Kesehatan

25 Maret 2021

6 Pilihan Vitamin untuk Kaki Pegal yang Bisa Moms Andalkan

Ternyata ada beberapa vitamin yang ampuh mencegah kaki pegal berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah seharian beraktivitas, Moms pasti akan sangat lelah. Apalagi jika Moms harus bepergian, berjalan jauh, naik turun tangga, hingga menggunakan sepatu hak tinggi sepanjang hari. Aktivitas belum selesai, bisa-bisa Moms sudah merasakan kaki pegal.

Kondisi ini memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Tak heran, banyak orang mencoba berbagai cara supaya kaki pegal ini bisa segera diatasi.

Pegal kaki dapat disebabkan oleh banyak kondisi. Namun, salah satu penyebabnya adalah otot yang kaku setelah berolahraga atau beraktivitas berat atau mengangkat beban berat.

Gangguan aliran darah yang terjadi akibat berdiri atau duduk terlalu lama juga bisa menjadi penyebab kaki pegal kaki.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kaki Sering Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

Namun, apakah Moms tahu bahwa kaki pegal juga bisa terjadi akibat kurangnya asupan cairan dan nutrisi. Kondisi ini kemudian memicu terjadinya keluhan pegal kaki, bahkan menyebabkan kaki alami kram.

Oleh karena itu, Moms juga perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin untuk kaki pegal secara rutin.

Vitamin untuk Kaki Pegal

Vitamin untuk Kaki Pegal

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah beberapa vitamin untuk kaki pegal yang bisa lebih sering Moms konsumsi:

1. Vitamin C

Siapa bilang vitamin C hanya untuk menguatkan imun tubuh atau mencegah sariawan?

Mengutip jurnal BMC Pediatrics, nyatanya saat Moms kekurangan vitamin C, maka tubuh akan mengalami kelelahan dan kemudian lemas.

Saat tubuh alami kekurangan vitamin C ini, maka umumnya ia akan menyebabkan gusi berdarah dan kerusakan gigi.

Namun, yang cukup mengejutkan dari penelitian ini, ternyata gejala seperti nyeri betis dan sendi yang membengkak juga akan terjadi saat tubuh kekurangan vitamin C.

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan anemia, karena vitamin C berfungsi menyerap zat besi dalam tubuh.

Zat besi memiliki fungsi yang penting bagi tubuh dan jika kebutuhannya tak terpenuhi, maka Moms akan merasakan kecapekan.

Atas dasar ini lah, Moms juga perlu penuhi kebutuhan Vitamin C harian untuk menghilangkan capek dan pegal.

2. Vitamin B1

Selain vitamin C, vitamin B1 atau disebut juga tiamin juga merupakan vitamin untuk kaki pegal dan capek. Pasalnya, vitamin ini akan bekerja langsung pada otot.

Jika konsumsi vitamin B1 tidak mencukupi, maka Moms akan merasakan gejala utamanya yakni kecapekan.

Mengutip Neural Generation Research, kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan Moms alami gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik. Otot ini atau otot rangka adalah otot yang digunakan anggota tubuh untuk menopang pergerakan tubuh.

Masih dalam penelitian yang sama, ditemukan juga bahwa orang yang memiliki kelainan distrofi miotonik juga cenderung kekurangan vitamin B1. Kelainan ini umumnya ditandai dengan kelemahan otot progresif atau terjadi secara berkelanjutan.

3. Vitamin B3

Mungkin selama ini Moms mengenal vitamin B3 sebagai nutrisi yang berguna untuk perawatan kulit. Namun, ternyata vitamin B3 juga mampu menghilangkan capek dan pegal, termasuk pegal pada kaki.

Ini karena vitamin B3 ternyata mampu mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Dengan jumlah energi yang cukup, maka Moms akan terhindar dari rasa lelah.

Vitamin B3 sebagai vitamin untuk kaki pegal juga bisa menangani masalah persendian.

Mengutip Inflammation Research, nyeri sendi akibat peradangan bisa berkurang berkat asupan vitamin B3 yang tepat. Dengan begini, maka sendi pun menjadi lebih aktif dan fleksibel.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

4. Vitamin B6

Mengutip Alternative Medicine Review, vitamin B6 erat kaitannya dengan anemia.

Vitamin B6 sebagai vitamin untuk kaki pegal hadir dalam bentuk pyridoxal 5' phosphate. Senyawa ini nyatanya telah terbukti membantu produksi hemoglobin pada tubuh.

Mereka dengan anemia defisiensi hemoglobin, ia akan merasakan gejala letih dan pusing, padahal hemoglobin sangat dibutuhkan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kaki.

5. Vitamin B12

Moms juga perlu mengonsumsi vitamin B12 sebagai vitamin untuk kaki pegal. Ini karena beberapa masalah seperti kaki pegal juga kerap disebabkan oleh gangguan pada saraf pada tubuh.

Mengutip BMC Oral Health, dilaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kesemutan dan gangguan keseimbangan tubuh.

Saat Moms alami kekurangan B12, maka otot akan menjadi lemah dan refleks gerak berkurang. Di sisi lain, kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan otot malah menegang.

Ketika otot menegang, maka ini akan membuat area tubuh seperti kaku menjadi pegal. Sementara otot yang lemah adalah tanda kelelahan.

Oleh karena itu, Moms perlu konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B12 di dalamnya untuk mencegah kaki pegal.

6. Vitamin D

Selama ini, Moms percaya bahwa berjemur di bawah sinar matahari baik untuk mendapatkan asupan vitamin D, yang juga baik untuk tulang.

Mengutip North American Journal of Medical Science, kekurangan vitamin D ini juga ternyata menjadi penyebab Moms alami kelelahan.

Dalam penelitian tersebut, 77,2 persen pengidap kelelahan terbukti kekurangan asupan vitamin D.

Selain itu, vitamin D pun juga membuat tulang jadi rapuh dan otot jadi lemah. Hal ini yang kemudian membuat tubuh jadi capek.

Saat kekurangan vitamin D, kaki juga jadi pegal, karena saat kekurangan vitamin D gejala yang bisa muncul adalah nyeri pada otot dan sendi.

Baca Juga: Nyeri Bahu dan Cara Tepat Mengatasinya Menurut Ahli Ortopedi

Begini Cara Mengatasi Kaki Pegal

Begini Cara Mengatasi Kaki Pegal

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms merasakan pegal kaki, Moms bisa mencegahnya dengan mengonsumsi vitamin untuk kaki pegal seperti yang disebutkan di atas.

Namun, jika sudah terjadi, maka Moms bisa mengatasinya di rumah dengan cara sederhana berikut ini:

1. Istirahat

Untuk mengatasi kaki pegal, Moms sangat disarankan untuk segera beristirahat.

Jika sudah smapai rumah, Moms juga perlu merebahkan tubuh dan meluruskan bagian kaki dengan posisi kaki lebih tinggi dari bagian kepala sehingga ini bisa mengurangi rasa pegal di kaki.

2. Melakukan Peregangan dan Pijat

Untuk meredakan rasa pegal di kaki akibat otot yang kaku, Moms bisa melakukan peregangan dan memberikan pijatan lembut pada kaki. Pijatan ini bisa membuat otot menjadi lemas dan ketidaknyamanan akan berkurang.

3. Kompres Dingin

Kaki pegal juga bisa terasa panas dan berdenyut-denyut. Jika sudah begini, maka Moms disarankan untuk mengompres kaki dengan kantong es atau handuk basah yang didinginkan.

4. Minum Obat Pereda Nyeri

Bila pegal kaki tidak kian mereda dengan cara-cara sederhana, maka Moms bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin yang tersedia tanpa resep dokter.

Obat-obatan ini juga bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman. Namun untuk mengetahui kapan sebaiknya konsumsi obat pereda nyeri, Moms bisa terlebih dahulu menghubungi dokter.

5. Mengoleskan Krim Anti Pegal

Kini banyak krim anti pegal yang bisa Moms dapatkan di toko obat.

Penggunaan obat topikal atau oles yang mengandung capsaicin atau pereda nyeri ini akan membantu mengatasi masalah pegal pada semua area tubuh, termasuk kaki.

Moms akan merasakan sensasi panas sehingga ia mampu melemaskan otot dan meredakan rasa sakit.

Baca Juga: Mengenal Trigger Finger, Radang Sendi yang Bikin Jari Kaku

Tips Mencegah Kaki Pegal

Tips Mencegah Kaki Pegal

Foto: Orami Photo Stock

Supaya masalah kaki pegal tak kunjung kambuh, maka Moms perlu mengikuti beberapa langkah pencegahan sederhana yang bisa dilakukan berikut ini:

  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Pastikan melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum olahraga agar tubuh lebih siap untuk melakukan bermacam kegiatan.
  • Penuhi kebutuhan air putih yang cukup untuk menghindari kram dan pegal kaki akibat dehidrasi.
  • Penuhi kebutuhan vitamin seperti yang disebutkan di atas, juga beberapa jenis mineral, terutama magnesium untuk menghindari kram otot akibat hipomagnesemia.
  • Batasi penggunaan sepatu berhak tinggi, karena ia bisa memicu kaki pegal dan perubahan postur tubuh jika digunakan terlalu lama.

Konsumsi vitamin untuk kaki pegal di atas untuk bisa mengatasi kondisi ini. Umumnya rasa pegal kaki akan hilang setelah beberapa saat.

Namun jika keluhan pegal kaki sering timbul, maka Moms bisa periksakan ke dokter. Sebab kondisi kaki pegal yang ekstrem bisa mengindikasikan Moms alami penyakit tertentu, seperti neuropati atau radang sendi.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait