Kesehatan

6 Agustus 2021

Mengenal Pisang Cavendish, Buah Tropis Bercita Rasa Lezat yang Mendunia

Cocok jadi menu makanan diet Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah pisang adalah salah satu buah yang banyak disukai oleh setiap orang dan dari berbagai usia. Salah satu jenis pisang yang paling mudah didapatkan adalah pisang cavendish.

Jika Moms pergi ke minimarket terdekat, Moms akan melihat deretan pisang cavendish cantik yang ditawarkan. Biasanya, pisang cavendish dijual perbiji dan dibungkus rapi oleh reseller.

Bukan rahasia umum bila pisang menjadi salah satu buah favorit dunia. Dunia penjinakan nenek moyang pisang selama ribuan tahun, telah menghasilkan buah yang lezat dan dapat dikonsumsi oleh jutaan orang di seluruh dunia saat ini yaitu pisang cavendish.

Pisang Cavendish telah menjadi variasi kotak makan siang klasik sejak akhir 1950-an. Ukurannya panjang, sedikit melengkung dan silindris, dengan ujung yang sedikit runcing.

Kulit pisang cavendish berwarna hijau terang saat mentah dan matang menjadi kuning keemasan cerah. Pisang cavendish akan mendapahkan bintik-bintik hitam atau bintik-bintik saat mereka terus matang. Pisang cavendish memiliki rasa pisang klasik dan tersedia sepanjang tahun.

Baca Juga: Bayi di Bawah 6 Bulan Makan Pisang, Bahaya!

Mengenal Pisang Cavendish

pisang cavendish

Foto: foodandnutrition.org

Meskipun ada lebih dari 1.000 varietas pisang di dunia, pisang cavendish kerap memenuhi rak supermarket dan membentuk hampir seluruh pasar ekspor global. Dikutip dari Royal Botanic Garden KEW, setiap tahun terdapat 55 juta ton pisang Cavendish ditanam di seluruh dunia.

Rupanya tanaman pisang Cavendish adalah tanaman herbal raksasa. ‘Batang pohon pisang Cavendish' dikenal sebagai batang semu dan terbuat dari lapisan pangkal daun yang rapat.

Daun pohon pisang Cevendish yang lonjong tersusun secara spiral. Pohon pisang Cavendish memiliki bunga kuning hingga putih yang tumbuh berkelompok di batang, sebuah struktur bunga yang dikenal sebagai perbungaan.

Perbungaan pohon pisang Cavendish muncul di bagian atas pseudostem. Bunga betina tumbuh ke arah pangkal perbungaan, sedangkan bunga jantan terletak di ujung.

Tanaman pisang Cavendish akan menghasilkan buah tanpa memerlukan penyerbukan (partenokarpi). Buah pisang Cavendish tumbuh dalam tandan 10-20 di mana awalnya akan berwarna hijau dan kemudian menjadi kuning saat matang sepenuhnya.

Pseudostem pisang Cavendish adalah monokarpik, yang berarti akan mati setelah berbunga dan berbuah. Tunas offset akan mengambil alih dari pseudostem dan tumbuh dengan cepat untuk mencapai ketinggian penuh dan pada gilirannya bunga dan buah.

Baca Juga: Apakah Pisang Bisa Sebabkan Alergi Pada Bayi?

Di India, pisang memiliki makna spiritual bagi banyak orang. Pisang biasanya digunakan dalam ritual kesuburan dan ditanam di daerah suci. Secara manfaat, pisang termasuk pisang cavendish adalah tanaman pokok yang menyediakan energi dan makanan kaya nutrisi bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Pisang pada umumnya dan termasuk pisang cavendish mengandung vitamin A dan C tingkat tinggi, mineral seperti fosfor, kalsium dan kalium, serta karbohidrat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak bagian dari tanaman pisang Cavendish yang terkenal memiliki khasiat obat.

Kalium dalam buah pisang dapat membantu mencegah kram otot. Kulit buah pisang juga memiliki sifat antijamur dan antibiotik

Bunga dari pohon pisang digunakan untuk mengobati bronkitis dan kencing manis. Selain itu daun muda dari pohon pisang dioleskan pada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar.

Akar pohon pisang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, dan getahnya telah digunakan untuk mengobati epilepsi, demam, diare, meredakan wasir, serta gigitan dan sengatan serangga. 

Di daerah tropis, daun pisang secara umum terkadang digunakan untuk berteduh dan biasanya digunakan sebagai piring dan untuk membungkus dan menyimpan makanan.

Kulit pisang kering memiliki kandungan tanin yang tinggi, sehingga digunakan untuk menghitamkan kulit. Abu dari kulit kering dapat digunakan dalam pembuatan sabun.

Itulah beberapa manfaat bagian-bagian pisang secara umum. Beberapa mungkin juga berlaku untuk bagian dari pohon pisang Cavendish.

Baca Juga: 13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Fakta Menarik Pisang Cavendish

pisang cavendish

Foto: thespruceeats.com

Pisang Cavendish memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan kaya akan nutrisi. Tahukah Moms bahwa aroma pisang Cavendish ternyata bisa menekan nafsu makan seseorang?  Atau pisang Cavendish itu mungkin benar-benar membantu Moms merasa bahagia? 

Seperti dikutip dari TIDAL Export & Import, sebuah penelitian yang dilakukan di Chicago menunjukan bahwa seseorang dapat mengelabui otaknya sendiri untuk berpikir bahwa mereka benar-benar makan dengan mencium makanan tertentu saat sedang lapar.

Pisang atau pisang Cavendish adalah salah satu makanan tersebut. Lain kali ketika Moms merasa lapar, cium dan lihat apakah itu berhasil? Selain itu terdapat beberapa fakta lainnya dari pisang Cavendish, yaitu:

1. Pisang Cavendish Membantu Meningkatkan Kinerja Atletik

Atlet terbaik dunia menyukai pisang. Pisang atau termasuk pisang Cavendish adalah pilihan yang bagus untuk mengisi bahan bakar otot seseorang jika mereka sedang aktif. Ini memberikan nutrisi dan antioksidan yang hilang dalam minuman olahraga.

2. Pisang Cavendish Tidak Mahal

Pisang Cavendish murah.jpeg

Foto: twitter.com/masidim

Dibandingkan dengan buah lainnya, pisang adalah yang termurah. Hal ini memang mengejutkan karena pisang Cavendish dikirim dari jarak yang sangat jauh dan lebih dari sekedar apel, pisang membutuhkan pendinginan dan banyak penanganan. Namun, faktanya pisang Cavendish masih dibandrol dengan harga yang cukup murah.

3. Pisang Cavendish adalah Makanan Pokok

Bagi banyak populasi di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis, pisang adalah makanan pokok. Itu artinya pisang bisa dimakan mentah atau dimasak. Di negara-negara Asia, jantung pisang Cavendish juga populer, dan rasanya mirip dengan artichoke.

Baca Juga: 11+ Makanan Penurun Darah Tinggi, Ada Greek Yogurt dan Pisang!

4. Pisang Cavendish Ramah untuk Diet

Pisang Cavendish untuk diet.jpeg

Foto: verywellfit.com

Pisang Cavendish diisi dengan karbohidrat dan serat makanan. Pisang Cavendish juga mengandung pati resisten, yang membantu seseoranh merasa kenyang lebih lama karena merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna.

Semakin hijau pisang, semakin tahan pati yang dikandungnya. Ini membuat pisang Cavendish menjadi camilan sempurna sebelum dan sesudah latihan, dan juga camilan sore yang enak, bahkan untuk dimakan begitu saja.

5. Pisang Cavendish sebagai Penawar Mabuk

Untuk menyembuhkan mabuk, yang perlu Moms lakukan adalah makan pisang. Ini karena pisang juga kaya akan potasium. Sebelum tidur makan satu pisang atau makan satu setelah bangun tidur, termasuk pisang Cavendish.

6. Pisang Cavendish Bisa Terancam Punah

Pisang cavendish terancam punah.jpeg

Foto: wur.nl

Pisang Cavendish yang sangat populer, selalu berisiko karena merupakan buah tanpa biji buatan manusia dan hanya ada satu varietas yang ditanam secara luas. Yang diperlukan untuk membuat pisang punah hanyalah satu penyakit atau serangga yang merusak.

Pisang Cavendish yang Moms makan hari ini adalah pengganti pisang yang hampir tidak bisa dibedakan, yaitu pisang Gros Michel yang lenyap pada 1960-an. Jadi, bisa saja suatu saat pisang cavendish juga terancam punah.

7. Pisang Cavendish Dulu Ada Bijinya

Beberapa pisang liar ditemukan memiliki biji. Pisang Cavendish adalah penemuan manusia, karena pisang dalam keadaan aslinya penuh dengan biji sehingga tidak menarik bagi orang-orang. Itulah mengapa, kini orang-orang membuat pisang Cavendish tanpa biji menggunakan hibrida pisang.

Baca Juga: Cari Tahu Besaran Kalori Pisang, Mulai dari Pisang Goreng Hingga Pisang Sunpride

Jadi ketahuilah mengapa Moms harus menjadikan pisang Cavendish sebagai bagian dari diet harian.  Jika Moms tidak bisa mendapatkan pisang Cavendish berkualitas di supermarket lokal, pesanlah secara online dari pemasok dan produsen pisang Cavendish yang ada.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait