Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Tanya Pakar | Mar 18, 2018

11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami

Bagikan


Tanya : 

Dok bagaimana cara menghilangkan selulit putih pada paha? Thanks

Jawab : 

Stretch mark adalah sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada bagian tubuh yang memiliki panjang mulai dari milimeter sampai dengan belasan centimeter.

Munculnya stretch mark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya. Sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut.

Adapun beberapa alternatif pengobatan medis untuk menghilangkan stretch mark yaitu:

1. Terapi Laser. Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melamin dalam kulit.

2. Tretinoin cream. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan tretinion cream (Retin-A, Renova, Avita) dapat mengurangi guratan, pada mereka yang usia stretchmark nya masih muda atau baru beberapa bulan saja yang memiliki warna merah, merah muda atau ungu.

Tetapi Tretinoin dapat membuat kulit Anda iritasi, makanya tidak dianjurkan selama masa kehamilan (tunggu sampai melahirkan).

3. Microdermabrasion. Pengobatan ini menggunakan kristal yang menembus ke kulit. Kristal lembut itu mengikis permukaan kulit.

Microdermabrasion adalah terapi yang menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastik. Terapi ini merupakan pilihan untuk Anda yang guratannya sudah lama (warna putih atau keabu-abuan).

Tidak hanya terapi medis diatas saja yang bisa membantu Anda untuk mengurangi atau menghilangkan stretchmark pada tubuh. Bahan alami yang dapat mengurangi stretchmark yaitu:

1. Konsumsi air putih banyak

Untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, usahakan minimal setiap hari konsumsi 8-10 gelas air putih.

2. Kopi

Caranya cukup campur bijih kopi yang baru dihaluskan secara langsung dengan air hangat sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada bagian guratan berwarna putih (stretch mark).

3. Bubuk coklat

Pertama siapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar (belum ada tambahan pemanis), lalu buatnya semacam pasta/krim dengan coklat tersebut. Pastikan pasta yang kamu buat tidak terlalu cair dan pekat.

Oleskan pasta coklat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

4. Cocoa butter

Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao yang sudah banyak ada dalam bentuk lotion dan sun block. Gunakan bahan alami ini untuk menghilangkan stretch mark pada paha dan perut, caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

5. Minyak jarak

Caranya cukup oleskan minyak jarak tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama 30 menit sehari.

6. Putih telur

Bisa menggunakan telur ayam atau bebek yang mengandung protein tinggi. Pecahkan dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya, lalu kocok putih telur sampai mengeluarkan sedikit busa atau buih.

Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Kentang

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian stretch mark. Alternatif lain, bisa jugq membuat masker kentang.

8. Lidah buaya atau aloe vera

Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark, tetapi agar gel tersebut bisa meresap secara optimal beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

9. Gunakan lemon

Belah 1 buah lemon yang masih segar kemudian oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata.

Lalu diamkan sampai mengering dan meresap kiranya 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Minyak zaitun (olive oil)

Siapkan minyak zaitun secukupnya lalu oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit. Pastikan beri pijatan lembut pada guratan agar meresap. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih

11. Gula

Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

Dijawab oleh : dr. Ni Putu Tesi Maratni

Sumber : meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.