Parenting

31 Agustus 2021

Jenis-Jenis dan Cara Menerapkan Tata Tertib di Rumah untuk Anak-anak

Inilah tujuan dibuatnya tata tertib di rumah untuk anak-anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap tempat yang Moms dan Si Kecil datangi pasti memiliki aturannya masing-masing. Untuk itu, Moms dan Dads sebagai orang tua pun perlu membuat tata tertib di rumah.

Tujuan diterapkannya tata tertib di rumah, yakni agar anak tahu apa yang diperbolehkan dan jenis perilaku apa yang dilarang. Dengan menetapkan aturan yang jelas, Moms dan Dads pun dapat meminimalisir masalah perilaku dan meningkatkan kedisiplinan pada anak.

Anak-anak membutuhkan aturan yang cukup untuk merasa aman dan terlindungi. Namun, sebaiknya tidak memberi mereka terlalu banyak aturan karena justru mungkin akan menghambat perkembangan mereka.

Baca Juga: Moms dan Dads Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Disiplin Bagi Anak

Jenis-jenis Tata Tertib di Rumah dan Tujuannya

Berapapun usia anak Moms, berikut beberapa jenis tata tertib di rumah yang sebaiknya diterapkan.

1. Tata Tertib tentang Keselamatan

tata tertib di rumah - 1

Foto: Orami Photo Stock

Tata tertib di rumah yang sebaiknya orang tua buat dan terapkan pada anak-anak ialah mengenai keselamatan, baik secara fisik maupun emosional.

Ketika anak-anak merasa aman, mereka pun bebas dalam memfokuskan energi mereka untuk mengeksplorasi bakat dan lingkungannya.

Keamanan fisik meliputi aturan untuk tidak melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti melompat dari atas tempat tidur dan lainnya.

Sementara keamanan emosional dapat mencakup aturan yang mengajarkan anak untuk terbuka atas perasaan mereka dan larangan berkata yang tidak baik.

Baca Juga: 8 Cara Mengajarkan Anak Perkalian Menyenangkan dan Mudah Dihafal

2. Tata Tertib tentang Moralitas

tata tertib di rumah - 2

Foto: Orami Photo Stock

Tata tertib di rumah lainnya yang dapat Moms dan Dads buat serta terapkan pada si Kecil, yakni tentang moralitas. Misalnya, dengan mengajarkan mereka untuk selalu meminta maaf ketika salah, tidak menyakiti orang lain, dan selalu berbuat baik kepada orang lain.

Dengan demikian, anak pun terbiasa menjadi pribadi yang positif dan bermanfaat bagi lingkungannya. Kebiasaan ini tentu akan berdampak baik bagi dirinya dimana pun anak Moms berada.

Dalam menerapkan tata tertib yang satu ini, Moms harus sering mencontohkan. Jadi, jangan hanya memerintah mereka ya, Moms.

Baca Juga: Kinestetik Adalah Kecerdasan Penting bagi Anak, Begini Cara Mengajarkannya pada Si Kecil

3. Tata Tertib yang Mengembangkan Kebiasaan Sehat

tata tertib di rumah - 3

Foto: Orami Photo Stock

Tata tertib di rumah selanjutnya yang sebaiknya diterapkan pada anak sejak dini, yaitu tentang tata tertib yang dapat mengembangkan kebiasaan sehat.

Misalnya, kebiasaan untuk sikat gigi secara teratur, menjaga kebersihan diri, merapikan pakaian dan tempat tidur, serta hal-hal dasar lainnya.

Cara ini merupakan jenis tata tertib yang sangat baik untuk anak-anak karena mereka dapat belajar mandiri sedini mungkin. Selain itu, juga dapat melatih tanggung jawab.

Namun dalam menerapkannya di rumah, Moms dan Dads sebaiknya memulainya sesuai dengan usia anak. Jadi, anak bisa menjalankannya dengan mudah tanpa perlu merasa terbebani.

Jangan lupa untuk selalu sabar dalam membentuk kebiasaan pada anak ya, Moms.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Mengajarkan Table Manner kepada Anak

4. Tata Tertib yang Mengembangkan Keterampilan Sosial

tata tertib di rumah - 4

Foto: Orami Photo Stock

Anak-anak juga membutuhkan tata tertib atau aturan yang mengajari mereka keterampilan sosial. Ini termasuk bagaimana berperilaku dengan anggota keluarga serta teman sebaya.

Contoh aturan yang mengajarkan cara yang tepat untuk berinteraksi dengan orang lain, yakni membiasakan anak untuk berbagi dengan sesama. Iringi dengan penjelasan yang mudah dipahami Si Kecil sehingga mereka pun mengerti makna berbagi.

Mulai lah hal ini dengan saudaranya di lingkungan keluarga. Dengan demikian, anak pun terbiasa menerapkannya saat bersama dengan teman sebayanya di sekolah atau orang lain yang ditemuinya.

Dalam hal ini, berbagi bisa meliputi memberi mainan atau makanan, bisa juga berbagi giliran dalam bermain.

Baca Juga: 11 Cerita Rakyat yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak, Yuk Bacakan!

5. Tata Tertib yang Bisa Mempersiapkan Masa Depan Anak

tata tertib di rumah - 5

Foto: Orami Photo Stock

Anak-anak juga membutuhkan tata tertib di rumah yang bisa membantu mempersiapkan mereka untuk menjadi dewasa. Oleh karena itu, tetapkan aturan yang mengajarkan keterampilan hidup yang akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik begitu mereka hidup di luar lingkungan keluarga.

Namun, membuat dan menerapkan tata tertib yang satu ini tidaklah mudah. Untuk mengembangkan keterampilan ini, akan sangat bergantung pada temperamen anak-anak. Jadi, carilah metode yang paling sesuai dengan anak Moms.

Beberapa anak cenderung berperilaku bertanggung jawab dan tetap termotivasi dengan pekerjaan sekolah mereka, sementara anak-anak lain membutuhkan aturan tambahan sebagai bentuk dukungan.

Misalnya, menetapkan aturan tentang tugas dan uang untuk membantu mempersiapkan anak-anak di lingkungan kerja nantinya. Moms bisa memberikan anak-anak tugas dan kesempatan untuk mendapatkan uang saku.

Kemudian, ajari mereka tentang uang agar mereka bisa belajar menabung dan membelanjakan uang dengan bijak sehingga mereka lebih siap untuk membayar kebutuhan mereka sendiri sebagai orang dewasa nantinya.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Yuk Amalkan!

Tips Membuat dan Menerapkan Tata Tertib di Rumah untuk Anak-anak

cara membuat dan menerapkan tata tertib di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui jenis-jenis tata tertib, Moms juga perlu mengetahui tips membuat dan menerapkannya pada anak di rumah.

1. Libatkan Anak

Hal pertama yang sebaiknya Moms lakukan sebelum menerapkan tata tertib di rumah, yakni melibatkan mereka dalam membuat aturan.

Cobalah untuk bersikap terbuka dan buat diskusi yang menyenangkan. Dengan begitu, anak pun tidak merasa terpaksa atau terlalu tertekan dalam menjalankan aturan yang berlaku.

Beri juga mereka pengertian tentang tujuan dibuatnya tata tertib tersebut.

Jelaskan juga apa yang menjadi alasan Moms dalam membuat aturan. Ketika anak Moms telah paham, mereka pun akan lebih mudah dalam menjalankannya.

2. Beri Contoh

tips membuat dan menerapkan tata tertib di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Tips berikutnya, yaitu jadilah teladan yang baik bagi anak-anak. Tata tertib di rumah yang telah dibuat tidak hanya harus dipatuhi oleh anak-anak, tetapi Moms dan Dads juga sebagai orang tua.

Jadi, jangan hanya memberi perintah ya, Moms. Hal-hal yang dicontohkan oleh orang tua biasanya dapat menjadi motivasi anak untuk melakukan hal yang sama, lho.

Dalam menjalankan aturan yang telah dibuat pun, Moms harus bersiap untuk selalu menerapkannya setiap saat. Dengan demikian, anak akan menjadi pribadi yang selalu menaati tata tertib.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Mengatasinya, Orang Tua Wajib Tahu!

3. Buat Konsekuensi

Dalam menegakkan tata tertib, Moms dan Dads juga perlu membuat konsekuensi atau hukuman apabila aturan dilanggar.

Hal ini bertujuan untuk membuat anak Moms lebih disiplin dan memupuk rasa tanggung jawab.

Itulah jenis-jenis tata tertib di rumah yang sebaiknya Moms buat dan terapkan pada anak. Semoga informasinya dapat bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.verywellfamily.com/types-of-rules-kids-need-1094871
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait