Kesehatan

10 Desember 2020

Softlens Mengering, Bolehkah Dipakai Kembali?

Soflens harus dibersihkan paling tidak sekali 3 hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms salah satu pengguna lensa kontak atau softlens? Maka Moms pasti pernah berurusan dengan yang namanya lensa kontak kering. Hampir setiap pemakai lensa kontak pada suatu saat harus berurusan dengan softlens yang kering.

Mungkin Moms tidak memakainya setiap hari dan ketika membuka tempatnya, ternyata sudah mengering. Atau bisa juga Moms memakainya setiap hari, tetapi lupa membawa harus merendamnya dalam perjalanan semalaman.

Ada banyak penyebab mengapa softlens kita mengering dan dalam beberapa kasus Moms dapat menghidrasinya kembali dan baik untuk digunakan, tetapi dalam kondisi tertentu lainnya Moms tidak boleh meletakkan softlens itu kembali ke mata kita.

Jadi, bolehkah menggunakan softlens yang sudah mengering? Yuk kita simak jawabannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Bahaya Memakai Softlens Setiap Hari

Bolehkah Menggunakan Softlens yang Sudah Kering?

softlens kering masih bisa dipakai

Foto: Orami Photo Stock

Pertama, penting untuk diperhatikan bahwa ada perbedaan antara mata menjadi kering dan karena softlens, mata kita menjadi kering dan tidak nyaman. Menurut jurnal The Correlation between Daily Lens Wear Duration and Dry Eye Syndrome, mata kering akibat ketidaknyamanan penggunaan lensa kontak adalah hal yang umum terjadi dan dikenal dengan sindrom mata kering lensa kontak yang memerlukan penanganan dokter mata.

Sebenarnya, apakah aman menggunakan softlens yang sudah kering dan apakah masih bisa digunakan?

"Sebaiknya tidak digunakan lagi, karena penggunaan soflens harus dalam keadaan steril, baik tangan, tempat penyimpanan soflens dan alat pemasangannya," jelas dr. Yohana Margarita, dari meetdoctor.com.

Menurut dr. Yohana, dalam waktu normalnya soflens harus dibersihkan paling tidak sekali 3 hari, diganti airnya dengan air khusus desinfektan soflens dan digosok di telapak tangan yang sudah di bersihkan dengan sabun. Hal ini dilakukan untuk menjaga softlens tetap higienis. Jika tidak higienis maka kemungkinan untuk terjadinya infeksi pada kornea ataupun bagian mata lainnya sangat besar dan berujung pada kebutaan.

Sebaiknya buang soflens Moms tersebut berkenaan dengan setahun tidak di bersihkan bahkan sampai mengering. Jika tidak terlalu diperlukan, hindari pemakaian soflens apalagi dalam keadaan tidak higienis.

Namun dalam kasus di mana softlens Moms terlindungi dengan baik, tetapi hanya mengering, Moms dapat mencoba untuk menghidrasi ulang. Lensa akan menjadi sangat rapuh, dan lebih rentan terhadap kerusakan. Tempatkan kontak dalam wadah dan isi penuh dengan larutan garam segar. Tutup rapat-rapat dan biarkan selama dua hingga 24 jam. Bersihkan dan disinfektan lensa secara menyeluruh sebelum mencoba menggunakannya kembali.

“Jika kita merehidrasi lensa kontak, pastikan untuk menggunakan setiap tindakan pencegahan saat menggunakannya kembali. Periksalah dengan saksama apakah ada sobekan kecil di bagian tepi, goresan pada lensa, atau tanda-tanda kontaminasi atau penumpukan," ujar Dr. Wende, Direktur Medis dari ContactsDirect.com.

Baca Juga: Pusing Saat Memakai Kacamata Baru, Wajar Atau Tidak?

Menurutnya jika kondisi ini terjadi, buang lensa dan gunakan yang baru. Jika tampaknya dalam kondisi yang dapat digunakan, lanjutkan dan kenakan, tetapi segera lepaskan jika terjadi iritasi.

Jika lensa kita tidak terlindung dari bakteri, goresan, atau retakan, Moms tidak boleh memakainya kembali. Larutan lensa kontak dibuat untuk melembapkan, membersihkan dan mendisinfeksi lensa. Ini tidak sama dengan mensterilkan lensa kita setelah berada di lantai dapur selama dua jam! Jika Moms merehidrasi lensa dan menggunakannya tanpa disinfektan yang tepat, maka dapat berisiko menimbulkan infeksi serius pada mata kita.

Tentu, tidak menyenangkan kehilangan kontak, tetapi ketika kita menemukannya, harus mempertimbangkan keadaan dan melihat apakah rehidrasi lensa aman. Jika ada keraguan dalam pikiran, jangan digunakan.

Mencoba menghemat uang karena harus memesan ulang softlens tidak akan menguntungkan Moms jika terkena infeksi mata dan harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk berobat ke dokter mata.

Jadi sebelum digunakan kembali, perhatikan dengan seksama bagaimana penampakan softlens tersebut ya Moms. Tapi, supaya softlens Moms tidak kering, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Moms dapat memperpanjang umur lensa kontak dengan beberapa langkah sederhana:

  • Selalu cuci tangan sebelum memegang softlens dan melepaskannya dari mata kita.
  • Gunakan larutan serbaguna softlens untuk membersihkan dan mendisinfeksi lensa kontak.
  • Dengan menggunakan larutan tersebut, bilas dan gosok lensa kontak dengan lembut menggunakan ujung jari kita selama sekitar 20 detik.
  • Simpan lensa kontak dalam wadah berisi solusi baru. Tutup dengan erat. Hanya sedikit air dari toilet dapat menyemprotkan kuman ke udara dengan kemungkinan kuman tersebut masuk ke larutan softlens kita.

Lakukan langkah-langkah ini untuk kedua lensa dan biarkan terendam dalam larutan semalaman.

Baca Juga: Apa Benar Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Mata?

Mungkin Moms tergoda untuk menggunakan air atau bahkan air liur untuk membersihkan lensa kontak dengan cepat, tetapi jangan pernah melakukannya! Air bisa mengandung parasit dan air liur penuh dengan bakteri. Pastikan Moms hanya menggunakan larutan softlens setiap hari. Disarankan untuk membersihkan dan mengganti kotak penyimpanan secara teratur setiap tiga bulan.

Melewatkan salah satu dari langkah-langkah ini berpotensi menyebabkan infeksi atau iritasi mata, jadi pastikan Moms mengikutinya untuk mata yang sehat dan tajam ya. Selamat mencoba di rumah, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait