Trimester 1

30 Juni 2021

Salep Ambeien untuk Ibu Hamil dan Cara Alami Menyembuhkannya

Selain memakai salem ambeien untuk ibu hamil, berendam air hangat bisa sangat membantu lho Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Salep ambeien untuk ibu hamil menjadi sebuah hal yang patut untuk diketahui. Terlebih ketika kondisi ini kerap menyerang para ibu hamil.

Ambeien merupakan topik yang setiap ibu hamil bicarakan. Ya benar. Hal tersebut merupakan salah satu dari efek samping kehamilan yang luar biasa akan ditempuh oleh beberapa Moms.

Dilansir dari artikel yang diterbitkan Canadian Family Physician, ambeien saat hamil berhubungan dengan sembelit. Sembelit dikombinasikan dengan peningkatan tekanan pada dubur dan perinieum adalah alasan utama ibu hamil mengalami hal ini.

Kemudian, berdiri dalam waktu lama juga bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap ambeien.

Sebelum mengetahui salep ambeien untuk ibu hamil, ada baiknya mengetahui cara alami untuk obat ambein. Ini dia!

Baca Juga:Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Pascamelahirkan?

Obat Alami Ambeien saat Hamil

Berita baiknya adalah, dalam kebanyakan kasus, ambeien selama kehamilan dapat diobati dengan mudah dan alami di rumah. Berikut ini adalah obat alami ambeien saat hamil yang bisa dilakukan di rumah, Moms!

1. Berendam Air Hangat

air hangat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan jurnal The National Center for Biotechnology Information, mandi dengan air hangat selama 10 menit akan mengurangi rasa sakit anorektal. Caranya, isi bak mandi dengan air hangat dan rendam area yang terkena. Jangan masukkan sabun atau busa ke dalam air.

Ibu hamil bisa berendam pula dengan menggunakan garam Epsom yang merupakan obat klasik yang benar-benar berfungsi. Isi tempat rendaman dengan 1/2 cangkir garam Epsom dan air hangat. Rendam lubang vagina dan anal Moms setidaknya selama 5 menit.

Nah, beberapa Moms menemukan bahwa menambahkan setengah cangkir cuka apel mentah ke dalam air hangat tempat berendam sangat membantu.

Tapi, ada juga ibu hamil yang tak tahan dengan sengatan cuka apel sehingga masuk secara perlahan dan berhenti jika Moms merasa sangat tidak nyaman.

Baca Juga: Redakan Diare dan Muntah pada Bayi dengan Makanan Ini

2. Oleskan Minyak Kelapa

minyak kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Moms, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang dapat membantu mengatasi rasa gatal.

Ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan peradangan dan membantu ambeien sembuh dalam beberapa hari.

Baca Juga:3 Jenis Wasir yang Umum Terjadi dan Perbedaannya

3. Gunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Foto: Orami Photo Stock

Oleskan lidah buaya ke daerah yang meradang untuk bantuan. Ada baiknya menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman tapi Moms harus pastikan terlebih dulu tingkat higienitasnya.

Pastikan Moms menggunakan lidah buaya murni tanpa tambahan bahan kimia dan wewangian.

4. Diet Tinggi Serat

1-makanantinggiserat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut artikel dari American Family Physician, pengobatan konservatif untuk ambeien saat hamil adalah dengan diet tinggi serat dengan takaran 25-35 Gram per hari.

Memberi ibu hamil kandungan serta tersebut akan mengurangi pendarahan ambeien hingga 50% dan memperbaiki gejala secara keseluruhan.

Baca Juga:Cara Mengatasi Wasir Selama Kehamilan

Moms biasanya tidak perlu ke dokter untuk menangani ambeien. Obat alami ambeien biasanya akan mengatasi dalam beberapa hari.

Jika sudah mencoba semua obat yang disebutkan di atas dan gejala ambeien tetap ada, Terutama bila Moms memiliki gejala parah seperti ada noda darah, benjolan di dubur, atau sakit dubur. Maka hubungi bidan atau dokter.

5. Menjaga Anus Agar Tetap Kering

salep ambeien untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jangan sampai diabaikan nih, Moms. Cara selanjutnya untuk menyembuhkan wasir saat hamil adalah dengan menjaga anus agar tetap bersih dna kering meski sering bolak-balik ke toilet.

Gunakan handuk atau tisu lembut untuk membersihkan area di sekitar anus setiap kali Moms selesai buang air besar. Hindari tisu toilet yang cenderung kasar.

Untuk meredakan kondisi ini, Moms juga bisa menggunakan salep ambeien untuk ibu hamil. Berikut salepnya!

Baca Juga: 15 Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar, Yuk Coba!

6. Tidur dengan Posisi Menyamping

salep untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memutuskan untuk menggunakan salep ambeien untuk ibu hamil, ada baiknya Moms tetap berusaha untuk menyembuhkannya dengan cara alami terlebih dahulu.

Ketika ambeien saat hamil datang, rasanya mencari posisi tidur saja bisa sulit. Apalagi untuk mendapatkan posisi yang nyaman, rasanya hampir mustahil ya, Moms!

Nah, agar anus tidak terasa sakit, lebih baik Moms mencoba untuk berbaring atau tidur dengan posisi menyamping saja.

Menggunakan bantal kehamilan pun bisa membantu Moms dalam menemukan posisi yang pas dan nyaman saat hamil.

Baca Juga: Segala Hal Tentang Penyakit Wasir, Mulai dari Penyebab Hingga Pencegahannya

Salep Ambeien untuk Ibu Hamil

salep ambeien untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Salep ambeien untuk ibu hamil pastilah sangat dibutuhkan. Meski demikian, Moms perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menggunakan salep ambeien untuk ibu hamil.

Ini salep yang biasa digunakan!

1. Hidrokortison

Salep ambeien untuk ibu hamil yang pertama adalah hidrokortison. Hidrokortison sendiri adalah salep ambeien untuk ibu hamil yang mengandung kortikosteroid.

Kortikosteroid sendiri bisa bekerja untuk mengurangi pembengakak, gatal dan juga kemerahan yang terjadi pada anus ketika kondisi ambeien atau wasir datang.

Salep yang mengandung kortikosteroid sendiri pun biasanya berbentuk krim oles atau krim dalam tabung yang sudah dilengkapi dengan aplikator.

Dengan hadirnya aplikator maka salep yang berada dalam wadah tersebut pun bisa terlindungi dari risiko paparan bakteri serta infeksi dari kontak kilit langsung antara tangan dan juga anus, Moms.

Perlu diingat, salep ambeien untuk ibu hamil yang satu ini dioleskan hanya pada ambeuen yang terlihat pada anus atau eksternal ya, Moms!

Jangan sampai lupa untuk mendiskusikan dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum mencoba untuk menggunakan salep ambeien ini.

Baca Juga: Seperti Ini Peran Endometrium Pada Kehamilan dan 3 Masalah yang Bisa Terjadi Padanya

2. Petroleum Jelly

Tahukah Moms bahwa Petroleum Jelly bisa dijadikan sebagai salep ambeien untuk ibu hamil? Dilansir dari laman Harvard University, petroleum jelly bisa Moms manfaatkan ketika mengalami wasir, nih!

Petroleum jelly sendiri adalah sebuah bahan yang sangat terkenal dan biasa digunakan dalam berbagai macam produk kecantikan.

Bukan hanya itu, petroleum jelly sendiri dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa meredakan berbagai macam masalah kulit, lho Moms! Karena hal ini lah banyak orang yang memanfaatkan petroleum jelly sebagai obat ambeien.

Salep ambeien untuk ibu hamil yang satu ini diketahui bisa membantu dalam meredakan nyeri karena pembuluh darah dekat anus yang membengkak.

Saat mengaplikasikan salep ambeien untuk ibu hamil yang satu ini, pastikan Moms sudah membersihkan atau mencuci tangan terlebih dahulu, ya!

Perlu diingat untuk tidak memasukkan petroleum jelly ke dalam lubang anus. Salep ambeien untuk ibu hamil yang satu ini hanya bisa digunakan untuk eksternal saja.

Jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi pada dokter sebelum mengoleskan salep ambein untuk ibu hamil ya, Moms!

Baca Juga: 7 Jenis Stres yang Dapat Menyebabkan Masalah Kehamilan, Apa Saja?

3. Salep Lidocaine

Salep lidocaine biasanya dikombinasikan dengan hidrokortison. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hidrokortison sendiri memiliki fungsi untuk mengobati bengkak, rasa gatal, kemerahan, dan rasa tak nyaman yang terjadi pada anus ketika ambeien hadir.

Guna lidocaine dalam salem ambeien untuk ibu hamil sendiri adalah sebagai obat bius yang berfungsi untuk mematikan rasa nyeri sementara di area tersebut.

Nah, karena mengandung bahan obat bius, Moms harus tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menggunakan salep ambeien untuk ibu hamil yang satu ini, ya!

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Mengejan Keras, Konstipasi Atau Grunting Baby Syndrome?

Nah, itu dia Moms salep ambeien untuk ibu hamil yang bisa Moms coba. Sekali lagi Orami ingatkan untuk tidak menggunakan obat apapun sebelum melakukan konsultasi dengan dokter kandungan kesayangan Moms ya!

Sebelum memutuskan untuk memakai salep ambeien untuk ibu hamil, tak ada salahnya untuk berusaha menyembuhkan ambeien dengan melakukan tips yang sudah disediakan juga. Cepat sembuh dan semoga kehamilannya lancar hingga persalinan, ya!

  • https://www.researchgate.net/publication/5578751_Hemorrhoids_in_pregnancy
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2278306/
  • https://www.aafp.org/afp/2018/0201/p172.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait