Newborn

19 Februari 2021

7 Manfaat Minyak Telon untuk Bayi Selain Menghangatkan

Minyak telon identik dengan aroma segar dari bayi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Aroma minyak telon sangat khas terhadap bayi, bahkan tidak sedikit Moms menyebut aroma minyak esensial ini sebagai ‘bau bayi’.

Aroma yang segar dan menenangkan dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh bayi.

Minyak telon biasanya dioleskan pada perut, punggung, dada, tangan dan kaki bayi agar si kecil tetap hangat. Hal ini sangat penting, karena bayi apalagi yang baru lahir belum memiliki sistem pengaturan panas yang sempurna, sehingga bayi mudah kedinginan.

Salah satu manfaat minyak telon yang dipercaya Moms adalah dapat menghilangkan perut kembung dan menghaluskan kulit bayi. Selain itu, masih banyak kandungan di dalam minyal telon yang bermanfaat untuk bayi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Minyak Telon Bayi untuk Si Kecil, Catat!

Kandungan dalam Minyak Telon

kandungan minyak telon

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat tiga formula utama di dalam minyak telon, yaitu minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa murni.

Sudah sejak lama, campuran ini dipercaya dapat menjaga kehangatan tubuh bayi dan melindungi dari infeksi bakteri. Hal ini karena kandugan minyak kayu putih yang paling tinggi di dalam minyak telon.

Journal of Essential Oil Research menjelaskan kandungan yang ada di dalam minyak kayu putih dapat mengisolasi bateri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian.

Cara mendapatkan manfaat minyak telon juga sangat mudah. Moms hanya perlu memijat bayi juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri perut.

Manfaat Minyak Telon untuk Kesehatan Bayi

manfaat minyak telon

Foto: Orami Photo Stock

Selain menghangatkan tubuh bayi, masih banyak manfaat minyak telon yang bisa Moms berikan pada si kecil. Yuk Moms simak manfaat minyak telon untuk kesehatan bayi.

1. Menghangatkan Tubuh

Manfaat minyak telon yang paling diketahui oleh Moms adalah menjaga kehangatan tubuh. Sensasi hangat yang ditimbulkan oleh minyak telon didapatkan dari kandungan minyak kayu putih yang mendominasi.

Moms biasanya akan mengoleskan minyak kayu putih kepada bayi setelah mandi. Cara ini sangat penting untuk dilakukan, karena bayi masih belum memiliki sistem pengaturan suhu yang baik. Sehingga bayi tidak akan merasa kedinginan sepanjang hari.

Baca juga: Apa Bayi Perlu Memakai Minyak Telon?

2. Pelindung Kulit Bayi dari Serangga

Kulit bayi yang masih halus sangat rentan terhadap gigitan serangga, seperti nyamuk. Hal ini terkadang sering tidak disadari oleh Moms sebelum melihat timbulnya ruam merah di kulit si kecil.

Untuk mengatakasi hal ini, Moms bisa mencoba manfaat minyak telon sebagai pelindung kulit bayi dari serangga. Aroma khas dari minyak telon dapat mencegah nyamuk mendekat pada bayi.

Cara mendapatkan manfaat minyak telon untuk bayi juga cukup mudah. Moms hanya perlu mengoleskan minyak telon ke bagian tangan dan kaki bayi yang menjadi sasaran empuk nyamuk dan serangga lain.

3. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu masalah pencernaan yang sering dialami bayi adalah susah BAB. Journal of Pediatric Health Care menyebutkan sembelit atau susah bab adalah masalah umum yang terjadi pada bayi dan juga balita. Sekitar 0,7 – 29,6 persen balita dan bayi di dunia mengalami susah bab.

Hal ini dikarenakan, frekuensi buang air besar menurun seiring bertambahnya usia.

Produksi feses terjadi lebih sering pada bulan pertama kehidupan dan mungkin disebabkan oleh ketidakmatangan saluran pencernaan.

Jika anak Moms mengalami hal ini, cobalah manfaat minyak telon. Karena kandungan minyak ada yang ada di dalam minyak telon sangat baik untuk pencernaan.

Moms cukup mengoleskan minyak telon pada perut bayi. Dengan begitu, manfaat minyak telon untuk mengatasi masalah pencernaan bisa dirasakan oleh si kecil.

4. Mencegah Infeksi

Sudah bukan rahasia lagi kalau senyawa cineol yang ada di dalam minyak kayu putih memiliki manfaat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri.

