Kesehatan

KESEHATAN
23 Januari 2020

Perbedaan '4 Sehat 5 Sempurna' dan 'Isi Piringku', Konsep Baru Gizi Seimbang

Moms sudah tahu perbedaannya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Kini, slogan 4 Sehat 5 Sempurna bukan lagi menjadi panduan untuk makanan bergizi setiap hari. 4 Sehat 5 Sempurna adalah makanan sehat yang mengandung makanan pokok (karbohidrat), lauk-pauk (protein), sayur, buah, dan susu.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan program makan terbarunya, yaitu Isi Piringku.

Berbeda dengan 4 Sehat 5 Sempurna, konsep Isi Piringku tidak hanya menekankan pada apa saja makanan yang penting dikonsumsi, tetapi juga jumlah porsi dalam satu piring.

Baca Juga: Yuk, Berikan Gizi Anak Sesuai Usianya

Perbedaan '4 Sehat 5 Sempurna' dengan 'Isi Piringku'

Lalu, apa saja bedanya konsep 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, dikutip dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Isi Pesan Kedua Slogan

beda 4 sehat 5 sempurna dan isi piringku-isi slogan.jpeg

Foto: thedoctorweighsin.com

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna menekankan kepada konsumsi nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah, serta menjadikan susu sebagai bahan pangan yang menyempurnakan porsi nutrisi dalam satu piring.

Sementara, konsep Isi Piringku dimaknai sebagai makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi, dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Perbedaan lain dari 4 Sehat 5 Sempurna" dengan Isi Piringku adalah, tidak hanya Isi Piringku menjadi bagian dari Panduan Gizi Seimbang (PGS), tetapi ada juga hal yang perlu diperhatikan untuk pola hidup sehat, yaitu:

  • Membiasakan makan makanan yang beraneka ragam
  • Menjaga pola hidup bersih
  • Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
  • Memantau berat badan.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Biasakan Balita Minum Susu di Gelas Dengan 9 Cara Ini

2. Susu Bukan Asupan Tambahan

beda 4 sehat 5 sempurna dan isi piringku-susu

Foto: Orami Stock Photos

Dalam konsep 4 Sehat 5 Sempurna, susu menjadi makanan/minuman yang terpisah tersendiri dan dianggap sebagai penyempurna dari asupan porsi piring makanan.

Namun, Isi Piringku, susu termasuk kedalam kelompok lauk-pauk ketimbang sekadar makanan penyempurna. Asupan susu juga dapat digantikan oleh makanan lainnya dengan nilai gizi yang sama.

Kedua hal ini juga menjadi perbedaan yang terlihat antara konsep 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku.

Kandungan gizi dalam susu adalah protein dan beragam mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Sementara, bila seseorang sudah mengonsumsi cukup sumber protein seperti telur, daging, ikan, maka tidak apa-apa bila tidak meminum susu.

3. Ada Penjelasan Mengenai Porsi

beda 4 sehat 5 sempurna dan isi piringku-porsi makan.jpg

Foto: huffingtonpost.com

Hal utama yang membedakan slogan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku adalah, pada 4 Sehat 5 Sempurna hanya menyebutkan jenis makanan yang dikonsumsi.

Sementara, panduan Isi Piringku juga memasukkan penjelasan tentang kuantitas atau jumlah porsi yang harus dimakan setiap hari untuk setiap kelompok makanan.

Karena itu, bila dalam satu piring, misalnya ada terlalu banyak karbohidrat dan protein, dengan sayuran dan buah yang sedikit, maka menu ini tidak bisa dikatakan sehat.

Baca Juga: Jangan Paksa Anak Habiskan Makan, Ini Porsi yang Tepat!

4. Pentingnya Minum Air Mineral

beda 4 sehat 5 sempurna dan isi piringku-minum air putih

Foto: Orami Stock Photos

Pada konsep 4 Sehat 5 Sempurna sebelumnya, tidak mengungkapkan bahwa tubuh perlu minum air mineral secara cukup, aman, dan bersih.

Namun, pada konsep Pedoman Gizi Seimbang, tidak hanya menjelaskan konsep porsi makanan Isi Piringku, tetapi juga mengungkapkan pentingnya minum air mineral minimal 2 liter, atau 8 gelas per hari.

Termasuk bagi Si Kecil, disarankan mulai minum cukup air putih dalam sehari ketimbang mengonsumsi minuman manis.

Dalam jurnal JAMA Pediatrics, minum air putih tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan fokus kognitif dan mengurangi risiko obesitas ketimbang minum minuman manis.

Itu dia Moms, perbedaan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku. Jadi, segera ganti konsep lama dengan yang baru untuk mencukupi nutrisi sehari-hari secara optimal ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait