Bayi

BAYI
7 September 2020

Para Ahli Jelaskan Risiko Bayi Tidur dalam Swinger

Swinger memang membantu tapi simpan bahaya saat membiarkan bayi tidur di dalamnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Bayi biasanya membutuhkan antara 12 dan 16 jam tidur setiap hari tergantung pada usia.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Moms akan memberikan yang terbaik agar bayi bisa tidur dengan lelap selama masa itu.

Tetapi, tempat bayi tidur bisa menjadi lebih penting daripada seberapa banyak bayi tidur. Mengapa begitu?

Selain menidurkan bayi di atas kasur atau matras, ada beberapa Moms yang merasa terbantu apakah saat Si Kecil tertidur di atas swinger.

Alanna McGinn, seorang konsultan tidur bersertifikat dan pendiri Good Night Sleep Site, mengatakan bahwa selama 'trimester keempat,' berayun sangat menenangkan untuk bayi.

“Swinger bekerja dengan menirukan jenis gerakan goyang yang orang tua lakukan ketika menggendong bayi mereka,” ujarnya.

Dr. Harvey Karp, penulis buku The Happiest Baby On The Block, sangat meyakini bahwa kekuatan gerak ritmis bisa menidurkan bayi hingga tertidur lelap.

Saat bayi terlelap, ini juga akan membantu Moms dan Dads untuk sedikit istirahat.

“Beberapa swinger juga memiliki musik, lagu, dan fitur yang bergetar, menambah sifat swinger yang menenangkan secara keseluruhan,” kata dia.

Baca Juga: Moms, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menjaga Balita Tetap Aman Saat Bermain Ayunan

Simpan Risiko Berbahaya

Para Ahli Jelaskan Risiko Bayi Tidur dalam Swinger Berbahaya Moms -1.jpg

Foto: Istockphoto.com

Meskipun akan membantu bayi tidur, swinger memiliki rikiso bahaya saat bayi tidur di dalamnya.

Swinger tidak memenuhi syarat sebagai ruang tidur yang aman, sebagaimana ditentukan oleh organisasi kesehatan dan keselamatan masyarakat seperti The American Academy of Pediatrics (AAP).

Bahkan, membiarkan bayi tidur dalam swinger dalam waktu lama akan berbahaya dan meningkatkan risiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

AAP menjelaskan bahwa posisi duduk tegak untuk jangka waktu yang lama dapat menyulitkan bayi untuk bernapas dengan baik, dan itu dapat menyebabkan peningkatan risiko SIDS.

AAP juga menyarankan untuk memindahkan bayi ke tempat tidur segera setelah mereka tertidur di tempat yang bukan tempat tidur bayi.

Baca Juga: Si Kecil Tidak Mau Tidur di Boks Bayi, Bagaimana Mengatasinya?

Hasil Penelitian

Para Ahli Jelaskan Risiko Bayi Tidur dalam Swinger Berbahaya Moms -2.jpg

Foto: blog.moms365.com

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Pediatrics mengamati lebih dari 11.700 kematian bayi terkait tidur selama 10 tahun dan menemukan bahwa 3 persen bayi yang hampir 350 orang meninggal dalam perangkat duduk, termasuk kursi mobil, stroller, atau swinger.

Mayoritas dari kematian ini terjadi di kursi mobil karena tidak digunakan seperti yang diarahkan lebih dari 90 persen dari waktu.

"Karena kursi mobil selalu menjadi tempat terbaik untuk bayi saat berada di dalam kendaraan, itu tidak Itu berarti mereka adalah tempat teraman ketika mereka tidur di luar mobil,” kata rekan penulis studi Jeffrey D. Colvin, MD, JD, FAAP.

Studi ini serupa dengan yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics pada 2015, yang juga menemukan bahwa "perangkat duduk" seperti kursi mobil, swinger dapat menyebabkan cedera dan bahkan kematian jika bayi dibiarkan tidur di dalamnya.

Para peneliti memeriksa kematian 47 anak kecil di bawah usia 2 tahun, yang semuanya terjadi saat berada di perangkat yang dibuat untuk duduk.

Dua pertiga dari kematian terjadi di kursi mobil, sedangkan sisanya terjadi di gendongan, swinger, bouncer, dan stroller.

Asfiksia (posisional atau strangulasi) adalah penyebab kematian pada 46 kasus; 52 persen kematian disebabkan oleh tercekik tali pengikat perangkat.

Kematian terkait tidur adalah penyebab nomor satu kematian pada anak-anak berusia antara 1 dan 12 bulan.

“Untuk menghindari cedera atau kematian, para ahli mendesak orang tua untuk tidak pernah membiarkan bayi dan anak kecil tanpa pengawasan saat tidur atau bangun jika berada di perangkat ini,” jelasnya.

Hindari bahaya bayi tidur dalam swinger dengan tidak membuatnya sebagai tempat untuk tidur. Karena, tempat terbaik bagi bayi untuk tidur adalah di punggungnya, di dalam buaian yang memiliki kasur yang kokoh dan bebas dari alas tidur yang longgar.

Baca Juga: Agar Bayi Aman di Boks, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait