Home & Living

19 Juni 2021

Saluran Air Mampet? Begini Caranya Menggunakan Soda Api

Ternyata soda api juga banyak kegunaannya, lho!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Saluran air yang mampet dapat menjadi bencana. Selain dengan mendorong atau mengambil sumber penyumbatnya, mungkin memanggil tukang ledeng adalah solusi yang dipikirkan. Sebelum memanggil tukang ledeng, coba buat lancar dulu dengan soda api, yuk! Mari simak artikel ini untuk mengetahui kegunaan soda api dan cara menggunakannya!

Soda Api

soda api

Foto: dekoruma.com

Soda api memiliki nama kimia Sodium Hidroksida (NaOH), berwarna putih dan tidak berbau. Sodium hidroksida adalah bahan umum dalam produk pembersih dan mungkin paling dikenal sebagai bahan kimia pembersih saluran pipa dan pembersih oven.

Soda api diimplementasikan pada banyak industri, beberapa aplikasinya termasuk tekstil, sabun dan produk pembersih, kertas, aluminium, minyak bumi, dan produksi pemutih.

Soda api merupakan senyawa anorganik ionik padat berwarna putih, larut dalam air, etanol, dan metanol.

Meskipun tidak mudah terbakar, soda api menyerap kelembapan dari udara dan jika bersentuhan dengan air saat dalam keadaan padat, dapat menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan bahan yang mudah terbakar.

Soda api dapat menyebabkan kulit terbakar saat kontak dan akan menyebabkan kerusakan organ permanen jika tertelan. Namun, soda api disetujui Food Drugs Association (FDA) dan secara umum diakui aman dengan cara menggunakan yang benar.

Meskipun dinilai aman, namun untuk menghindari kecelakaan perlu untuk selalu memperlakukan bahan kimia atau pelarut apapun, sebagai bahan kimia yang berpotensi berbahaya.

Tangani dengan hati-hati dengan selalu memakai pelindung mata, pelindung wajah, serta perlindungan dari menghirup asap berbahaya.

Usahakan menangani bahan kimia di tempat yang berventilasi baik dan jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan.

Simpan bahan kimia tersebut dalam wadah yang aman, dijauhkan dari jangkauan anak-anak, dan dalam kondisi yang kering.

Baca Juga: Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho!

Kegunaan Soda Api

Kegunaan soda api yang paling umum diketahui untuk rumah tangga adalah untuk melancarkan saluran air, pembersih oven, serta pembuatan sabun dan deterjen.

Soda api atau natrium hidroksida dapat mengubah lemak yang sering menyumbat pipa menjadi zat seperti sabun yang larut dalam air.

Bahan kimia ini juga sebagai campuran obat-obatan, produk farmasi, pereda nyeri umum seperti aspirin, antikoagulan yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah, hingga obat penurun kolesterol.

Soda api juga digunakan dalam makanan, pengolahan air, pembuatan kertas, serta untuk memurnikan bahan mentah untuk produk kayu dalam pemutihan dan pembersihan kayu.

Berikut ini adalah lebih jelasnya tentang beberapa fungsi soda api:

1. Sebagai Pembersih

Soda api sebagai pembersih

Foto: Freepik.com

Kegunaan soda api yang paling sering digunakan di rumah adalah sebagai bahan pembersih.

Terletak pada kemampuannya untuk mengubah lemak keras dan penumpukan lemak yang menyebabkan saluran pipa yang tersumbat menjadi sejenis sabun yang dapat larut.

Tidak hanya untuk rumah tangga, fungsi soda api juga berguna dalam industri pembersihan karena aksesibilitas, keterjangkauan, kemudahan deteksi, dan pembuangannya.

Saat digunakan sebagai pembersih, Moms dan Dads harus berhati-hati, karena bahan kimia tersebut diketahui dapat membakar kulit manusia dan dapat menyebabkan kerusakan organ parah jika terhirup atau tertelan. Soda api juga sangat merusak jika asapnya dibiarkan meresap ke mata.

Pada skala kecil, soda api mampu menghilangkan protein dan asam nukleat, sekaligus menonaktifkan sebagian besar virus yang bersentuhan dengannya, sehingga efektif sebagai disinfektan di laboratorium.

Fungsi soda api juga dapat membasmi ragi, jamur, dan endotoksin. Karena kemanjurannya dalam menghilangkan mikroorganisme, bahan ini biasanya dimanfaatkan dalam industri medis sebagai disinfektan.

Baca Juga: 10 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan, Bukan Hanya untuk Memasak!

2. Untuk Penggunaan Obat

Kegunaan soda api yang selanjutnya adalah sebagai komposisi obat. Mengingat bahan kimia ini banyak digunakan sebagai bahan pembersih dan berbahaya bagi manusia, penggunaannya sebagai komponen obat mungkin akan mengejutkan Moms dan Dads.

Dikutip dari Science Direct, soda api merupakan salah satu komponen dalam pereda nyeri yang umum, juga dapat menciptakan antikoagulan yang efektif, dan digunakan dalam resep pengobatan kolesterol.

3. Untuk Kecantikan

Soda api untuk kecantikan

Foto: Freepik.com

Kegunaan lainnya adalah sebagai komponen dalam beberapa produk kecantikan.

DIkutip dari The International Journal of Trichology, dalam pengenceran kecil (5%), soda api biasanya ditemukan dalam produk kecantikan, seperti hairspray, wewangian, pembuatan sabun, bedak kaki, pewarna rambut, dan lain-lain.

Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia juga menambahkan fungsi soda api dalam banyak produk kecantikan dikaitkan dengan kemampuannya untuk menstabilkan tingkat pH.

Baca Juga: Phenoxyethanol pada Skincare, Apakah Aman untuk Kulit?

4. Noda Karat Pada Besi

Fungsi soda api yang selanjutnya adalah dapat menghilangkan noda karat pada besi.

Dikutip dari Dekoruma, cara menggunakan soda api untuk menghilangkan karat adalah dengan melarutkannya dengan air di sebuah wadah yang terbuat dari logam.

Kemudian gunakan kuas untuk mengoleskan larutan tersebut ke permukaan besi yang berkarat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga noda karat mulai mengelupas.

Setelah itu, bilas permukaan besi menggunakan air dan sabun, kemudian jangan lupa keringkan dengan kain bersih.

5. Penghilang Cat

Soda api penghilang cat

Foto: Freepik.com

Sodium hidroksida juga mampu mengelupas cat pada permukaan tertentu, seperti kendaraan atau furnitur yang terbuat dari besi, sehingga sering dikenal juga sebagai paint remover. Pengelupasan cat ini biasanya dilakukan ketika akan mengganti warna cat agar tampilan benda tersebut jadi seperti baru lagi.

Baca Juga: Mengenal Alkohol Denat pada Skincare, Amankah?

Cara Menggunakan Soda Api

Menggunakan soda api

Foto: Freepik.com

Walaupun multifungsi, cara menggunakan soda api tidak bisa sembarangan tanpa pengawasan ahli atau pengalaman, terutama ketika digunakan sebagai campuran obat dan barang konsumsi lainnya.

Namun Moms dan Dads dapat menggunakan bahan kimia ini untuk melancarkan saluran pipa yang tersumbat di rumah dengan sangat hati-hati.

Untuk cara menggunakan soda api di rumah, Moms dan Dads perlu menyiapkan alat pelindung diri yang mencegah kulit, hidung, dan mata terpapar percikan dan asap soda api.

Berikut cara menggunakan soda api untuk pipa yang tersumbat:

  1. Siapkan soda api yang bisa didapatkan di toko bangunan terdekat ataupun online. Juga dijual dengan nama lain seperti caustic soda atau sodium hydroxide (sodium hidroksida).
  2. Gunakan alat pelindung diri, seperti celemek, sarung tangan yang dapat digunakan untuk menangani bahan kimia berbahaya, pelindung mata, dan masker wajah.
  3. Larutkan 750 ml atau 3 gelas soda api ke dalam 3 liter air dingin. Gunakan wadah besar, seperti ember khusus yang tidak digunakan untuk kegiatan memasak.
  4. Aduk campuran tersebut menggunakan sendok atau pengaduk yang berbahan kayu. Jangan pernah menggunakan tangan untuk mengaduk campuran.
  5. Saat mencampur bahan tersebut akan muncul desis dan uap panas. Selanjutnya setelah semua tercampur rata, tuangkan semua larutan ke dalam saluran pembuangan yang tersumbat. Diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu, siram saluran tersebut dengan air mendidih sebanyak 4 liter.
  7. Jika pipa masih mampet, ulangi sekali lagi langkah-langkah ini.
  8. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan yang digunakan dengan air mengalir.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Citric Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit

Jika sudah menggunakan cara ini namun pipa masih tersumbat, Moms dan Dads bisa mengambil keputusan untuk memanggil tukang ledeng sebagai solusi pipa yang mampet. Selamat mencoba!

  • https://info.noahtech.com/blog/top-3-surprisingly-versatile-uses-of-sodium-hydroxide
  • https://www.dekoruma.com/artikel/109256/manfaat-soda-api
  • https://journal.ipb.ac.id/index.php/jphpi/article/view/17906
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4387693/
  • https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/sodium-hydroxide
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait