Kesehatan

17 April 2020

6 Tanda Multiple Sklerosis yang Terjadi Pada Perempuan

Gejala multiple sklerosis pada perempuan berbeda dengan laki-laki karena ada pengaruh dari hormon
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Multiple sklerosis (MS) adalah kelainan progresif yang dimediasi imun. Artinya dilansir oleh National Multiple Sclerosis Society, sistem yang dirancang untuk menjaga kesehatan tubuh justru menyerang bagian-bagian vital tubuh.

Akibatnya, pelindung sel saraf yang rusak bisa menyebabkan berkurangnya fungsi di otak dan sumsum tulang belakang.

Multiple sklerosis termasuk penyakit dengan gejala tak terduga dan bervariasi dalam intensitas. Beberapa orang bisa mengalami kelelahan dan mati rasa.

Pada kasus yang lebih parah, multiple sclerosis bisa menyebabkan kelumpuhan, kehilangan penglihatan dan berkurangnya fungsi otak.

Multiple Sklerosis pada Wanita

multiple sclerosis - 1.jpg

Foto: shutterstock.com

Menurut National Multiple Sclerosis Society, wanita berisiko dua hingga tiga kali lebih banyak menderita multiple sclerosis daripada pria.

Secara umum, multiple sclerosis menyerang pria dan wanita dengan cara yang sama. Namun, dokter tidak bisa memprediksi gejala yang dialami pasien, tingkat keparahan gejalanya atau perkembangan penyakit.

Karena, penyakit ini menyerang myelin secara acak dan saraf yang terpengaruh bisa berbeda dari orang ke orang.

Meskipun pria dan wanita dengan multiple sclerosis sering mengalami gejala yang sama. Tetapi, faktor-faktor tertentu, seperti menstruasi, kehamilan dan menopause dapat memengaruhi gejala multiple sclerosis pada wanita.

Baca Juga: 8 Mitos dan Fakta Multiple Sclerosis

Gejala Multiple Sklerosis pada Wanita

multiple sclerosis - 2 - Medscapecom.jpg

Foto: Medscape.com

Gejala multiple sclerosis pada wanita mirip dengan pria, tetapi dilansir oleh medicalnewstoday.com mereka bisa mengalami gejala tambahan karena perubahan hormon.

Multiple sclerosis juga bisa memengaruhi kesehatan seksual wanita dan fungsi kandung kemih secara berbeda. Berikut ini gejala MS pada wanita.

1. Masalah Penglihatan

Bagi banyak orang, masalah penglihatan adalah gejala multiple sclerosis yang pertama kali terlihat. Multiple sclerosis bisa menyebabkan berbagai masalah penglihatan, meliputi:

Orang dengan MS mengembangkan masalah penglihatan, karena saraf optik mereka meradang atau mereka memiliki kerusakan saraf di jalur yang mengontrol koordinasi visual dan pergerakan mata.

Sementara itu, masalah penglihatan akibat MS bisa mengerikan. Meskipun sebagian besar bisa sembuh tanpa pengobatan atau dengan pengobatan.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Ketahui Tahap Perkembangan Penglihatannya

2. Mati Rasa

Mati rasa pada wajah, tubuh, lengan atau kaki adalah gejala umum dari multiple sclerosis. Kondisi ini seringkali merupakan salah satu gejala awal dari multiple sclerosis.

Mati rasa bisa terjadi dari yang paling ringan, hampir tidak terlihat sampai cukup parah. Sehingga gejala ini mungkin mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti ketika memegang benda dan berjalan.

Sebagian besar kasus, periode mati rasa akibat multiple sclerosis sembuh tanpa obat dan tidak menjadi cacat permanen.

3. Masalah Kandung Kemih

Masalah kandung kemih memengaruhi setidaknya 80 persen orang dengan multiple sclerosis. Masalah ini terjadi ketika bekas luka pada saraf merusak sinyal saraf yang diperlukan untuk fungsi sfingter dan kandung kemih.

Baca Juga: 3 Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Balita, Kenali di Sini!

4. Masalah Usus

Banyak orang dengan multiple sclerosis juga mengalami masalah usus, seperti sembelit, diare dan kehilangan kontrol usus.

Masalah usus dapat memperburuk gejala multiple sclerosis lainnya, terutama masalah kandung kemih, kekakuan otot dan kejang otot tak disengaja.

Para peneliti berpikir bahwa orang dengan MS memiliki masalah dalam mengontrol usus, karena kerusakan neurologis akibat penyakitnya.

Beberapa orang dengan MS mungkin juga kesulitan mengontrol usus ketika mereka mengalami konstipasi.

5. Pusing dan Vertigo

Beberapa orang dengan multiple sclerosis juha mengalami pusing dan sensasi kepala pusing, lemah hingga pingsan.

Pada kasus yang jarang terjadi, penderita juga bisa mengalami vertigo yang membuat seolah-olah seseorang atau lingkungannya berputar.

Multiple sclerosis bisa menyebabkan vertigo dengan merusak jalur yang mengoordinasikan input spasial, visual dan sensorik. Jalur ini yang dibutuhkan otak untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh.

Gejala vertigo meliputi masalah keseimbangan, mabuk, mual dan muntah, pusing dan sensasi berputar.

Baca Juga: Pusing Saat Hamil Umum Terjadi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

6. Masalah Seksual

Orang dengan multiple sclerosis sering mengalami masalah seksual dan mungkin merasa sulit untuk terangsang atau orgasme.

Multiple sclerosis bisa mengurangi pelumasan vagina alami, yang berpotensi membuat hubungan seksual menyakitkan bagi wanita.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan masalah seksual dengan merusak saraf di jalur respons seksual, yang menghubungkan otak dan organ seksual.

Orang dengan multiple sclerosis bisa mengalami masalah dengan seks akibat gejala multiple sclerosis lainnya, seperti kejang otot dan kekakuan, perubahan mood dan kelelahan.

Itulah tanda multiple sclerosis pada wanita yang bisa Moms kenali. Jadi, segera periksakan ke dokter, ya, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait