Scroll untuk melanjutkan membaca

RESEP & MAKANAN
14 Maret 2022

5 Resep Roti Sobek Anti Gagal, Ada yang Vegan Friendly!

Enggak perlu beli, Moms bisa bikin roti sobek di rumah dengan resep ini. Dijamin enak!
5 Resep Roti Sobek Anti Gagal, Ada yang Vegan Friendly!

Foto: shutterstock.com

Roti sobek enak dan nikmat untuk disantap sore hari, ditemani dengan teh atau kopi hangat, Moms.

Enggak hanya itu, roti sobek pun praktis untuk disantap saat sarapan. Bahkan, Moms juga bisa membawa roti sobek sebagai bekal ketika Dads pergi ke kantor, nih.

Kalau enggak sempat sarapan seperti biasa, roti sobek bisa juga dijadikan menu penggantinya!

Enggak perlu lagi beli, Moms kini bisa bikin roti sobek sendiri di rumah. Ini dia 5 resepnya!

Baca Juga: Baik untuk Diet, Ketahui Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

1. Roti Sobek Super Lembut

Roti Sobek.PNG
Foto: cookpad.com/Fina Ananda
Siap dalam 3 jam
Sajian 4 porsi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, roti sobek memang nikmat jadi camilan sore sembari minum teh dan kopi.

Nah resep roti sobek yang satu ini cocok banget untuk, Moms! Yuk simak resep roti sobek super lembut dari Fina Ananda.

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung terigu
  • 2 sdm ragi instan
  • 4 butir kuning telur
  • 80 gram gula pasir
  • 150 ml susu cair dingin
  • 70 gram mentega
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Ayak tepung terigu lalu campurkan bersama gula pasir, ragi dan kuning telur. Setelah itu aduk hingga kalis lalu tuang susu sedikit demi sedikit.
  2. Setelah adonan kalis campurkan mentega dan sedikit garam, lalu adon kembali hingga kalis. Diamkan 5 menit.
  3. Kempeskan adonan yang mengembangkan biar udara di dalm keluar, lalu bulat sesuka hati lalu biarkan hingga mengembang
  4. Setelah adonan mengembang lalu bentuk adonan. Untuk roti sobek beri isian potong coklat batang dan potongan keju dan beri topping di atasnya. Sementara untuk donat bulatkan sesuka hati , ya.
  5. Setelah adonan mengembang, untuk roti sobek di-bake dengan suhu 150° selama 25 menit (sesuai dengan oven masing-masing).
  6. Setelah matang roti sobek dihidangkan untuk keluarga dan dinikmati dengan segelas teh hangat.

2. Roti Sobek Tanpa Telur

Roti Sobek
Foto: cookpad.com/Nadhifa SF
Siap dalam 3 jam
Sajian 4 porsi

Roti sobek ternyata juga bisa dibuat tanpa telur nih, Moms!

Cocok banget untuk anggota keluarga yang alergi telur atau menganut gaya hidup vegan.

Berikut resep resep dari Nadhifa SF!

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 30 gram gula pasir
  • 120 ml - 135 ml air (kalau kurang bisa ditambah)
  • 1 sdt fermifan
  • 30 gram margarin
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Pertama campur tepung terigu gula dan air, aduk hingga rata
  2. Diamkan adonan selama minimal 2 jam, boleh lebih
  3. Campur fermipan dengan 1 sdm air, aduk hingga menjadi pasta. Lalu masukkan ke dalam adonan tepung, aduk hingga rata
  4. Masukkan margarin dan garam, lalu aduk hingga benar-benar tercampur rata dan kalis elastis
  5. Diamkan selama 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat
  6. Kempiskan adonan lalu bagi menjadi beberapa bagian atau bisa juga sesuai selera. Tips: bisa ditimbang per 35 gram. Lalu bulatkan, tata di atas loyang yang telah dioles margarin
  7. Kemudian diamkan kembali adonan hingga mengembang kurang lebih 1 jam
  8. Jika sudah mengembang adonan siap untuk dipanggang. Panaskan oven terlebih dahulu dengan api besar, jika oven sudah panas, panggang adonan dengan api sedang kurang lebih 15-20 menit
  9. Nah, roti sobek tanpa telur sudah bisa Moms santap bersama keluarga!
Baca Juga:

3. Roti Sobek Lembut dan Empuk

Roti Sobek
Foto: cookpad.com/Maria Crishtabella
Siap dalam 3 jam
Sajian 5 porsi

Roti sobek yang paling enak memang jenis yang empuk dan juga lembut. Yuk ketahui resepnya dari Maria Crishtabella!

Bahan-bahan

  • 500 gr terigu cakra
  • 60 gr gula pasir
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan (fermipan)
  • 4 kuning telor
  • 280 gr air es/susu uht
  • 80 gr butter
  • Sejumput garam

Bahan Isian:

  • Coklat meses
  • Coklat meses dan kacang

Bahan Olesan:

  • 1 kuning telor
  • 3 sdm susu cair

Cara membuat:

  1. Sediakan bread maker. Setelah itu masukkan bahan basah terlebih dahulu ya. Jika sudah, baru bahan kering
  2. Pencet menu no. 12 yaitu adon dan fermentasi -+ 1 jam lebih ya. Lakukan sampai fermentasi pertama selesai
  3. Setelah itu kempiskan dan bagi adonan dengan berat 55 gr per buah.
  4. Jika sudah, bentuk dan kita kasih isi sesuai selera. Olesi loyang dengan Blueband dan tata adonan roti yang sudah di isi ke dalam loyang ya. Setelah itu, tutup dengan kain bersih diamkan -+sampai mengembang 2 kali lipat sekitar 45 menit.
  5. Panggang dengan suhu 170 derajat pake api atas bawah -+ 15 sampai 20 menit. Sesuaikan oven masing masing ya, Moms! Jangan lupa di-rolling!
  6. Kalau sudah di-rolling dan sudah matang angkat keluarkan dari oven. Jangan lupa oles dengan Blueband atasnya biar lembut pas sudah dinginpun masih tetap lembut empuk.
  7. Lalu Moms sudah bisa keluarkan dari loyang dan siap untuk di sajikan selagi hangat maupun didinginkan dahulu
  8. Selamat mencoba!

4. Roti Sobek Cokelat

roti sobek
Foto: cookpad.com/Ica Chan
Siap dalam 3 jam
Sajian 5 porsi

Roti sobek isi cokelat bisa Moms bikin juga di rumah, nih! Simak resep dari Ica Chan yang satu ini yuk, Moms!

Bahan-bahan

  • 500 gr tepung protein tinggi
  • 80 gr gula (sesuai selera ya, kalau mau lebih manis ditambah)
  • 3 sdt ragi
  • 260 ml susu cair
  • 2 butir telur (1 full, 1 kuningnya saja)
  • 80 gr mentega
  • Sejumput garam
  • Meses ceres
  • 500 mg vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Pertama, campur tepung terigu, gula, telur, ragi. Setelah itu, susu cair dicampur hingga stengah kalis
  2. Setelah setengah kalis, masukan mentega dan sejumput garam. Adon hingga kalis elastis
  3. Setelah kalis elastis, tutup adonan dengan serbet bersih. Diamkan selama 45 menit - 1 jam
  4. Setelah adonan mengembang, timbang adonan sesuai selera (tips: 35gr)
  5. Bentuk adonan menjadi bulat. Setelah itu pipihkan dan isi roti sesuai selera. Moms bisa menggunakan ceres dan tutup kembali jadi bulatan tempatkan di loyang
  6. Setelah adonan selesai dibentuk semua, oleskan dengan susu cair lalu diamkan selama 30 menit
  7. Panaskan oven, api kecil saja. Setelah panas masukin roti dan besarkan api sedikit.
  8. Untuk berapa lama tergantung oven masing-masing yah. Masukkan hingga adonan kecokelatan.
  9. Jika sudah kecoklatan dan matang merata keluarkan dari oven dan oleskan atas roti dengan mentega tipis-tipis.
  10. Roti sobek sudah siap disantap!

5. Roti Sobek Anti Gagal

rotis sobek
Foto: cookpad.com/iindhvl
Siap dalam 3 jam
Sajian 5 porsi

Siapa bilang bikin roti sobek susah? Nggak kok, Moms!

Resep dari Iindhvl ini pastinya anti gagal dan bisa bikin roti sobek super lembut. Ini dia resepnya!

Bahan-bahan

  • 100 ml susu full cream
  • 2 butir telur
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdm susu bubuk
  • 2 sdt fermipan
  • 80 gram gula
  • 75 gram mentega
  • 1/2 sdt garam
  • Es batu
  • 1 sdm SKM

Cara membuat:

  1. Ayak tepung terigu protein sedang dan tepung terigu protein tinggi (agar tidak ada yang bergerindil). Jika sudah, masukkan ke dalam wadah
  2. Tambahkan susu bubuk, fermipan, gula, dan telur ke dalam wadah yang sudah berisi tepung, aduk rata
  3. Siapkan susu full cream dalam gelas, tambahkan es batu (agar fermipan dapat bekerja) dan masukkan ke dalam wadah, lalu uleni sampai setengah kalis
  4. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Setelah itu, tunggu sampe 30 - 60 menit agar adonan mengembang 2 kali lipat
  5. Siapkan loyang, olesi dengan mentega agar adonan tidak lengket.
  6. Kempeskan adonan yang sudah mengembang 2 kali lipat secara perlahan (agar tidak ada gas dalam adonan)
  7. Timbang adonan +/- 50 gram dan tambahkan isian sesuai selera. (bisa diisi dengan isian selai nanas, cokelat, abon, dan keju). Ulangi langkah ini sampai adonan habis, dan diamkan selama +/- 30 menit agar adonan mengembang lagi sebelum di panggang
  8. Siapkan oven, jangan lupa olesi bagian atas roti dengan SKM yang sudah dicairkan agar lebih enak dan warna roti menjadi lebih cantik.
  9. Kemudian panggang roti selama 30-60 menit dengan api sedang, hingga warna roti menjadi cokelat keemasan
  10. Selagi panas, olesi bagian atas roti dengan margarin. Kemudian roti siap dihidangkan
Baca Juga:

Nah, itu dia Moms 5 resep roti sobek yang bisa dicoba di rumah. Selamat berkreasi di dapur!

  • https://cookpad.com/id/resep/13739324-roti-sobek-super-lembut?ref=search&search_term=roti%20sobek%20super%20lembut&find_method=search
  • https://cookpad.com/id/resep/14589957-roti-sobek-tanpa-telur-super-empuk-lembut
  • https://cookpad.com/id/resep/14229032-roti-sobek-lembut-dan-empuk-banget?ref=search&search_term=roti%20sobek%20super%20lembut
  • https://cookpad.com/id/resep/12966768-roti-sobek-isi-ceres-cokelat?ref=search&search_term=roti%20sobek%20cokelat
  • https://cookpad.com/id/resep/12948386-roti-sobek-super-lembut-anti-gagal