Trimester 1

TRIMESTER 1
16 Desember 2020

Ini Tanda-tanda Hamil Kosong yang Perlu Moms Ketahui, Catat!

Saat trimester pertama, tak jarang beberapa Moms mengalami yang namanya hamil kosong
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Moms mengetahui bahwa tengah mengandung Si Kecil, tentu akan merasa senang. Sayangnya, pada pemindaian 12 minggu, Moms dan Dads diberitahu bahwa ada kantung kehamilan tetapi tidak ada bayi. Ia pun diberitahu bahwa ini merupakan tanda hamil kosong atau blighted ovum.

Menurut American Pregnancy Association, hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim, tetapi embrio tidak berkembang. Sel berkembang membentuk kantung kehamilan, tetapi tidak untuk embrio itu sendiri. Hamil kosong terjadi dalam trimester pertama, seringkali sebelum Moms mengetahui bahwa hamil.Tingkat kelainan kromosom yang tinggi biasanya menyebabkan tubuh wanita mengalami keguguran secara alami.

Satu hal yang perlu diketahui adalah ketika mengalami hamil kosong, maka berilah diri sendiri waktu untuk berduka karena tetap saja masuk ke dalam jenis keguguran. Moms dapat membantu diri sendiri dalam proses berduka dengan mempelajari lebih lanjut tentang cara bertahan dari keguguran.

Tanda-tanda Hamil Kosong

Tanda hamil kosong, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Misscariage Association, hamil kosong terjadi ketika sel-sel Si Kecil berhenti berkembang sejak dini, dan embrio kecil diserap kembali. Namun, kantung kehamilan, tempat bayi seharusnya berkembang terus tumbuh, lalu apa saja tanda-tanda hamil kosong?

1. Bercak atau Pendarahan Vagina

Tanda-tanda hamil kosong yang pertama adalah bercak atau pendarahan vagina. Pendarahan vagina atau bercak biasanya normal terjadi pada trimester pertama. Namun, Moms harus segera menemui dokter kandungan jika mengalami pendarahan lebih berat yang mirip dengan menstruasi.

2. Kram Perut

Beberapa kram perut selama kehamilan juga sering terjadi. Namun bila terlau sering baiknya untuk memeriksakan jika Moms khawatir terutama jika disertai dengan tanda-tanda hamil kosong seperti pendarahan atau demam. Kram perut saat hamil dapat menunjukkan komplikasi kehamilan seperti kehamilan ektopik.

3. Ultrasonografi Abnormal

Tanda-tanda hamil kosong yang selanjutnya adalah ultrasonografi abnormal. Dokter kandungan akan melihat kantung kehamilan yang lebih kecil dari yang diharapkan yang tidak mengandung embrio.

Tingkat hCG yang lebih Rendah

Apabila Moms melakukan tes darah dan menunjukkan tingkat hormon hCG lebih rendah dari hormone kehamilan sekitar enam hingga delapan minggu, maka bisa dipastikan adanya kemungkinan tanda-tanda hamil kosong.

Hilangnya Nyeri Payudara

Biasanya kehamilan membuat nyeri payudara. Namun, hilangnya nyeri payudara juga bisa menjadi tanda-tanda hamil kosong lantaran embrio sudah tidak lagi ada dan tubuh tidak perlu memerlukan perubahan kehamilan seperti seharusnya.

Baca Juga: Mengenal Blighted Ovum, Kondisi Kandungan Tidak Berkembang

Penyebab Hamil Kosong

Tanda hamil kosong, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

1. Tidak Diketahui

Penyebab hamil kosong biasanya tidak diketahui. Ini diduga oleh kelainan kromosom yang terjadi di dalam sel telur yang telah dibuahi. Ini mungkin disebabkan oleh genetika, atau kualitas telur maupun sperma yang buruk. Sehingga kondisi hamil kosong tidak disebabkan oleh apa yang Moms lakukan atau tidak dilakukan, baik selam atau sebelum kehamilan terjadi.

Hamil kosong dapat terjadi begitu awal sehingga tidak dikenali. Namun, banyak wanita yang didiagnosis dengan kondisi ini terus mengalami kehamilan yang sehat. Tidak jelas apakah hamil kosong terjadi paling sering pada kehamilan pertama kali atau terkadang terjadi lebih dari sekali.

2. Kelainan pada Kromosom 9

Iran Journal of Reproductive Medicine mengungkap apabila Moms mengalami berulang kali kehamilan kosong ada kemungkinan terkait dengan kelainan kromosom 9. Sehingga, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter kandungan tentang analisis kromosom embrio.

Moms mungkin memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengalami hamil kosong daripada populasi umum jika Dads secara biologis terkait dengan Moms. Selain itu, Tubuh Moms mengenali kromosom abnormal pada janin dan secara alami tidak berusaha melanjutkan kehamilan karena janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Hal ini dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak normal, atau kualitas sperma atau sel telur yang buruk.

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan

Setelah keguguran yang disebabkan hamil kosong, hasil konsepsi dan lapisan rahim harus keluar dari tubuh. Nah, pada kebanyakan kasus, proses ini secaar alami akan dimulai dengan sendirinya dalam waktu dua minggu setelah diagnosis.

Menunggu pendarahan keguguran ini berlanjut secara alami dikenal sebagai manajemen hamil. Meskipun manajemen hamil merupakan pilihan yang masuk akal bagi sebagian orang, ketidakpastian yang terkait dengan menunggu sambil terus mengandung kehamilan yang tidak dapat hidup dapat menimbulkan beban emosional.

Akibatnya, ketika diagnosis keguguran dipastikan sebelum perdarahan dimulai, intervensi dapat ditawarkan. Daripada menunggu, beberapa wanita memilih prosedur pembedahan yang dikenal sebagai dilatasi dan kuretase (D&C) atau manajemen medis dengan obat yang disebut Cytotec (misoprostol).

Intervensi ini membuat proses keguguran fisik lebih dapat diprediksi, meminimalkan masa tunggu yang terkait dengan memungkinkan terjadinya keguguran secara alami. Bagi beberapa orang, menyelesaikan proses keguguran secara fisik dengan intervensi medis membantu proses berduka. Bagi yang lain, membiarkan keguguran berlangsung secara alami lebih disukai.

Ciri-Ciri Hamil Kosong

Tanda hamil kosong, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

1. Alami Keguguran Sebelum Usia Kehamilan 8 Minggu

Disability Health Journal mengungkap keguguran sebenarnya sangat umum terjadi dengan sekitar 10-20% kehamilan. Dalam statistic tersebut, keguguran dini paling umum terjadi dengan 80 persen diantaranya pada 12 minggu pertama. Selain itu, banyak wanita mengalami satu atau beberapa kali keguguran sebelum mereka hamil secara normal.

Statistik tentang seberapa umum blighted ovum sulit diukur karena kesulitan mendiagnosis kondisi tersebut. Karena itu terjadi begitu dini, wanita mungkin tidak tahu bahwa mereka hamil dan tidak menyadari terjadinya keguguran. Dari apa yang diketahui, para ahli percaya bahwa kehamilan kosong merupakan sepertiga dari keguguran yang terjadi sebelum usia kehamilan 8 minggu dan ke-13.

2. Diketahui Saat USG Pertama

Ciri-ciri hamil kosong sering ditemukan pada USG pertama yang diberikan selama janji pranatal. Sonogram akan menunjukkan plasenta dan kantung embrionik kosong. Hamil kosong biasanya terjadi antara minggu ke-8 dan ke-13 kehamilan.

Hamil kosong tidak dicegah, bila Moms khawatir tentang kondisi ini maka bicarakan dengan dokter kandungan kemungkinan penyebab genetic dan prosedur pengujian, yang dapat membantu menghindarinya. Diskusikan juga dengan dokter kandungan tentang paparan racun di lingkungan. Ini mungkin terkait dengan hamil kosong dan keguguran.

3. Tetap Alami Gejala Kehamilan

Moms walaupun mengalami ciri-ciri hamil kosong tetap mengalami gejala kehamilan seperti payudara sakit, mual dan kelelahan disebabkan oleh peningkatan tingkat hormon kehamilan di tubuh Moms. Mereka tidak dapat memberi tahu apakah Si Kecil berkembang dengan baik atau tidak.

Walaupun telah mengalami hamil kosong serta keguguran, kadar hormone kehamilan bisa tetap tinggi untuk beberapa waktu setelah Si Kecil telah tiada. Jadi tes kehamilan masih bisa positif dan Moms mungkin mengira masih tetap merasa mengandung. Untuk alasan ini, tes ultrasound biasanya diperlukan untuk mendiagnosis hamil kosong untuk memastikannya.

Baca Juga: Sandra Dewi Pernah Mengalaminya, Ini 3 Fakta tentang Blighted Ovum

Pengobatan untuk Kehamilan Kosong

Tanda hamil kosong, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Dalam kebanyakan kasus, hamil kosong tidak memerlukan perawatan, karena tubuh, saat menyadari bahwa embrio tidak berkembang, mengeluarkan jaringan secara otomatis. Namun, doketer kandungan perlu menerima panggilan saat kondisi tersebut terdeteksi. Ini mungkin termasuk yang berikut:

1. Obat

Dokter kandungan mungkin meresepkan Misoprostol atau Cytotec, yang menyebabkan keguguran. Itu bisa diambil secara oral atau dimasukkan ke dalam vagina. Moms akan mengalami pendarahan dalam 2-3 hari. Ingatlah bahwa obat-obatan juga dapat menyebabkan mual, diare, atau kram perut.

2. Dilatasi dan Kuretase (D&C)

Dilatasi dan kuratase adalah prosedur pembedahan untuk membersihkan jaringan embrio. Ini dilakukan dengan menggunakan anestesi kadang-kadang atau kebanyakan dibius. Mulut serviks dilatasi dengan alat bedah, dan jaringan diangkat dengan bantuan hisap, atau dibuang. Meskipun tidak ada komplikasi dalam prosedur ini, mungkin ada beberapa masalah seperti perforasi rahim, perdarahan, atau sindrom Asherman.

3. Pengusiran Jaringan Secara Alami

Moms dapat menunggu keguguran terjadi secara alami, tetapi itu juga dapat meningkatkan kecemasan diri. Selain itu, ada kemungkinan bahkan setelah menunggu, karena produk yang ditahan, Moms mungkin memerlukan intervensi medis. Pengusiran alami bisa memakan waktu hingga dua minggu. Satu-satunya manfaat menunggu adalah tidak ada kemungkinan komplikasi yang timbul dari pembedahan atau obat-obatan.

Sementara itu, Penyembuhan fisik setelah keguguran berbeda untuk setiap wanita. Penyembuhan dapat bervariasi tergantung pada apakah keguguran terjadi secara alami, atau melalui A&C, dan seberapa lama Moms dalam kehamilan.

Seorang wanita yang sembuh setelah keguguran hamil kosong mengalami pendarahan hebat dan juga kram. Dia dapat terus mengonsumsi vitamin prenatal, tetapi pantang berhubungan seks, douching, dan menggunakan tampon setidaknya selama satu bulan

Tip untuk Menghindari Kesalahan Diagnosis Hamil Kosong

Tanda hamil kosong, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Ada kemungkinan jika Moms mengalami kesalahan diagnosis hamil kosong selama awal kehamilan. Si Kecil biasanya mulai berkembang setelah minggu ke-5 dan baru terlihat dalam gambar ultrasound setelah itu.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan setiap wanita hamil untuk menghindari kesalahan diagnosis dari hamil kosong. Tubuh wanita dapat menunjukkan tanda-tanda yang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu, selalu lebih baik 100% yakin akan kondisi tersebut untuk mengambil tindakan yang diperlukan, yaitu:

  • Sebaiknya tunggu USG sampai Moms mencapai minggu ke-7 kehamilan. Ultrasonografi mungkin diperlukan lebih awal jika ada tanda-tanda komplikasi.
  • Moms selalu dapat mengambil opini kedua untuk memastikan kondisinya. Hal ini dilakukan guna memastikan benar atau tidaknya hamil kosong yang tengah dialami ini.

Baca Juga: Hamil Setelah Keguguran, Apakah Berbahaya?

Itulah tanda-tanda hamil kosong yang perlu Moms ketahui. Di sisi lain, hamil kosong tidak memengaruhi kemungkinan memiliki bayi lagi. Sesuai statistik, wanita yang pernah mengalami keguguran memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada hamil berikutnya.

Dokter akan merekomendasikan untuk mencoba lagi setelah Moms mengalami menstruasi pertama setelah keguguran. Wajar jika Moms merasa cemas setelah keguguran, tetapi mereka harus menunggu setidaknya sampai mereka mendapatkan menstruasi berikutnya, all is well.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait