Fashion & Beauty

26 Mei 2021

9+ Tips Perawatan Wajah Pria Agar Terlihat Segar dan Tidak Kusam, Catat!

Perawatan wajah pria tidak hanya fokus pada produk kimia, tetapi juga bisa dilakukan secara alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam hal perawatan kulit, pria secara tradisional lebih senang membuatnya tampak sederhana. Namun, kini perawatan wajah pria menjadi sesuatu yang biasa dilakukan karena banyak pria menginginkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Perawatan wajah juga menjadi proses dimana pria mengevaluasi rutinitas perawatan kulit mereka.

Terdapat perbedaan utama antara kulit pria dan wanita, misalnya kulit pria lebih tebal daripada kulit wanita. Namun, elemen dasar dari perawatan wajah pria dan wanita yang efektif tetap akan terlihat sama.

American Academy of Dermatology Association (AAD) mengungkapkan bahwa yang penting dan utama bagi setiap orang termasuk pria adalah mengidentifikasi dan memahami jenis kulit wajah mereka. Misalnya, kulit sensitif bisa terasa perih atau terbakar setelah penggunaan produk perawatan wajah pria tertentu atau yang tidak cocok.

Begitu pula dengan jenis kulit wajah lainnya seperti kulit normal bening dan tidak sensitif, kulit kering bersisik, kulit kasar, kulit berminyak, dan kulit kombinasi dimana kering pada beberapa area dan berminyak di area lain. Memahami jenis kulit wajah akan membantu mempelajari cara perawatan wajah pria secara khusus dan juga memilih produk perawatan wajah pria yang  tepat.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

Tips Perawatan Wajah Pria Agar Tampil Bercahaya

perawatan wajah pria

Foto: thefashionisto.com

Sejujurnya, banyak pria tidak unggul dalam hal perawatan wajah. Kebanyakan pria tidak memiliki rutinitas perawatan kulit yang baik dan akibatnya, mereka lebih rentan berjerawat, pori-pori tersumbat, dan masalah kulit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan wajah pria agar mendapatkan kulit yang terlihat lebih baik dan bercahaya atau glowing.

1. Cuci Muka Sebelum Memulai Hari

Pria memiliki kelenjar sebaceous yang lebih aktif daripada wanita. Kebanyakan pria ternyata memiliki hingga 4x lebih banyak sebum dibandingkan wanita.  Sebum ini dibuat oleh tubuh 24/7, bahkan saat seseorang sedang tidur.

Meskipun jumlah sebum rata-rata sehat, sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kotoran menempel di wajah. Karena itu, perawatan wajah pria yang kedua untuk wajah glowing adalah mencuci muka di pagi hari. Ini sama pentingnya dengan mencuci muka di malam hari.

Jangan pernah menggunakan sabun batang atau sabun keras apa pun pada kulit. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut dan pembersih wajah yang menjaga tingkat pH kulit atau produk pencuci muka khusus perawatan wajah pria.

2. Bersihkan Wajah sebelum Tidur

Kelelahan karena bekerja keras seharian sering kali membuat seseorang melewatkan rutinitas  perawatan kulit pada malam hari, termasuk mencuci wajah. Sayangnya, tidak mencuci muka di malam hari adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat.

Polusi bisa menempel di wajah dan ketika itu terjadi, bakteri menyumbat pori-pori. Akhirnya, tidak heran bila wajah pria menjadi berjerawat.

Itulah mengapa perawatan wajah pria yang dasar seperti mencuci muka, merupakan hal yang penting karena dapat membersihkan wajah dari kotoran dan mendapatkan kulit yang bercahaya.

Karena pria memiliki tekstur kulit yang berbeda dengan wanita. Gunakan produk perawatan wajah pria yang khusus dibuat untuk pria. Produk perawatan wajah pria ini secara eksplisit dibuat untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit pria.

Baca Juga: Kenapa Tidak Boleh Langsung Cuci Muka Setelah Panas-panasan?

3. Lakukan Eksfoliasi 2-3 Kali Dalam Seminggu

Eksfoliasi kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di pori-pori wajah wanita juga pria. Bagi mereka yang memiliki kulit bersisik, pengelupasan kulit adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan kulit yang lebih baik.

Dengan bantuan scrub wajah, kain lembut, gosok kotoran dari kulit dengan lembut. Lakukan dengan gerakan memutar untuk meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

Dengan eksfoliasi yang tepat dan teratur, pria akan mendapatkan kulit yang lebih halus, lembut, dan cerah. Namun, ingatlah untuk tidak berlebihan.

Jangan terlalu bersemangat atau melakukannya lebih dari tiga kali seminggu. Jika tidak, kulit akan memar dan teriritasi.

Pengelupasan berlebihan akan menyebabkan masalah kulit yang lebih parah dikemudian hari dan memerlukan perawatan wajah pria lainnya.

4. Melembapkan Kulit

Kebanyakan pria menghindari pelembap karena mengira produk perawatan wajah ini akan membuat kulit mereka lebih berminyak. Klaim ini mungkin terlihat masuk akal, tetapi tidak sepenuhnya tepat.  Kulit seseorang membutuhkan kelembapan dan hidrasi yang tepat. Oleh karena itu, jumlah pelembab yang tepat di siang dan malam hari harus sesuai.

Pilihlah produk pelembab ringan atau produk perawatan wajah pria yang bebas minyak dan dapat cepat menyerap. Di malam hari, gunakan pelembap malam hari, yang akan membantu mengisi dan memperbaiki kulit untuk membantu mendapatkan kulit yang lebih bersih dan cerah.

Baca Juga: Hydrating VS Moisturizing, Apa Perbedaannya dan Kegunaannya untuk Kulit?

5. Kenakan Tabir Surya

Jumlah sinar matahari yang tepat, akan membuat kulit seseorang menjadi sehat. Namun, terlalu banyak sinar matahari bisa berbahaya bagi kulit.

Pria tetap harus selalu melindungi kulitnya dari sinar matahari yang berbahaya. Untuk melakukan ini, lapisi kulit dengan tabir surya yang memiliki jumlah SPF yang tepat.

Produk perawatan wajah pria atau tabir surya yang baik memiliki setidaknya SPF 30, yang akan membantu memblokir 97% sinar UVB matahari. Menggunakan tabir surya juga membantu mencegah penyakit seperti eksim dan melanoma.

Tips Perawatan Wajah Pria secara Alami

Perawatan wajah pria secara alami.jpeg

Foto: eighteeneight

Selain dengan secara rutin menggunakan skincare,a da juga lho cara alami untuk perawatan wajah pria. Yuk simak di bawah ini!

6. Hidrasi

Perawatan wajah pria agar lebih bercahaya juga dapat dilakukan secara alami. Minum banyak air mungkin merupakan aktivitas perawatan wajah pria yang paling mudah dilakukan.

Tidak hanya untuk wajah, minum air juga membantu tubuh menjadi sehat secara keseluruhan. Namun, langkah ini bukanlah ilmu roket sehingga langsung mendapatkan efeknya.

Minumlah air putih 8-10 gelas dalam sehari. Ketika seseorang cukup air, maka dia membantu mengeluarkan racun dari tubuh, termasuk yang hidup di kulit.  Itulah mengapa seseorang harus menghidrasi tubuh untuk membantu mencapai pancaran cahaya tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

7. Tidur Nyenyak

Tidur cantik bukan hanya konsep yang bisa diterapkan pada wanita. Ini juga berlaku untuk pria sebagai bentuk perawatan wajah pria secara alamiah.

Perhatikan bahwa kulit masuk ke mode perbaikan setiap kali seseorang tidur. Dengan tidur, tubuh akan memproduksi sel kulit baru dan meningkatkan aliran darah.

Tidur malam yang nyenyak akan membantu seseorang bangun dengan kulit bercahaya. Biasakan untuk tidur dengan baik atau secara ideal tidur selama delapan jam penuh tanpa gangguan agar kulit wajah dan tubuh dapat pulih.

Jika tidak, kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata.  Lebih buruk lagi, sulit tidur dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan dengan demikian menyebabkan jerawat yang harus diatasi dengan berbagai produk perawatan wajah pria tambahan.

8. Manfaatkan Lemon dan Madu

Gunakan jus lemon untuk perawatan wajah pria sebagai pembersih alami.  Selain sebagai pengganti produk perawatab wajah pria,  lemon dan madu juga akan membuat kulit menjadi segar dan terlihat lebih cerah karena mengandung pemutih.

Campurkan jus lemon dan madu dalam perbandingan yang sama. Madu akan melembabkan kulit dan menghilangkan debu dan kotoran dari wajah. Selain itu, gunakan irisan nanas untuk membersihkan wajah.

Gosokkan irisan nanas di wajah lalu basuh wajah dengan air dingin.  Ikuti cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Baca Juga:Segarkan Wajah dengan DIY Natural Face Mask

9. Manfaatkan Madu dan Kopi

Ambil 1 sendok teh madu, 1 sendok teh kopi dan beberapa tetes minyak zaitun. Campur bahan-bahan ini dengan baik dan oleskan ke wajah sebagai bagian dari rutinitas atau perawatan wajah pria.

Gosok wajah dengan campuran ini selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air. Campuran tersebut akan mengangkat semua kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan segar.

10. Jaga Pola Makan

Jika ingin kulit sehat, sebaiknya mulai dengan pola makan yang sehat. Makanan yang kaya vitamin A, vitamin E, dan omega-3 akan memberikan kulit yang sehat dan bersih.

Vitamin E khususnya, membuat kulit menjadi lebih awet muda dan sehat. Ingat, kulit yang sehat adalah kulit yang lebih terjaga, namun tetap menawarkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Jadi selain fokus menggunakan produk perawatan wajah pria, letakkan kentang goreng dan raih makanan dan suplemen ini sebagai gantinya, yaitu:

  • Biji Gandum
  • Minyak Nabati
  • Minyak Ikan
  • Biji Bunga Matahari
  • Biji rami
  • Wortel
  • Kacang
  • Salmon

Itulah 10 cara atau tips perawatan wajah pria yang bisa dilakukan sejak dini karena prosesnya yang sangat mudah. Produk perawatan wajah pria tetap harus digunakan dan diimbangi dengan perubahan pola hidup yang lebih sehat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait