Parenting Islami

13 Pesantren di Medan untuk Referensi Pendidikan Agama Si Kecil

Padukan sistem pembelajaran formal dan ilmu agama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu yang menarik dalam proses belajar di pesantren adalah metode pendidikannya yang khas. Hasilnya adalah santri yang memiliki karakter yang kuat, memiliki wawasan yang luas dan juga agamis. Ini juga akan didapatkan saat memilih salah satu pesantren di Medan.

Hal ini sesuai dengan studi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto menunjukan bahwa metode pendidikan karakter pada santri yang digunakan di Ponpes Riyadlul Ulum Kalirejo Kabupaten Kebumen dengan metode mengajarkan, keteladanan, pembiasaan, ceramah, diskusi, simulasi dan praktik atau latihan.

Saat ini, banyak pesantren yang tidak hanya mengusung sistem pendidikan salaf atau tradisional, tetapi juga menggunakan sistem kholaf atau modern. Selain kitab kuning, santri juga diajarkan ilmu umum serta menggunakan sistem pembelajaran formal dari kurikulum pemerintah.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

Referensi Pesantren di Medan

Pesantren di Medan -1.jpg

Foto: Pesantrenalkautsarmedan.org

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Surabaya dan Jakarta. Selain memiliki lembaga pendidikan formal, kota Medan juga memiliki lembaga agama seperti pesantren yang tidak sedikit dan berpredikat amat baik. Simak beberapa daftar pesantren di Medan di bawah ini, Moms.

1. Ponpes Modern Darul Hikmah Medan

Pesantren berada di dalam Yayasan Taman Pendidikan Islam (TPI) serta didirikan oleh KH Rifa'i Abdul Manaf pada 1950. Menerapkan sistem kurikulum terpadu antara ilmu agama dengan ilmu umum, pesantren ini bertujuan tidak mengendal dikotomi dan pemilihan ilmu.

Menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, fasilitas yang dimiliki juga representatif. Di pesantren ini juga sering kali mengadakan studi banding ke beberapa media televisi, serta tempat usaha yang kompetitif.

2. Pesantren Darussalam Medan

Pesantren ini mengedepankan ilmu agama yang diterapkan dalam interaksi sosial kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan program sosial rutin, seperti menyantuni orang-orang tidak mampu yang berada di sekitar pondok.

Salah satu ekstrakurikuler unggulannya yakni MTQM telah memiliki segudang prestasi. Bahkan, beberapa santrinya juga banyak terlibat dalam kompetisi yang cukup besar seperti MTQ Nasional di Medan. Pesantren ini berlokasi di Kp Cileuksa, Medan.

3. Pesantren Al-Kautsar Medan

Ini adalah salah satu pesantren di Medan yang berbasis kepada Nahdlatul Ulama (NU), yang hingga kini telah melahirkan tokoh-tokoh NU masyhur dan moderat. Para alumninya juga telah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia dengan kualitas yang baik.

Pesantren yang berdiri sejak 1986 ini telah memiliki ribuan alumni. Hingga kini, masih ada sekitar santri aktif sebanyak 800 orang. Terletak di Jl. Pelajar, Binjai, Medan, pesantren ini memiliki beberapa ekstrakurikuler andalan lainnya seperti rebana, marawis, gambus, dan sebagainya.

4. Pesantren Al-Husnah Medan

Pesantren ini memiliki program unggulan seperti hufadz, yaitu program bagi santriwan-santriwati yang ingin menghafal Alquran 30 Juz. Pesantren yang terletak di Desa Marindal ini juga menelaah beberapa kitab hadist masyhur seperti Mustholah Hadist.

Hingga kini, pesantren ini memiliki lembaga pendidikan formal seperti MIS, SMP, dan SMA yang dikelola langsung dibawah naungan lembaga. Pesantren yang berada di Pelajar Pasar III, Desa Marindal I, ini memiliki visi untuk menciptakan insan yang terampil serta mandiri.

Baca Juga: Anak Mama Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

5. Pesantren Darul Arafah Medan

Pesantren di Medan -2.jpg

Foto: Darularafahraya.ac.id

Ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Medan yang memiliki keunggulan untuk para alumninya. Pesantern yang terletak di kecamatan Kutalimbaru ini memiliki lembaga pendidikan formal, mulai dari jenjang MI, MTs, dan juga Madrasah Aliyah.

Selain menerapkan sistem salaf atau tradisional, pesantren ini juga menerapkan sistem kholaf atau modern. Jadi, selain ilmu agama, juga diajarkan ilmu umum. Sehingga, tidak menutup kemungkinan para alumninya berkesempatan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.

6. Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Pesantren di Medan selanjutnya adalah Ponpes Ar-Raudlatul Hasanah. Pesantren ini terkenal akan penerapan kedisiplinannya. Semua santri diwajibkan untuk mukim didalam sebuah asrama bersama-sama dan juga memiliki peraturan yang ketat.

Semua santri dituntut untuk disiplin, mentaati peraturan, serta mandiri dalam membagi waktu. Ini bertujuan untuk menghormati ibadah dan menjadi membentuk kebiasaan yang baik bagi para santri. Pesantren ini terletak di Jl. Glugur Rimbun Desar Bakeri, Kutilambaru, Medan.

7. Pesantren Al Manar Medan

Meski pesantren ini baru berdiri pada 2001, namun kualitas pendidikan yang dimiliki tidak kalah dibandingkan dengan pesantren lain. Salah satu sebabnya adalah karena adanya peran alumni Gontor, sebuah pondok yang terkenal telah melahirkan tokoh-tokoh besar.

Pesantren modern ini juga memiliki banyak fasilitas yang akan menunjang aktivitas santri, seperti asrama, lapangan bola, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan voli, dan sebagainya. Pesantren ini berlokasi di Jl Karya Bakti No.34, Medan Johor.

8. Pesantren Ar Raudlatul Hasanah

Daftar nama pesantren di Medan lainnya adalah Pesantren Ar Raudlatul Hasanah. Ini merupakan pesantren yang menerapkan sistem asrama. Ini juga didukung dengan kondisi asrama yang cukup besar dan bersih, dengan pengasuh yang berkompeten.

Para santri dididik dengan sangat disiplin. Salah satunya saat sholat yang mewajibkan santri berbusana rapi termasuk menggunakan peci, sajadah dan tasbih. Ini untuk menghormati ibadah paling utama dalam agama Islam. Pesantren ini berada di Jamin Ginting, Km 11, Medan.

9. Pesantren Darul Arafah

Ini adalah salah satu pesantren di Medan yang popular dan dikenal oleh banyak orang tua santri. Memiliki jenjang pendidikan MI, MTS, dan Aliyah, para santri akan dibekali dengan ilmu umum dan juga ilmu agama yang dikombinasikan dengan baik.

Sebagai pondok modern, banyak di antara para alumninya yang melanjutkan pendidikannya hingga masuk ke perguruan tinggi. Memiliki eskul teater dan seni hadrah yang berprestasi, pesantren ini berada di Jl Glugur Rimbun, Desa Lau Bakeri, Kutalimbaru, Kota Medan.

Baca Juga: Trik Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah

10. Pesantren Al Husna

Pesantren di Medan -3.jpg

Foto: Pondokpesantrenalhusna.blogspot.com

Pesantren di Medan selanjutnya ini berstatus pesantren modern. Di sini diajarkan pendidikan agama Islam seperti tahzin, tahfidz Alquran, serta belajar hadis dalam Mustholah Hadis. Sedangkan ilmu umumnya bisa didapatkan di MI dan MTS yang juga dipersiapkan oleh pihak pesantren.

Berusaha untuk mendidik para santri agar terampil dan mandiri, pesantren ini berharap lulusannya mampu bersaing tanpa meninggalkan sisi agamanya. Pesantren ini berdiri megah di Jalan Pelajar Pasar III, Desa Marindal I, Patumbak, Kota Medan.

11. Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan

Pesantren satu ini berafiliasi dengan organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, takni Nahdatul Ulama (NU). Berbekal ilmu agama yang juga seimbang dengan keilmuan umum, pesantren ini telah melahirkan banyak santri dan ulama NU moderat di Medan.

Berdiri sejak 1986, pesantren ini sudah dikenal oleh banyak kalangan di Medan hingga penjuru Indonesia. Hingga saat ini, sudah ribuan santri yang menjadi alumni. Pesantren yang cukup representatif karena ditunjang berbagai fasilitas dan eskul ini berada di Jl Pelajar, Binjai, Medan.

12. Pesantren Darussalam Medan

Pesantren ini menjadi salah satu solusi pendidikan agama yang ada di Kota Medan dan sekitarnya. Sebab, lembaga ini telah lahir santri yang berkualitas dan bisa membangun iklim agama dengan baik hingga kini. Pesantren ini berada di Jl Darusalam no 29, Medan.

Para pengajar juga dibekali dengan kemampuan yang mumpuni, sehingga bisa mengajar para santri dengan baik. Bukan hanya itu, pesantren ini juga menekankan interaksi sosial, salah satunya dengan sering mengadakan bakti sosial dengan cara menyantuni orang tidak mampu yang ada di sekitar pondok.

13. Darul Hikmah Medan

Pesantren ini bukan hanya memadukan ilmu agama dan juga ilmu umum, tetapi juga mengajarkan berbagai keahlian dan meningkatkan bakat santri. Pesantren berlabel modern ini telah mengadakan studi banding ke media seperti stasiun televisi dan juga tempat wirausaha rumahan yang kompetitif.

Ini dilakukan agar para santri mampu mengenali dan mengembangkan kemampuannya sendiri, di samping serius dalam mempelajari ilmu agama dan ilmu umum di pesantren tersebut. Pesantren di Medan ini berada di Jl Pelajar no 44, Kota Medan.

Apakah Moms tinggal di Medan dan ingin mengajarkan kemandirian dan agama sekaligus kepada anak? Pilih saja salah satu pesantren di Medan ini agar Si Kecil tumbuh dengan baik, memiliki akhlak yang baik serta ilmu agama yang tidak perlu diragukan lagi.

  • http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2899/2/COVER_ABSTRAK-DFATAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
  • https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
  • https://www.infopesantren.com/2019/12/pesantren-di-medan.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait