05 Oktober 2023

Konsumsi 8 Makanan Agar Mudah Melahirkan Ini Yuk, Moms!

Makanan ini bantu menambah energi yang Moms butuhkan ketika persalinan.

Makanan Agar Mudah Melahirkan Normal

Beberapa di antara makanan ini mungkin tampak berbeda dari yang Moms ketahui selama kehamilan.

Namun, inilah makanan yang harus Moms konsumsi agar persalinan normalnya bisa berjalan lancar.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayur Brokoli
Foto: Sayur Brokoli (Freepik.com)

Selama kehamilan dan terutama menjelang persalinan atau melahirkan, nutrisi yang diberikan oleh sayuran berdaun hijau ini sangat penting.

Salah satu nutrisi besar yang telah dibesarkan cukup banyak dalam seri ini adalah Magnesium.

Mineral seperti zat besi, seng, kalsium, dan magnesium, omega 3 dan vitamin larut lemak seperti vitamin A, K, dan E, serta vitamin C dalam jumlah tinggi.

Kebanyakan sayuran berdaun hijau menyediakan vitamin K berbasis nabati dalam jumlah yang sangat tinggi.

Bentuk ini dikenal sebagai K1, tetapi diubah menjadi K2 melalui fermentasi bakteri (ingat kesehatan usus probiotik).

Bagi mereka yang memiliki kesehatan bakteri usus yang lemah, mungkin ada sebagian besar K1 yang tidak diubah menjadi K2, dan karenanya tidak berfungsi.

Selain itu, vitamin yang larut dalam lemak harus disertai dengan lemak makanan untuk diserap melalui sistem pencernaan.

Baca Juga: 3 Penyebab Sakit Ulu Hati saat hamil dan Cara Mengatasinya

6. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-Kacangan
Foto: Kacang-Kacangan (Freepik.com)

Biji labu, biji wijen, biji bunga matahari, almon dan quinoa adalah salah satu favorit para Moms sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Biji labu sangat padat mineral (besi, seng dan magnesium), serta protein dan EFA. Ada juga senyawa lain (fitonutrien) dalam biji labu yang dapat bermanfaat.

Ada penelitian bahwa senyawa dalam biji labu membantu mengatur kadar insulin yang bermanfaat bagi mereka yang mengalami resistensi insulin atau diabetes gestasional saat hamil.

Minyak atsiri dalam biji labu juga membantu mengatur keseimbangan probiotik dengan membunuh mikroba seperti bakteri, jamur, dan virus yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan probiotik.

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang sangat bagus untuk kelembutan jaringan, fungsi progesteron, dan merupakan bagian dari nutrisi yang ditemukan dalam cairan ketuban.

Kadar vitamin E yang rendah dikaitkan dengan persalinan prematur.

Misalnya, kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya.

Biji-bijian ini juga kaya akan mineral (magnesium, tembaga), tetapi bahan makanan ini juga memiliki vitamin B (B6 dan folat) dalam jumlah tinggi, yang membantu menyehatkan darah.

Almon juga sangat kaya vitamin E, dan mineral (magnesium, kalium, tembaga).

Mereka juga menyediakan banyak EFA terutama asam Linoleat, yang diperlukan untuk produksi prostaglandin.

Almon juga bermanfaat bagi penderita diabetes gestasional atau resistensi insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa fitokimia dalam almond menurunkan lonjakan gula darah setelah makan.

7. Kentang Manis

Kentang Potong
Foto: Kentang Potong (Freepik.com)

Ubi jalar adalah bintang besar saat persalinan. Mereka menyediakan pati dan estrogen yang dibutuhkan untuk membuat asam hialuronat dalam tubuh.

Fitoestrogen dalam ubi jalar tidak merusak reseptor seperti xenoestrogen, sebaliknya mereka meniru estrogen alami.

Dalam proses persalinan, ini dapat merangsang peningkatan produksi estrogen, oksitosin, dan prostaglandin tubuh kita sendiri.

Ubi jala /ubi jalar bergizi memiliki jumlah vitamin A yang tinggi (karena warnanya), vitamin C, vitamin B (B6), dan mineral (kalium, fosfor).

Ubi jalar, selain kentang putih, telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kadar gula darah.

Ini berarti mereka mungkin menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami resistensi insulin atau diabetes gestasional.

Penelitian juga menunjukkan penurunan inflamasi saraf dan persepsi nyeri pada mereka yang mengonsumsi ubi.

8. Buah Kurma

Kurma
Foto: Kurma (Freepik.com/azerbaijan-stockers)

Buah kurma telah lama diyakini oleh sebagian orang sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Namun, penting untuk memahami bahwa buah kurma tidak memiliki efek langsung dalam mempercepat persalinan.

Mitos ini mungkin muncul karena kurma mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan selama kehamilan, seperti serat, gula alami, dan beberapa vitamin.

Baca Juga: 15+ Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

Jadi, ini juga dapat membantu produksi endorfin, dan pengurangan rasa sakit yang tidak wajar selama persalinan dengan mengurangi peradangan pada saraf.

Nah, itu dia Moms, makanan agar mudah melahirkan yang bisa Moms konsumsi. Semoga proses persalinan berlangsung lancar dari awal hingga akhir ya, Moms.

  • https://www.asahq.org/about-asa/newsroom/news-releases/2015/11/eating-a-light-meal-during-labor
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5637148/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2989696/
  • https://nutricia.com.au/aptamil/parents-corner/becoming-mum/importance-carbohydrates-pregnancy/#:~:text=Carbohydrate%20foods%20provide%20essential%20fuel%20for%20both%20you%20and%20your,the%20main%20source%20of%20energy.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb