Kesehatan

KESEHATAN
5 Mei 2020

Ini 4 Menu Makan Sahur Kaya Vitamin dan Nutrisi untuk Keluarga

Agar badan tetap sehat bahkan saat puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bulan puasa Ramadan tahun 2020 harus dilakukan saat pandemi COVID-19 tengah terjadi. Karena itu, Moms perlu membuat menu makan sahur yang kaya vitamin agar tubuh tetap fit bahkan saat puasa.

Menjaga pola makan tetap sehat dilakukan dengan membuat menu makanan padat vitamin dan nutrisi, sehingga saat puasa pun Moms dan keluarga tidak kekurangan nutrisi.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu makan sayur yang padat vitamin yang mungkin juga bisa menjadi inspirasi.

Baca Juga: Ini Nutrisi Penting untuk Menu Sahur dan Berbuka Puasa, Yuk Penuhi!

Menu Makan Sahur Kaya Vitamin

Sebagai referensi, Centers for Disease Control and Prevention memberikan rujukan tentang seperti apa pola makan sehat yang rendah kalori dan padat vitamin berikut ini:

  • Perbanyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu, susu tanpa lemak atau rendah lemak
  • Makan daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan
  • Hindari lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (natrium), dan tambahan gula

Berikut ini beberapa menu makan sahur kaya vitamin yang bisa menjadi inspirasi untuk menu sahur keluarga.

1. Capcai

menu makan sahur kaya vitamin-capcai

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu menu sehat dan lezat adalah capcai. Hidangan khas Tionghoa ini punya arti yaitu "aneka sayuran", jadi wajar bila isi masakannya terdiri dari ragam sayuran seperti wortel, kapri, brokoli, kol, jagung, dan lainnya.

Capcai mengandung vitamin dan serat penting, seperti vitamin A pada wortel, vitamin C pada jagung dan brokoli. Menurut Mayo Clinic, wortel mengandung 1,5 gram serat, dan brokoli 5 gram serat.

Baca Juga: Kacang Pistachio dan Berbagai Manfaatnya

2. Sop Kacang Merah

menu makan sahur kaya vitamin-sop kacang merah

Foto: goodindonesianfood.com

Sayuran bernutrisi lain yang bisa menjadi menu makan sahur kaya vitamin adalah sop kacang merah.

Mengutip School Nutrition and Fitness, kacang merah kaya serat tidak larut, yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, dan membantu mencegah sembelit.

Selain itu, kacang merah mengandung pati resisten, sejenis karbohidrat kompleks yang bertindak seperti serat makanan. Kandungan ini berkontribusi pada kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri baik dalam usus besar.

3. Tempe dan Tahu Goreng

menu makan sahur kaya vitamin-tempe tahu.jpg

Foto: flickr.com

Tempe dan tahu dikenal sebagai sumber protein nabati, yang juga sering dikonsumsi oleh vegetarian dan vegan. Alangkah baiknya Moms memasak tempe dan tahu sebagai menu makan sahur kaya protein.

Tempe dan tahu mengandung mikronutrien yang memberikan ragam manfaat bagi tubuh.

"Per 100 gram tahu, mengandung 1 miligram zat besi, dan tahu adalah sumber asam alfa-linolenat. Beberapa jenis tahu kaya vitamin B12 dan vitamin D, dan kalsium ekstra," kata Reema Kanda, RDN, ahli diet terdaftar, mengutip Well and Good.

Sementara per 100 gram tempe, ada sekitar 10 persen kebutuhan zat besi dan kalsium harian. Karena proses tempe difermentasi, makanan ini dapat membantu kesehatan usus.

Baik tahu dan tempe, keduanya mengandung nutrisi seperti magnesium, kalium, natrium dan seng.

Baca Juga: 4 Variasi Resep Masakan Tempe

4. Jus Jambu Biji

menu makan sahur kaya vitamin-jus jambu merah.jpg

Foto: pinterest.com

Tidak hanya makan sayuran, Moms juga jangan lupa memberikan buah-buahan untuk melengkapi asupan nutrisi selama berpuasa.

Dalam Iranian Journal of Public Health, asupan buah dan sayuran yang rendah dikaitkan dengan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah, osteoporosis, ragam kanker, penyakit paru obstruktif kronik, masalah pernapasan, serta kesehatan mental.

Salah satunya rekomendasi buah untuk menu sahur bernutrisi adalah jus jambu merah. Jambu merah menjadi salah satu sumber vitamin C lain yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

"Jambu biji mengandung empat kali lipat vitamin C dari jeruk, yang membantu tingkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari patogen penyebab infeksi," jelas Sundarapandian Vaidyanathan, Profesor dan Dekan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Vel Tech University India mengutip Research Gate.

Itu dia Moms beberapa rekomendasi menu makan sahur kaya vitamin dan nutrisi agar Moms dan keluarga bisa berpuasa dengan badan yang selalu fit di tengah pandemi virus corona.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait