Jalan-jalan

26 Juli 2021

10 Destinasi Wisata Cirebon yang Seru!

Ada banyak tempat wisata alam yang bisa kita datangi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Wisata Cirebon bisa menjadi salah satu agenda untuk liburan kali ini. Cirebon merupakan salah satu kota yang berlokasi di Jawa Barat, sehingga warga Jabodetabek bisa mengaksesnya dengan mudah.

Kota Cirebon mendapat julukan sebagai kota udang karena dulunya pada abad ke-15, masyarakat di sana mencari udang rebon sebagai mata pencaharian utama. Tak heran kalau banyak kuliner asli Cirebon yang dibuat dengan campuran udang rebon.

Selain populer karena kulinernya, Cirebon juga populer dengan wisatanya. Wisata Cirebon kebanyakan adalah wisata alam karena kota Cirebon ini ternyata punya pemandangan alam yang indah.

Ada waduk, bukit, hingga telaga di Cirebon yang bisa Moms datangi. Selain itu juga ada wisata sejarah dari hasil peninggalan kerajaan Cirebon yang masuk dilestarikan hingga saat ini.

Baca Juga: 11 Aplikasi Telemedicine yang Sediakan Obat Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri, Catat!

Destinasi Wisata Cirebon yang Menarik

Berhubung ada banyak wisata Cirebon, Moms pasti bingung memilihnya. Sebagai rekomendasi, ada 10 destinasi wisata Cirebon yang menarik untuk Moms kunjungi, baik itu bersama anggota keluarga, teman, hingga pasangan.

1. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Foto: instagram.com/mommykirana

Destinasi wisata Cirebon yang pertama adalah Bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi di Jalan Patapan, Kecamatan Beber ini terkenal akan pemandangannya yang sangat indah sehingga menjadi incaran para wisatawan.

Bukit Gronggong adalah sebuah bukit yang dijadikan sebagai tempat wisata. Dari atas ketinggian, Moms bisa melihat panorama indah hutan yang ada di bawah bukit dan juga kota Cirebon dari kejauhan.

Moms bisa datang ke sini di pagi hari untuk melihat sunrise atau datang di sore hari untuk melihat sunset. Jika datang di sore hari, lebih baik Moms menunggu malam untuk pulang karena ada pemandangan lampu-lampu indah dari kota Cirebon yang bisa terlihat dari atas Bukit Gronggong.

Jika lapar, ada rumah makan yang bisa Moms kunjungi di sini. Selain itu juga ada penginapan buat yang ingin bermalam. Untuk bisa masuk ke Bukit Gronggong ini, Moms cukup mengeluarkan dana Rp5.000 saja.

Sedangkan untuk penginapannya, harganya bervariasi mulai dari Rp100.000 hingga Rp500.000 lebih.

Lokasi: Patapan, Kecamatan Beber, Cirebon, Jawa Barat 45172

Baca Juga: Mengenal Oximeter, Alat Pengukur Saturasi Oksigen, Penting untuk Pasien COVID-19!

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Foto: www.bandoeng.co.id

Cirebon juga punya pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Cirebon yakni Pantai Kejawanan. Di pantai ini, Moms bisa menikmati semilir angin yang sejuk dengan hamparan air laut yang menenangkan.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada saat sore karena udaranya tidak terlalu panas dan Moms juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam.

Pantai Kejawanan adalah pantai yang lokasinya berada di Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk. Untuk harga tiket yang perlu Moms keluarkan hanya Rp2.000 saja.

Jika ingin berfoto atau berkeliling di pinggiran pantai, Moms bisa menyewa perahu motor dengan harga sewa mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000 saja.

Lokasi: Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

3. Batu Lawang

Batu Lawang

Foto: instagram.com/backpackerjakarta

Destinasi wisata Cirebon berikutnya adalah Batu Lawang yang merupakan kawasan taman wisata di Cirebon.

Di sini ada banyak spot menarik untuk bersantai dan juga berfoto dengan pemandangan alam yang hijau juga tebing yang bentuknya artistik.

Konon katanya, Batu Lawang ini adalah pintu gerbang menuju ke dimensi lain karena bentuknya yang unik dan berbeda karena banyak patahannya.

Selain bisa bersantai sambil berfoto, Moms juga bisa melakukan beragam kegiatan lain seperti bermain ATV, flying fox, bersepeda, dan lain sebagainya.

Batu Lawang berlokasi di Jalan Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon. Untuk harga tiket masuknya ini hanya Rp5.000 saja per orangnya saat hari biasa, tapi saat hari libur Rp10.000.

Lokasi: Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon, Jawa Barat 45161

Baca Juga: 100 Kata-kata Lucu yang Bikin Harimu Jadi Nggak Bete Lagi

4. Situ Sedong

Situ Sedong

Foto: instagram.com/ocietatmaza

Situ Sedong menjadi destinasi wisata Cirebon yang merupakan peninggalan dari kolonial Belanda saat berada di Cirebon.

Pada masa penjajahan Belanda, Setu Gedong ini dibangun pada tahun 1918-1921 sebagai irigasi untuk perkebunan serta pertanian yang ada di area sekitarnya.

Situ Gedong kini menjadi salah satu objek wisata Cirebon yang menghadirkan suasana nyaman dan tenang dengan pemandangan indah karena di belakangnya ada Gunung Ceremai.

Selain menikmati pemandangan yang indah, Moms juga bisa berkeliling Situ Sedong dengan menggunakan sepeda bebek air atau perahu yang disewakan.

Tempat wisata Cirebon yang berlokasi di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong ini tidak memungut biaya masuk.

Lokasi: Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat

Baca Juga: 75 Kata-kata Hujan yang Setiap Katanya Membawa Kenangan Tertentu

5. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Foto: instagram.com/aboutcirebonid

Wanawisata Ciwaringin adalah salah satu wisata Cirebon yang punya keindahan alam yang memukau. Wisata Cirebon ini sebenarnya merupakan hutan kayu putih dengan gunung di belakangnya.

Jadi saat Moms ke sini, jangan heran kalau ada aroma minyak kayu putih yang sangat ketara karena asalnya dari tanaman kayu putih.

Moms bisa berjalan-jalan di sekitar hutan sambil bersantai, berpiknik, berfoto-foto dengan latar pemandangan yang instagramable, hingga berenang di sungai kecil yang ada di dalam Wanawisata Ciwaringin.

Tak hanya itu saja, bagi penggemar olahraga ekstrem, ada fasilitas motor cross yang bisa menguji adrenalin Moms. Tentu saja akan ada biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak pengelola setempat untuk menikmati fasilitas ini.

Fasilitas yang dimiliki Wanawisata Ciwaringin ini sangat lengkap karena ada mushola, kamar mandi, penginapan, toilet, rumah makan, hingga tempat parkir.

Wanawisata Ciwaringin yang berlokasi di Jalan Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin ini hanya mematok harga tiket masuk sekitar Rp10.000-Rp15.000. Dari kota Cirebon, jaraknya hanya 27 km saja sehingga mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi.

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Baca Juga: 5 Ide Jalan-jalan Akhir Pekan di Bogor Bareng Keluarga

6. Telaga Niren

Telaga Niren

Foto: www.superadventure.co.id

Telaga Niren adalah telaga yang berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Destinasi wisata Cirebon ini salah populer di instagram karena memiliki tampilan yang instagramable.

Telaga Niren punya air yang sangat jernih dan bening sehingga seringkali dijuluki dengan nama telaga biru karena airnya juga sangat biru. Daya tarik air yang jernih ini akan terlihat sangat apik saat difoto.

Ditambah lagi, destinasi wisata Cirebon ini juga punya beberapa spot untuk berfoto. Moms bisa berfoto di pinggiran telaga atau bisa juga berfoto di atas perahu yang disewakan oleh pihak pengelola.

Untuk dapat menikmati pemandangan yang ada di Telaga Niren, Moms cukup membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 07.00 hingga 21.00.

Meski buka hingga malam, tapi disarankan untuk datang saat pagi dan sore karena udaranya sejuk dan juga tidak banyak nyamuk.

Lokasi: Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Jawa Barat

7. Telaga Remis

Telaga Remis

Foto: ngetripkemana.com

Selain Telaga Niren, ada Telaga Remis yang juga bisa Moms kunjungi. Telaga Remis adalah salah satu telaga di Cirebon yang ramai dikunjungi oleh keluarga.

Nama Telaga Remis sebenarnya diambil dari nama kerang air tawar yang ternyata banyak dijumpai di sekitar wisata Cirebon ini.

Di wisata Cirebon ini, Moms bisa melakukan banyak kegiatan bersama keluarga. Mulai dari berpiknik, memancing, naik perahu bebek, hingga berfoto. Tapi untuk berenang tidak diperbolehkan ya Moms karena telaga ini cukup dalam.

Selain populer sebagai tempat wisata keluarga, Telaga Remis ini juga populer sebagai untuk melakukan foto prewedding karena pemandangan alam di sekitarnya sangat apik jika diabadikan dalam jepretan foto.

Telaga Remis berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan. Untuk bisa menikmati pemandangan dan fasilitas yang ada di Telaga Remis, Moms hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp10.000 hingga Rp15.000 saja.

Lokasi: Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat 45559

Baca Juga: Sebelum Jalan-jalan, Berikut Kebutuhan Bayi yang Diperlukan untuk Bepergian

8. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Foto: www.pegipegi.com

Desa Wisata Cikalahang adalah salah satu destinasi wisata Cirebon yang cocok dikunjungi sebagai tempat untuk healing atau bersantai untuk melepas penat.

Hal ini dikarenakan tempat wisata Cirebon ini punya pemandangan hijau yang masih asri sehingga udaranya juga segar. Di sini Moms bisa menginap di pedesaan yang indah atau hanya sekedar menikmati pemandangan hijau, memancing, hingga naik perahu bebek mengitari danau.

Wisata Cirebon ini berada di bawah kaki Gunung Ceremai atau tepatnya di Cikahalang, Kecamatan Dukupuntang. Jika Moms pergi dari pusat kota Cirebon, jaraknya hanya dua kilometer saja.

Untuk tiket masuknya ini gratis dan Moms bisa datang kapan saja. Meski gratis, tapi sediakan dana untuk membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi karena di sini tidak ada lahan parkir khusus untuk pengunjung.

Moms bisa memarkir kendaraan bermotor di halaman rumah warga sehingga Moms bisa memberikan uang parkir kepada warga tersebut.

Lokasi: Dukupantang, Cirebon, Jawa Barat

Baca Juga: 5 Alasan Orang Tua Harus Jalan-Jalan dengan Anak

9. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Cirebon

Foto: phinemo.com

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah salah satu destinasi wisata Cirebon yang tak hanya menjadi wisata sejarah, tapi juga wisata kekinian karena Moms bisa mendapatkan foto dengan pemandangan cantik yang eksotis.

Bentuk dari Taman Sari Gua Sunyaragi sangat unik karena seperti gua dengan banyak terowongan di dalamnya. Pada bagian luarnya, bebatuan yang membentuk gua ini juga tampak berlubang-lubang akibat terkikis air hujan sehingga menjadikan bentuknya tidak beraturan tapi tetap terlihat artistik.

Destinasi wisata Cirebon ini memiliki luas sekitar 15 hektare dan di bagian bawangnya terdapat terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air yang besar.

Taman Sari Gua Sunyaragi awalnya adalah sebuah tempat pertapaan dan juga tempat berlatih tentara kesultanan Cirebon sehingga lokasi ini punya nilai sejarah tersendiri.

Taman Sari Gua Sunyaragi berlokasi di Sunyaragi, Kecamatan Kesambi. Untuk tiket masuk yang perlu Moms keluarkan hanya Rp10.000 saja per orangnya.

Lokasi: Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kita yang Suka Jalan-jalan

10. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland

Foto: www.pegipegi.com

Destinasi wisata Cirebon yang terakhir adalah Ade Irma Suryani Waterland. Wahana wisata Cirebon ini sebenarnya adalah wisata air yang sangat populer di Cirebon.

Ada banyak wahana air yang bisa dinikmati di lokasi wisata Ade Irma Suryani Waterland. Mulai dari kolam arus, kolam renang olympic, waterboom, hingga cottage untuk menginap. Terdapat sekitar 40 cottage yang ada di pinggir pantai untuk Moms yang ingin menginap di sini berpasangan.

Wisata Cirebon ini berlokasi di tepi pantai utara Cirebon, tepatnya di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Cirebon. Jam bukanya mulai dari pukul 07.00-09.00.

Untuk harga tiket masuknya memang lebih mahal dibandingkan dengan tempat wisata Cirebon lainnya yakni seharga Rp65.000. Meski harga tiketnya terbilang agak mahal, tapi Moms bisa sepuasnya menikmati wahana permainan yang ada di sini.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111

Ada banyak kan Moms, destinasi wisata Cirebon untuk berlibur. Sebelum pergi jalan-jalan, jangan lupa untuk menyiapkan budget dari jauh-jauh hari terlebih dahulu dan pastinya siapkan juga stamina yang fit agar liburan jadi lebih menyenangkan.

  • https://www.radarcirebon.com/2021/05/14/telaga-nilem-airnya-sebening-kaca/
  • https://www.itrip.id/tempat-wisata-cirebon
  • https://www.merdeka.com/jabar/8-wisata-cirebon-yang-kekinian-dan-instagramable-kln.html
  • https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-di-cirebon-terbaru/
  • https://www.javatravel.net/wisata-cirebon
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cirebon
  • https://indonesia.tripcanvas.co/id/cirebon/wisata-cirebon-kuningan-indramayu-majalengka/
  • https://jelajahkhatulistiwa.com/tempat-wisata-di-cirebon/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait