Trimester 3

TRIMESTER 3
24 Desember 2020

Agar Mudah Melahirkan, Konsumsi 7 Makanan Ini!

Makanan ini bantu menambah energi yang Moms butuhkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Sebentar lagi waktu persalinan akan semakin dekat, Moms mungkin sudah menyiapkan jiwa dan raga untuk bersiap-siap menyambut kedatangan Si Kecil ke dunia.

Selain perlu membawa barang-barang yang diperlukan saat persalinan nanti, Moms juga harus mengonsumsi makanan agar memudahkan proses melahirkan, sekaligus memberikan banyak asupan kalori.

Menurut American Society of Anesthesiologists (ASA), persalinan adalah pekerjaan fisik yang berat, dan wanita bisa membakar banyak kalori selama proses persalinan berjalan.

Baca Juga: Pilihan Makanan setelah Melahirkan yang Bisa Moms Konsumsi

Makan dan minum selama persalinan, terutama pada tahap awal, dapat memberi kita energi yang diperlukan dan membantu Moms tetap nyaman.

Tenaga kerja dinamai dengan sangat tepat karena ini adalah tugas fisik yang membutuhkan kekuatan dan stamina.

Membatasi asupan makanan selama persalinan dapat menyebabkan stres, mual, muntah, dan sakit kepala. Gizi dan hidrasi yang baik dapat mencegah kita merasa lelah.

Kelelahan dapat memperpanjang persalinan dan menyebabkan lebih sedikit kontraksi.

Jika melahirkan di rumah sakit atau pusat persalinan, yang terbaik adalah mendiskusikan kebijakan mereka tentang makan dan minum dengan dokter sebelumnya.

Jika Moms menjalani operasi caesar, penyedia layanan harus memberi pedoman tentang asupan makanan dan minuman khusus untuk prosedur itu.

Jenis Makanan Agar Mudah Melahirkan

Dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, diperkirakan proses persalinan bisa membakar hingga 100 kalori per jam.

Karena itu, penting memerhatikan asupan makanan sebelum dan sesudah melahirkan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar mudah dalam melahirkan.

1. Konsumsi Cukup Protein

makanan agar mudah melahirkan-protein

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan mengonsumsi beberapa sumber protein yang cukup selama proses melahirkan. Beberapa pilihan sumber protein terbaik yaitu:

Telur tidak hanya mengandung protein, tetapi juga lemak omega-3.

Studi pada jurnal Depression Research and Treatment, menemukan adanya hubungan antara kadar omega-3 rendah dengan depresi pascapersalinan.

Baca Juga: Sebelum Ibu Hamil Minum Protein Shake, Tanyakan 4 Hal Penting Ini!

2. Makan Karbohidrat Kompleks

makanan agar mudah melahirkan-gandum

Foto: Orami Photo Stock

Karbohidrat kompleks memberikan asupan serat dan karbohidrat yang membantu membuat Moms menjadi lebih bertenaga saat persalinan, sehingga cocok menjadi makanan agar mudah melahirkan.

Beberapa contoh karbohidrat kompleks seperti:

  • Roti atau biskuit gandum
  • Pasta gandum
  • Beras merah
  • Oatmeal

Moms juga dapat memadukannya dengan sumber protein untuk mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

3. Pilih Minuman Elektrolit Tinggi

makanan agar mudah melahirkan-miuman elektrolit

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya mengonsumsi makanan agar mudah melahirkan, tetap penting menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi, meskipun dokter mungkin akan sering mengandalkan cairan infus.

Untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi, Moms dapat mengonsumsi air kelapa sebagai minuman dengan kadar elektrolit tinggi.

"Air kelapa adalah minuman super yang memberikan asupan elektrolit yang dibutuhkan. Kemas minuman ini pada botol sehingga lebih mudah untuk diminum selama proses persalinan," jelas Sharon Muza, LCCE, FACCE, doula bersertifikat di Seattle, mengutip Very Well Family.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kelapa untuk Ibu Hamil, Penuh Khasiat!

4. Buah Segar Sebagai Camilan Bernutrisi

makanan agar mudah melahirkan-buah segar

Foto: Orami Photo Stock

Ketimbang mengonsumsi camilan manis, Moms dapat menggantinya dengan buah segar yang dapat memberikan asupan nutrisi sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Sharon menuliskan beberapa buah-buahan segar yang bisa Moms pilih utnuk membantu proses persalinan, seperti:

  • Buah beri
  • Anggur
  • Melon
  • Pisang

Jika Moms merasa terlalu sulit untuk mengunyah, Moms bisa membuat buah-buahan ini menjadi smoothie yang menyegarkan.

Tetapi, ingat untuk tidak menambahkan pemanis seperti madu atau gula secara berlebihan, ya.

Makanan Agar Mudah Melahirkan Normal

Beberapa di antara makanan ini mungkin tampak berbeda dari apa yang Moms ketahui selama kehamilan.

Namun, inilah makanan yang harus Moms konsumsi agar persalinan normalnya bisa berjalan lancar.

5. Sayuran Berdaun Hijau

makanan agar mudah melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan dan terutama menjelang persalinan atau melahirkan, nutrisi yang diberikan oleh sayuran berdaun hijau ini sangat penting.

Salah satu nutrisi besar yang telah dibesarkan cukup banyak dalam seri ini adalah Magnesium.

Mineral seperti zat besi, seng, kalsium, dan magnesium, omega 3 dan vitamin larut lemak seperti vitamin A, K, dan E, serta vitamin C dalam jumlah tinggi.

Kebanyakan sayuran berdaun hijau menyediakan vitamin K berbasis nabati dalam jumlah yang sangat tinggi.

Bentuk ini, dikenal sebagai K1, tetapi diubah menjadi K2 melalui fermentasi bakteri (ingat kesehatan usus probiotik).

Bagi mereka yang memiliki kesehatan bakteri usus yang lemah, mungkin ada sebagian besar K1 yang tidak diubah menjadi K2, dan karenanya tidak berfungsi.

Selain itu, vitamin yang larut dalam lemak harus disertai dengan lemak makanan untuk diserap melalui sistem pencernaan.

Baca Juga: 10+ Makanan untuk Menghancurkan Miom, Kacang Polong Salah Satunya!

6. Kacang dan Biji-bijian

makanan agar mudah melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Biji labu, biji wijen, biji bunga matahari, almond dan quinoa adalah salah satu favorit para Moms sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Biji labu sangat padat mineral (besi, seng dan magnesium), serta protein dan EFA. Ada juga senyawa lain (fitonutrien) dalam biji labu yang dapat bermanfaat.

Ada penelitian bahwa senyawa dalam biji labu membantu mengatur kadar insulin, yang bermanfaat bagi mereka yang mengalami resistensi insulin atau diabetes gestasional saat hamil.

Minyak atsiri dalam biji labu juga membantu mengatur keseimbangan probiotik dengan membunuh mikroba seperti bakteri, jamur dan virus yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan probiotik.

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang sangat bagus untuk kelembutan jaringan, fungsi progesteron, dan merupakan bagian dari nutrisi yang ditemukan dalam cairan ketuban. Kadar vitamin E yang rendah dikaitkan dengan persalinan prematur.

Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, biji-bijian ini juga kaya akan mineral (magnesium, tembaga), tetapi biji-bijian ini juga memiliki vitamin B (B6 dan folat) dalam jumlah tinggi, yang membantu menyehatkan darah.

Almond juga sangat kaya vitamin E, dan mineral (magnesium, kalium, tembaga). Mereka juga menyediakan banyak EFA terutama asam Linoleat, yang diperlukan untuk produksi prostaglandin.

Almond juga bermanfaat bagi penderita diabetes gestasional atau resistensi insulin. Penelitian menunjukkan bahwa fitokimia dalam almond menurunkan lonjakan gula darah setelah makan.

7. Kentang; Terutama Kentang Manis

makanan agar mudah melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Ubi jalar adalah bintang besar saat persalinan. Mereka menyediakan pati dan estrogen yang dibutuhkan untuk membuat asam hialuronat dalam tubuh.

Fitoestrogen dalam ubi jalar tidak merusak reseptor seperti xenoestrogen, sebaliknya mereka meniru estrogen alami.

Dalam proses persalinan, ini dapat merangsang peningkatan produksi estrogen, oksitosin, dan prostaglandin tubuh kita sendiri.

Ubi jala /ubi jalar bergizi memiliki jumlah vitamin A yang tinggi (karena warnanya), vitamin C, vitamin B (B6), dan mineral (kalium, fosfor).

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

Ubi jalar, selain kentang putih, telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kadar gula darah. Ini berarti mereka mungkin menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami resistensi insulin atau diabetes gestasional.

Penelitian juga menunjukkan penurunan inflamasi saraf dan persepsi nyeri pada mereka yang mengonsumsi ubi.

Jadi, ini juga dapat membantu produksi endorfin, dan pengurangan rasa sakit yang tidak wajar selama persalinan dengan mengurangi peradangan pada saraf.

Nah, itu dia Moms, makanan agar mudah melahirkan yang bisa Moms konsumsi. Semoga proses persalinan berlangsung lancar dari awal hingga akhir ya, Moms.

Artikel Terkait