Kesehatan

16 Juni 2021

Ketahui Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien yang Bisa Dilakukan

Ada cara alami maupun tindakan medis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Cara menghilangkan benjolan ambeien ternyata bisa dilakukan di rumah, Moms. Kondisi ini memang kerap membuat tidak nyaman. Bahkan ada yang membuat kita tidak bisa tenang dalam melakukan beragam aktivitas.

Penderita ambeien akan merasakan sakit dan tidak nyaman saat duduk atau buang air besar. Karenanya, Moms mungkin mencari tahu cara menghilangkan benjolan ambeien.

Ambeien atau wasir adalah benjolan di dalam dan di sekitar anus. Biasanya kondisi ini menjadi lebih baik sendiri setelah beberapa hari.

Benjolan ini biasanya disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah yang berada di sekitar area karena beberapa hal. Misalnya seperti kegemukan, masa kehamilan, maupun terlalu mengejan saat buang air besar. Selain muncul benjolan, ambeien juga ditandai rasa nyeri dan gatal di area anus.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Wasir: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

Tidak jarang, ambeien memunculkan bercak darah pada feses atau benjolan yang menggantung di lubang anus (prolaps).

Jangan panik Moms, dilansir dari sebuah studi yang berjudul Treatment of Hemorrhoids: A Coloproctologist’s View 75% populasi di Amerika Serikat pernah mengalami ambein atau wasir di dalam kehidupannya.

Tak hanya itu, Moms. Ambeien sendiri bisa hilang dengan sendiri dalam beberapa minggu. Kendati demikian, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat.

Jadi, wajar jika seseorang ingin menyembuhkan kondisi ini secepatnya. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan benjolan ambeien dengan cara alami? Ini dia!

Baca Juga: 4 Obat Alami Ambeien saat Hamil, Efektif Banget!

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Alami

cara menghilangkan benjolan ambeien-1

Foto: Orami Photo Stock

Pada kasus ambeien yang tidak terlalu parah, Moms tidak perlu melakukan cara untuk menghilangkan benjolan ambeien.

Pasalnya, mereka akan hilang sendiri dalam beberapa hari hingga minggu.

Sambil menunggu benjolan mengempis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal maupun nyeri akibat wasit, yaitu:

1. Berendam Air Hangat

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang pertama adalah dengan merendamkan diri di air hangat. Merendam ambeien di air hangat dapat mengurangi bengkak dan iritasi pada wasir.

Beberapa orang juga menambahkan bahan lain yang dipercaya meningkatkan manfaat ini, misalnya garam laut atau cuka apel.

2. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang ke dua adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Minyak kelapa dianggap sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien yang efektif dengan mengurangi rasa gatal serta bengkak.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa menjadi pelumas pada anus sehingga Moms tidak terlalu tersiksa saat buang air besar.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Wasir: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

3. Es Batu

Sering Makan Es Batu, Ini Dampaknya pada Kesehatan Gigi

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan benjolan ambeien selanjutnya dalah dengan menggunakan es batu. Mengompres benjolan ambeien dengan es batu juga dapat mengurangi bengkak dan gatal pada area anus.

Pastikan membungkus es batu dengan handuk sebelum menempelkannya pada benjolan ambeien untuk menghindari iritasi kulit.

4. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan benjolan ambeien. Gaya hidup yang dipandang sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien adalah makan makanan berserat dan memperbanyak minum air putih.

Hal ini dilakukan untuk melunakkan feses agar tidak semakin menekan ambeien saat dikeluarkan yang justru akan makin memperparah kondisi.

Baca Juga: Si Kecil Sembelit? Coba Makan Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB Ini

5. Witch hazel

Witch hazel sendiri bisa meredakan rasa gatal dan juga sakit. Kedua gejala ini sering kali hadir ketika seseorang menderita ambeien.

Witch hazel sendiri adalah sebuah bahan antiperadangan yang natural sehingga bisa membantu Moms dalam mengobati ambeien. Tak hanya itu, witch hazel juga bisa membantu untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Witch hazel sendiri bisa dibeli dalam bentuk cairan dan bisa langsung diaplikasikan pada lokasi yang mengalami pembengkakan.

Jika tak bisa menemukan produk witch hazel dalam bentuk cairan, Moms bisa menemukan witch hazel di berbagai macam produk antigatal dan juga sabun.

6. Lidah Buaya

masker-lidah-buaya-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sudah menjadi catatan sejarah bahwa gel yang ada di lidah buaya telah digunakan untuk menyembuhkan ambeien dan berbagai macam kondisi kulit.

Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki kemampuan antiperadangan yang bisa membantu untuk mengurangi iritasi di kulit.

Meski masih belium cukup bukti klinis mengenai efektivitas lidah buaya untuk menyembuhkan wasir, namun National Center for Complimentary and Integrated Health sendiri sudah menyatakan bahwa lidah buaya aman digunakan untuk penggunaan topikal.

Lidah buaya sendiri sudah hadir dalam bentuk kandungan di berbagai macam jenis produk. Namun, Moms hanya bisa menggunakan gel lidah buaya yang murni untuk mengobati wasir, ya!

Perlu diketahui bahwa orang-orang yang memiliki alergi terhadap lidah buaya biasanya juga memiliki alergi pada bawang merah ataupun bawang putih.

Jadi, sebelum menggunakan lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan benjolan wasir, cobalah untuk mengoleskan lidah buaya di tangan dan tunggu reaksinya selama 24 hingga 48 jam. Jika tidak ada reaksi, maka lidah buaya aman untuk Moms gunakan.

7. Ganti Pakaian Dalam

Cara menghilangkan benjolan ambeien selanjutnya adalah dengan mengganti pakaian dalam dengan pakaian dalam berbahan katun.

Dengan mengganti pakaian dalam dengan bahan katun bisa menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan ambeien karena katun sendiri bisa membantu untuk membuat area anal bersih dan kering.

Bersih dan keringnya area anal bisa mengurangi gejala gatal yang kerap dirasakan oleh penderita ambeien.

Tak sampai sana Moms, untuk sementara, cobalah menghindari detergen yang memiliki wangi atau pelembut pakaian untuk mengurangi iritasi.

8. Mengoleskan Obat Wasir

Obat wasir bisa berbentuk krim atau supositoria (dimasukkan melalui dubur) dan dapat dibeli bebas di apotek.

Obat ini biasanya mengandung hidrokortison, witch hazel, maupun zat yang membuat area di sekitar dubur mati rasa.

Baca Juga: 5 Pose Yoga untuk Meringankan Wasir

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien dengan Bantuan Medis

cara menghilangkan benjolan ambeien-2

Foto: Orami Photo Stock

Jika cara menghilangkan benjolan ambeien di atas tidak dapat mengatasi masalahnya, maka periksakan diri ke dokter.

Dokter akan memprioritaskan penanganan tanpa operasi, tetapi bila kondisi ambeien sudah sangat parah atau mengganggu, Moms mungkin akan diminta menjalani prosedur pembedahan.

Cara menghilangkan benjolan ambeien tanpa operasi adalah:

  • Rubber band litigation, dengan mengikat ujung benjolan yang menempel ke kulit dengan tujuan mematikan jaringan di bawahnya agar wasir copot dengan sendirinya.
  • Skleroterapi, dengan menyuntikkan cairan ke wasir sehingga benjolan itu mengecil.
  • Elektroterapi, dengan mengalirkan arus listrik tegangan rendah ke benjolan ambeien sehingga ia mengecil.
  • Koagulasi inframerah, dengan penggunaan sinar laser inframerah untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir dengan tujuan mengecilkan ukuran ambeien.

Baca Juga: Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Pascamelahirkan?

Cara mengecilkan benjolan ambeien ini hanya memerlukan bius lokal di area ambeien agar Moms tidak merasakan sakit akibat prosedur yang sedang dijalani. Moms bisa langsung pulang setelah melakukan perawatan ini.

Sebaliknya, bius total diperlukan jika harus menjalani operasi wasir. Operasi pembedahan tersebut adalah:

  • Hemoroidektomi, pemotongan benjolan wasir.
  • Hemoroidopeksi, memasukkan benjolan wasir ke dalam lubang anus, kemudian menjepitnya dengan alat khusus.
  • Haemorrhoidal artery ligation, menggunakan jahitan untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir sehingga ambeien akan mengecil.

Ketika melakukan cara menghilangkan benjolan ambeien ini, dokter akan menyarankan untuk menjalani rawat inap setidaknya selama satu malam. Apa pun penanganan wasir yang dipilih, selalu konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: Tidak Suka Makan Sayur? Mungkin Lidah Moms Sensitif Rasa Pahit!

Cara Mencegah Hadirnya Ambeien

cara menghilangkan benjilan ambeien

Foto: Orami Photo Stock

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati. Usai mengetahui cara mencegah, jangan samapi terkena ambeien lagi!

Cara terbaik untuk mencegah hadirnya kondisi ini adalah dengan mengubah gaya hidup dan pola makan, nih Moms! Cobalah untuk olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, terutama sayur-sayuran, dan minum cukup air agar proses pencernaan tidak terganggu dan kita terhindari dari konstipasi.

Dengan olahraga teratur dan mneghindari duduk terlalu lama juga bisa sangat membantu untuk mencegah hadirnya wasir.

Cara paling efektif untuk menghindari konstipasi adalah dengan langsung ke kamar mandi ketika Moms merasa mules. Dengan menunda buang air besar, hal tersebut bisa membuat perut usus menyerap kembali air dari kotoran.

Hal tersebutlah yang membuat kotoran menjadi lebih keras ketika akan dikeluarkan.

Nah, itu dia cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami dan medis beserta cara mencegahnya, Moms! Yuk jaga kesehatan diri kita selalu mulai hari ini!


Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4541377/
  • https://www.nccih.nih.gov/health/aloe-vera
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait