14 Maret 2023

Serba-serbi Ambeien Setelah Melahirkan, Yuk Disimak Moms!

Bagaimana mencegah atau mengatasi ambeien yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari ini, ya..
Serba-serbi Ambeien Setelah Melahirkan, Yuk Disimak Moms!

Meskipun tidak setiap wanita hamil mengalaminya, ambeien selama kehamilan cukup umum, terutama pada trimester ketiga dan ambeien setelah melahirkan.

Ambeien atau wasir setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Ambeien sendiri adalah pembuluh darah vena di daerah dubur yang membengkak.

Sebagai informasi ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di rektum pada bagian paling bawah dari usus besar.

Saat pembuluh darah ini membengkak, Moms mungkin akan merasakan benjolan lunak, atau terkadang keras, di dalam rektum atau sekitar anus.

Sayangnya masalah kesehatan ini bisa sangat tidak nyaman dan terkadang menyakitkan yang membuat aktivitas Moms terganggu.

Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat Moms lakukan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat ameien dan mengobatinya selama tahap pasca melahirkan. 

Bagi Moms yang sedang mencari tahu tentang pengobatan atau informasi lain mengenai ambeien setelah melahirkan, simak penjelasannya di bawah ini, ya Moms.

Baca Juga: Ketahui 10 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien yang Bisa Dilakukan

Penyebab Ambeien Setelah Melahirkan

Mengalami Ambeien
Foto: Mengalami Ambeien (Lanermc.org)

Selama kehamilan Moms mungkin akan lebih mudah terkena wasir dan pembengkakan pembuluh darah di bagian lain tubuh, seperti kaki karena beberapa alasan.

Ini disebakan dengan pertumbuhan rahim yang memberi tekanan pada pembuluh darah melambat menekan pembuluh darah di sekitar rektum dan membuatnya membengkak.

Selain lambatnya penekanan pembuluh darah, selama kehamilan peningkatan hormon progesteron melemaskan dinding pembuluh darah yang membuatnya lebih mudah membengkak.

Progesteron juga berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat pergerakan makanan yang dicerna melalui saluran pencernaan, lambung dan usus.

Ketika feses bergerak lebih lambat, lebih banyak air yang ditarik keluar dari feses, sehingga menjadi keras.

Sehingga ibu hamil sering berurusan dengan konstipasi (sembelit).

“Mengejan selama buang air besar akibat sembelit menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak,” kata Candice Wood, MD, asisten profesor klinis di University of Arizona dan Banner University Medical Center Phoenix.

Ketika ibu hamil mengalami sembelit, dia harus mengejan agar kuat saat proses buang air besar, akibatnya terjadi peningkatan tekanan pada rektum dan perineum.

Serta tekanan pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan mereka membengkak dan membentuk tonjolan.

Wasir terutama terjadi pada trimester ketiga. Beberapa wanita megalaminya saat mereka hamil pertama kalinya. Ambeien juga dapat berkembang saat Moms mengejan selama tahap kedua persalinan normal.

"Ibu hamil yang berdiri terlalu lama juga dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya wasir. Ambeien pascamelahirkan bisa juga terjadi sebagai akibat dari mengejan atau mendorong bayi selama persalinan lho," jelas dr. Thomas Chayadi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

Dalam banyak kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan hilang segera setelah melahirkan, terutama jika Moms berhati-hati untuk mencegah sembelit.

Baca Juga: 6 Tips Posisi Duduk yang Baik untuk Penderita Ambeien

Apakah Ambeien Bisa Terjadi Selama Kehamilan?

Ibu Hamil
Foto: Ibu Hamil (Orami Photo Stocks)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa masalah ambeien atau wasir adalah gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada ibu hamil.

“Cara termudah untuk memahami wasir adalah varises anus,” kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di University of Yale.

Ambeien setelah melahirkan normal tidak berbeda dari ketika Moms sedang tidak hamil.

Pembuluh vena di area rektum melebar di bawah tekanan, demikian menurut Scott Sullivan, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Medical University of South Carolina.

“Ketika pembuluh vena melebar ke ukuran tertentu akan mengalami kesulitan untuk kembali ke ukuran normal dan kehamilan cenderung memperburuknya.” tambahnya.

Wasir sekama kehamilan dapat menyebabkan beberapa gejala, antara lain:

  • Pendarahan saat buang air besar
  • Pembengkakan
  • Gatal

Baca Juga: Salep Ambeien untuk Ibu Hamil dan Cara Alami Menyembuhkannya

Cara Mencegah Ambeien Selama Kehamilan

Ilustrasi Senam Kegel
Foto: Ilustrasi Senam Kegel (kegel8.co.uk)

Salah satu cara untuk mencegah wasir setelah melahirkan adalah dengan menghindari sembelit yang menyebabkannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Moms tetap teratur:

  • Konsumsi makanan tinggi serat: mencakup biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.
  • Jangan menunda dorongan untuk buang air besar dan berupayalah untuk tidak mengejan karena ini akan memberi tekanan pada area dubur.
  • Lakukan latihan Kegel setiap hari. Kegel meningkatkan sirkulasi di area dubur dan memperkuat otot di sekitar anus, mengurangi kemungkinan ambeien. Kegel juga memperkuat otot-otot di sekitar vagina dan uretra, yang dapat membantu tubuh pulih setelah melahirkan.
  • Selalu kunjungi dokter sebelum minum obat untuk ambeien.
  • Perbanyak minum air putih (enam sampai delapan gelas sehari), jika urin Moms berwarna kuning tua, itu biasanya merupakan indikasi bahwa Anda perlu minum lebih banyak.
  • Latihan aerobik 150 menit seminggu. Ini membantu Moms tidur, menghilangkan stres, dan meningkatkan tingkat energi untuk mengikuti perkembangan bayi.

Selain melalui cara-cara pencegahan sembelit, Moms juga bisa mencegah ambeien setelah melahirkan dengan beberapa cara, seperti:

Tidur Menyamping

Pada saat hamil, perbanyaklah tidur menyamping, bukan telentang. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada daerah bokong dan meringankan tekanan pada pembuluh darah di dubur.

Hindari Berdiri atau Berjongkok Terlalu Lama

Duduk dan berdiri terlalu lama tanpa diselingi peregangan atau pelemasan tubuh dan sering mengangkat benda-benda berat dalam satu waktu juga dapat menjadi penyebab ambeien.

Jangan Terlalu Lama di Toilet

Jangan regangan atau berlama-lama di toilet karena hal ini bisa menjadi penyebab umum ambeien.

"Jika tidak bisa mengeluarkan kotoran, jangan dipaksa. Hindari memaksa kotoran keluar dengan mengejan," ujar dr. Thomas.

Jangan Mengusap Dubur terlalu Keras

Disarankan menggunakan air hangat setelah buang air besar. Jangan mengusap bagian dubur terlalu keras karena dapat menimbulkan iritasi pada jaringan yang sensitif.

Moms dapat menggunakan tisu toilet untuk bagian belakang yang sensitif. Ingat untuk berhati-hati ya.

Baca Juga: Deretan Makanan Penyebab Ambeien yang Mesti Diwaspadai, Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Ambeien Setelah Melahirkan

Cara Mengobati Ambeien
Foto: Cara Mengobati Ambeien (scrubbing.in)

Sebagian besar kasus wasir sembuh dengan sendirinya, tetapi ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa solusi alami yang aman digunakan saat hamil dan pasca melahirkan.

Redakan Nyeri dengan Bantalan Es

Coba gunakan bantalan es untuk meredakan nyeri akibat ambeien pascamelahirkan. Mandi dengan air hangat dapat mengurangi ketidaknyamanan juga.

Jika Moms benar-benar tidak nyaman saat duduk, gunakan bantalan duduk yang kebanyakan berbentuk seperti donat untuk membuat ambeien tidak terlalu sakit.

Rendam Area Wasir

Merendam area wasir dapat menenangkan rasa sakit dan iritasi dengan merendam area dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit, dua hingga tiga kali sehari.

Untuk melakukannya, Moms dapat menggunakan bak mandi atau bak mandi sitz.

Menjaga Kebersihan Anus

Menjaga area anus tetap bersih akan membantu mencegah iritasi tambahan yang mungkin menghalangi proses penyembuhan.

Moms hanya perlu membilas area dengan air hangat sudah cukup.

Gunakan tisu basah lebih lembut daripada kertas toilet kering sangat disarankan.

Pilih tisu bebas pewangi untuk menghindari iritasi.

Mengonsumsi Obat Nyeri

Jika masalah wasir semakin serius, Moms disarankan untuk mengonsumi obat nyeri, seperti Tylenol (acetaminophen) atau Motrin (ibuprofen)

Dalam dosis yang dianjurkan, keduanya merupakan obat penghilang rasa sakit yang aman untuk dikonsumsi saat menyusui.Jika Moms menderita wasir, Moms tidak perlu ke dokter.

Namun, jika masalah ini kian menyakitkan atau sepertinya tidak akan hilang setelah beberapa minggu, Moms harus menemui dokter.

Terlebih jika merasakan benjolan keras di sekitar anus, karena ini mungkin wasir trombosis.

Kemudian caari pertolongan medis darurat jika Moms mengalami pendarahan dubur yang tidak terkendali.

Baca Juga: Catat Moms! Ini 5 Obat Alami Ambeien dan Makanan yang Sebaiknya Dihindari!

Bagaimana pengalaman Moms untuk meredakan ambeien setelah melahirkan normal?

  • https://www.verywellfamily.com/hemorrhoids-after-birth-284551
  • https://www.healthline.com/health/hemorrhoids-after-pregnancy#without-treatment
  • https://www.babycenter.com/baby/postpartum-health/postpartum-hemorrhoids_11708

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.