3-12 bulan

3-12 BULAN
18 November 2020

Kenali Tepung Gasol, Tepung MPASI Organik Produksi Lokal

Tidak heran kalau tepung Gasol sangat diminati untuk memenuhi makanan pokok sehari-hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Masa MPASI (makanan pendamping ASI) merupakan proses yang dimulai ketika pemberian ASI saja tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Oleh karena itu diperlukan makanan dan cairan lain yang dikonsumsi oleh bayi bersamaan dengan ASI.

Mengutip WHO, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang terus berkembang, bayi harus menerima makanan pendamping yang cukup gizi dan aman, sambil terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi tidak bisa sembarangan. Moms harus mengetahui apakah produk yang digunakan aman atau tidak.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Sebagai MPASI Bayi, Luar Biasa!

Akhir-akhir ini, muncul produk tepung Gasol untuk MPASI yang sering dibahas oleh para Moms dalam berbagai forum. Apa yang membuatnya begitu istimewa?

Tepung Gasol untuk MPASI

tepung gasol untuk mpasi.jpg

Foto: freepik.com

Produk tepung Gasol meliputi tepung beras, tepung jagung, tepung kacang-kacangan, dan lain-lain yang ditanam secara organik dan lebih sehat.

Padi dan tanaman lain yang ditanam oleh Gasol tidak tercampur dengan bahan-bahan seperti pupuk dan pestisida yang bersifat kimiawi. Nama tepung Gasol diambil dari nama tempat asalnya, yaitu Desa Gasol yang terletak di Cianjur, Jawa Barat.

Mengutip dari Gasolorganik.com, tepung Gasol memiliki keunggulan yaitu benih padi yang ditanam untuk menghasilkan beras dan diolah menjadi tepung beras yang digunakan, merupakan benih unggul dan bukan merupakan hasil rekayasa genetika.

Keunggulan tepung Gasol untuk MPASI juga karena bebas gluten dan diproduksi tanpa bahan pengawet, perasa, pewarna dan pewangi buatan.

Untuk itulah, banyak Moms yang mempercayai tepung Gasol sebagai salah satu bahan makanan saat Si Kecil memasuki masa MPASI.

Tepung Gasol untuk MPASI terdiri dari berbagai macam varian agar Si Kecil terpenuhi kebutuhan gizinya.

Di antaranya adalah tepung beras merah, putih, dan hitam, juga ada tepung pisang, tepung ubi, dan masih banyak varian lainnya yang cocok untuk dibuat MPASI.

Masing-masing varian membawa manfaat nutrisi yang berbeda sesuai dengan bahan bakunya.

Baca Juga: Bukan Nasi Putih, Ini 5 Jenis Beras Terbaik untuk Kesehatan

Manfaat Tepung Gasol

manfaat tepung gasol.jpg

Foto: janiesmill.com

Tepung Gasol dikenal sebagai tepung yang bersifat organik dan lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Karena bahan-bahan alami dan organiknya ini, tepung Gasol juga tidak memancing reaksi alergi pada bayi.

Tepung Gasol memiliki ragam varian yang bermanfaat untuk perkembangan Si Kecil dan cocok dijadikan MPASI. Lalu, apa saja manfaat tepung Gasol untuk MPASI?

1. Tepung Gasol Beras Merah

Beras merah sering dipilih sebagai bahan makanan pokok untuk bayi. Hal ini karena beras merah mengandung nutrisi dan gizi yang sedikit berbeda dengan beras putih biasa.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, menunjukkan beras merah mengandung antioksidan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras coklat yang dapat melawan radikal bebas secara signifikan.

Manfaat tepung Gasol beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk menghasilkan energi dan tumbuh kembang Si Kecil. Tepung Gasol beras merah juga tinggi serat, sehingga membantu Si Kecil belajar mencerna makanan lebih baik.

Manfaat tepung Gasol beras merah juga sebagai pemenuh kebutuhan selenium, magnesium, fosfor serta Vitamin B1 dan B3.

Proses germinated tepung Gasol beras merah membuat kandungan Asam Amino Esensial Lysine menjadi 3 kali lipat dan Gamma-Aminobutyric Acid (GABA) menjadi 10 kali lipat, serta kandungan asam amino lainnya berperan untuk pembentukan protein yang baik untuk pertumbuhan fisik dan otak.

Mineral dan vitamin dalam tepung Gasol beras merah bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh, perkembangan otak dan fisik, memelihara jantung dan saraf, menjaga kesehatan ginjal, tulang dan gigi, membentuk sel darah merah, serta membantu metabolisme protein dan karbohidrat.

2. Tepung Gasol Beras Coklat

Tepung Gasol beras coklat yang berasal dari beras Cianjur lokal juga cocok menjadi bahan makanan yang dipilih para Moms untuk MPASI.

Sama seperti tepung Gasol beras merah, tepung Gasol beras coklat juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik sebagai sumber energi.

Manfaat tepung Gasol beras coklat salah satunya adalah baik untuk pencernaan Si Kecil yang baru belajar mencerna makanan karena mengandung serat yang tinggi.

Selain itu, tepung Gasol beras coklat juga diproses germinated, sehingga kandungan asam amino di dalamnya naik beberapa kali lipat.

Tepung Gasol beras coklat juga mengandung fosfor, kalsium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk mencegah anemia pada Si Kecil.

3. Tepung Gasol Beras Hitam

Keunggulan manfaat tepung Gasol beras hitam terletak di kandungan protein dan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis beras lainnya.

Tepung Gasol beras hitam juga mengandung zat anthocyanin, jenis antioksidan alami yang baik untuk membantu tubuh melawan radikal bebas.

Dalam salah satu penelitianBMC Chemistry, menunjukkan beras hitam memiliki antioksidan tertinggi dari semua jenis beras. Antioksidan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada Si Kecil dalam melawan sumber penyakit.

4. Tepung Gasol Kacang Merah

Selain tepung beras, tepung Gasol juga memiliki varian tepung kacang merah.

Kacang merah memiliki kandungan vitamin B kompleks, serat, asam lemak omega-3, protein, zat besi, folat, dan berbagai mineral lainnya yang baik untuk kesehatan Si Kecil.

Manfaat tepung Gasol kacang merah yang cukup penting yaitu memenuhi kebutuhan folat dan zat besi.

Folat dan zat besi dibutuhkan Si Kecil untuk perkembangan otak, kekebalan tubuh, dan fungsi otot.

Kandungan folat dalam kacang merah juga bermanfaat untuk membangun jaringan sumsum tulang belakang, DNA, produksi sel, sistem pencernaan, dan sistem saraf.

Baca Juga: Berapa Banyak Porsi MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

5. Tepung Gasol Sorghum

Tepung Gasol juga memiliki varian tepung Gasol sorghum. Sorgum atau sorghum adalah salah satu jenis biji-bijian yang cocok sebagai alternatif nasi untuk makanan pokok sehari-hari.

Dikutip dari Healthline, sorghum kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, dan seng, yang dapat mendukung tumbuh kembang bayi.

Manfaat tepung Gasol sorghum untuk MPASI juga sebagai sumber serat, antioksidan dan protein yang sangat baik.

Kandungan pati dan protein pada sorghum dipercaya dapat memberikan cadangan energi yang cukup untuk Si Kecil yang aktif. Hal ini karena kandungan pati dan protein pada sorghum bertahan lebih lama saat dicerna.

6. Tepung Gasol Kacang Hijau

Kacang hijau banyak dipilih oleh para Moms sebagai MPASI pada tahap pertama karena kandungan gizinya yang baik untuk pertumbuhan. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pembentukan sel tubuh.

Kacang hijau merupakan sumber zat besi, protein dan serat yang dibutuhkan tubuh Si Kecil agar berkembang maksimal.

Kacang hijau juga mengandung Vitamin A dan C yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Kandungan folat pada kacang hijau berguna untuk membantu perkembangan otak agar Si Kecil tumbuh cerdas.

Selain itu, kandungan fosfor dan kalsium yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Manfaat tepung Gasol kacang hijau tidak berhenti sampai di situ. Tepung yang cocok untuk MPASI ini juga mengandung flavonoid, yang berperan sebagai antimikroba dan anti inflamasi untuk melawan bakteri dan virus.

Agar daya tahan Si Kecil semakin kuat, tepung kacang hijau juga mengandung vitamin A, C, E, K, dan B6 yang memperkuat sistem imun.

7. Tepung Gasol Five Grains

Moms bingung menentukan mana tepung Gasol yang sebaiknya dipilih untuk Si Kecil? Jangan bingung karena varian tepung Gasol Five Grains hadir untuk melengkapi kebutuhan Moms.

Tepung Gasol Five Grains berisi campuran beras coklat, beras merah wangi, sorghum, kacang hijau, dan kacang merah.

Karena isinya yang merupakan campuran tepung Gasol yang lain, manfaat tepung Gasol Five Grains juga meliputi manfaat tepung-tepung tersebut sekaligus, seperti mencegah anemia, kaya antioksidan, memperkuat tulang dan gigi, serta mudah dicerna.

Baca Juga: 5 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

Cara Memasak Tepung Gasol

Memasak tepung gasol cukup dengan merebusnya dengan air

Foto: freepik.com

Cara memasak tepung Gasol untuk MPASI sangat mudah. Tepung Gasol untuk MPASI dapat diberikan dalam bentuk bubur yang bisa dimulai sejak bayi berusia 6 bulan sampai dengan 9 bulan.

Untuk menambahkan gizi pada bayi, tepung Gasol boleh dicampur dengan ASI, protein hewani dan protein nabati.

Cara memasak tepung Gasol untuk MPASI tidak sulit, yaitu cukup campurkan tepung Gasol dengan 200 ml air, lalu masak di atas api sedang selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah matang, tepung Gasol dapat dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Tepung Gasol terbuat dari bahan organik dan tidak menggunakan pengawet sama sekali. Maka saat membeli, Moms harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan sebelum memberikan tepung Gasol untuk MPASI.

Tepung Gasol yang sudah digunakan harus disimpan rapat-rapat di dalam wadah yang kering dan tertutup.

Jika pemakaian tepung Gasol lebih dari 2 minggu, maka dianjurkan untuk menyimpan tepung Gasol di dalam lemari es.

Baca Juga: 4 Resep MPASI Nasi Tim Bergizi untuk Si Kecil

Moms sudah coba tepung Gasol untuk MPASI? Jangan lupa main ke forum Orami untuk rekomendasi dan diskusi seputar MPASI lainnya, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait