Kesehatan

22 Oktober 2020

Manfaat Infused Water Kurma, atau Nabeez untuk Kesehatan

Cara membuatnya mudah dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernahkah Moms mendengar infused water kurma yang menjadi kesukaan Nabi? Namanya adalah nabeez yang merupakan kurma yang direndam dalam air semalaman dalam wadah yang tertutup dan diminum keesokan harinya.

Nabeez (juga disebut Nabidh atau Nabedh) adalah salah satu minuman yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad (SAW).

Pada masanya, biasanya dibuat dengan kurma, kismis atau buah ara kering dan air. Buahnya tidak pernah tercampur. Mereka selalu direndam secara terpisah.

Menurut cerita, Nabi tak hanya meminum air rendaman kurma ini namun juga menenelan kurma yang sudah lembut tanpa dikunyah terlebih dahulu.

Air nabeez atau infused water kurma ini sangat baik untuk diminum saat sahur atau malam hari saat berbuka puasa.

Minuman ini pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan infused water, hanya saja tidak menggunakan buah-buahan tetapi menggunakan kurma yang berkualitas baik.

Dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, disebutkan bahwa senyawa dalam kurma berperan sebagai antioksidan, antitumor, dan antiradang yang manjur, memberikan terapi alternatif yang sesuai dalam berbagai penyembuhan penyakit.

Dikatakan nabeez ini adalah tonik alkali, yang memiliki kecenderungan untuk mendetoksifikasi, menghilangkan keasaman dari lambung dan sistem pencernaan dan juga membantu membuang limbah metabolisme lainnya dari tubuh.

Penasaran dengan manfaat infused water kurma dan bagaimana cara membuatnya? Yuk kita simak fakta tentang nabeez, infused water kurma favorit Nabi!

Baca Juga: Bosan Makan Kurma? Olah Jadi 4 Hidangan Ini

Manfaat Infused Water Kurma

manfaat infused water kurma

Foto: health.grid.id

Tentunya manfaat infused water kurma ini ada banyak keuntungan bagi tubuh, Moms tentu ingat bahwa saat berbuka puasa salah satu yang dianjurkan adalah memakan kurma.

Hal ini dikarenakan salah satu manfaat kurma adalah pemberi dan pemulih tenaga, begitu pun infused water kurma ini. Tak hanya itu, ada berbagai manfaat lainnya dari infused water ini. Apa saja? Yuk kita tengok.

1. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Dilansir dari deerham.com, manfaat infused water kurma merupakan minuman yang mengandung alkali. Yakni minuman ini bisa membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh.

Kandungan ini bagus untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dengan cara membuat racun dari dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh kita.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Air nabeez juga kaya kalium, sehingga manfaat infused water kurma ini dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan kalium, maka tubuh mudah lelah.

3. Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kandungan serat yang tinggi menjadikan manfaat infused water kurma ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit. Air nabeez juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat.

Nah, Moms yang memiliki masalah pencernaan dan daya ingat, jangan ragu untuk mencoba air nabeez ini ya.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah?

4. Sangat Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Kurma memiliki kandungan yang dipercaya dapat membantu memperkuat otot-otot rahim pada ibu hamil. Sehingga, ibu hamil juga dapat merasakan manfaat infused water kurma.

Nutrisi dalam kurma juga baik untuk memperkaya kualitas ASI ibu nantinya usai melahirkan. Ibu menyusui terutama, juga dianjurkan rutin minum air nabeez selama bulan puasa.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat infused water kurma juga mengandung zat besi. Zat besi berfungsi membantu menstabilkan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Maka meminumnya secara rutin akan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

6. Baik untuk Menambah Energi

Kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Energi tinggi yang ada di dalamnya dapat dikaitkan dengan kandungan gula yang tinggi ini.

Dalam jurnal Nutritional and Functional Properties of Dates: A Review, banyak orang di seluruh dunia makan kurma rendah lemak alami untuk camilan sore cepat saat mereka merasa lesu untuk membantu meningkatkan tingkat energi dengan cepat.

Seringkali saat Moms berolahraga di gym, di luar, atau bahkan dengan mesin peregangan di rumah, Moms merasa lelah. Nah, manfaat infused water kurma bisa membantu memulihkan energi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan bahwa kurma yang kaya nutrisi penting dapat membantu kita mendapatkan kembali energi dengan segera.

Makanya, Moms sebaiknya membawa infused water kurma saat akan berolahraga.

Para pemeluk agama Islam yang menjalankan puasa biasa memakan kurma bersama dengan airnya. Ini juga membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa selesai.

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah studi yang dipimpin oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D, menemukan bahwa kurma melindungi dari stres oksidatif dan peradangan di otak.

Menurut penelitian, buah kurma merupakan sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti antosianin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic.

Kehadiran senyawa polifenol ini berpotensi membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

Jika Moms bosan makan buahnya, Moms bisa lho menggantinya dengan infused water kurma, karna manfaat infused water kurma yang didapatkan akan sama.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Tingkatkan Risiko Alzheimer

8. Mengatasi Gangguan Usus

Penelitian menunjukkan kurma mengandung serat yang tidak larut dan larut, serta banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan dan memastikan perjalanan cepat melalui saluran pencernaan.

Menurut tinjauan yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Reviews, serat juga dapat membantu dalam pengobatan kondisi seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD), divertikulitis, dan wasir.

Tidak adalah salahnya Moms juga mencoba infused water kurma, kan?

9. Membantu Mengatasi Anemia

Manfaat infused water kurma bisa membantu mengatasi anemia. Kurma adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh, dan sesak napas.

Untungnya, meningkatkan asupan makanan kaya zat besi seperti kurma dapat membantu meredakan gejala anemia.

10. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan bahwa manfaat infused water kurma efektif menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan stres oksidatif.

Kedua hal ini merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis, yang merupakan penumpukan plak lemak di arteri. Moms bisa mencobanya dengan membuat air nabeez.

Cara Membuat Nabeez

shutterstock 140479303

Foto: Orami Photo Stock

Bila Moms ingin mencoba infused water kurma ala Nabi ini caranya mudah, kok!

  1. Siapkan beberapa butir kurma, sebaiknya dalam jumlah ganjil.
  2. Rendam kurma-kurma tersebut ke dalam air matang di dalam sebuah wadah.
  3. Upayakan untuk membuatnya pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan wadah rendaman kurma tersebut tertutup rapat.
  4. Setelah direndam selama 8-12 jam, air rendaman tersebut baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu bisa dimakan begitu saja.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez memang kurma ajwa, namun tak masalah bila menggunakan kurma yang lainnya.

Tak hanya dari kurma saja, manfaat infused water kurma ini ternyata juga bisa dibuat dari kismis, lho. Caranya juga sama persis dengan membuat rendaman kurma hanya saja kali ini menggunakan kismis.

Baca juga: Konsumsi Kurma Muda Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Resep Infused Water Kurma

infused water kurma

Foto: sehatq.com

Ingin mencoba infused water kurma yang terkenal ini? Coba buat sendiri di rumah yuk.

Bahan:

Untuk perorangan

  • 7 buah kurma matang
  • 250ml - 1 gelas mata air atau air mineral
  • es batu (opsional)

Untuk banyak orang

  • 200g - 1 cangkir kurma matang
  • 1 liter air putih atau air mineral
  • es batu (opsional)

Cara Membuat:

  1. Masukkan kurma ke dalam gelas atau teko besar yang sudah dibersihkan dan disterilkan sebelumnya.
  2. Tambahkan air dan penutup. Biarkan terendam minimal 6 jam, hingga 12 jam.
  3. Saring kurmanya. Moms dapat mengkonsumsi kurma atau menggunakannya dalam resep lain. Dinginkan sebelum menjamunya untuk tamu kita. Daripada memberikan teh, kopi, jus atau minuman bersoda, Moms bisa menggantinya dengan infused water kurma.

Tips tambahan:

  • Infused water kurma sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 12 jam setelah direndam semalaman, tetapi jika disimpan kedap udara di dalam lemari es, tidak akan rusak selama 2-3 hari lamanya.
  • Moms bisa mencampurkan kurma dan air dalam blender untuk membuat minuman yang diemulsi.
  • Kurma dapat diganti dengan kismis atau buah ara kering. Penting untuk tidak mencampur buah yang akan digunakan, jadi pilih salah satu ya, Moms.
  • Jika Moms tidak memiliki kurma segar yang utuh, kita dapat menggantinya dengan kurma kemasan. Sekitar 1/2 sdm per gelas (atau sesuai selera).

Itu dia Moms beberapa informasi mengenai manfaat infused water kurma atau air nabeez. Moms tertarik untuk membuatnya di rumah? Ikuti resep di atas, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait