Kesehatan

6 Mei 2021

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Bahan Jamu Empon-Empon Penangkal Corona

Bisa melawan kanker!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah tahu manfaat lengkuas? Selama ini, Moms mungkin mengenal manfaat lengkuas hanya untuk sebagai bumbu dapur saja.

Rempah-rempah yang satu ini memang telah banyak digunakan dalam memasak daging atau ikan karena aromanya dapat menetralkan bau amis sehingga hidangan terasa lebih lezat.

Namun tak hanya sampai di situ saja, lengkuas juga bisa dikonsumsi sebagai minuman. Salah satunya dalam ramuan tradisional yang dinamakan empon-empon. Bersama dengan rempah lainnya, lengkuas dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Hal ini pun membuat lengkuas banyak diburu, apalagi semenjak adanya pandemi virus COVID-19.

Selain melakukan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilakukan dengan sering mencuci tangan, melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, tidak menyentuh hidung, mulut, dan mata, serta melakukan etika bersin yang baik, banyak masyarakat yang memanfaatkan empon-empon untuk menangkal virus corona.

Manfaat Lengkuas

manfaat lengkuas

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, apa saja sih manfaat lengkuas bagi kesehatan? Apakah benar lengkuas dapat mencegah penularan penyakit selama masa pandemi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Berikut Ini Manfaat Lengkuas Bagi Pria yang Dads Wajib Tahu!

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat lengkuas, yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Dengan cara mencampurkan lengkuas dengan rempah-rempah lainnya, seperti temulawak, jahe, kencur, kunyit, dan adas dan menumbuknya hingga halus. Lalu, menyeduhnya dengan air hangat dan dikonsumsi sebagai minuman bernama empon-empon.

Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas yang dilarutkan dalam air panas memiliki efek stimulasi terhadap perkembangan sel reticulo endothelial system (RES) dan meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal dan sel limpa yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Penelitian oleh Ye Ying Li Bao melaporkan bahwa 1′S-1′-acetoxychavicol acetate yang diisolasi dari ekstrak lengkuas memiliki Anti human immunodeficiency virus tipe 1 dan menghalangi replikasi virus.

Dengan jumlah vitamin C yang baik, didukung oleh antioksidan unik seperti alpine dan galangin, empon-empon dari lengkuas dan rempah lainnya bisa menangkal virus corona.

Selain menjaga stamina tubuh, juga dapat membantu meredakan kelelahan otot.

Baca Juga: Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral? Waspadai 9+ Penyakit Ini!

2. Berpotensi untuk Melawan Kanker

Manfaat lengkuas yang pertama adalah kemampuannya untuk melawan dan berpotensi mencegah sejumlah besar kanker dan tumor.

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, ekstrak cair lengkuas secara signifikan menghancurkan sejumlah sel kanker lambung dalam tes laboratorium setelah 48 jam, dan merupakan hasil yang baik.

Lengkuas juga dipercaya mampu melawan kanker leukemia, melanoma, pankreas, kanker usus, dan kanker hati.

Baca Juga: Pemicu Kanker dari Pola Hidup yang Tidak Sehat. Waspada!

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagian-bagian tertentu dari akar lengkuas terbukti bermanfaat dalam mempromosikan kesuburan pria.

Para peneliti di Iran menemukan bahwa lengkuas mampu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma (atau kemampuan untuk bergerak).

Sebuah studi dalam jurnal Public Library of Science meneliti efek lengkuas yang dipasangkan dengan ekstrak buah delima, terhadap sperma pria yang sehat, menyimpulkan bahwa jumlah sperma meningkat tiga kali lipat dari jumlah plasebo.

4. Agen Inflamasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa peradangan adalah akar dari banyak penyakit.

Lengkuas dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi atau mengatasi peradangan yang mampu mengobati berbagai penyakit di tubuh, seperti cedera paru akut.

5. Memiliki Sifat Antibakteri dan Antijamur

Manfaat lengkuas selanjutnya adalah bisa memberikan efek antimikroba pada beberapa bakteri yang diketahui menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella dan clostridium.

Bahkan manfaat lengkuas dapat melawan E. coli yang resisten terhadap amoksisilin.

Jika Moms memasak kerang dengan lengkuas, Moms mungkin memiliki peluang lebih baik untuk menghambat bakteri yang dikenal sebagai vibrio, yang dapat timbul jika kita makan kerang yang kurang matang.

Baca Juga: 8 Gejala Moms Terinfeksi Bakteri E. Coli Saat Hamil, Perhatikan!

6. Kaya akan Antioksidan

Manfaat lengkuas yang lain adalah sebagai antioksidan. Menariknya, antioksidan yang ditemukan dalam ramuan ini tampaknya paling efektif dalam mengawetkan produk makanan, terutama daging untuk jangka waktu yang lama.

Antioksidan dalam lengkuas juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Dalam studi in vivo yang diterbitkan di jurnal Costetics and Toiletries, para ilmuwan juga menyatakan bahwa ekstrak lengkuas meningkatkan produksi asam hialurona sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis senyum, peningkatan kecerahan kulit, dan kepadatan kulit.

Melansir conserve energy future, lengkuas mampu meredakan eksim, rasa terbakar dan gatal, serta infeksi jamur. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas dapat membantu peremajaan kulit.

7. Meringankan Sakit Perut dan Masalah Pencernaan

Dalam budaya Asia, lengkuas banyak digunakan untuk menenangkan perut yang sakit, mengatasi diare, meredakan muntah dan bahkan menghentikan cegukan.

Hal ini karena lengkuas terdiri dari serat makanan berharga yang dapat memastikan pergerakan usus yang tepat saat menelan makanan berat.

Kondisi ini penting untuk mengatur fungsi ginjal dan menyaring semua produk limbah beracun saat pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, lengkuas juga secara efisien mengurangi kondisi usus seperti sembelit dan gangguan pencernaan.

8. Efektif Meredakan Radang dan Nyeri

Manfaat lengkuas lainnya dibuktikan dari sebuah penelitian yang membuktikan bahwa lengkuas mengandung zat anti inflamasi.

Hal ini membuat lengkuas efektif dalam mengatasi rasa nyeri dan gejala peradangan. Sama seperti tanaman zingiberaceae lainnya yaitu kunyit dan jahe.

Mengutip Healthline, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk lengkuas, tampaknya sedikit mengurangi rasa sakit, gejala umum peradangan.

Misalnya, dalam satu studi 6 minggu pada 261 orang dengan osteoartritis lutut, 63% dari mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari melaporkan penurunan nyeri lutut saat berdiri, dibandingkan dengan 50% dari mereka yang menggunakan plasebo.

9. Mendukung Kesehatan Otak

Lengkuas dianggap bisa mendukung kesehatan otak berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Cara kerjanya adalah dengan cara mengurangi plak beta-amyloid pada otak, lengkuas dapat memperlampat serta mencegah timbulnya penyakit neurodegeratif.

Penyakit yang bisa menyebabkan kematian sel saraf otak dan bisa menyebabkan gangguan gerakan tubuh serta fungsi mental.

10. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lengkuas juga dapat berguna sebagai penurun kolesterol dalam darah.

Penelitian di China membuktikan bahwa ekstrak lengkuas bisa melawan sintase asam lemak berkat kandungan flavonoid-nya dan kaempferfol serta quercetin.

11. Mengobati Diabetes

Manfaat lengkuas yang bisa Moms dapatkan yaitu sebagai obat untuk penyakit diabetes. Hal ini disebabkan oleh efek antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri patogen penyebab diare, seperti fruktosa dan laktosa.

Lengkuas juga mampu menghambat metabolisme karbohidrat serta meminimalisir lonjakan glukosa di dalam darah.

Hal itulah yang menjadikan lengkuas setara dengan obat antidiabetik sintetik.

12. Menguatkan Akar Rambut dan Menjaga Kesehatan Rambut

Dikutip healthbenefitstimes, efek kardiovaskular lengkuas juga menunjukkan manfaatnya bagi pertumbuhan akar rambut. Efek kardiovaskular yang sehat dari lengkuas meningkatkan pengangkutan oksigen ke akar rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

Baca Juga: Beragam Manfaat Peterseli untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

Cara Menggunakan Lengkuas untuk Kesehatan

Cara Menggunakan Lengkuas untuk Kesehatan

FOTO: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui manfaat lengkuas bagi kesehatan yang sangat kaya, Moms mungkin penasaran bagaimana cara menggunakan lengkuas untuk mendapatkan manfaatnya.

Selain mencampurkan lengkuas dengan bumbu dapur lainnya saat memasak, seperti menambahkannya ke semur, sup, dan mengolahnya menjadi empon-empon, lengkuas juga dapat dikonsumsi menggunakan cara lain.

Misalnya, dengan memotongnya dan mencampurkan lengkuas dengan teh hangat.

Lengkuas dapat dikonsumsi dalam bentuk akarnya dengan dipotong-potong atau dari bubuk lengkuas yang terdapat di pasaran.

Efek Samping Lengkuas

efek-samping-lengkuas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Akar lengkuas telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad dan kemungkinan besar aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang biasanya ditemukan dalam makanan.

Meskipun demikian, informasi mengenai dosis yang aman atau potensi efek samping dari mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih besar masih terbatas, seperti yang ditemukan dalam suplemen.

Satu penelitian pada hewan mengamati bahwa dosis 909 mg per pon (2.000 mg per kg) berat badan mengakibatkan efek samping yang serius, termasuk penurunan tingkat energi, kurang nafsu makan, buang air kecil berlebihan, diare, koma, dan bahkan kematian.

Namun, penelitian terhadap manusia masih terbatas sehingga masih perlu pembuktian lebih lanjut. Meski demikian, lengkuas tetap aman dikonsumsi, asalkan jangan berlebihan, ya.

Itu dia Moms, ragam manfaat lengkuas bagi tubuh yang patut Moms ketahui.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait