Scroll untuk melanjutkan membaca

OBAT-OBATAN
27 Juni 2022

Selkom C (Multivitamin): Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Multivitamin ini mengandung vitamin C dan beberapa jenis vitamin B
Selkom C (Multivitamin): Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin C memiliki peran penting untuk jaga kondisi tubuh. Untuk bisa memenuhi kebutuhan, Moms bisa mengonsumsi Selkom C.

Apa Itu Selkom C?

Selkom C

Foto: Selkom C

Foto Selkom C (Sumber: selesmafarma.co.id)

Selkom C adalah suplemen makanan berupa multivitamin kombinasi antara vitamin C dan beberapa jenis vitamin B. Suplemen ini bisa Moms gunakan sebagai terapi untuk penderita kekurangan vitamin B dan Vitamin C serta untuk membantu menjaga Kesehatan tubuh.

Selkom C digolongkan sebagai suplemen makanan yang bebas dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, Moms tetap harus memerhatikan dosis sesuai dengan yang dianjurkan.

Manfaat Selkom C

makan vitamin c

Foto: makan vitamin c

Foto ilustrasi makan vitamin C (Sumber: Orami Photo Stock)

Berikut ini beberapa manfaat Selkom C bagi tubuh, yaitu:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 akan membantu kinerja dari sistem pencernaan serta jantung. Dengan bantuan vitamin B1, sistem pencernaan dan jantung akan bekerja secara normal.

Baca Juga: Vitamin-Vitamin Ini Larut dalam Lemak. Ketahui Ragam Manfaatnya

2. Vitamin B2

Manfaat Selkom C yang kedua yaitu adanya vitamin B2. Vitamin B2 akan membantu pembentukan energi dalam tubuh serta pembentukan sel antibody dalam tubuh.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 akan membantu proses perkembangan dari saraf dan otak manusia. Selain itu, vitamin B6 membantu kulit menjadi lebih baik.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah dan sel saraf. Sehingga penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut bagi tubuh.

5. Nicotinamide

Ini adalah bentuk lain dari Vitamin B3 yang digunakan untuk terpai penyakit pellagra akibat kekurangan niacin. Jika dalam bentuk salep maka vitamin ini digunakan untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga: Perlukah Memakai Vitamin Rambut?

6. Calcium Panthotenate

Dikenal sebagai vitamin B5 merupakan vitamin larut air yang bermanfaat dalam metabolisme. Senyawa ini dibutuhkan dalam sintesis koenzim-A (CoA) serta membantu metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak.

7. Vitamin C

Vitamin C akan menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Manfaat Selkom C ini mengandung vitamin C yang akan menjaga kondisi dari sistem imun tubuh.

Efek Samping Selkom C

mual saat haid

Foto: mual saat haid (Orami Photo Stock)

Foto seorang wanita mengalami mual (Sumber: Orami Photo Stock)

Efek samping Selkom C juga bisa muncul pada beberapa titik yaitu:

1. Nyeri Ulu Hati

Apabila seseorang mengkonsumsi suplemen ini diluar dosis yang telah ditentukan, maka dia bisa mengalami nyeri pada ulu hati. Jika rasa nyeri pada ulu hati tidak kunjung mereda, segera bawa ke dokter apabila nyeri ulu hati terjadi.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Bayi?

2. Mual

Akan terasa mual ataupun berujung muntah apabila suplemen ini dikonsumsi diluar dosis yang telah ditentukan. Jika rasa mual tidak kunjung menghilang maka ada baiknya Moms segera mengunjungi rumah sakit.

3. Pusing

Apabila seseorang mengkonsumsi suplemen ini di luar dosis yang ditentukan, maka dia bisa merasakan pusing. Kunjungi dokter apabila terjadi pusing.

Dosis Selkom C

Buah Blackberry kaya akan vitamin c

Foto: Buah Blackberry kaya akan vitamin c (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.nutriadvanced.co.uk%2Fnews%2Ftaking-a-closer-look-at-vitamin-c%2F&psig=AOvVaw2sR01VcscsAPsw_XQeJwPA&ust=1649313050342000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCMj4sYfo_vYCFQAAAAAdAAAAABAJ)

Foto ilustrasi vitamin C (Sumber: Orami Photo Stock)

Suplemen ini bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kapsul setiap harinya. Dilarang keras untuk mengkonsumsi Selkom C di luar dosis yang telah ditetapkan, karena bisa memicu munculnya efek samping.

Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Selkom C pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Vitamin D3 untuk Pemulihan Pasien COVID-19, Catat!

Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Konsumsi Selkom C?

ibu-hamil.jpg

Foto: ibu-hamil.jpg (parenting.firstcry.com)

Foto ibu hamil minum (Sumber: Orami Photo Stock)

Bahan aktif Selkom C berupa vitamin C dan vitamin B dianggap cukup aman untuk ibu hamil asalkan sesuai batas minimal vitamin untuk ibu hamil. Vitamin C misalnya, sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 2000 mg per hari, vitamin B1 tidak lebih dari 1,4 mg/hari, vitamin B12 tidak lebih dari 2,6 mg/hari. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum mulai mengonsumsi multivitamin.

Bahan aktif Selkom C berupa vitamin B kompleks dan vitamin C diketahui dapat terserap dan masuk ke dalam ASI ibu menyusui. Namun, efeknya pada bayi belum diketahui, sehingga Moms harus konsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Interaksi Obat dengan Selkom C

Walaupun Selkom C merupakan multivitamin harian yang aman dikonsumsi. Namun tetap ada potensi interaksi obat dengan Selkom C.

Akibatnya, bisa mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Moms konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan bahan aktif Selkom C, diantaranya yaitu:

  • Warfarin. Vitamin C dosis tinggi akan menurunkan efektivitas warfarin.
  • Aluminium. Vitamin C meningkatkan penyerapan aluminium yang umumnya terdapat pada obat maag.
  • Estrogen. Meningkatkan efek samping obat hormon estrogen.
  • Obat kanker (altretamin, cisplatin). Dapat meningkatkan efek samping obat kanker

Selain itu, penggunaan vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat meningkatkan risiko kekambuhan penyakit batu ginjal. Sehingga, penderita gangguan ginjal ada baiknya berhati-hati menggunakan Selkom C.

  • https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-b/
  • https://www.opss.org/vitamin-b-complex
  • https://selesfarma.co.id/product/selkom-c/
  • https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-vitamin-c-supplements-89083
  • https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2003/0301/p979.html