Program Hamil

15 Februari 2021

Natur-E untuk Promil, Simak Manfaat dan Dosisnya

Apakah Natur-E sebagai suplemen dapat membantu promil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Vitamin E adalah salah satu nutrisi penting yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Oleh sebab itu, biasanya vitamin E juga direkomendasikan oleh dokter untuk dikonsumsi bagi Moms dan Dads yang sedang menjalani program hamil (promil). Banyak merek suplemen vitamin E di pasaran, salah satunya adalah Natur-E.

Natur- E untuk Promil

Vitamin E memperkuat ketuban

Foto: pxhere.com

Merencanakan dan melakukan program kehamilan atau promil dapat menjadi perjalanan yang berbeda-beda untuk tiap pasangan.

Salah satu pilihan untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan suplemen.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin E, manfaatnya penting untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita maupun pria.

Sebagai sumber antioksidan, vitamin E memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang merupakan sumber dari berbagai penyakit, salah satunya stres oksidatif.

Baca Juga: 11+ Vitamin Program Hamil untuk Suami, Yuk Coba!

Stres oksidatif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masalah kesuburan pada wanita, karena stres oksidatif dapat mengganggu perkembangan embrio.

Manfaat vitamin E sebagai faktor kesuburan pertama kali ditemukan pada tahun 1922 dan strukturnya ditentukan pada tahun 1935.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin E juga memiliki manfaat untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker dan melawan sel kanker, serta memiliki efek anti-inflamasi.

Hal ini juga didukung salah satu publikasi Global Journal of Fertility and Research, dampak stres oksidatif pada kesuburan yaitu dengan membentuk Reactive oxygen species (ROS) yang berlebihan di dalam tubuh, sehingga menyebabkan perkembangan reaksi fisiologis yang tidak normal pada wanita.

Sebab itu, peran vitamin E sebagai antioksidan sangat dibutuhkan bagi wanita khususnya yang sedang menjalani promil. Jadi apa saja manfaat Natur-E untuk promil?

Manfaat Natur-E untuk Promil

Vitamin E meningkatkan kualitas sperma

Foto: pxhere.com

Natur-E merupakan suplemen vitamin E yang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin E dalam Natur-E berasal dari minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari.

Bahan alami pada Natur-E ini lah yang membuat Natur-E dipercaya aman untuk dikonsumsi terutama untuk ibu hamil dan Moms yang sedang promil.

Mengutip dari website Natur-E, soft capsule-nya terbuat dari gelatin yang berasal dari tulang rawan sapi sehingga aman untuk dikonsumsi. Adapun manfaat Natur-E untuk Promill adalah sebagai berikut:

1. Membantu Perkembangan Plasenta

Manfaat Natur-E untuk promil yang pertama adalah membantu menjaga perkembangan dan kesehatan plasenta.

Plasenta, atau juga dikenal sebagai ari-ari, adalah organ yang berkembang di dalam rahim selama masa kehamilan.

Organ ini merupakan jembatan antara ibu dan bayi, beberapa fungsinya yaitu menyediakan oksigen dan nutrisi untuk bayi, membuang kotoran bayi, mencegah infeksi, dan lain-lain.

Plasenta ikut tumbuh bersama bayi. Mengingat pentingnya plasenta bagi bayi, tentu plasenta juga harus dijaga perkembangannya.

Suplemen vitamin E mengandung alpha-tocopherol yang sangat penting untuk perkembangan plasenta.

2. Meningkatkan Ketebalan Dinding Rahim

Manfaat Natur-E untuk promil yang kedua adalah bermanfaat untuk meningkatkan ketebalan dinding rahim.

Sebuah studi kecil meneliti efek vitamin E pada tiga wanita dengan kegagalan ovarium yang tidak berhasil dibantu dengan terapi hormon.

Para pasien diberi kombinasi 1.000 IU vitamin E dan 800 pentoxifylline setiap hari selama setidaknya 9 bulan.

Di akhir penelitian, para wanita mengalami peningkatan ketebalan dinding rahim hampir dua kali lipat. Dari tiga peserta, dua orang berhasil hamil melalui implantasi embrio.

Dalam studi lain, vitamin E ditambahkan ke terapi dengan obat yang membantu merangsang produksi sel telur pada wanita dengan kasus infertilitas yang tidak dapat dijelaskan.

Penambahan vitamin E menunjukkan peningkatan ketebalan dinding rahim pasien, tetapi tidak mempengaruhi parameter lain.

Baca Juga: Simak 4 Tips Meningkatkan Kualitas Sel Telur agar Cepat Hamil

3. Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Tidak hanya untuk Moms, manfaat Natur-E untuk promil juga berdampak positif untuk kesuburan Dads.

Hal ini dibuktikan dari suplementasi harian dengan vitamin E dan vitamin C, meningkatkan beberapa parameter dalam sperma pria yang didiagnosis tidak subur.

Setelah 3 bulan pengobatan, jumlah sperma pasien menjadi 48% lebih padat dan tingkat kerusakan DNA menjadi 25% lebih rendah.

Dalam studi lain, suplementasi dengan selenium 200 mcg dan vitamin E 400 IU pada pria dengan masalah kesuburan membuat sperma mereka 52% lebih aktif dan mampu memperbaiki parameter lainnya.

4. Mengatasi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan hormonal yang menyebabkan terjadinya pembengkakan ovarium dengan kista kecil di bagian luarnya.

Sindrom ini sangat umum terjadi dan biasanya memengaruhi wanita di usia subur.

Dalam salah satu penelitian kasus di India menyatakan bahwa vitamin E dapat bertindak sebagai suplemen utama yang dapat ditambahkan dalam rekomendasi pengobatan PCOS dengan harga terjangkau.

Namun, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk mengetahui efek vitamin E pada PCOS dalam populasi yang lebih besar.

5. Mencegah Kelahiran Prematur & Keguguran

Manfaat Natur-E untuk promil sebagai suplemen vitamin E harian juga dapat membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur serta keguguran.

Sebab, vitamin E dapat membantu memperkuat selaput ketuban sehingga membuatnya lebih kuat dan tidak rentan pecah.

Kantung ketuban merupakan lapisan yang mengelilingi janin selama masa kehamilan.

Dalam kantung ketuban juga terdapat selaput yang menutupi sisi janin dari plasenta (amnion) yang berfungsi melindungi janin dari cidera dan membantu mengatur kestabilan suhu janin.

Selaput ketuban yang terlampau tipis tentu dapat membahayakan janin, karena kantung ketuban yang pecah sebelum waktunya akan menyebabkan keguguran dan kelahiran janin secara prematur.

Baca Juga: Bukan Hanya Calon Moms, Berat Badan Calon Dads Juga Pengaruhi Promil

Aturan Minum Natur-E untuk Promil

Aturan minum natur e

Foto: freepik.com

Setelah tahu manfaat Natur-E untuk promil, pertanyaan selanjutnya adalah dosis yang tepat minum suplemen ini.

Mengacu pada Angka Kecukupan Gizi (AKG), jumlah vitamin E yang dibutuhkan orang dewasa setiap hari rata-rata 15-20 mg per-hari atau setara dengan 22,4 - 28,4 IU.

Rata-rata suplemen vitamin E yang dijual bebas di pasaran mengandung 100 IU atau sebesar 67 mg.

Suplemen vitamin E seperti Natur-E dapat dikonsumsi sejak 3 bulan sebelum masa kehamilan dengan dosis satu kapsul setiap hari setelah makan malam.

Mengutip dari website Natur-E, untuk ibu hamil atau yang sedang melakukan promil disarankan untuk minum Natur-E hijau dan orange.

Sedangkan untuk Natur-E Advance dan Natur-E White dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: 10+ Manfaat Madu untuk Promil, Wajib Tahu!

Tentunya jumlah ini dapat berbeda bagi setiap pasangan, tergantung pada kondisi fisik masing-masing. Untuk mendapatkan rekomendasi dosis vitamin E yang tepat dan cocok untuk promil Moms dan Dads, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter.

Harga Natur-E

Natur-E adalah suplemen yang mudah ditemui di pasaran, baik itu di apotek, minimarket, ataupun swalayan.

Produk Natur-E ada beberapa varian, seperti Natur-E Hijau, Natur-E Orange, Natur-E Advance, dan Natur-E White.

Berikut ini harga masing-masing varian Natur-E:

1. Natur-E Hijau

Natur-e Store SC hijau (32s).png
  • Natur-E Hijau 100 IU Soft Capsule 16’s Rp22.500
  • Natur-E Hijau 100 IU Soft Capsule 32’s Rp40.000

2. Natur-E Orange

Natur-e Store SC orange.png
  • Natur-E Orange 300 IU Soft Capsule 16’s Rp44.000
  • Natur-E Orange 300 IU Soft Capsule 32’s Rp85.000

3. Nature-E Advance

SC advanced 32_store.png
  • Natur-E Advanced Soft Capsule 16’s Rp48.500
  • Natur-E Advanced Soft Capsule 32’s Rp92.000

4. Nature-E White

SC White 32_store.png
  • Natur-E White Soft Capsule 16’s Rp65.000
  • Natur-E White Soft Capsule 32’s Rp119.000

Baca Juga: Ini Manfaat Ever E untuk Promil Moms dan Dads, Catat ya!

Perbedaan Natur-E dengan Ever E

Selain merek Natur-E, suplemen vitamin E lainnya yang cukup populer adalah Ever E. Keduanya merupakan suplemen vitamin E yang dapat dengan mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Buat Moms dan Dads yang masih bingung memilih diantara Ever E atau Natur-E untuk promil, berikut perbedaannya:

  • Harga

Baik Natur-E dan Ever E memiliki harga yang cukup terjangkau di pasaran. Jika Ever E dengan dus kapsul isi 12 dihargai Rp 34.500, sedangkan Natur-E dengan isi 16 strip dihargai Rp 35.000. Moms dan Dads bisa menentukan mana suplemen vitamin E terbaik sesuai dengan dosis dan budget yang dipunya ya.

  • Dosis

Ever E memiliki dosis yang cukup tinggi, yaitu sebesar 250 IU. Sedangkan Natur-E memiliki dosis yang lebih rendah yaitu sebesar 100 IU.

  • Kapsul

Baik Natur-E dan Ever E memiliki bahan kapsul yang aman untuk dikonsumsi. Bahan kapsul Natur-E terbuat dari gelatin yang terbuat dari tulang rawan sapi dan sudah terdaftar di BPOM, sedangkan cangkang kapsul Ever E terbuat dari rumput laut.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil dan Ibu Hamil

Untuk Moms dan Dads yang sedang berencana untuk promil, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang agar semakin meningkatkan peluang kehamilan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait