17 March 2023

17 Makanan Pembakar Lemak, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Cocok dikonsumsi oleh Moms yang sedang diet!

Makanan pembakar lemak bisa membantu Moms yang sedang menurunkan berat badan.

Pada dasarnya, fungsi lemak dalam tubuh salah satunya yaitu sebagai sumber energi cadangan.

Di sisi lain, lemak berlebih membuat berat badan menjadi tidak ideal.

Maka dari itu, Moms dapat mengontrol lemak berlebih tersebut dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan pembakar lemak.

Lantas, apa saja makanan pembakar lemak? Yuk, simak deretannya di bawah ini!

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Bau Kulkas, Bisa dengan Kopi, Teh, dan Garam!

Makanan Pembakar Lemak

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu membakar lemak perut.

Kemampuan makanan-makanan tersebut untuk membakar lemak perut tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Berikut ini ragam pilihan makanan pembakar lemak perut yang bisa Moms pilih:

1.Kentang

Kentang
Foto: Kentang (Orami Photo Stocks)

Kentang memang diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kompleks, sehingga rasa kenyang dapat bertahan jauh lebih lama.

Kentang juga bisa mengatasi bloating dan menyeimbangkan kadar sodium karena kandungan potasiumnya.

Tapi ingat Moms, jangan mengolahnya dengan cara deep fry karena bisa menghilangkan manfaat kesehatan dari kentang.

2. Pisang

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah pisang.

Tak jauh berbeda dengan kentang, pisang juga kaya akan potasium serta magnesium.

Keduanya bisa menghalau bloat pada wajah dan tubuh.

Selain itu, pisang mengandung bakteri baik untuk mendukung sistem pencernaan, sehingga membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya pisang dikonsumsi secara langsung, tanpa perlu diolah.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Jantung Koroner, Bisakah Sembuh Total?

3. Alpukat

Alpukat
Foto: Alpukat (delish.com)

Ternyata, buah alpukat dapat memberikan efek baik untuk menurunkan berat badan lho Moms.

Tak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh pada alpukat mampu mengenyangkan dan juga baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Nah, untuk memperoleh manfaat luar biasanya, Moms dapat mengolahnya menjadi jus tanpa bahan pemanis, serta mencampurkannya ke dalam salad.

4. Biji-bijian

Biji-bijian, terutama biji bunga matahari dan biji labu merupakan sumber nabati dengan lemak sehat yang memiliki kandungan gizi yang padat, seperti serat, mineral, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Ini tentu merupakan makanan pembakar lemak sebagai camilan tepat untuk dikonsumsi bagi Moms yang sedang menjalani program diet.

Biji-bijian tersebut bisa Moms panggang dengan sedikit minyak zaitun dan bubuk bawang putih

Baca Juga: Cacing Kremi: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Cokelat hitam

Cokelat Hitam (Orami Photo Stock)
Foto: Cokelat Hitam (Orami Photo Stock)

Moms pecinta cokelat? Tak usah khawatir, karena cokelat hitam justru menjadi salah satu makanan pembakar lemak di dalam tubuh, sehingga baik untuk Moms yang sedang diet.

Selain itu, cokelat hitam juga berfungsi mengatur produksi insulin, dan hormon kortisol, yang merupakan hormon pengatur gula darah.

6. Yoghurt

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah yoghurt.

Yoghurt memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri baik, probiotik.

Tak hanya itu, yoghurt juga mencegah bloating dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Oat

Oatmeal
Foto: Oatmeal (Freepik.com/racool_studio)

Salah satu makanan pembakar lemak yang sering dikonsumsi oleh Moms yang ingin menjaga bentuk tubuh adalah oat.

Oat mengandung tinggi serat, sehingga dapat mengenyangkan dan membuat Moms tak lagi mencari camilan.

Tak hanya itu, ternyata oat juga mengandung prebiotik yang merupakan makanan bagi para bakteri baik dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Bahaya Essential Oil untuk Kesehatan, Jangan Diabaikan!

8. Telur

Telur tidak hanya menjadi makanan penyelamat saat lapar, namun juga bersifat sebagai makanan pembakar lemak tubuh.

Ini mengandung kolin yang merupakan nutrisi pembakar lemak utama yang bertanggung jawab untuk penyimpanan lemak perut.

Selain itu, telur juga sumber protein tanpa lemak yang dapat mengatur kecepatan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Ini dapat Moms olah dengan berbagai variasi, seperti direbus, orak-arik, atau telur dadar.

9. Buah Beri

Buah Beri (Orami Photo Stock)
Foto: Buah Beri (Orami Photo Stock)

Jenis beri seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi memiliki kandungan sera tinggi yang mencapai 8 gram dalam per cangkirnya.

Selain itu, buah beri juga mengandung antioksidan serta memiliki kandungan gula yang sedikit dibanding buah lainnya.

Ini baik dikonsumsi untuk Moms sebagai makanan pembakar lemak.

Buah beri juga mudah dikonsumsi, bisa secara langsung, atau mencampurkannya bersama oat saat sarapan.

10. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein dan asam lemak Omega 3.

Protein yang ada pada ikan mampu membuat tubuh berenergi dan menyebabkan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan.

Baca Juga: Apakah Penderita Skoliosis Bisa Melahirkan Normal?

11. Kacang Almond

Kacang Almond
Foto: Kacang Almond (Orami Photo Stock)

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah kacang almond. Almond mengandung serat, protein, vitamin, serta mineral yang bermanfaat dalam menjaga berat badan sehat.

Sebuah penelitian International Journal of Obesity, menunjukkan bahwa terjadi penurunan berat badan setelah mengonsumsi sekitar seperempat cangkir almond setiap hari selama enam bulan.

Hal ini tentu menjadi berita baik bagi Moms yang ingin menurunkan berat badan, sebab selain manfaatnya, almond juga memiliki rasa yang lezat sebagai camilan.

12. Sayur Bayam

Sayuran hijau, seperti sayur bayam, kaya akan nutrisi penambah energi seperti zat besi, vitamin A, dan folat.

Sayuran ini juga dapat mengurangi nafsu makan dengan membantu membatasi asupan kalori tubuh dan mendorong proses pembakaran lemak.

Selain kaya nutrisi, sayur bayam juga mudah untuk diolah.

Moms dapat menyajikan makanan pembakar lemak ini dengan cara direbus dan diberi sedikit bumbu penyedap.

13. Tiram

Tiram (Orami Photo Stock)
Foto: Tiram (Orami Photo Stock) (Orami Photo Stock)

Tiram sempat ramai dibicarakan akhir-akhir ini.

Saat ini banyak tempat makan yang menyediakan menu tiram mentah yang dapat dikonsumsi secara langsung.

Selain segar dan lezat, tiram juga memiliki manfaat luar biasa dalam mendukung berat badan sehat.

Jenis kerang ini mengandung seng dan mineral yang akan bekerja dengan hormon leptin tubuh untuk mengatur nafsu makan.

Ini tentu baik dalam menjaga berat badan pada batas normal.

Baca Juga: 9+ Sayuran untuk Program Hamil, Bisa Tingkatkan Kesuburan!

14. Kimchi

Hidangan yang berasal dari Korea Selatan ini tentu sudah tidak asing lagi bukan?

Kimchi sering dikonsumsi bersama makanan berat lainnya, seperti mie instan, dan nasi.

Kimchi terbuat dari fermentasi campuran kubis, lobak, dan daun bawang dengan pasta bumbu cabai merah, udang asin, atau bubuk rumput laut.

Sebuah penelitian BioFactors menunjukkan bahwa, mengonsumsi kimchi dapat menekan kenaikan berat badan hingga 28 persen.

Ini tentu menjadi angin segar bagi Moms yang suka dengan hidangan ini dan sedang menjalani diet.

15. Kembang Kol

Kembang Kol
Foto: Kembang Kol (shutterstock.com)

Makanan pembakar lemak terakhir yang bisa Moms coba di rumah adalah kembang kol.

Kembang kol seringkali dicampurkan dalam berbagai olahan masakan sayur, contohnya tumis kembang kol, dan capcai.

Kembang kol merupakan makanan termogenik yang berarti dapat membakar lemak dan kalori tubuh lebih banyak, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Hati-Hati terhadap Penipuan yang Mengatasnamakan Orami!

16. Ubi

Meski termasuk karbohidrat, ubi memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibanding beberapa makanan pokok lainnya.

Terbatasnya asupan kalori memaksa tubuh untuk mengubah lemak menjadi sumber energi.

Selain membantu pembakaran lemak, ubi juga punya nutrisi-nutrisi seperti kalium, beta-karoten, vitamin C, dan serat.

17. Jeruk Bali

Jeruk Bali (Orami Photo Stock)
Foto: Jeruk Bali (Orami Photo Stock)

Jeruk bali merupakan makanan pembakar lemak selanjutnya.

Kandungan serat larut yang ada dalam jeruk bali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna sehingga dapat membuat Moms merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, jeruk bali adalah buah yang rendah kalori.

Ketika tubuh kekurangan kalori, tubuh akan mengubah lemak yang ada, termasuk di perut, menjadi energi untuk melakukan aktivitas.

Baca Juga: Niat Puasa Ganti Ramadan, Yuk Lunasi Utang Puasa Moms!

Itulah 17 jenis makanan pembakar lemak yang bisa Moms coba untuk menurunkan berat badan.

Jadi, siap untuk mengganti menu makanan Moms?

  • https://health.clevelandclinic.org/the-6-best-seeds-to-eat/
  • https://www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-fiber.php
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14574348/
  • https://www.eatthis.com/best-fat-burning-foods/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb