Kesehatan

KESEHATAN
10 Februari 2020

Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!

Olahraga bisa mencegah kanker payudara lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rutin berolahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Moms. Ya, pernyataan ini bukan hal baru yang Moms ketahui.

Olahraga memang bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, seperti jantung dan paru, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bahkan bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Ternyata, olahraga juga membantu menjaga kesehatan payudara. Kok bisa?

Wanita perlu memerhatikan kesehatan payudaranya dengan baik. Nyatanya, ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa menyerang payudara, salah satu yang paling berbahaya adalah kanker payudara.

Olahraga bisa menurunkan risiko alami kanker payudara. Juga, olahraga bisa membantu menjaga bentuk payudara. Lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Seberapa Sering Baiknya Berolahraga?

Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya-1.jpg

foto: womenhealthmag.com

Moms, penting sekali untuk menyempatkan waktu berolahraga setiap hari. American Journal of Hypertension mengungkapkan, sebaiknya kamu berolahraga 30 hingga 60 menit setiap harinya.

Ingat, olahraga bukan berarti kamu harus kecapekan setiap hari, melainkan rutin dilakukan agar manfaatnya bisa didapatkan.

“Banyak orang berpikir olahraga harus mencapai titik di mana kamu kehabisan napas dan terengah-engah. Ini adalah anggapan yang salah. Sebaiknya, rutin berolahraga setiap harinya, tidak perlu diforsir, sehingga manfaat yang didapatkan maksimal,” ungkap Edward Phillips, direktur dari Institute of Lifestyle Medicine di Harvard Medical School.

Selain itu, sebaiknya temukan olahraga yang menyenangkan untuk dijalani. Nyatanya, menjalankan olahraga dengan menyenangkan bisa membuat Moms lebih rutin untuk menjalaninya setiap hari.

Banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, temukan salah satu yang paling Moms minati, ya.

Manfaat Olahraga untuk Payudara

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan payudara, seperti mencegah risiko terkena kanker payudara hingga membantu menjaga bentuk payudara. Ini manfaat olahraga untuk payudara, yang perlu Moms ketahui.

1. Mencegah Kanker Payudara

Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya-2.jpg

foto: glamour.com

Sel-sel lemak menghasilkan estrogen dan kadar hormon yang tinggi dikaitkan dengan kanker tertentu. Berolahraga dapat mengecilkan ukuran sel-sel lemak tersebut sehingga tubuh memompa lebih sedikit estrogen.

The American Cancer Society, merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 75 menit latihan intensitas sedang per minggu sehingga manfaat yang diberikan sama. Itu sebabnya, rutin berolahraga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara, tentunya diimbangi dengan pola hidup yang sehat, ya, Moms.

Baca Juga: Apa Saja Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara?

2. Menjaga Postur Tubuh

Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya-3.jpg

foto: stylecraze.com

Ada berbagai jenis olahraga untuk membantu membentuk postur tubuh, seperti olahraga yang difokuskan pada bahu dan otot punggung. Postur tubuh yang terjaga dengan baik juga termasuk menjaga postur dada.

Bagian dada membantu menjaga stabilitas gerak sehingga tubuh terlihat lebih tegap. Hal ini dapat termasuk ke dalam menjaga bentuk payudara.

3. Memperkuat Otot Payudara

Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya-4.jpg

foto: shape.com

Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Ketika postur tubuh terjaga dengan baik, maka otot bagian dada semakin kuat. Hal ini membuat payudara tidak mudah kendur seiring bertambahnya usia Moms mendatang.

Namun, hal penting yang harus Moms perhatikan adalah kenakan bra khusus untuk olahraga.

“Aktivitas fisik seperti aerobik atau jogging bisa menjadikan payudara lebih kencang. Namun, jangan lupa untuk mengenakan bra olahraga yang tepat sesuai ukuran payudara. Sebaiknya, ganti bra setiap enam hingga setahun sekali,” ungkap Dr. Peter Bruno, ahli penyakit dalam dari New York City.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Nah, jadi sudah paham kan betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan payudara?

Nyatanya, banyak jenis olahraga yang bisa Moms pilih untuk fokus pada kekuatan otot dada, seperti yoga, push-up, plank, dan olahraga yang menggunakan dumbbell. Untuk itu, luangkan waktu setiap harinya untuk berolahraga, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait