Kesehatan

30 September 2021

21 Manfaat Peterseli untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut!

Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan masakan saja, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms yang suka masak-memasak, pasti mengenal dengan baik parsley atau yang kita kenal dengan sebutan peterseli.

Peterseli (Petroselinum crispum) adalah ramuan kuliner dan obat asli Mediterania. Daun, batang, dan bijinya digunakan dalam banyak resep.

Sayangnya, tanaman ini kerap dianggap sebagai penghias pada makanan sehingga sering disingkirkan dan tidak dimakan. Padahal, daun ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tanaman peterseli kaya akan nutrisi dan antioksidan. Dalam jurnal Critique of Medicinal Conspicuousness of Parsley, tanaman ini diketahui membantu mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan alergi.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Lezat Berbahan Seledri

Peterseli banyak digunakan sebagai ramuan atau bumbu kering. Warnanya hijau cerah dan memiliki rasa yang lembut dan pahit tetapi kaya akan manfaatnya, lho.

Apa saja manfaat peterseli untuk tubuh, kulit, dan rambut kita? Yuk kita cari tahu Moms.

Manfaat Peterseli untuk Tubuh

Manfaat Peterseli untuk Kulit

Foto: Orami Photo Stock

1. Mencegah Radikal Bebas

Peterseli kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Pada daun ini terdapat tiga jenis antioksidan di dalamnya, diantaranya flavonoid, karotenoid, dan vitamin C.

Dalam jurnal National Library of Medicine, kandungan flavonoid di dalamnya dapat mencegah berbagai penyakit, seperti kanker usus besar, diabetes, dan penyakit jantung. Sementara itu, karenoid dipercaya mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru.

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin C pada peterseli membantu memenuhi kebutuhan mineral pada tulang agar tetap sehat dan kuat.

Rutin mengonsumsi tanaman ini sangat baik untuk proses pembentukan tulang di masa pertumbuhan.

3. Membantu Proses Pencernaan

Peterseli kaya akan kandungan serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, tanaman ini merupakan makanan prebiotik bagi bakteri baik di usus.

4. Melindungi Kesehatan Mata

Peterseli mengandung vitamin A yang membantu melindungi kesehatan mata. Antioksidan yang terkandung juga mencegah gangguan penglihatan pada usia lanjut.

5. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Jika mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Moms bisa menambahkan peterseli ke dalam makanan. Hal ini karena daun ini dapat mengobati infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan kandung kemih.

6. Mencegah Anemia

Peterseli kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia. Menambahkan daun ini ke dalam hidangan Moms merupakan cara sederhana untuk meningkatkan asupan zat besi bagi tubuh.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Peterseli memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C diperlukan karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat membuat organ tubuh berfungsi dengan baik.

Baca Juga:Perbedaan Peterseli, Seledri, dan Daun Ketumbar, Jangan Salah Lagi ya!

Manfaat Peterseli untuk Kulit

peterseli1.jpg

Foto: womensok.com

8. Memberikan Kulit yang Sehat

Peterseli kaya akan kandungan, seperti tembaga, seng, mangan, kalsium, dan kalium, yang bermanfaat untuk membantu memiliki kulit yang sehat.

9. Mengatasi Kulit Berjerawat

Salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, menyebutkan bahwa sifat antimikroba dalam peterseli dapat membantu dalam memerangi bakteri dan mengurangi jerawat. Tanaman ini juga dapat menyeimbangkan kelebihan sebum.

Coba jadikan sebagai masker wajah dengan mencampurkan sekitar enam atau tujuh tangkai, dua sendok teh cuka sari apel, dan satu sendok makan madu mentah dalam blender. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Apa Penyebab Jerawat pada Bayi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

10. Memperlambat Penuaan

Vitamin C dalam peterseli bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Kandungan ini bekerja dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif.

Nutrisi ini juga membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Ia membantu dalam perbaikan sel dan merangsang produksi kolagen. Sehingga dengan menggunakan daun ini, kulit akan terlihat kenyal dan muda.

11. Mengurangi Iritasi Kulit

Peterseli mengandung sifat anti inflamasi dari kandungan antioksidannya. Kandungan ini dapat membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

Baca Juga: 5 Penyebab Iritasi Kulit pada Bayi, Bisa Dicegah Moms!

12. Meratakan Warna Kulit dan Mengurangi Pigmentasi

Selain memperlambat penuaan, kandungan vitamin C dalam peterseli juga dapat mencerahkan kulit dan mengurangi bintik-bintik yang tidak merata. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi.

13. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar adalah masalah sering dialami bagi Moms yang memiliki jenis kulit berminyak. Namun, tenang saja, mengutip dari Bustle, peterseli membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

Rebus 10 tangkai dan saring. Kemudian, tambahkan satu sendok teh cuka putih, lalu gunakan handuk hangat dan letakkan di wajah.

14. Mempercepat Penyembuhan Luka

Peterseli memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan elastisitas, kelembapan kulit, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

15. Menghilangkan Kantung Mata

Kandungan vitamin C, klorofil, dan vitamin K pada peterseli sangat baik untuk menghilangkan kantung mata, lho.

Moms bisa memotong daun ini dan peras untuk mengeluarkan sarinya. Lalu, campurkan 1 sendok yoghurt dan oleskan pada bagian bawah mata.

Baca Juga: 10 Manfaat Seledri untuk Kesehatan Bayi, dengan Resep MPASI!

Manfaat Peterseli untuk Rambut

Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

16. Mengatasi Rambut Rontok

Peterseli mengandung apigenin, antioksidan flavonoid yang dapat mengontrol rambut rontok.

Moms dapat menggunakannya sebagai toner dengan menghaluskan segenggam dan tambahkan 100 ml air. Kemudian, oleskan toner pada kulit kepala dan bungkus rambut dengan handuk. Biarkan selama 1 jam kemudian bilas dengan shampo.

17. Menjaga Warna Rambut

Moms, mengonsumsi peterseli secara rutin dapat membantu mempertahankan warna rambut. Hal ini karena peterseli kaya akan tembaga.

18. Menghaluskan Rambut

Kandungan vitamin C peterseli mampu menyerap zat besi yang optimal sehingga menghasilkan stok sel darah merah yang cukup. Sel darah merah akan memberikan oksigen ke kulit kepala Moms dan merangsang pertumbuhan rambut yang halus dan sehat.

19. Menghilangkan Ketombe

ketombe dapat mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri. Beberapa senyawa dalam peterseli efektif menghilangkan ketombe. Moms cukup merebus segenggam daun ini dan oleskan secara merata pada kulit kepala.

20. Menumbuhkan Rambut

Peterseli sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Gosokkan daun ini ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Moms dapat mengulangi seminggu 2 kali.

21. Rambut Berkilau

Peterseli juga dapat membuat rambut kusam jadi lebih berkilau. Caranya mudah, Moms hanya perlu menumbuk peterseli hingga halus. Kemudian, aplikasikan pada rambut dengan pijatan selama 15 menit. Setelah itu, bungkus rambut dan diamkan selama 1 jam, baru bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

Moms, demikian penjelasan tentang manfaat peterseli dan cara mengolahnya. Tanaman ini mudah dicari di supermarket atau pasar tradisional, lho. Selain itu, harganya juga sangat ekonomis. Gunakan peterseli secara rutin ya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya sebagai bahan masakan dan bahan perawatan kulit. Selamat mencoba Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24374449
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23591151/
  • http://alzefaf.com/en/en/amazing-benefits-parsley-skin-hair
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27525894/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait