Fashion & Beauty

13 Mei 2021

13 Masker untuk Kulit Kering, Bisa Dibuat di Rumah!

Kulit kering terutama pada bagian wajah memang membuat kita kurang percaya diri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Kulit kering memang kerap membuat kita tidak percaya diri ya Moms, selain itu kondisi kulit ini cukup mengganggu karena seringkali kulit yang terlalu kering menimbulkan gejala lainnya.

Namun ini dapat diatasi dengan masker untuk kulit kering.

Bagi beberapa orang yang memiliki alergi, kulit akan terasa lebih gatal, beruntusan, dan perih. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau ya Moms, di mana kulit kita sangat kering.

Kita tentunya memerlukan perawatan kulit untuk mengatasinya, mencoba-coba produk perawatan untuk kulit rasanya cukup berisiko ya Moms. Eits, jangan khawatir karena banyak sekali perawatan alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Perawatan wajah yang mudah kita lakukan yaitu penggunaan masker wajah alami, biasanya rasa percaya diri kita lebih cenderung mengutamakan penampilan wajah.

Masker untuk Kulit Kering

Banyak bahan alami masker untuk kulit kering yang bisa menghidrasi dan melembabkan kulit kita, berikut masker wajah alami yang tepat untuk kulit kering lho Moms. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

1. Madu dan Pisang

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering P

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya melembabkan kulit yang kering, penggunaan madu sebagai masker untuk kulit kering juga bisa membuat kita tampil lebih awet muda lho Moms. Begitu pula dengan pisang yang fungsinya untuk menghidrasi kulit.

Dikutip dari Journal of Cosmetic Dermatology, madu pada formulasi skincare bisa memberikan efek menyejukkan, menjaga keremajaan kulit, hingga menghambat pembentukan kerutan.

Menurut dr. Sandra Rosario, seorang ahli kecantikan dari The Spa di Mohonk Mountain House, New Paltz, New York memaparkan, bahwa madu mengandung humectant atau bahan yang mampu menyerap air dari udara dan mengikatnya dalam lapisan kulit, sehingga madu bisa menghidrasi kulit untuk melembabkan dan kulit tidak mengalami iritasi.

Dalam pembuatan masker madu dan pisang ini cukup mudah. Hancurkan 1 buah pisang dan campur dengan dua sendok makan madu, agar hasil lebih maksimal tambahkan juga satu sendok teh jus jeruk segar, kemudian aplikasikan pada wajah, dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

Cocok sekali kan untuk solusi kulit kering Moms?

2. Bengkoang

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering Beng

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang kita tahu, masker untuk kulit kering dari bengkoang berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan wajah, tapi jangan salah bengkoang juga bisa melembabkan kulit kita yang kering.

Cukup dengan menghaluskan bengkoang dan meratakannya di wajah, kemudian diamkan selama 30 menit. Penggunaan secara rutin bisa menjadikan kulit wajah kita putih, bersih, dan alami.

Baca Juga: DIY Masker Kopi untuk Dapatkan Wajah Awet Muda

3. Minyak Zaitun dan Mentimun

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering Zai

Foto: Orami Photo Stocks

Selain memutihkan wajah, penggunaan masker minyak zaitun dan mentimun ini bisa melembabkan kulit secara alami juga bisa mencegah dari kanker kulit.

Dalam sebuah studi yang disebutkan Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus tahun 2000, penggunaan minyak zaitun setelah berenang sebagai pelembab kulit dan berjemur, akan melindungi dan mencegah terjadinya kanker kulit.

Tak heran jika masker untuk kulit kering ini sangat bermanfaat ya Moms.

4. Lidah Buaya

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering Lid

Foto: Orami Photo Stocks

Selain berguna bagi kesehatan, lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan kulit atau kecantikan. Gel lidah buaya yang baik untuk rambut rontok juga ternyata bisa dipakai sebagai masker untuk kulit kering.

Penggunaannya sebagai masker wajah alami juga sangat mudah, cukup meratakan gelnya di wajah, biarkan selama 25 menit, kemudian bilas. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin ya Moms.

Baca Juga:Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

5. Putih Telur

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering PT

Foto: Orami Photo Stocks

Moms tentu pernah mendengar putih telur sebagai masker wajah alami. Nah, tak hanya mengatasi kulit kering dan kusam, penggunaan masker putih telur juga bisa menangkal masalah penuaan.

Mengutip dalam Agricultural Research Service, masker untuk kulit kering dari putih telur ini juga berperan untuk meratakan warna kulit.

Masker ini membantu merawat kulit yang rentan berjerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan bekas jerawat, dan noda.

6. Alpukat

manfaat-buah-alpukat-masker-untuk-kulit-kering.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Buah alpukat yang biasa dibuat untuk jus ternyata dapat digunakan sebagai masker untuk kulit kering, Moms.

Moms juga bisa mencampurkan alpukat dengan minyak zaitun untuk membuat kulit wajah lebih lembap.

Oleskan campuran masker untuk kulit kering dan biarkan mengering selama 15 hingga 20 menit. Untuk meningkatkan kelembapan ekstra, gunakan produk pelembap untuk membuat wajah lebih terhidrasi.

7. Susu

masker-untuk-kulit-kering-3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Masker untuk kulit kering selanjutnya adalah susu. Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan mengandung asam laktat, yang bekerja sebagai pengelupas alami yang ringan, untuk wajah.

Serta ia dapat menghidrasi dan melembapkan kulit, sehingga cocok sebagai masker untuk kulit kering. Oleskan campuran masker susu ke kulit selama 5 hingga 10 menit.

Masker susu ini cocok untuk kulit yang sedang iritasi atau gatal-gatal.

Baca Juga: 5+ Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

8. Semangka

khasiat-buah-semangka-bagi-kesuburan-pria.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Studi yang dilakukan Nutrients, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan juga kaya akan berbagai vitamin untuk kesehatan kulit.

Sangat cocok dipakai sebagai masker untuk kulit kering dan membuat wajah lembap dan terhidrasi.

Likopen dalam buah semangka juga membantu mengurangi kulit yang bersisik dan kekeringan kulit.

9. Nanas

XX Masker untuk Kulit Kering air rebusan nanas

Foto: Orami Photo Stocks

Selain semangka, ternyata buah nanas juga sering dipakai sebagai masker untuk kulit kering.

Bromelain, enzim yang secara alami ditemukan pada nanas, ternyata memiliki khasiat dalam peremajaan kulit. Ini dapat membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati, dan membantu wajah lebih lembut, kenyal dan meredakan kering.

Jus nanas juga dapat membantu menghilangkan kotoran dan kulit mati dari permukaan kulit.

10. Strawberry

Buah strawberry adalah pencegah peradangan yang alami

Foto: Orami Photo Stocks

Buah-buahan memang terkenal kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit. Begitu juga dengan buah strawberry dalam masker untuk kulit kering.

Mengutip dalam National Center for Biotechnology Information, strawberry mengandung polifenol dan vitamin yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan peroksidasi lipid (degradasi lemak alami kulit).

Campurkan buah ini dengan yougurt untuk membuat wajah lebih lembap ya, Moms.

11. Ekstrak Apel

XX Manfaat Kulit Apel

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms pecinta buah apel, tentu tak asing lagi mendengar manfaat apel sebagai perawatan wajah bukan?

Buah apel memiliki kandungan dalam mencegah penuaan dan kerutan pada wajah. Masker untuk kulit kering ini mengandung antioksidan yang membantu kulit dari iritasi.

Haluskan buah apel hingga menjadi bubuk, campurkan dengan air dingin lalu ratakan pada wajah.

12. Kacang Almond

manfaat almond sebagai masker untuk kulit kering.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kacang-kacangan, salah satunya yakni kacang almond memiliki manfaat dalam perawatan wajah. Ini berkhasiat dalam anti penuaan alami dan memiliki sifat emolien, yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit kering seperti psoriasis dan eksim.

Masker untuk kulit kering ini menjadi salah satu yang cukup efektif dalam mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

13. Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel - Masker untuk Kulit Kering dosis cuka apel - shutterstock.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selain buah apel, ternyata cuka apel juga bermanfaat sebagai masker untuk kulit kering, lho!

Cuka apel mengandung asam yang membantu menyeimbangkan kembali produksi minyak alami kulit dengan menyesuaikan tingkat pH kulit normal.

Menurut sebuah penelitian, mencuci wajah dengan sabun dan menggunakan produk kosmetik dapat meningkatkan kadar pH pada kulit. Sehingga ini menganggu tingkat asam pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu eksim.

Oleskan masker untuk kulit kering dengan cuka apel untuk membantu memulihkan tingkat pH kulit. Mengutip studi dalam National Center for Biotechnology Information, kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin yang memiliki khasiat bermanfaat.

Ini membantu meningkatkan kesehatan kulit secara menyerluruh. Kunyit memiliki sifat anti-penuaan, anti-pigmen, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak hanya untuk mengatasi iritasi pada kulit, masker untuk kulit kering ini juga dapat melembabkan dan meremajakan sel kulit, lho Moms.

Ini akan memperbaiki tekstur kulit dan juga mencerahkan warna kulit wajah.

Baca Juga: 7 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Saat ini memang begitu banyak produk kecantikan di pasaran ya Mams, tapi alangkah lebih baiknya selalu gunakan bahan alami untuk kesehatan kulit kita agar terhindar dari bahan-bahan yang berbahaya.

Selamat mencoba ya Moms!

  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.12058
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172183/nutrients
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257702/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5490584/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17569219/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait