Kehamilan

13 Maret 2020

5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan, Bikin Cepat Hamil!

Salah satunya dapat meningkatkan motilitas sperma
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kaya akan vitamin A, selama ini wortel dikenal sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

Namun, sayuran yang memiliki nama ilmiah Daucul carota L. ini ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan baik pada perempuan ataupun laki-laki.

Bahkan telah banyak penelitian yang dipublikasikan tentang meningkatkan peluang kehamilan dengan wortel.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Kesuburan, Catat!

Manfaat Wortel untuk Kesuburan

Apa saja manfaat wortel untuk kesuburan yang bikin cepat hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kaya Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tubuh

Wortel Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Penjelasannya 1

Foto: thespruceeats.com

Manfaat wortel untuk kesuburan yang pertama adalah punya banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan oleh The University of Maine menemukan bahwa wortel mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin C, K, tiamin (B1), dan folat (B9). Di mana semua vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Misalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dan juga diperlukan untuk melawan infeksi. Sementara vitamin B2 (riboflavin) dalam wortel sangat penting untuk respirasi sel dan pembentukan sel darah merah.

“Ini (asupan makanan kaya nutrisi) akan membantu mengurangi kalori, meningkatkan mikronutrien dan serat spesifik, serta meningkatkan kesehatan usus yang pada akhirnya akan meningkatkan kesuburan,” kata Sinead Curran, ahli gizi terdaftar di Merion Fertility Clinic di Dublin, seperti dikutip dari Irish Examiner.

2. Kaya Antioksidan

Wortel Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Penjelasannya 3

Foto: redbookmag.com

Motilitas atau kemampuan berenang sperma menuju serviks merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembuahan.

Pasalnya, semakin lemah atau lambat sperma calon Dads, maka peluang kehamilan pun akan semakin kecil. Tetapi Moms dan Dads tidak perlu khawatir, karena wortel dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Para peneliti dari Harvard University’s School of Public Health menemukan bahwa sayuran oranye dan kuning, seperti wortel, dapat meningkatkan kesehatan sperma, termasuk motilitas karena beta karoten antioksidan yang dikandungnya.

Dalam studi tersebut, beta karoten terbukti dapat meningkatkan motilitas sperma yang sebelumnya 6,5 persen menjadi 8 persen.

Karena kaya beta karoten antioksidan, wortel tentu saja bermanfaat untuk kesuburan pria.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria, Dads Wajib Tahu!

3. Mengandung Asam Fotal untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Wortel Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Penjelasannya 2

Foto: healthline.com

Mengutip Medical News Today, dalam 1 wortel ukuran sedang mengandung setidaknya 11,6 mcg DFE vitamin B9 (folat).

Diet folat dan folic acid sangatlah penting bagi calon Moms yang ingin segera hamil karena dapat meningkatkan kadar progesteron dan menurunkan anovulasi sporadis yang lebih rendah, sebagaimana disebutkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central.

Sedangkan sebuah studi yang diterbitkan American Society of Andrology menemukan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin B9 dan B12 cukup tinggi setiap harinya memiliki rata-rata konsentrasi dan motilitas sperma yang lebih tinggi, dibandingkan pria dengan kadar vitamin B9 dan B12 yang rendah.

Asam folat yang ada dalam wortel sangat bermanfaat untuk meningkatkan peluang hamil.

4. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Lendir Serviks

Wortel Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Penjelasannya 4

Foto: babycenter.com

Wortel kaya akan beta-karoten, yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dalam laman Parenting FirstCry disebutkan bahwa makanan kaya akan vitamin A dapat meningkatkan jumlah dan kualitas lendir serviks.

Menurut American Pregnancy Association, lendir serviks memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan peluang hamil dengan memberi nutrisi dan melindungi sperma yang harus menempuh perjalanan panjang sebelum bertemu dan membuahi sel telur.

Baca Juga: Ingin Hamil? Cek Segudang Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita Ini

5. Wortel Mengandung Vitamin E

Wortel Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Penjelasannya 5

Foto: lovefood.com

Dalam 1 wortel ukuran sedang setidaknya terdapat 0,4 miligram vitamin E. Di mana vitamin E dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan dan motilitas sperma pada pria.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Andrology menemukan bahwa motilitas sperma, persentase hidup sperma, dan persentase spermatozoa normal meningkat secara keseluruhan pada pria yang rutin menerima asupan vitamin E dan selenium.

Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi integritas DNA sperma dan sel telur.

Meskipun meningkatkan peluang kehamilan dengan wortel telah banyak dibuktikan melalui penelitian, tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Moms dan Dads menjalani diet program hamil apa pun.

Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait