Home & Living

11 Juni 2021

6 Tips Membeli Rumah yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan hal-hal di bawah ini untuk menghindari kesalahan saat membeli rumah
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang perlu dipenuhi setiap keluarga. Namun, ada beberapa tips membeli rumah yang perlu Moms ketahui sebelum menentukan tempat tinggal mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Mengingat rumah adalah tempat untuk Moms beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga, jadi memilih rumah tak boleh sembarangan. Pastikan aman, nyaman, serta strategis sehingga memudahkan Moms dan keluarga untuk mobilisasi.

Selain semua hal tersebut, Moms juga perlu memerhatikan lingkungan sekitar rumah yang akan dibeli. Pastikan lokasinya memiliki sistem keamanan baik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan juga potensi bencana dari lingkungan sekitar yang mungkin terjadi di masa mendatang, seperti banjir atau tanah longsor. Tentu Moms dan keluarga tidak ingin mengalami hal ini, bukan? Jadi, pilihlah lokasi yang tidak terlalu berisiko, seperti menghindari rumah di dekat sungai, bukit, atau tebing.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Masalah Keuangan Rumah Tangga

Tips Membeli Rumah

Lalu, apa saja tips membeli rumah yang sebaiknya Moms terapkan untuk mendapatkan hunian yang sesuai? Simak ulasan selengkapnya.

1. Menggunakan Agen Properti

agen properti

Foto: propertyguru.com.my

Jika Moms dan Dads baru pertama kali membeli rumah, cobalah untuk mencari bantuan dengan menggunakan agen properti. Namun, pilihlah agen properti yang terpercaya sehingga mampu memberikan nasihat seputar membeli rumah dengan baik.

Agen properti akan bekerja keras untuk menemukan rumah yang memenuhi kriteria Moms, memberikan saran negosiasi, dan memberi tahu banyak hal penting lainnya tentang proses pembelian rumah.

Apabila Moms belum menemukan agen properti yang tepat, cobalah untuk menemukannya sekarang juga. Dengan mencari rekomendasi agen properti dari keluarga, teman, atau kerabat. Bisa juga mencari agen properti di situs dan media sosial.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa agen properti yang dipilih benar-benar kompeten di bidangnya, ya.

Baca Juga: Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Keuntungan dan Kerugian Punya Rumah Kecil

2. Pilih Rumah yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih rumah yang sesuai kebutuhan

Foto: housing.com

Tips membeli rumah berikutnya, yaitu pilihlah rumah yang sesuai dengan kebutuhan Moms. Misalnya jika Moms dan Dads merupakan pasangan muda yang baru menikah, rumah yang tidak terlalu luas, tetapi cukup untuk keluarga kecil mungkin akan cocok.

Selain luas rumah, jenis-jenis hunian juga perlu untuk dipertimbangkan. Tentukanlah mana jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan, apakah rumah tunggal, town house, bangunan multi-keluarga dengan dua hingga empat unit, atau lainnya.

Perlu Moms ketahui bahwa setiap pilihan memiliki pro dan kontra, tergantung pada tujuan kepemilikan rumah. Jadi, Moms perlu memutuskan jenis properti yang akan membantu mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Minat Beli Rumah Subsidi? Pelajari Kelebihan dan Kekurangannya!

3. Cari Rumah dengan Desain Sesuai Keinginan

desain rumah

Foto: royal-palm.info

Mengingat rumah akan menjadi tempat yang paling banyak untuk menghabiskan waktu dengan pasangan dan anak-anak, Moms mungkin perlu mempertimbangkan fitur rumah secara spesifik, misalnya dari segi desain.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman saat tinggal di rumah yang akan dibeli nantinya.

Misalnya, desain rumah modern yang menggambarkan kepribadian Moms dengan tata letak kamar mandi dan dapur yang dilengkapi dengan peralatan tahan lama atau mungkin rumah tradisional yang tidak memerlukan biaya perawatan terlalu mahal.

Moms bisa mendapatkan rumah impian dan desain yang sesuai keinginan dengan membeli rumah dari developer. Kini, telah banyak developer yang memberikan kebebasan bagi para pembelinya untuk melakukan renovasi sehingga rumah yang dibeli sesuai keinginan mereka.

Baca Juga: Baru Punya Rumah? Ini 11 Perabot Rumah Tangga yang Wajib Dibeli!

4. Hindari Membeli Rumah di Luar Kemampuan

hindari membeli rumah di luar kemampuan

Foto: realtor.com

Hal yang paling penting dari semua tips membeli rumah, yaitu hindari membeli rumah dengan harga yang di luar kemampuan. Jangan paksakan diri Moms dan Dads untuk mengeluarkan anggaran terlalu besar jika rumah yang dipilih tidak sesuai dengan anggaran.

Membeli rumah tanpa memerhatikan kemampuan keuangan bisa membawa petaka di kemudian hari, lho. Moms bisa saja dibebani hutang yang setiap tahun semakin tinggi nilainya.

Moms juga berpotensi mengalami kesulitan keuangan untuk hal lain, seperti tagihan listrik, kendaraan, dan lainnya.

Fokuslah pada pembayaran bulanan yang sekiranya Moms dan Dads mampu, daripada menetapkan jumlah pinjaman maksimum yang memenuhi syarat.

Hanya karena Moms memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman lebih besar, tidak berarti Moms mampu membayar pembayaran bulanan yang menyertainya. Ingatlah masih ada kewajiban keuangan yang lainnya.

Jadi, pertimbangkan seluruh profil keuangan Moms saat menentukan berapa banyak jumlah uang yang bisa digunakan untuk membeli rumah yang sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

5. Periksa Rumah Secara Keseluruhan Sebelum Benar-Benar Membelinya

periksa rumah sebelum membeli

Foto: realtor.com

Ketika telah mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Moms, janganlah terburu-buru untuk membelinya.

Lakukan pemeriksaan rumah dari luar hingga bagian dalam secara keseluruhan. Terutama jika Moms ingin membeli rumah yang pernah ditinggali oleh orang lain sebelumnya.

Tanyakan pada inspektur rumah yang akan memeriksa rumah dan cari tahu laporan terperinci tentang segala hal yang menjadi perhatian.

Jika ada masalah besar, seperti atap yang buruk, rayap, jamur, atau hal-hal lain yang membutuhkan banyak biaya untuk diperbaiki, Moms mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk membeli rumah atau bernegosiasi ulang dengan pemilik saat ini agar dapat menurunkan harga.

Agen properti Moms mungkin dapat turun tangan dan bernegosiasi dalam hal ini.

Baca Juga: 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda

6. Lokasi Rumah Juga Penting untuk Diperhatikan

lokasi rumah strategis

Foto: housingwire.com

Lokasi atau letak tempat tinggal yang Moms pilih juga penting untuk diperhatikan, lho. Meski luas dan desain rumah yang Moms temukan telah sesuai dengan keinginan. Pastikan bahwa lokasinya strategis sehingga memudahkan Moms dan Dads mobilisasi, seperti menghitung jarak dari rumah ke tempat kerja, layanan kesehatan, pendidikan, dan akses penting lainnya.

Selain menjadikan hidup keluarga lebih praktis, pemilihan lokasi pun biasanya akan menentukan budaya atau nilai sosial seperti apa yang akan Moms peroleh.

Cara untuk mengetahui apakah lokasi rumah yang telah Moms pilih sudah sesuai, yaitu dengan meminta bantuan agen properti untuk melacak statistik keamanan lingkungan, mengukur waktu perjalanan dan pertimbangkan hal-hal seperti kedekatan dengan transportasi umum atau jarak saat jalan kaki.

Kunjungi juga lingkungan rumah yang akan dibeli pada waktu berbeda untuk mengetahui lalu lintas, interaksi tetangga, dan suasana keseluruhan. Jadi, Moms dapat mengetahui apakah rumah dan lingkungannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Seperti Apa yang Cocok sesuai Zodiak Kita?

Nah, itulah beberapa tips membeli rumah yang bisa Moms terapkan saat memilih hunian untuk kelua

Namun pastikan bahwa Moms tidak membuat keputusan ketika dalam keadaan emosional saat membeli rumah.

Perhatikan anggaran dan patuhi itu, jangan menjadi terikat secara emosional dengan rumah yang belum menjadi milik Moms.

  • https://www.bankrate.com/mortgages/first-time-homebuyer-mistakes/
  • https://www.wyndhamcapital.com/blog/steps-to-buy-a-house-a-guide-for-first-time-home-buyers
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait