10 Manfaat Sikap Lilin, Termasuk Melatih Otot Punggung!

Pahami juga cara melakukan gerakannya dengan tepat

Bicara soal senam lantai, tentunya sikap lilin adalah salah satu gerakan yang tidak boleh dilewatkan. Sudah tahu manfaat sikap lilin untuk kesehatan?

Sikap lilin adalah gerakan yang bisa dibilang cocok untuk pemula lho, Moms!

Meski gerakannya sederhana, manfaat sikap lilin pun cukup banyak, sehingga bisa dimasukkan ke dalam daftar rutinitas harian.

Sikap lilin bisa jadi salah satu cara untuk mengencangkan otot perut, dan melatih kelenturan otot pinggang, serta punggung.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat sikap lilin bagi wanita?

Yuk simak pembahasannya, Moms!

Baca Juga: Moms, Ketahui 12 Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

Manfaat Sikap Lilin

Manfaat Sikap Lilin
Foto: Manfaat Sikap Lilin (Athenstrainers.gr)

Selain untuk mengencangkan otot perut, sikap lilin juga punya banyak manfaat lain untuk tubuh, seperti dikutip dari laman Do You, yaitu:

1. Menyehatkan Pencernaan

Menahan diri dalam posisi terbalik dapat membalikkan efek gravitasi pada organ pencernaan.

Hal ini dapat membantu merangsang pergerakan limbah yang tersangkut, menghilangkan rasa sakit akibat gas, dan mendorong efek restoratif keseluruhan pada pencernaan.

Jadi, bila Moms sering mengalami masalah pencernaan, tidak ada salahnya untuk mencoba gerakan senam lantai ini.

Menurut penelitian pada 2018 yang dipublikasikan di jurnal Holistic Nursing Practice, ditemukan bahwa melakukan sikap lilin secara rutin bisa mengatasi sembelit.

Caranya dengan melancarkan buang air besar dan membersihkan saluran cerna.

Namun, Moms sebaiknya melakukan gerakan sikap lilin sebelum makan, atau beberapa jam setelah makan, ya.

Hal ini untuk untuk menghindari refluks atau naiknya cairan asam lambung ke kerongkongan.

2. Meredakan Kaki Bengkak

Pembengkakan di kaki bisa diredakan dengan melakukan sikap lilin lho, Moms.

Mengangkat kaki hingga posisinya di atas jantung untuk beberapa waktu dapat membantu tubuh menarik kelebihan cairan di area kaki dan tungkai.

Pose ini juga bisa mengendurkan otot-otot kaki bagian atas, sehingga membuat saluran lebih besar.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Membalikkan efek gravitasi dapat membantu mengubah tekanan darah, sehingga bisa meredakan gejala sakit kepala yang Moms alami.

Terutama sakit kepala yang disebabkan oleh sakit kepala tegang, atau perubahan tekanan darah.

Baca Juga: 10+ Aktivitas Fisik Sederhana, Cocok untuk yang Malas Olahraga!

4. Menenangkan Pikiran

Manfaat sikap lilin lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah menenangkan pikiran dari stres.

Karena mata dan kepala menghadap ke jantung saat melakukan pose ini, energi jadi lebih terfokus ke dalam, sehingga membantu menenangkan pikiran.

Bila Moms sering mengalami gangguan suasana hati, seperti stres dan cemas, cobalah lakukan sikap lilin secara rutin.

Menurut studi di jurnal Alternative Therapies In Health and Medicine, melakukan sikap lilin (dalam gerakan yoga) selama seminggu penuh dalam lima pekan, bisa mengurangi gejala depresi.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah ke Tubuh Bagian Atas dan Otak

Dengan bantuan gravitasi saat melakukan sikap lilin, sirkulasi darah ke tubuh bagian atas dan otak bisa meningkat.

Hal ini membuat lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke tubuh bagian atas, sehingga membuat Moms merasa lebih segar dan fokus.

6. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Karena melibatkan otot-otot, maka tak heran jika manfaat sikap lilin juga termasuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh.

Mengangkat dan menahan bahu dalam posisi kaki di atas tentunya butuh banyak tenaga.

Ketika melakukan pose ini, otot inti tubuh akan dipaksa untuk menopang seluruh bagian tubuh.

Jadi, bila pose ini dilakukan secara rutin, kelenturan tubuh tentunya akan meningkat. Tak hanya bagian bahu dan leher, sikap lilin juga sangat baik untuk melatih kekuatan otot kaki dan punggung.

Baca Juga: 5 Gerakan Senam Ketangkasan agar Tubuh Bugar

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Studi di jurnal Applied Psychophysiology and Biofeedback, mengungkapkan bahwa manfaat sikap lilin salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Jadi, bila Moms memiliki gangguan tidur seperti insomnia, cobalah lakukan pose ini di malam menjelang tidur, ya.

8. Melatih Konsentrasi

Selama sikap lilin, pernapasan menjadi lebih dalam dan terarah ke bagian atas dada.

Saat berada dalam posisi terbalik, paru-paru memiliki lebih banyak ruang untuk memperluas dan menerima udara dengan lebih efisien.

Aliran darah yang menuju ke paru-paru juga meningkat, membantu memberikan oksigen yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Dengan pernapasan yang lebih dalam dan aliran darah yang meningkat, sikap lilin dapat membantu memperkuat kapasitas paru-paru dan meningkatkan kemampuan pernapasan.

9. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Saat melakukan sikap lilin, Moms akan fokus pada penyeimbangan tubuh dan menjaga stabilitas.

Hal ini membantu menghilangkan distraksi mental dan memusatkan perhatian pada tubuh dan pernapasan saat melakukannya.

Dengan mengalihkan perhatian dari pikiran yang mengembara, konsentrasi dapat meningkat.

10. Menguatkan Otot Punggung

Gerakapan sikap lilin melibatkan tulang belakang bagian atas dan otot-otot punggung.

Latihan ini dapat membantu memperkuat otot-otot punggung dan meningkatkan postur tubuh.

Setelah memahami manfaat sikap lilin dari penjelasan tadi, Moms tentu bertanya-tanya, bagaimana...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb