19 Januari 2022

6 Manfaat Rumput Vetiver untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bukan hanya sekedar rumput liar biasa, lho!

Untuk mencegah bencana tanah longsor saat musim hujan melanda, ada banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Salah satunya dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk mencegah bencana tersebut, yakni rumput vetiver.

Rumput  vetiver mendadak tenar semenjak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) merekomendasikan tanaman itu untuk ditanam di kawasan rawan longsor. 

Guru Besar Institut Pertanian Bogor di bidang Ekologi dan Manajemen Lanskap Hadi Susilo Arifin menerangkan, rumput vetiver atau akar wangi  menjadi salah satu tumbuhan yang bisa mencegah erosi. 

Tanaman bernama latin vetivera zizanioides itu memiliki akar panjang hingga 2 meter ke dalam tanah. 

Selain untuk menahan tanah dari bencana longsor, rumput vetiver juga dikenal sebagai herbal suci karena memiliki sifat menenangkan dan penyembuhan. Dengan kata lain, rumput vetiver ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Moms!

Nah, apa saja manfaat dari rumput vetiver? Yuk kita simak, Moms!

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Vetiver

tn610_Vetiver-field-cover.jpg
Foto: tn610_Vetiver-field-cover.jpg

Foto: freepik.com

Kelebihan rumput vetiver juga terletak pada kemampuannya yang bisa bertahan dengan cuaca atau iklim yang kering, sehingga cocok untuk melindungi tanah dari erosi.

Selain itu, rumput vetiver juga memiliki manfaat kesehatan terutama minyaknya. Melansir WebMD, rumput vetiver dapat dioleskan langsung ke kulit untuk menghilangkan stres, trauma emosional, gigitan kutu, dan mengusir serangga. Ini juga digunakan untuk radang sendi, sengatan, dan luka bakar.

1. Memiliki Sifat Antioksidan

skincare aman untuk ibu hamil
Foto: skincare aman untuk ibu hamil (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah kerusakan sel, terutama yang disebabkan oleh oksidasi.

Ketika dibiarkan berkeliaran bebas di dalam tubuh, beberapa jenis molekul oksigen menyebabkan apa yang dikenal sebagai kerusakan oksidatif, yang dipicu radikal bebas, dan berbahaya untuk jaringan tubuh.

Berbagai manfaat mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dan herbal diantaranya memperlambat penuaan, kulit yang sehat dan bercahaya, mengurangi risiko kanker, mendukung detoksifikasi, dan memperpanjang usia.

Sebuah studi yang dilakukan di Department of Food Science and Human Nutrition di Clemson University, South Carolina mengevaluasi aktivitas antioksidan minyak akar wangi (vetiver oil) di tahun 2005.

Hasil penelitian menunjukkan minyak akar wangi memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang lebih kuat dibandingkan dengan antioksidan standar seperti butylated hydroxytoluene dan alpha-tocopherol.

2. Mengobati ADHD

ADHD-activities-1.jpg
Foto: ADHD-activities-1.jpg (https://s3.amazonaws.com/vuuzletv.com/wp-content/uploads/2020/02/13080648/ADHD-activities-1.jpg)

Foto: Orami Photo Stock

Attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD merupakan salah satu ganggugan kesehatan mental yang menyebabkan perilaku seseorang menjadi hiperaktif dan implusif.

Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial rumput vetiver efektif dalam meningkatkan aktivitas otak dan mengurangi gejala ADHD. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut di bidang ini.

Baca Juga: Menenangkan, 6 Lilin Aromaterapi Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

3. Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

bekas luka3.jpg
Foto: bekas luka3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minyak akar wangi atau rumput vetiver bersifat cicatrisant, yang berarti mampu menyembuhkan bekas luka dengan mempromosikan regenerasi kulit dan jaringan.

Minyak ini mampu meremajakan kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap atau bekas jerawat dan cacar.

Minyak akar wangi juga merupakan minyak antipenuaan dan efektif menyamarkan stretch mark, pecah-pecah pada kulit dan gangguan kulit lainnya.

Plus, minyak ini juga bekerja efektif meringankan luka bakar untuk jerawat.

Minyak rumput vetiver efektif bagi wanita yang memiliki stretch mark setelah melahirkan.

Tambahkan beberapa tetes minyak akar wangi (vetiver oil) pada pencuci muka, sabun tubuh atau lotion. Anda akan merasakan kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Minyak akar wangi (vetiver oil) merupakan antiseptik, yang berarti ketika diterapkan pada jaringan hidup atau kulit, akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

Studi menunjukkan konsentrasi kecil minyak akar wangi sudah mampu membunuh infeksi seperti Staph.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang Cukup (dana.org).jpg
Foto: Tidur yang Cukup (dana.org).jpg (dana.org)

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Healthline, menggunakan minyak akar wangi atau rumput vetiver dalam diffuser saat tidur, dapat membantu memperbaiki pola pernapasan.

Sebuah studi dari Chem Senses tahun 2010 meneliti respons 36 orang yang terpapar aroma dari minyak rumput vetiver selama tidur mereka.

Hasilnya, minyak rumput vetiver meningkatkan kualitas pernafasan dan menurunkan inhalasi ketika peserta studi tidur. Ini bisa membuktikan bahwa minyak ruumput vetiver dapat membantu tidur lebih nyaan, terutama orang yang mendengkur berat.

Baca Juga: Tidak Perlu Obat, Ini 7 Essential Oil yang Bisa Mengatasi Flu

5. Berfungsi sebagai Aphrodisiac

Stres mental dan fisik dapat menyebabkan hilangnya libido atau gairah seks.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Hormones and Behavior menyinggung untuk pertama kalinya tentang apa yang disebut “dual-hormone hypothesis”.

Para peneliti menemukan ketika kortisol meningkat pada saat stres, hormon testosteron merespon dengan juga turut mengalami peningkatan.

Masalahnya, setelah itu, kadar testosteron akan berada pada level jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Ketika menjalani hidup dalam keadaan stres, kadar testosteron akan terkuras sehingga membuat seseorang kehilangan hasrat seksual.

Minyak dari rumput vetiver terbukti menjadi agen penenang yang efektif, membuat pikiran dan tubuh menjadi santai, sehingga menyeimbangkan hormon secara alami.

Namun perlu diingat juga, upaya ini perlu dibarengi dengan mendapatkan cukup tidur.

Menurut sebuah artikel dari jurnal Current Opinion of Endocrinology, Diabetes and Obesity, cukup tidur dan tidur pada saat yang tepat adalah dua cara paling efektif untuk meningkatkan testosteron.

Karena memiliki sifat menenangkan, minyak rumput vetiver dikenal membantu mengatasi insomnia dan stres yang mengarah pada kurang tidur.

Baca Juga: Info Buat yang Hobi Begadang, Ini Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

Saat cukup tidur, tubuh mendapatkan gairah lagi yang akan menunjang fungsi tubuh yang normal.

Minyak rumput vetiver tidak hanya baik untuk meningkatkan kadar testosteron, namun juga memiliki efek seperti estrogen.

Minyak ini memiliki kemampuan memperkuat sistem reproduksi wanita dan menyeimbangkan hormon.

Minyak ini juga membantu mengobati ketidaknyamanan akibat menstruasi seperti kelelahan, kembung, masalah kulit, perubahan emosi, nyeri payudara dan kram.

Dengan bekerja sebagai obat penenang, minyak rumput vetiver berfungsi sebagai obat alami untuk kram PMS dan membantu tubuh rileks serta memerangi perubahan hormonal dan emosional.

6. Menenangkan Kecemasan dan Gugup

Stres dan cemas dapat membuat vagina kering saat berhubungan
Foto: Stres dan cemas dapat membuat vagina kering saat berhubungan (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Secara tradisional, minyak dari rumput vetiver telah digunakan dalam aromaterapi untuk relaksasi dan mengurangi stres emosional, serangan panik, trauma, kecemasan, insomnia, histeria dan depresi.

Sebuah studi tahun 2015 meneliti efek minyak akar wangi (vetiver oil) untuk membantu meringankan kecemasan dan aksi neurologis dalam central amygdaloid nucleus.

Central amygdaloid nucleus terhubung dengan daerah batang otak yang mengontrol ekspresi perilaku bawaan dan bertanggung jawab atas persepsi dan dampak emosi, seperti perubahan denyut jantung, tekanan darah dan pernapasan.

Ketika diberikan kepada tikus, minyak akar wangi (vetiver oil) meringankan aktivasi saraf dari stres.

Bahkan, minyak akar wangi memiliki dampak yang sama seperti Diazepam, obat yang digunakan untuk merawat kecemasan, kejang otot, kejang dan kondisi medis lainnya.

Baca Juga: Moms Tidak Sendirian, 4 Kecemasan Ini Biasanya Dialami Orang Tua Baru

Demikian Moms, serba-serbi rumput vetiver yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sudah pernah coba, Moms?

  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-695/vetiver
  • https://www.healthline.com/health/vetiver-oil#uses-and-benefits
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19917590/
  • https://www.journals.elsevier.com/hormones-and-behavior
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16190618/
  • https://journals.lww.com/co-endocrinology/pages/default.aspx

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb