Kesehatan

KESEHATAN
28 November 2020

Baik untuk Diet, Ketahui Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

Sudah tahukah berapa banyak kalori yang terdapat dalam roti gandum?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Dibandingkan dengan roti tawar putih, roti gandum sering menjadi pilihan untuk sarapan yang lebih sehat.

Setiap orang yang sedang menjalani diet, pasti akan setuju kalau roti gandum dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, benarkah demikian?

Sebenarnya, cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Istilah lainnya adalah defisit kalori.

Pola makan yang sehat menjadi salah satu kunci utamanya. Selain itu, tentunya perlu mengimbangi dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Jika Moms ingin mengetahui lebih banyak tentang kalori roti gandum serta nutrisi yang terdapat di dalamnya, simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: 11+ Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan, Luar Biasa!

Mengenal Kalori Roti Gandum

Mengenal Kalori dalam Roti Gandum

Foto: Orami Photo Stock

Pertanyaan yang paling sering menjadi perhatian, benarkah kalori roti gandum lebih kecil daripada roti tawar putih? Ada fakta menarik tentang hal ini.

Dilansir dari laman Fat Secret Indonesia, satu tangkup atau dua lembar roti gandum memiliki sekitar 190 kalori. Sementara itu, dua lembar roti tawar biasa memiliki sekitar 200 kalori.

Memang benar adanya, roti gandum memiliki kalori yang lebih sedikit daripada roti tawar putih. Namun, perbedaan kalori keduanya sebenarnya tidak begitu jauh.

Kalori tersebut juga belum ditambahkan bahan pelengkap lainnya, misalkan mentega, selai, madu, atau cokelat butir.

Kalori roti gandum juga bisa dilihat dari cara pengolahannya. Jika roti gandum dipanggang, maka jumlah kalorinya juga akan berbeda.

Kalori pada satu lembar roti gandum panggang adalah 76 kalori. Jika saat ini Moms sedang diet, maka pelengkap yang paling sehat adalah buah-buahan seperti avokad, pisang, stroberi, atau blueberry.

Hindari memberikan topping yang terlalu banyak mengandung gula seperti cokelat butir atau susu kental manis.

Moms juga bisa menambahkan peanut butter sebagai selainya karena kaya nutrisi dan membuat rasa kenyang lebih lama. Tapi, perlu Moms ketahui bahwa satu sendok peanut butter dapat mengandung sekitar 100 kalori.

Nah, lantas apa yang sebenarnya membedakan antara roti gandum dan roti tawar putih? Mengapa roti gandum sering dianggap lebih sehat? Simak pembahasan berikutnya, ya, Moms!

Baca Juga: Mau Tetap Awet Muda? Yuk Kurangi Asupan Kalori Sebanyak 15 Persen!

Roti Gandum dan Roti Tawar Putih

Roti Gandum dan Roti Tawar Putih.jpg

Foto: healthcastle.com

Hal yang paling membedakan roti gandum dan roti tawar putih adalah kandungan nutrisi di dalamnya.

Alasannya, roti gandum terbuat dari biji-bijian yang secara otomatis akan membuat kamu kenyang lebih tahan lama karena kaya akan serat. Tidak percaya?

Dilansir dari WebMD, seseorang yang menjalani diet rendah kalori yang mencakup biji-bijian, seperti roti gandum, akan kehilangan lebih banyak lemak perut daripada mereka yang hanya makan biji-bijian olahan, seperti roti tawar putih dan nasi putih.

Roti menjadi sumber karbohidrat yang sebenarnya baik untuk tubuh. Namun, perlu Moms pahami bahwa makan segala jenis karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Hanya saja, memang perlu dilihat jenis karbohidratnya itu sendiri.

Karbohidrat sederhana, seperti gula dan biji-bijian olahan meningkatkan gula darah lebih cepat daripada karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana memang memberikan asupan energi yang lebih cepat namun membuat perut mudah kembali lapar. Nah, roti tawar putih termasuk ke dalam karbohidrat sederhana.

Sebaliknya, roti gandum menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh.

Karbohidrat kompleks juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain gandum utuh, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu buah-buahan.

"Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, dan kemampuannya untuk menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah terbatas," kata Hillary Wright, RD, direktur konseling nutrisi di Domar Center for Mind/Body Health.

Hal inilah yang paling membedakan roti tawar putih dan roti gandum. Selain itu, Moms juga dapat melihat ada banyak nutrisi lainnya yang terdapat dalam roti gandum.

Tentunya, hal ini akan menjadi pertimbangan apabila Moms ingin memilih roti gandum sebagai menu sarapan sehari-hari.

Baca Juga: 4 Olahan Gandum yang Mudah Dibuat di Rumah

Kandungan Gizi dalam Roti Gandum

Moms, ada beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam roti gandum dan bisa menjadi sumber nutrisi untuk tubuh, di antaranya:

1. Karbohidrat

Karbohidrat.jpg

Foto: cookinglight.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, roti gandum menjadi sumber karbohidrat kompleks.

Jangan sampai Moms salah mengira saat diet tidak membutuhkan karbohidrat. Manfaat dari karbohidrat lebih dari sekadar menambah asupan energi dalam tubuh.

Dilansir dari Cleveland Clinic, biji-bijian utuh menjadi sumber karbohidrat terbaik karena memberikan energi plus vitamin, mineral, dan serat. Makan biji-bijian juga turut membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Manfaat lainnya adalah menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Makanan yang terbuat dari biji-bijian memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga Moms akan merasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang nantinya akan membantu Moms untuk menurunkan berat badan.

2. Protein

protein

Foto: Orami Photo Stock

Roti gandum juga mengandung protein yang punya banyak manfaat untuk tubuh.

Protein berfungsi sebagai bahan pembangun untuk tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Protein juga membangun blok untuk enzim, hormon, dan vitamin.

Manfaat lainnya dari mendapat asupan protein adalah menjaga kekuatan otot, mempertahankan tubuh tanpa lemak, serta membantu membakar lemak.

Maka dari itu, sangat disarankan Moms untuk menambah asupan protein sesudah berolahraga untuk meningkatkan massa otot.

Baca Juga: 6 Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

3. Kalium

kalium

Foto: Orami Photo Stock

Nutrisi lainnya yang terdapat dalam roti gandum adalah kalium. Nah, tahukah Moms bahwa kalium sangat berpengaruh terhadap fungsi organ dan kinerja tubuh?

Manfaat kalium sangat beragam dan mungkin belum Moms sadari hingga saat ini.

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Hal ini karena kalium membantu tubuh untuk membuang sodium. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Hal ini karena makanan yang mengandung kalium bisa mengurangi jumlah kalsium yang terbuang lewat urine.

Maka dari itu, kalium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

Kalium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Nantinya, sistem saraf yang baik mampu menjaga kontraksi otot, detak jantung, dan refleks tubuh yang normal.

Nah, apabila Moms saat ini sedang hamil, asupan kalium juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga janin di dalam kandungan.

4. Magnesium

magnesium

Foto: Orami Photo Stock

Selain mampu menjaga kesehatan tulang dan jantung, magnesium juga dikenal mampu membantu mengatasi stres dan depresi.

Hal ini karena magnesium memiliki andil dalam fungsi otak yang mengatur mood. Jadi, seseorang yang kekurangan asupan magnesium lebih rentan mengalami stres dan depresi dibandingkan yang cukup.

Magnesium juga terbukti membantu mengatasi gejala sakit kepala. Nah, ternyata roti gandum juga memiliki kandungan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Selain Roti Tawar, Ada 7 Jenis Roti Lain di Dunia yang Perlu Diketahui!

Itulah hal yang perlu diketahui tentang kalori roti gandum, serta kandungan gizi dan manfaat yang bisa didapatkan.

Moms bisa menjadikan roti gandum menjadi makanan sehat sehari-hari. Tentunya, Moms juga harus menyeimbangkan dengan asupan makanan sehat lainnya, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait