Bayi

7 Juni 2020

Musik Bisa Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak, Benarkah?

Pilih musik lembut yang akan membuat bayi tidur lebih nyenyak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat mengajak bayi untuk tidur, selain melakukan white noise seperti shuu.. shuu.., ada juga Moms yang menyalakan lagu bernuansa tenang atau bahkan menyanyikan lagu untuk bayi. Tetapi apakah benar musik membuat bayi tidur nyenyak? Jawabannya benar.

Dikutip dari Baby Sleep, musik memainkan peran penting dalam perkembangan bayi dan kemampuannya untuk mencapai tidur nyenyak. Namun, ternyata tidak semua jenis musik punya efek yang sama pada bayi.

Para ahli beranggapan bahwa hal tersebut bisa saja terjadi, tergantung pada jenis lagu dan kapan waktunya. Marial Biard, ahli terapi musik neurologis bersertifikat di Rumah Sakit Texas Children. Marial mengatakan, ada bukti yang mendukung bahwa musik bisa membuat bayi tidur nyenyak.

World Health Organization (WHO) telah mengakui pentingnya musik untuk relaksasi, bantuan tidur, dan perkembangan otak bayi selama lebih dari 10 tahun.

“Dan kami memiliki bukti empiris yang mendukung hal ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Pediatrics telah membantu membuktikan bahwa lagu pengantar tidur yang dinyanyikan secara langsung dapat meningkatkan pola tidur, dan kami telah menemukan itu yang paling bermanfaat di ruang yang tepat antara waktu terjaga dan memasuki tahap pertama tidur," katanya.

Baca Juga: 3 Metode Melatih Waktu Tidur Sejak Bayi ala Bule, Yuk Coba!

Musik Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Apakah Musik Bisa Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak -1.jpg

Foto: Thetelegraph.co.uk

Mengajak bayi untuk tidur merupakan tantangan tersendiri. Dan setiap keluarga melakukan hal yang berbeda saat melakukannya. Ada yang menyukai kesan sunyi, ada pulang yang sebaliknya.

Namun, ini adalah manfaat beberapa manfaat mendengarkan musik untuk bayi sebelum tidur.

1. Pengurangan Rasa Sakit

Dalam sebuah eksperimen oleh Great Ormond Street Hospital di London, para peneliti memainkan lagu pengantar tidur dan lagu anak untuk 37 pasien anak. Mereka memperhatikan denyut jantung anak dan tingkat nyeri selama terapi musik. Profesor Tim Griffiths, seorang ahli saraf menggunakan pemindai MRI untuk melihat jauh ke dalam otak.

“Ada bagian otak yang lebih kuno dalam sistem limbik, yang bertanggung jawab atas respons emosional terhadap musik. Apa yang sedang terjadi adalah bagian emosional otak dirangsang oleh musik, lebih daripada rangsangan membaca, dan ini mengurangi tingkat rangsangan, dan pada gilirannya mempengaruhi tingkat respons rasa sakit,” kata Tim.

2. Menambah Kualitas Tidur

Sebuah studi tentang efek musik dan kualitas tidur menemukan bahwa anak yang mendengarkan musik pada tidur siang dan malm memiliki kualitas tidur yang meningkat.

Studi lain menyimpulkan bahwa musik klasik yang menenangkan adalah intervensi yang efektif dalam mengurangi masalah tidur.

3. Tingkatkan Perkembangan Otak

Sebuah penelitian di Northwestern University mencatat bahwa otak seseorang yang tidur nyenyak masih mendengarkan dan belajar. National Association for the Education of Young Children merekomendasikan pengalaman musik di masa kanak-kanak karena melalui musik, bayi dan balita dapat lebih memahami diri mereka sendiri dan perasaan mereka, belajar menguraikan pola dan memecahkan masalah, dan menemukan dunia di sekitar mereka dalam kekayaan, cara yang rumit.

Yang terpenting, berbagi pengalaman musik dengan orang yang mereka cintai membuat anak-anak merasa dihargai dan penting.

Baca Juga: Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Di Boks Bayi

Waktu dan Lagu yang Tepat

Apakah Musik Bisa Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak -2.jpg

Foto: Sleep.org

Jadi, kapan waktu yang tepat menyalakan musik agar membuat bayi tidur lebih nyenyak? “Metode terbaik adalah membiarkannya selama 20 menit karena saat itu bayi mencoba untuk tertidur, dan mematikannya begitu mereka benar-benar tertidur,” kata Marial.

Jika bayi terbangun di tengah malam, nyalakan kembali musik untuk efek yang sama. Terapis musik bersertifikasi papan Nicole Camp dari UAB Hospital dan Children's of Alabama menjelaskan bahwa musik adalah pilihan yang lebih terbukti secara ilmiah dibandingkan white noise.

"Musik dan sifat-sifat uniknya juga menutupi suara lain di rumah. Karena musik dinyanyikan dan tidak seperti white noise, ini akan memudahkan otak bayi Anda untuk memproses," kata Nicole.

Dan untungnya, tidak perlu ada satu genre musik khusus untuk ditambahkan ke dalam rutinitas malam bayi.

“Jika Anda berpikir Mozart akan melakukannya, lakukan. Karena sebenarnya musik dimaksudkan untuk menyenangkan. Jadi, fokuslah untuk menjaganya tetap sederhana dan menyenangkan,” jelas Marial.

Abby Whitlock, terapis musik bersertifikat di Rumah Sakit UAB, merekomendasikan orang tua langsung menyanyikan lagu pengantar tidur kepada bayi untuk membuatnya tidur dengan nyenyak. Abby menekankan untuk memilih lagu yang tidak rumit dengan ritme yang lambat.

Misalnya lagu-lagu klasik seperti ‘Twinkle, Twinkle, Little Star,’ dan ‘The Wheels on the Bus’ bisa menjadi pilihan.

"Ada alasan mengapa lagu pengantar tidur itu begitu sering digunakan. Mereka telah jatuh sepertiga atau perlima, dan mereka meniru suara kita yang mendesah. Ketika kita menghela nafas, itu memicu relaksasi di tubuh kita,” ujar Abby.

Baca Juga: Bahaya Membiasakan Bayi Tidur di Car Seat

Ternyata, musik tertentu memang terbukti membuat bayi tidur nyenyak. Segera putar musik yang tenang atau bernyanyi agar membuat bayi tidur lebih nyenyak.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait