Journal for Agriculture and Food Chemistry yang berbasis di AS ini juga menunjukkan bahwa kurma Ajwah mengandung unsur aktif yang berguna dalam pencegahan penyakit seperti kanker.

2. Mencegah Preeklamsia

Penelitian yang dilakukan oleh Biomed Research International menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tujuh buah kurma Ajwah setiap hari memiliki potensi luar biasa untuk menurunkan MAP dan ROT pada ibu hamil yang berisiko mengalami preeklamsia.

Ini menunjukkan manfaat kurma Ajwah yang dapat berkontribusi untuk mencegah perkembangan preeklamsia. Ini amat diperlukan untuk ibu hamil untuk menghindari preeklamsia dan memperkuat kondisi ibu selama kehamilan.

3. Mengandung Anti-Oksidan

Trends in Food Science & Technology mencatat, kuram Ajwah diperkaya dengan serat makanan, lipid, mineral, dan protein. Kurma Ajwah dikonsumsi tidak hanya untuk tujuan diet tetapi juga digunakan untuk efek pengobatannya terhadap berbagai penyakit.

Studi fitokimia menunjukkan bahwa daging dan biji kurma Ajwah diperkaya dengan fenolik dan flavonoid tertentu, yang memiliki banyak efek pada kesehatan karena sifat antioksidannya yang kuat. Manfaat kurma Ajwah lainnya didapatkan juga karena mengandung aktivitas antioksidan, antiinflamasi, antimutagenik, hepatoprotektif, nefroprotektif, dan antikanker yang kuat.

4. Membantu Persalinan Alami

Kurma telah dimakan untuk meringankan rasa sakit akibat persalinan selama berabad-abad. Sebuah studi tahun 2017 oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research menemukan bahwa makan kurma pada kehamilan jangka panjang membantu pelebaran serviks.

Ini akan mengurangi kebutuhan persalinan yang diinduksi dan mengurangi durasi persalinan. Kurma Ajwah juga merupakan sumber energi yang nyaman bagi ibu hamil untuk dikonsumsi selama persalinan untuk mengisi kembali simpanan energi.

5. Membantu Fungsi Otak

Makan kurma secara teratur telah ditemukan memiliki manfaat untuk mengurangi senyawa inflamasi seperti IL-6 (dalam studi hewan pengerat), yang menyebabkan fungsi degeneratif di otak, menurut Neural Regeneration Research .

Ini berarti bahwa makan kurma berpotensi mencegah hal-hal seperti penyakit Alzheimer, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Namun manfaat kurma untuk otak tidak bisa dibantah lagi, ditambah dengan rasanya yang manis.

6. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Makan kurma telah lama dipercaya dapat membantu pengobatan kanker dalam pengobatan tradisional Mesir. Sementara penelitian masih berkembang, sebuah studi 2019 oleh Journal of Ethnopharmacology menggunakan kurma Ajwah saat melakukan tes pada sel kanker prostat.

Pemberian ekstrak menunjukkan tanda penghambatan yang kuat pada sel kanker, hasil yang menjanjikan untuk pengobatan kanker prostat. Studi menyimpulkan bahwa fraksi etil asetat dari kurma Ajwah mungkin memiliki sifat terapeutik untuk kanker prostat.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Minuman Protein Nabati untuk Kebugaran dan Kecantikan!

7. Mengusir Bahaya Sihir

Kurma juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan alternatif, serta dalam tradisi keagamaan, dan memiliki arti khusus bagi umat Islam. Pohon kurma disebutkan lebih banyak daripada tanaman penghasil buah lainnya dalam Alquran.

Makan kurma di pagi hari juga diyakini dapat memberikan perlindungan terhadap racun dan sihir. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa pun yang memiliki tujuh kurma Ajwah setiap pagi, dia tidak akan dirugikan pada hari itu dengan racun atau sihir." (HR Bukhari)

Bahkan, Rasulullah SAW menjanjikan sesuatu saat rutin mengkonsumsinya. Dalam sebuah hadis dikatakan: “Barangsiapa yang memiliki tujuh buah kurma di antara dua wilayah (timur dan barat Madinah) segera setelah dia bangun setiap pagi, dia tidak akan dirugikan pada hari itu dengan racun sampai sore hari.” (HR Muslim)

Beberapa manfaat kurma Ajwah tersebut akan terasa saat rutin mengkonsumsinya. Yuk simpan di rumah sebagai camilan yang enak dan sehat.

  • https://news.ksu.edu.sa/en/node/103234
  • https://www.hindawi.com/journals/bmri/2019/2917895/
  • https://www.researchgate.net/publication/314651973_A_review_on_chemistry_and_pharmacology_of_Ajwa_date_fruit_and_pit
  • https://bateel.com/blog/recent-articles-no-display/the-benefits-of-eating-ajwa-dates/
  • https://thebeet.com/7-incredible-evidence-based-health-benefits-of-dates/
  • http://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/7348/2
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29033994/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4994443/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378874117342952
  • https://abdurrahman.org/2014/01/22/ajwa-dates/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait