Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
07 Maret 2022

10 Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Atasi Ketombe Juga, Lho!

Bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah jerawat, coba gunakan minyak ini, Moms!
10 Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Atasi Ketombe Juga, Lho!

Dibanding minyak zaitun atau minyak kelapa, minyak canola mungkin masih kalah terkenal. Namun, siapa sangka canola oil merupakan salah satu minyak goreng paling sehat di dunia.

Mengutip Canola Council, canola oil sama sekali tidak mengandung lemak trans dan jumlah lemak jenuhnya terendah di antara semua minyak goreng biasa.

Diproduksi melalui modifikasi genetik, minyak canola dikenal dengan jumlah asam lemak Omega 3 yang tinggi.

Dikutip dari The Health Site, sekelompok ilmuwan Kanada menggunakan metode yang dikenal sebagai pembiakan selektif untuk menghasilkan biji kanola dari rapeseed (anggota keluarga sawi atau kubis berbunga kuning).

Jadi, nama canola berasal dari Kanada dan ola yang berarti minyak. Kaya akan antioksidan, vitamin E, C dan K, minyak ini hadir dengan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan.

Yuk simak lebih lanjut mengenai canola oil di bawah ini.

Baca Juga: Minyak Zaitun atau Minyak Canola, Manakah yang Lebih Baik?

Kandungan Nutrisi Minyak Canola

Kandungan Nutrisi Minyak Canola

Foto: Kandungan Nutrisi Minyak Canola

Foto: Orami Photo Stock

Menurut data di FoodData Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, minyak canola mengandung nutrisi sebagai berikut:

Dalam per sendok makan terkandung:

  • 124 kalori
  • 16% dari asupan harian yang direkomendasikan atau Recommended daily intake (RDI) sebagai sumber tepercaya vitamin E
  • 9% dari RDI sebagai vitamin K

Asam lemak per sendok makan:

  • 14 gram (g) lemak total
  • 1,03 g total asam lemak jenuh
  • 8,86 g total asam lemak tak jenuh tunggal
  • 3,94 g total asam lemak tak jenuh ganda

Minyak canola tidak mengandung gluten atau kedelai. Minyak ini juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated fatty acids (PUFA).

PUFA ini termasuk 21% asam linoleat, atau asam lemak omega-6, dan 11% asam alfa-linolenat (ALA), yang merupakan asam lemak omega-3.

Banyak orang, terutama ketika mengikuti pola makan nabati, bergantung pada sumber ALA untuk meningkatkan kadar asam lemak omega-3 asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Lemak omega-3 ini sangat penting untuk kesehatan otak.

Namun, perlu dicatat bahwa tubuh manusia mengubah ALA menjadi DHA dan EPA pada tingkat yang rendah, yang berarti tidak terlalu efisien untuk meningkatkan kadar lemak ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Cengkeh dan Cara Membuatnya

Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan

Foto: Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan (Healthcareglobal.com)

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai salah satu minyak goreng tersehat, minyak ini juga punya banyak manfaat, lho Moms. Beriktu ini manfaat canola oil yang bisa Moms rasakan.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat canola oil yang pertama adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Dikutip dari Canola Council, konsumsi canola oil bisa menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah.

LDL merupakan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma. Ateroma sendiri merupakan pemicu penyakit jantung yang dikenal juga sebagai ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

2. Mengontrol Gula Darah

Canola oil juga ternyata rendah glikemik. Karenanya juga, canola oil bisa membantu meningkatkan kolesterol darah dan mengontrol glukosa darah pada pasien diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Konsumsi canola oil bisa menurunkan massa lemak perut dan tekanan darah. Ini bermanfaat untuk menurunkan risiko sindrom metabolik.

Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kelapa Murni, Kenali Juga Manfaatnya untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Canola untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Canola untuk Kecantikan

Foto: Manfaat Minyak Canola untuk Kecantikan

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk kesehatan, ada juga, lho manfaat minyak canola untuk kecantikan? Berikut daftarnya seperti dirangkum dari The Health Site!

4. Mencegah Jerawat dan Menunda Penuaan

Minyak ini memiliki manfaat untuk mencegah jerawat dan menunda penuaan dini. Vitamin E dan K dikenal untuk membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat, garis-garis halus dan kerutan.

Minyak canola yang kaya akan 2 vitamin ini, berpotensi dapat mengobati kondisi dermatologis tersebut. Vitamin E sebenarnya dapat menetralkan radikal bebas yang merusak kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Medicine menyatakan bahwa vitamin E yang ada dalam minyak canola sangat efektif sebagai antioksidan dan mampu melindungi kulit dari efek merusak radikal bebas.

Minyak ini juga bisa secara signifikan membantu menghilangkan bintik-bintik, lingkaran hitam, dan noda dengan bantuan antioksidan esensial yang ada di dalamnya.

Semua ini membantu kulit wajah Moms terlihat muda dan bercahaya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms harus mencampur minyak canola dengan minyak esensial lainnya dan menggunakannya secara teratur pada kulit.

Moms bisa menambahkan beberapa tetes minyak canola ke krim malam dan mengoleskannya pada wajah untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Melembapkan Kulit

Kandungan asam lemak esensial tinggi dalam minyak ini sangat bermanfaat untuk melembapkan kulit yang kering.

Jika Moms memiliki kulit kasar dan bersisik, cobalah untuk menggunakan minyak canola.

Mengoleskan pada wajah dan tubuh dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi sepanjang hari.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms hanya perlu mencampurnya dengan minyak zaitun dan menambahkan beberapa minyak esensial lainnya seperti minyak esensial rosemary atau minyak esensial lavender.

Kemudian, oleskan pada wajah atau seluruh tubuh setiap malam. Moms juga bisa mengoleskan campuran ini 2 - 3 kali sehari untuk dapatkan kulit yang kenyal dan halus dalam waktu singkat.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Tubuh

6. Memperbaiki Tekstur Kulit

Karena kaya akan vitamin C, minyak canola dapat memberikan tekstur yang baik pada kulit. Bagian terbaiknya adalah, minyak ini tidak lengket. Oleh karena itu, orang dengan kulit berminyak juga bisa menggunakannya.

Mengoleskan minyak canola secara teratur pada tubuh dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit yang bercahaya.

Kandungan antioksidan di dalamnya secara signifikan dapat mencegah kulit kendur atau terlihat kusam. Selain itu, minyak ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms bisa mengoleskan minyak canola pada wajah lalu memijatnya. Jangan langsung cuci muka. Biarkan semalaman agar memberikan hasil yang lebih baik.

7. Mencegah Infeksi Kulit

Minyak canola memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu mencegah infeksi kulit. Selain itu, asam lemak yang ada di dalamnya membantu menenangkan kulit yang kering dan teriritasi.

Penggunaan minyak ini tidak hanya mengobati kemerahan dan peradangan pada kulit, tetapi juga mencegah eksim, dan infeksi lainnya.

Caranya, cukup campurkan beberapa tetes minyak canola dengan minyak lavender dan oleskan pada wajah.

8. Mencegah Rambut Rontok

Apakah Moms mengalami rambut rontok yang berlebihan? Nah, minyak canola bisa menyelamatkan Moms dari kerontokan.

Minyak ini secara efektif dapat membantu mencegah kerontokan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan melembapkan rambut.

Ini adalah obat yang bagus untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut kering dan rusak, serta bercabang di ujungnya.

Caranya campurkan minyak canola dengan lavender, almond, dan minyak zaitun bersama-sama dan pijat kulit kepala dengan campuran tersebut selama sekitar 20 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo.

9. Mengatasi Ketombe

Minyak canola dapat secara efektif membantu menghilangkan ketombe dan meningkatkan kualitas rambut, serta menjadikannya tebal dan kuat.

Caranya, Moms hanya perlu mencampur minyak canola dengan minyak pohon teh dan panaskan campuran ini. Lalu, oleskan secara teratur pada kulit kepala. Lakukan 3 - 4 minggu sekali.

Jika tidak melihat perubahan positif, tambahkan minyak canola dengan jumlah yang sama dengan minyak almond atau zaitun. Moms juga bisa menambahkan sedikit minyak lavender ke dalam campuran.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rekomendasinya

10. Mengurangi Ujung Rambut Bercabang

Karena adanya senyawa yang disebut sterol, minyak canola dapat merawat rambut rusak dan mengurangi ujung rambut bercabang.

Vitamin K dan E yang ada dalam minyak nabati ini juga membantu Moms menghilangkan rambut kering dan rapuh secara efektif.

Caranya, Moms perlu memijat kepala dengan canola oil dan menutupinya dengan handuk setidaknya selama 10 - 15 menit.

Lalu, lepaskan handuk dan biarkan minyak di rambut semalaman. Cuci rambut dengan sampo keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak canola untuk kesehatan dan kecantikan. Semakin tertarik untuk mencobanya, Moms?

  • https://www.thehealthsite.com/beauty/beauty-benefits-of-canola-oil-you-did-not-know-about-666804/
  • https://www.canolacouncil.org/about-canola/oil/#health-benefits
  • https://www.canolacouncil.org/about-canola/oil/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1103863/nutrients