Di dalam minyak telon terdapat lebih dari 50% kandungan minyak kayu putih, sehingga manfaat minyak telon juga sama dengan minyak kayu putih, yaitu mencegah infeksi bakteri dan virus.

Selain itu, manfaat minyak telon juga bisa menghambat tumbuhnya jamur yang rentan dengan kulit bayi. Jangan lupa untuk selalu menngoleskan minyak telon pada si kecil ya Moms agar terhindar dari infeksi.

Baca juga: Review Jujur Minyak Telon Doodle oleh Moms Orami

5. Melembapkan Kulit

Manfaat minyak telon lainnya adalah membantu melembapkan kulit bayi.

Seperti yang diketahui, kulit bayi sangat sensitif terutama saat perubahan cuaca. Bahkan, kulit bayi dapat mengelupas karena terlalu kering.

Untuk mengatasi hal ini, Moms bisa menggunakan minyak telon dengan cara mengoleskan ke tubuh bayi terutama yang mengalami kulit kering. Lakukan dengan rutin, hingga terlihat hasil dari manfaat minyak telon pada kulit bayi Moms.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Pola tidur bayi yang belum lahir memang belum pasti. Baik malam atau siang, bayi akan menangis saat bangun dari tidurnya.

Agar tidur bayi bisa lebih berkualitas, Moms bisa melakukan pijatan lembut dengan minyak telon sebelum bayi tidur.

Aroma minyak telon yang khas dapat memberikan efek menenangkan pada bayi, sehingga tidurnya semakin nyenyak. Jangan lupa untuk melakukan cara ini ya Moms.

7. Parfum Terbaik untuk Bayi

Minyak telon sering disebut sebagai parfum terbaik untuk bayi. Selain memiliki aroma yang menyenangkan, minyak telon juga dapat memebrikan efek relaksasi saat dihirup.

Tidak heran ya Moms, kalau banyak sekali yang suka dengan aroma minyak telon. Bahkan, orang dewasa pun masih menggunakan minyak telon sebagai parfum alami.

Baca juga: Review Minyak Telon Konicare Plus oleh Moms Orami, Aroma Sangat Lembut!

Apakah Minyak Telon Berbahaya untuk Bayi?

minyak telon untuk bayi

Foto: healthline.com

Walaupun banyak sekali manfaat minyak telon untuk bayi, tetapi ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Moms dalam penggunaan minyak telon pada bayi.

Jika yang dibicarakan adalah bahaya penggunaan minyak telon, maka kasus yang berulang adalah masalah pernafasan yang dialami bayi.

Gangguan pernafasan disebabkan oleh aroma minyak telon, apalagi jika minyak tersebut mengandung bahan kimia berbahaya yang membahayakan kesehatan bayi.

Mungkin, hal ini tidak mudah diketahui oelh Moms tetapi biasanya bayi akan memberikan reaksi terhadap minyak telon yang mengandung bahan berbaya.

Penggunaan minyak telon yang berlebihan untuk melakukan pijat bayi tentunya sangat tidak disarankan. Apalagi jika Moms tidak punya pengalaman dalam memijat bayi. Ini hanya akan membuat bayi mengalami luka di organ dalamnya.

Banyak Moms yang sembrono dalam memijat bayi, dan justru membuat bayi merasa tidak nyaman. Sulit untuk mengetahui apakah bayi merasakan sakit, karena bayi tidak dapat berkomunikasi kecuali menangis.

Jadi perhatikan dengan baik saat menggunakan minyak telon untuk memijat ya Moms.

Cara Memilih Minyak Telon yang Aman

manfaat minyak telon

Foto: anuchiaai.com

Sebelum mengoleskan minyak telon pada bayi, Moms perlu mempertimbangkan bagaimana cara memilih minyak telon yang baik.

1. Pilih Minyak Telon dengan Merek yang Jelas

Pertimbangan pertama adalah merek minyak telon. Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak telon dengan merk yang jelas pasti akan memberikan kualitas terbaik.

Baca juga: Review Jujur Minyak Telon Zwitsal oleh Moms Orami, Hangat di Kulit Bayi!

Jangan ragu untuk merogoh kocek dalam ya Moms, karena biasanya minyak telon yang bagus harganya juga mahal.

2. Perhatikan Kandungannya

Tips kedua adalah tentang bahan-bahannya. Pastikan Moms membaca tentang bahan yang terkandung dalam minyak telon sebelum digunakan.

Jika perlu pilihlah minyak telon yang tidak memiliki bahan berbahaya atau khususnya bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Moms, demikian penjelasan mengenai manfaat minyak telon dan juga efek sampingnya. Semoga bermanfaat ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait