Parenting Islami

19 Mei 2021

15 Pesantren di Sukabumi untuk Pendidikan Si Kecil, Berkualitas dengan Kurikulum Mumpuni!

Deretan pesantren di Sukabumi ini memiliki keunggulan masing-masing
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Untuk memupuk dan membiasakan anak dalam hal keagamaan, beberapa orang tua memilih menyekolahkannya di pesantren. Tujuannya agar Si Kecil mengenal dan memiliki akhlak dan ilmu agama yang dibutuhkannya. Ini juga yang membuat pesantren di Sukabumi banyak dilirik.

Sebab, kini pesantren telah berkembang dengan memiliki kurikulum yang memadukan antara ilmu agama dan juga umum. Islamic Insight Journal mencatat, ada beberapa perkembangan modernisasi pesantren.

Yakni sebagai lembaga pendidikan Islam bertradisi lama di Indonesia yang semakin beragam, serta keberadaan pesantren sangat mempengaruhi peran kyai sebagai pimpinan sekaligus memiliki kapasitas dan reputasi akademik di perguruan tinggi dalam beberapa disiplin ilmu tertentu.

Baca Juga: Pentingnya Menjadi Partner Guru di Sekolah dalam Mendidik Anak

Daftar Pesantren di Sukabumi

15 Pesantren di Sukabumi -1.jpg

Foto: Assalaamsukabumi.or.id

Pesantren dapat dengan mudah di temui di beberapa daerah, salah satunya pesantren di Sukabumi. Selain itu, orang tua juga bisa mempertimbangkan kurikulum yang diterapkan dalam pesantren, misalnya apakah memilih yang tradisional atau modern.

Pesantren di Sukabumi juga beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan orang tua dan juga anak. Beberapa di antaranya yakni:

1. Pesantren As-Salam, Sukabumi

Ini merupakan salah salah satu lembaga pendidikan Islam yang dirintis pada 1968 oleh K Ir Lukman Herawan dan KH Abdurrahman yang merupakan ayahnya. Pesantren di Sukabumi ini berdiri di atas tanah wakaf dan membangun cabang di daerah Desa Sukaharja, Warung dibangun dengan luas 12 hektar.

Pesantren ini bertujuan untuk membentuk santri yang kuat dan berkualitas keislamannya. Selain itu juga membentuk generasi Islam yang cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual hingga menghasilkan santri yang dapat berpikir dan bertindak dengan cerdas.

2. Pesantren Al-Kausar, Sukabumi

Para pendiri dari pesantren ini berkeinginan untuk membentuk anak agar memiliki ilmu pengetahuan yang berkualitas yang ditunjang dengan akhlak yang mulia. Pesantren ini juga menerapkan sistem asrama agar perkembangan santri terus terpantau dengan baik.

Pesantren ini menggunakan kurikulum dari Permendikbud dan juga ilmu agama Islam yang dipadukan untuk mencapai tujuan dari para kiyai tersebut. Pesantren ini terletak di Jalan Habib Desa Babakan Jaya, Parungkuda, Sukabumi.

3. Pesantren Al-Umanaa, Sukabumi

Ini adalah salah satu pesantren yang juga bergerak dalam bidang sosial, kegamaan, dan kemanusiaan. Berlokasi di Jalan pelabuhan II, KM 10, Pasir Malang, Gunungguruh, Sukabumi, pesantren ini berpedoman pada Alquran dan As-sunah.

Pesantren ini juga didirikan oleh beberapa orang terpandang dan mempunyai cita-cita yang sama, yaitu ingin mencerdaskan anak bangsa, membentuk generasi muslim yang memiliki ilmu pengetahuan yang berkualitas, serta melatih untuk selalu bersikap mandiri.

Baca Juga: Mengenal Sekolah Parenting untuk Orang Tua

4. Pesantren Al-Bayan, Sukabumi

15 Pesantren di Sukabumi -2.jpg

Foto: Albayan.or.id

Pesantren di Sukabumi lainnya ini termasuk dalam lembaga pendidikan yang bukan termasuk dalam bidang sosial dan pendidikan. Pesantren ini juga mendirikan salah satu pendiri sekolah SMA unggulan lain yang ada di Sukabumi.

Di dalam pesantren in juga terdapat beberapa majlis yang bertugas untuk mengurusi, merumuskan, mengawasi pendidikan yang ada di SMA tersebut. Maka tidak heran jika dari tahun ke tahun pesantren ini termasuk dalam pesantren yang memiliki banyak murid.

5. Pesantren Daarul Habib, Sukabumi

Salah satu tujuan didirikannya pesantren ini adalah untuk membentuk karakter para santri agar menjadi generasi yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Selain dalam hal keagamaan, juga dalam hal lain seperti sosial dan kemasyarakatan.

Selain itu, pesantren ini juga memiliki pendidikan umum yang dikolaborasikan dengan kurikulum khas pesantren. Ini yang menjadi salah satu hal yang menarik para orang tua santri untuk mendaftarkan dan menitipkan anaknya di pesantren ini.

6. Pesantren Al-Ma’tuq, Sukabumi

Salah satu program unggulan di pesantren ini adalah menampung anak–anak yatim. Pesantren yang diresmikan pada 2 Dzulhijah H atau 11 Maret 1997 M oleh bupati Sukabumi saat itu dan menjadi salah satu pesantren yang berkembang dan berprestasi.

Dengan beragam fasilitas dan kurikulum yang baik, pesantren ini menjadi salah satu pesantren yang memiliki banyak murid hingga kini. Salah satu pertimbangan orang tua murid adalah karena fasilitas beserta banyaknya prestasi yang telah dimiliki.

7. Pesantren Al-Falah, Sukabumi

Dipimpin oleh ulama kharismatik KH Mahbub Sanusi yang merupakan generasi ketiga setelah pendirinya yakni KH Muhammad Siddiq Bin KH Abdurrohman. Pesantren ini berdiri sejak 1908 dan telah melahirkan para alumni yang berkualitas.

Termasuk salah satu pesantren di Sukabumi yang tertua, pesantren ini sudah mengalami perubahan kepemimpinan sejak masa penjajahan. Maka tidak perlu diragukan lagi keilmuan dalam hal keagamaanya yang dipimpin langsung oleh pengurus yang memiliki kompetensi unggul.

8. Pesantren Syamsul’ulum, Sukabumi

Pesantren di Sukabumi selanjutnya ini berlokasi di Jalan Bayangkara, Gunungpuyuh, Sukabumi. Berdiri pada 05 Februari 1933, pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Sanusi. Kurikulum yang digunakan di pesantren ini adalah kombinasi dari pesantren salafi dan juga pesantren modern.

Memiliki pengurus dan juga para kyai yang terkenal keimuannya, pesantren ini berada di bawah Yayasan Pendidikan Islam YASPI. Berkat hal tersebut, banyak alumninya yang memiliki kompetensi yang unggul, baik dari segi agama dan juga pengetahuan umum.

9. Pesantren Alquran Al-Ghozaliyyah, Sukabumi

Ini adalah salah satu pondok yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dan terlihat dari para lulusannya. Bukan hanya memperdalam Alquran dan hadis, pesantren ini juga memiliki jenjang pendidikan yang formal seperti SMP dan juga SMA.

Untuk menunjang kemampuan para santri, pesantren ini menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan juga bahasa Inggris dalam kesehariannya. Kurikulum yang disampaikan oleh pesantren ini berasal dari pemerintah dan juga kurikulum khas pesantren.

10. Pesantren Ar-Rahman, Sukabumi

Pesantren yang terletak di Jalan Mohammad Amir, KM 9, Bojong Genteng, Sukabumi ini juga memiliki pendidikan formal dari TK sampai SMA. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang telah meraih prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Ini juga yang menjadikannya pesantren yang berkembang karena mengkolaborasikan ilmu agama dan juga keilmuan umum. Pesantren ini menerima santri melalui seleksi jalur prestasi dan non-akademik serta melalui jalur tes.

Baca Juga: Menghadapi Berbagai Keluhan Anak Soal Sekolah

11. Pesantren Darul Habib, Sukabumi

15 Pesantren di Sukabumi -3.jpg

Foto: Daarulhabib.net

Berlokasi di Jalan Raya Parungkuda, Kp, Ginanjar, Ciambar, Sukabumi ini adalah sebuah lembaga pendidikan yang berakidah ahlussunnah wal jama'ah. Pesantren ini dibangun di tanah sekitar 1,5 hektar dan didirikan pada tahun 1998 M oleh Al-Ustadz Nopel Abdullah al-Kaff.

Sistem pengajaran yang diterapkan di pondok ini berbasis Alquran, hadis dan ilmu agama lain. Selain itu, pesantren ini juga memiliki kegiatan penunjang seperti latihan pidato, membaca maulid, hadrah, burdah dan masih banyak kegiatan ekstra kurikuler lainnya.

12. Pesantren Modern Madinatul Ulum, Sukabumi

Pesantren yang memadukan antara pondok salafi dan modern ini berada di Jl Raya Cimuncang, Pasirhalang, Sukaraja, Sukabumi. Para santri digembleng untuk menjadi kader-kader ulama yang handal dan menguasai berbagai cabang disiplin ilmu keislaman.

Pesantren ini mewajibkan para santri berkomunikasi dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Selain itu, santri juga wajib menerjemahkan Alquran dan Hadist dengan bahasa Inggris dan harus menguasai pidato 4 bahasa yaitu Arab, Inggris, Indonesia, dan Sunda.

13. Pesantren Terpadu Al-Istiqomah, Sukabumi

Berada di Jl Pelabuhan II KM 10, Sirnaresmi, Gn. Guruh, Sukabumi, pesantren ini dirintis oleh para aktivis dakwah yng juga alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Ini yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur kyai.

Pesantren ini masih mempertahankan pengajaran kitab-kitab Islam klasik, meskipun di daerah Babakan itu sendiri telah banyak berdiri pondok pesantren lain. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program bagi masyarakat sekitar yaitu Majlis Ta’lim sabtunan (bapak-bapak), selasanan (ibu-ibu) dan sebagainya.

14. Pesantren Assalafiyah

Pada 1977, Pesantren Babakan Tipar diubah menjadi Pesantren Assalafiyah oleh KH Ahmad Makki didasarkan pada pendapat para ulama yang dimuat dalam kitab Jauharut Tauhid. Pesantren ini berada di Babakan Pesantren BWI Pelabuhan Ratu, Babakan, Cibeureum, Sukabumi.

Berada di Jl Pelabuhan II KM 10, Sirnaresmi, Gn. Guruh, Sukabumi, pesantren ini dirintis oleh para aktivis dakwah yang juga alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Ini yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur kyai.

15. Pondok Pesantren Yaspida

Pesantren ini ingin memadukan sistem pendidikan pesantren yang berorientasi pada pengembangan potensi ruhaniah manusia dengan pendidikan umum yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir.

Berlokasi di Jl Parungseah KM 4, Cipetir, Kadudampit, Sukabumi, pesantren ini memiliki perpaduan kurikulum yang khas dan digunakan di SD IT, SMP IT, SMK Terpadu dan SMA Plus, MTs Plus, MA Plus Yaspida yang dimiki.

Mulai dari yang benar-benar tradisional hingga yang memadukkannya dengan ilmu umum, berbagai pesantren di Sukabumi ini dapat menjadi pilihan bagi para orang tua untuk memasukkan anaknya bersekolah di sana.

  • https://islamicinsights.ub.ac.id/index.php/insights/article/view/12
  • https://www.infopesantren.com/2018/08/pesantren-di-sukabumi.html
  • https://www.kuwaluhan.com/2019/10/10-pondok-pesantren-salaf-dan-modern-terbaik-di-sukabumi.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait