GIZI
11 Februari 2022

15 Makanan Pembakar Lemak, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Cocok dikonsumsi oleh Moms yang sedang diet!
15 Makanan Pembakar Lemak, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Sedang diet namun rasanya berat badan tak kunjung turun Moms? Boleh jadi, ini karena Moms tidak mengonsumsi makanan pembakar lemak yang tepat.

Gaya hidup tidak sehat, serta pola makan yang buruk, membuat risiko berat badan dapat melebihi batas normal.

Mengonsumsi makanan tinggi kalori, siap saji, dan makanan yang bersifat menyerap air seperti garam, bisa membuat tubuh dan wajah Moms menjadi bloat atau menggembung.

Baca Juga: Panduan Diet Golongan Darah A untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan Pembakar Lemak

Untuk menghindari kenaikan berat badan, gantilah asupan makanan dengan makanan yang dapat membakar lemak tubuh.

Hal ini tentu dapat membantu Moms untuk mencapai berat badan sehat yang diinginkan.

Berikut beberapa jenis makanan yang bersifat sebagai pembakar lemak di dalam tubuh. Simak selengkapnya.

1.Kentang

Kentang memang diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kompleks, sehingga rasa kenyang dapat bertahan jauh lebih lama.

Kentang juga bisa mengatasi bloating dan menyeimbangkan kadar sodium karena kandungan potasiumnya.

Tapi ingat Moms, jangan mengolahnya dengan cara deep fry karena bisa menghilangkan manfaat kesehatan dari kentang.

2. Pisang

shutterstock 518328943 (1)

Foto: shutterstock 518328943 (1)

Foto: Orami Photo Stock

Tak jauh berbeda dengan kentang, pisang juga kaya akan potasium serta magnesium.

Keduanya bisa menghalau bloat pada wajah dan tubuh.

Selain itu, pisang mengandung bakteri baik untuk mendukung sistem pencernaan, sehingga membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya pisang dikonsumsi secara langsung, tanpa perlu diolah.

Baca Juga: Langsing Tanpa Olahraga dengan Diet Pisang, Sudah Coba?

3. Alpukat

Ternyata, buah alpukat dapat memberikan efek baik untuk menurunkan berat badan lho Moms.

Tak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh pada alpukat mampu mengenyangkan dan juga baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Nah, untuk memperoleh manfaat luar biasanya, Moms dapat mengolahnya menjadi jus tanpa bahan pemanis, serta mencampurkannya ke dalam salad.

Baca Juga: Yuk Kenali Berbagai Macam Jenis Diet Kekinian

4. Biji-bijian

6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini 04 Kacang dan Biji-Bijian.jpg

Foto: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini 04 Kacang dan Biji-Bijian.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Biji-bijian, terutama biji bunga matahari dan biji labu merupakan sumber nabati dengan lemak sehat yang memiliki kandungan gizi yang padat, seperti serat, mineral, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Ini tentu merupakan camilan yang tepat untuk dikonsumsi bagi Moms yang sedang menjalani program diet.

Biji-bijian tersebut bisa Moms panggang dengan sedikit minyak zaitun dan bubuk bawang putih

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil.

5. Cokelat hitam

shutterstock 184690850

Foto: shutterstock 184690850

Foto: Orami Photo Stock

Moms pecinta cokelat? Tak usah khawatir, karena cokelat hitam justru menjadi salah satu makanan yang dapat membakar lemak di dalam tubuh, sehingga baik untuk Moms yang sedang diet.

Selain itu, cokelat hitam juga berfungsi mengatur produksi insulin, dan hormon kortisol, yang merupakan hormon pengatur gula darah.

6. Yoghurt

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah yoghurt.

Yoghurt memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri baik, probiotik.

Tak hanya itu, yoghurt juga mencegah bloating dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Oat

Salah satu makanan pembakar lemak yang sering dikonsumsi oleh Moms yang ingin menjaga bentuk tubuh adalah oat.

Oat mengandung tinggi serat, sehingga dapat mengenyangkan dan membuat Moms tak lagi mencari camilan.

Tak hanya itu, ternyata oat juga mengandung prebiotik yang merupakan makanan bagi para bakteri baik dalam tubuh.

8. Telur

shutterstock 585265235

Foto: shutterstock 585265235

Foto: Orami Photo Stock

Telur tidak hanya menjadi makanan penyelamat saat lapar, namun juga bersifat sebagai pembakar lemak tubuh.

Ini mengandung kolin yang merupakan nutrisi pembakar lemak utama yang bertanggung jawab untuk penyimpanan lemak perut.

Selain itu, telur juga sumber protein tanpa lemak yang dapat mengatur kecepatan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Ini dapat Moms olah dengan berbagai variasi, seperti direbus, orak-arik, atau telur dadar.

9. Buah Beri

Jenis beri seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi memiliki kandungan sera tinggi yang mencapai 8 gram dalam per cangkirnya.

Selain itu, buah beri juga mengandung antioksidan serta memiliki kandungan gula yang sedikit dibanding buah lainnya.

Ini baik dikonsumsi untuk Moms dengan program diet.

Buah beri juga mudah dikonsumsi, bisa secara langsung, atau mencampurkannya bersama oat saat sarapan.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

10. Ikan

makanan laut - ikan trout

Foto: makanan laut - ikan trout

Foto: Orami Photo Stock

Ikan kaya akan kandungan protein dan asam lemak Omega 3.

Protein yang ada pada ikan mampu membuat tubuh berenergi dan menyebabkan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan.

11. Kacang Almond

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah kacang almond. Almond mengandung serat, protein, vitamin, serta mineral yang bermanfaat dalam menjaga berat badan sehat.

Sebuah studi pada tahun 2003 yang dilakukan pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan, menunjukkan bahwa terjadi penurunan berat badan setelah mengonsumsi sekitar seperempat cangkir almond setiap hari selama enam bulan.

Hal ini tentu menjadi berita baik bagi Moms yang ingin menurunkan berat badan, sebab selain manfaatnya, almond juga memiliki rasa yang lezat sebagai camilan.

Baca Juga: Review DrinKing Powder Almond Milk oleh Moms Orami, Rendah Kalori!

12. Sayur Bayam

Sayuran hijau, seperti sayur bayam, kaya akan nutrisi penambah energi seperti zat besi, vitamin A, dan folat.

Sayuran ini juga dapat mengurangi nafsu makan dengan membantu membatasi asupan kalori tubuh dan mendorong proses pembakaran lemak.

Selain kaya nutrisi, sayur bayam juga mudah untuk diolah. Moms dapat menyajikannya dengan cara direbus dan diberi sedikit bumbu penyedap.

13. Tiram

tray-of-oysters-on-table-3217155.jpg

Foto: tray-of-oysters-on-table-3217155.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tiram sempat ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Saat ini banyak tempat makan yang menyediakan menu tiram mentah yang dapat dikonsumsi secara langsung.

Selain segar dan lezat, tiram juga memiliki manfaat luar biasa dalam mendukung berat badan sehat.

Jenis kerang ini mengandung seng dan mineral yang akan bekerja dengan hormon leptin tubuh untuk mengatur nafsu makan.

Ini tentu baik dalam menjaga berat badan pada batas normal.

Baca Juga: Ini Porsi Makan untuk Diet, Cocok untuk Moms yang Ingin Menurunkan Berat Badan!

14. Kimchi

Hidangan yang berasal dari Korea Selatan ini tentu sudah tidak asing lagi bukan? Kimchi sering dikonsumsi bersama makanan berat lainnya, seperti mie instan, dan nasi.

Kimchi terbuat dari fermentasi campuran kubis, lobak, dan daun bawang dengan pasta bumbu cabai merah, udang asin, atau bubuk rumput laut.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi dapat menekan kenaikan berat badan hingga 28 persen.

Ini tentu menjadi angin segar bagi Moms yang suka dengan hidangan ini dan sedang menjalani diet.

15. Kembang Kol

resep kembang kol

Foto: resep kembang kol (shutterstock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pembakar lemak terakhir yang bisa Moms coba di rumah adalah kembang kol.

Kembang kol seringkali dicampurkan dalam berbagai olahan masakan sayur, contohnya tumis kembang kol, dan capcai.

Kembang kol merupakan makanan termogenik yang berarti dapat membakar lemak dan kalori tubuh lebih banyak, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Cauliflower Rice, Nasi dari Kembang Kol yang Sehat!

Itulah 15 jenis makanan pembakar lemak yang bisa Moms coba untuk menurunkan berat badan.

Jadi, siap untuk mengganti menu makanan Moms?

  • https://health.clevelandclinic.org/the-6-best-seeds-to-eat/
  • https://www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-fiber.php
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14574348/
  • https://www.eatthis.com/best-fat-burning-foods/