Bayi

BAYI
13 Juni 2020

5 Tips Merawat Jari dan Kuku Bayi, Wajib Tahu!

Menggunakan lotion adalah salah satu cara merawat jari dan kuku bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jari dan kaki bayi sejak lahir membutuhkan perhatian khusus. Menjaga kulit jari tangan dan kaki tetap lembut dan kuku yang terlihat rapi karena selalu dipotong dan dibersihkan membutuhkan perencanaan dan perawatan ekstra.

Meski akan sedikit kesulitan, tapi Moms harus selalu merawat jari dan kuku bayi agar tetap sehat. Salah satunya dengan memotong kukunya.

“Memotong kuku bayi penting untuk menjaga kuku tetap bersih dan membantu bayi menghindari goresan yang tidak diinginkan dan tidak disengaja,” kata Dane Snyder, MD, kepala seksi pediatri rawat jalan di Rumah Sakit Anak Nationwide di Columbus, Ohio.

Baca Juga: Intip 4 Tips Sukses Memotong Kuku Bayi Tanpa Khawatir

Tips Merawat Jari dan Kuku Bayi

Tapi tidak sedikit Moms yang bingung bagaimana cara merawat jari dan kuku bayi. Tidak jarang juga Moms yang ketakutan memotong kuku bayi karena ukuran jari bayi yang terlalu kecil.

Nah, dari pada bingung, langsung intip tips merawat jari dan kuku bayi di bawah ini agar Si Kecil terhindar dari goresan dan memiliki kuku dan jari yang menawan di bawah ini.

1. Jaga Panjang Kuku Bayi

Intip 5 Cara Merawat Jari dan Kuku Bayi -1.jpg

Foto: Stuffbabyneeds.com

Moms harus menjaga kuku bayi terpotong dengan baik. Terlepas dari tipisnya kuku bayi, tetap saja kuku tersebut bisa melukai kulit Si Kecil saat tiba-tiba mencakar wajahnya.

Karena bayi yang baru lahir belum memiliki kontrol motorik dengan sempurna, bayi akan sering memegang lengannya dan menggaruk-garuk dirinya sendiri.

Kuku bayi tumbuh dengan cepat, jadi Moms perlu memotongnya dua kali seminggu, seperti dilansir dari Kidshealth. “Perlu diingat bahwa kuku bayi tumbuh lebih cepat daripada orang dewasa, dan biasanya harus dipotong sekitar seminggu sekali,” kata Kristen Slack, MD, seorang dokter anak di Children's Hospital of Philadelphia.

Selain itu, selalu gunakan gunting kuku bersih, papan ampelas lembut, atau gunting kuku berhidung tumpul untuk menjaga kuku bayi memiliki panjang yang tepat. Jangan memotong terlalu dekat dengan kulit, tetapi jangan panik jika Moms melihat setetes darah, karena bayi akan sembuh dengan cepat.

Yang paling penting, jangan pernah menggigit kuku bayi saat memotongnya karena itu dapat membuat bayi terinfeksi.

2. Sering Periksa Jari Tangan dan Jari Kaki

Intip 5 Cara Merawat Jari dan Kuku Bayi -2.jpg

Foto: Infacol.co.uk

Moms mungkin akan terkejut dengan seberapa banyak serat, rambut, dan bola bulu yang bisa terkumpul di jari tangan dan kaki bayi. Terutama pada bayi baru lahir yang cenderung memiliki genggaman yang erat, yang merupakan aspek normal dari perkembangan bayi baru lahir, seperti dikutip dari Medline Plus.

Moms bahkan mungkin menemukan rambut terbungkus erat di sekitar jari atau kaki. Jadi sebaiknya periksa jari tangan dan kaki bayi setiap mengganti popok dan gunakan lap bayi untuk membersihkan tangan dan kakinya.

Jika Moms melihat ada luka di ujung jari, itu akan sembuh dengan sendirinya. Namun tetap waspadai tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, bengkak, atau tubuh bayi yang menghangat akibat itu.

Baca Juga: Mengatasi Ingrown Toenail pada Bayi (Kuku Bayi Tumbuh ke Dalam)

3. Gunakan Lotion Bayi yang Lembut

Intip 5 Cara Merawat Jari dan Kuku Bayi -3.jpg

Foto: News.northwestern.edu

Jika bayi tampaknya tidak memiliki bercak kering, lotion mungkin tidak diperlukan. Namun, banyak orang tua melembabkan kulit bayi mereka dengan lotion yang lembut. Tidak jarang kulit bayi mengelupas pada minggu-minggu setelah kelahiran dilansir Kidshealth.

Meskipun kulit yang mengelupas tidak berbahaya atau menyakitkan dan kemungkinan tidak mengganggu bayi, Moms dapat menggunakan lotion bayi jika ingin menjaga kulitnya. Kulit bayi akan terlihat halus dan lembut, dan in itermasuk cara merawat jari dan kuku bayi yang baik.

Oleskan lotion dalam beberapa menit setelah mandi untuk membantu mengunci kelembapan. Moms tidak perlu menggunakan banyak lotion pada satu waktu, karena menggunakan sedikit saja akan banyak manfaatnya.

4. Hati-Hati Terhadap Kuku Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Intip 5 Cara Merawat Jari dan Kuku Bayi -4.jpg

Foto: Momjunction.com

Dikutip dari Jurnal Dermatology Research and Practice, sesekali, bayi mungkin akan mengalami kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam. Pastikan untuk memotong kuku kaki bayi secara teratur.

Ini akan dapat membantu mencegah kuku jari kaki tumbuh ke dalam. Jepit kuku kaki lurus ke depan dengan gunting kuku dan jangan membulatkan ujungnya ke bawah.

5. Jaga Kaki Tetap Tertutup

Intip 5 Cara Merawat Jari dan Kuku Bayi -5.jpg

Foto: Grist.org

Ini sebenarnya tergantung pada cuaca, jadi Moms mungkin perlu menjaga kaki bayi tetap tertutup untuk memberi kehangatan dan perlindungan. Namun, kaus kaki bayi yang baru lahir sangat mudah ditendang dan mungkin bukan pilihan terbaik.

Akan lebih mudah untuk menggunakan baju bayi yang memiliki kaki terpasang atau jumpsuit.

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar Agar Tak Melukai Jarinya

Sering memeriksa kondisi jari dan kuku bayi adalah bagian dari perawatan, agar bayi tetap merasa aman dan nyaman.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait