Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
4 April 2021

39 Ucapan Ulang Tahun Islami, Tidak Perlu Bingung Lagi!

Bosan dengan ucapan ulang tahun yang biasa? Coba berikan ucapan ulang tahun Islami seperti di bawah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seperti apa ucapan ulang tahun Islami jika ada seseorang yang berulang tahun? Yuk simak seperti apa ucapan ulang tahun Islami di bawah ini.

Doa adalah wujud dari harapan seseorang. Salah satu momen seseorang membacakan doa biasanya adalah saat mendapati dirinya atau orang lain berulang tahun. Banyak ucapan baik dari orang-orang bagi orang yang sedang berulang tahun.

Dalam definisinya, ulang tahun adalah hari berulangnya suatu peristiwa yang sangat penting terjadi selama satu kali setiap tahunnya. Dalam memberi ucapan selamat ulang kepada keluarga, suami, istri, anak, kedua orang tua, sahabat atau yang lainnya alangkah baiknya jika dalam mengucapkannya menggunakan ucapan ulang tahun Islami.

Ada banyak ucapan selamat ulang tahun yang bisa diberikan kepada yang berulang tahun yang islami dalam bahasa arab. Salah satunya adalah kalimat ‘Barakallah Fii Umrik’, yang artinya “Semoga Allah memberkahi umurmu,”.

Kalimat ini bisa diucapkan kepada siapa saja dengan maksud mendoakan semoga Allah melimpahkan dan memberkahi umur seseorang. Rasulullah bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,”.

Dari hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa mengucapkan selamat ulang tahun yang mengandung arti baik, juga termasuk amal perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang muslim yang baik, menunjukkan kepedulian, dan sikap membahagiakan orang, merupakan tindakan yang baik. Ini bisa dilakukan dengan memberikan ucapan ulang tahun Islami

Baca Juga: Panduan Singkat Etiket Pesta Ulang Tahun Untuk Balita

Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Pasangan

30+ Ucapan Ulang Tahun Islami -1

Foto: Orami Photo Stock

Memberikan ucapan ulang tahun bisa menambah keharmonisan pada pasangan. Menurut studi yang dimuat dalam Association Advancement of Behavior Therapy, pengungkapan ekspresi pada pasangan bisa meningkatkan keintiman satu sama lain.

Sebab, Psychology Today mencata, berbagi keintiman dengan pasangan tidak hanya melalui hubungan seks saja. Mendoakan kebaikan terutama memberikan ucapan ulang tahun Islami tentu akan memberi makna tersendiri bagi pasangan.

Ada beberapa contoh ucapan ulang tahun islami untuk pasangan, misalnya:

  1. Barakallah fii umrik kekasih halalku, istriku tercinta. Pada hari kelahiranmu ini aku memohon kepada Allah yang telah mempersatukan kita. Semoga kita tetap dipersatukan hingga di akhirat kelak. Aammiin.
  2. Istriku tersayang selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu. Maafkan aku tidak bisa memberi hadiah yang mewah dan mahal, sayang. Hadiahku hanyalah doa yang tak henti-hentinya kupanjatkan siang dan malam. Sekali lagi selamat menua sayang.
  3. Teruntuk istriku yang sholehah. Selamat ulang tahun sayang. Terimakasih telah mendampingiku sebagaiamana mestinya. Terimakasih atas doa-doa yang engkau panjatkan setiap hari untukku. Semoga dengan bertambahnya umur ini engkau diberkahi segala sesuatunya.
  4. “Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama”, Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.
  5. Seiring dengan bertambahnya usiamu, semoga semakin disayang Allah SWT, pahala terus bertambah, segala urusan dipermudah… Selamat ulang tahun suamiku…
  6. Barakallahu fii umrik suamiku, dan Semoga dengan bertambahnya usia juga menjadikan kamu insan yang mulia disisi-Nya, semakin disayang Allah dan menyayangi Allah. Aaminn…
  7. Tidak ada yang bisa aku ucapkan lagi selain rasa syukur kepada Allah karena telah memberikan kesempatan kepadaku untuk mengucapkan ulang tahun kepada suamiku tercinta. Semoga engkau selalu diberi kesehatan oleh Allah, diberi umur panjang, dan setia menemaniku sampai maut memisahkan kita.
  8. Suami terkasih, hari ini adalah hari kelahiranmu. Barakallah fii umriik suamiku. Semoga engkau diberi kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi aku hehe. Juga semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada keluarga kecil kita. Aammiin.
  9. Barakallah fii umriik suamiku tercinta. Semoga dengan bertambahnya usia ini Allah semakin mencintaimu dan memberikan rahmatnya juga agar engkau selalu mencintaiku. Maaf karena tidak menyiapkan hadiah untukmu sayang.
  10. Barakallah fii umrik, suamiku. Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki dan kebahagiaan untukmu dan untuk keluarga kita. Semoga Allah menjadikanmu sebagai imam rumah tangga yang penuh tanggung jawab dan kebijaksanaan, serta selalu patuh pada ajaran Allah dan bisa membimbing keluarga pada keimanan. Aamiin.
  11. Selamat ulang tahun suamiku. Semoga engkau bisa selalu menjadi imam terbaik bagi keluarga kecil kita. Terima kasih sudah bersedia menjadi suami yang shalih dan membimbing istrimu. Sama-sama belajar terus untuk sakinah ya, Dear.
  12. Suamiku, sayangku, selamat ulang tahun. Semoga jatah usia di dunia yang semakin berkurang ini, kita dapat menjalani kehidupan dengan baik dan membesarkan anak-anak dalam lindungan Allah SWT. Semoga apa yang kamu impikan dan cita-citakan dapat terwujud. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat untukmu. Kamu adalah suami terbaik dan aku bersyukur menjadi istrimu.
  13. Tak terasa, sudah bertahun-tahun kamu merayakan ulang tahun bersama keluarga kecil kita. Selamat ulang tahun kesayanganku, suamiku. Semoga Allah menjadikanmu sebagai imam terbaik untuk keluarga kecil kita. Dan semoga selalu istiqomah dan bertakwa kepada Allah. Aamiin.
  14. Aku tidak akan berhenti untuk selalu mencintai dan menyayangimu. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada keluarga kecil kita. Selamat ulang tahun suamiku tersayang.
  15. Suamiku, Selamat ulang tahun. Terima kasih sudah menjadi imam terbaik, sudah membimbing dan mengingatkanku dalam segala hal. Semoga Allah selalu melimpahkan Rahmat dan keberkahan untukmu dan untuk keluarga kita. Aamiin.
  16. Teman hidupku sepanjang usia, selamat ulang tahun. Kamu merupakan pasanganku yang aku banggakan, definisi sempurna yang melengkapi cerita hidupku. Semoga Allah limpahkan rahmat dan kebahagiaan untukmu di usia barumu. Aamiin ya Rabbal’alamiin.
  17. Happy birthday, My Husband. Di hari ulang tahunmu ini, Aku sebagai istrimu berdoa agar Allah mengaruniakan dirimu hati yang bersih, ketabahan dalam menjalani hidup, kesempurnaan dalam beribadah.
  18. Barakallah fii umrik, istriku. Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki dan kebahagiaan untukmu dan untuk keluarga kita. Semoga Allah menjadikanmu sebagai istri yang sholihah, mencintai suami dan anak, dan tak kenal lelah merawat keluarga. Semoga Allah selalu meridhoi pengorbananmu. Aamiin.
  19. Selamat ulang tahun istriku. Terima kasih sudah mau mendampingi suamimu yang masih berproses ini. Semoga engkau bisa selalu menjadi istri serta ibu terbaik bagi keluarga kecil kita. Sama-sama belajar terus untuk sakinah ya, Dear.
  20. Happy birthday My Dear Wife. Terima kasih sudah melimpahkan banyak cinta dan kasih sayang padaku dan anak-anak. Aku sangat bersyukur pada Allah atas segalanya. Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertaimu. Aamiin ya Rabbal ‘alamiin.
  21. Istriku, ibu dari anak-anakku, selamat ulang tahun ya. Semoga jatah usia di dunia yang semakin berkurang ini, kita dapat menjalani kehidupan dengan baik dan membesarkan anak-anak dalam lindungan Allah SWT. Semoga apa yang kamu impikan dan cita-citakan dapat terwujud. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat untukmu. Aamiin.
  22. Selalu ada doa dan ucapan tulus dariku untuk istriku ini. Barakallah fii umrik sayang. Semoga cinta dan kasih sayang selalu mewarnai rumah tangga kita. Semoga engkau selalu diberikan Allah kesehatan untuk merawat keluarga kita ini ya, sayang. Sekali lagi, selamat ulang tahun, Istriku.
  23. Tak terasa, sudah bertahun-tahun kamu merayakan ulang tahun bersama keluarga kecil kita. Selamat ulang tahun kesayanganku, istriku. Semoga Allah menjadikanmu tetap kuat dan sabar dalam mendidik anak-anak. Dan semoga selalu istiqomah dan bertakwa kepada Allah. Aamiin.
  24. Happy birthday, istriku. Di hari ulang tahunmu ini, aku berdoa agar Allah mengaruniakan dirimu hati yang bersih, ketabahan dalam menjalani hidup, kesempurnaan dalam beribadah.

Baca Juga: 6 Inspirasi Tema Pesta Ulang Tahun untuk Anak Perempuan

Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Anak

30+ Ucapan Ulang Tahun Islami -2

Foto: Orami Photo Stock

Setelah datang dan disambut dengan suka cita, anak kemudian akan bertumbuh dengan baik. Sebagai bentuk syukur atas pertumbuhan tersebut, tentunya ucapan ulang tahun Islami yang diberikan saat anak berulang tahun merupakan rangkaian doa yang terindah.

Moms dan Dads bisa memberikan ucapan ulang tahun Islami untuk anak, seperti:

  1. Ya Allah Ya Karim.. Karuniakanlah kepada anak-anak kami akhlak yang mulia dan ilmu yang bermanfaat.
  2. Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim… Jadikanlah anak-anak kami, anak yang saleh dan salehah, anak-anak yang taat kepada-Mu, mencintai Rasul-Mu dan berbakti kepada kedua orang tuanya.
  3. Ya Allah Yang Maha Pencipta… Karuniakanlah kepada anak-anak kami kesehatan, kecerdasan, dan pertumbuhan fisik yang sempurna.
  4. Ya Allah Yang Maha Pelindung… Lindungilah anak-anak kami dari segala macam penyakit dan musibah.
  5. Ya Allah Ya Razaaq… Bukakanlah pintu-pintu rizki bagi anak-anak kami, baik rizki yang sudah kami duga maupun rizki yang tidak kami duga.
  6. Selamat ulang tahun, Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh,dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu.
  7. Selamat ulang tahun jagoan/putri kecilku. Jadilah anak yang soleh, pintar, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat menyayangimu. Selamat ulang tahun, nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu ini, bertambah pula ketakwaanmu kepada Allah SWT, semoga Allah juga selalu menyayangimu.
  8. Selamat ulang tahun anakku yang ganteng. Selamat tambah tua. Semoga semakin bertambah usia, bertambah pula kedewasaan kamu. Tetap semangat dalam meraih impian dan cita-cita.
  9. Putri ayah yang paling cantik, semoga bertambahnya usiamu saat ini akan menjadikan engkau semakin dewasa, cantik dan taat kepadaNya.
  10. Selamat ulang tahun sayang. Semoga bertambahnya usiamu menjadikan engkau semakin dewasa, pintar dan menjadi kebanggaan keluarga. Semoga sehat selalu ya sayang.
  11. Banyak pengembalian yang menyenangkan di ulang tahun [masukkan usia]mu! Kamu seorang [putra / putri] yang luar biasa dan kami sangat bangga dengan semua hal yang telah kamu raih tahun lalu. Di sini untuk tahun yang indah ke depan, kami berharap semua impianmu menjadi kenyataan!”
  12. Happy birthday sayang, tak terasa kamu semakin dewasa, semoga dengan bertambahnya usiamu semakin bertambah juga kebaikan dan kebahagiaanmu. Bunda dan Ayah berharap semoga kamu jadi anak yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, berbakti kepada kedua orang tua, dan menjadi teman yang baik buat teman-teman kamu. Amin.
  13. Selamat ulang tahun untuk anakku, di hari yang istimewa ini kamu sudah berubah menjadi baik dan penuh cinta. Kami bangga menjadi orang tuamu.
  14. Selamat ulang tahun anakku tersayang, semoga panjang umur, menjadi anak yang pintar dan berbakti kepada orang tua, Ibu selalu menyayangimu.
  15. Anakku tercinta, di hari teristimewa kamu ini, ayah sengaja memberikan sebuah kado spesial untukmu, sebab hari ini adalah momen spesialmu. Selamat ulang tahun. Semoga cepat besar dan dewasa.

Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

resep-kue-ulang-tahun.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah tahu ucapan ulang tahun Islami, Moms juga wajib tahu hukum merayakan ulang tahun dalam Islam. Banyak yang bilang, Islam tidak mengenal perayaan ulang tahun. Sehingga banyak yang menyarankan untuk tidak merayakannya.

Namun, apakah benar demikian? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Dikutip dari NU Online, ternyata boleh tidaknya merayakan ulang tahun bergantung pada niatnya lho Moms. Niat itu sendiri yang akan menentukan nilai pada tindakan yang dilakukan. Akankah tindakan tersebut bernilai ibadah atau sekadar tradisi yang tidak memiliki unsur ibadah sama sekali. Termasuk dalam merayakan ulang tahun.

Kaum Ahlussunnah Wal Jamaah memandang tradisi semacam ini dengan sikap proporsional, yaitu dengan pendirian bahwa selama di dalam acara tersebut ada unsur-unsur kebaikan, seperti menyampaikan tahni’ah/ucapan selamat kepada sesama muslim, mempererat kerukunan antara keluarga dan tetangga, menjadi sarana sedekah dan bersyukur kepada Allah, serta mendo’akan si anak semoga menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Jika memang seperti itu, maka kegiatan tersebut untuk dilaksanakan karena dianggap tidak bertentangan dengan syari’at Islam.

Maka jika ditanyakan, apakah ada dalil syara’ mengenai peringatan ulang tahun kelahiran? Jawabnya ada, yaitu dalil qiyas, yakni mengqiyaskan masalah ini dengan perilaku sahabat nabi.

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sewaktu sahabat Ka’ab bin Malik menerima kabar gembira dari nabi saw. Mengenai penerimaan taubatnya, maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni’ah).

Berdasarkan riwayat tersebut, maka hukum peringatan ulang tahun adalah mubah, bahkan sebagian ulama mengatakan sunnah hukumnya, namun dengan catatan: selama tidak ada hal-hal yang munkar di dalamnya. Misalnya: menyalakan lilin, memasang gambar patung (walaupun berukuran kecil) di tengah-tengah kue yang dihidangkan atau alatul malahi (alat permainan musik) yang diharamkan.

Karena hal tersebut termasuk syi’ar orang-orang non muslim atau syi’ar orang fasik. Dasar pengambilan hukum seperti tersebut di atas adalah keterangan dari kitab “al-iqna’” juz I hal. 162: “Imam Qommuli berkata: kami belum mengetahui pembicaraan dari salah seorang ulama kita tentang ucapan selamat hari raya, selamat ulang tahun tertentu atau bulan tertentu, sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi al-hafidz al-Mundziri memberi jawaban tentang masalah tersebut.

Memang selama ini para ulama berselisih pendapat, menurut pendapat kami, tahni’ah itu mubah, tidak sunnah dan tidak bid’ah, Imam Ibnu Hajar setelah mentelaah masalah itu mengatakan bahwa tahni’ah itu disyari’atkan, dalilnya yaitu bahwa Imam Baihaqi membuat satu bab tersendiri untuk hal itu dan dia berkata: “Maa ruwiya fii qaulin nas” dan seterusnya, kemudian meriwayatkan beberapa hadits dan atsar yang dla’if-dla’if. Namun secara kolektif riwayat tersebut bisa digunakan dalil tentang tahni’ah.

Secara umum, dalil dalil tahni’ah bisa diambil dari adanya anjuran sujud syukur dan ucapan yang isinya menghibur sehubungan dengan kedatangan suatu mikmat atau terhindar dari suatu mala petaka, dan juga dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa sahabat Ka’ab bin Malik sewaktu ketinggalan/tidak mengikuti perang Tabuk dia bertaubat, ketika menerima kabar gembira bahwa taubatnya diterima, dia menghadap kepada Nabi SAW. Maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah berdiri untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya.”

Itulah beberapa ucapan ulang tahun Islami yang bisa Moms gunakan. Semoga ucapan ulang tahun Islami ini dapat menjadi doa yang diijabah dalam momen satu tahun sekali tersebut. Aamiin.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait